Cara Efektif Untuk Mengatasi dan Mengobati Kolesterol

By |2019-01-02T11:55:49+07:00January 2nd, 2019|Health|0 Comments

Sumber : KitapeduliIndonesia

          Banyak  tanaman yang secara turun-temurun telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Dikarenakan murah dan mudah didapat, tanaman-tanaman ini amatlah direkomendasikan. Dengan mengonsumsi tanaman obat, baik daun, biji, akar, maupun buahnya, bukan berarti memakan tanaman itu sebanyak-banyaknya. Konsumsilah ramuan tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Oleh karena itu, berkaitan dengan cara membuat ramuan, komposisi, dosis, dan waktu pemakaian mesti dipelajari dengan baik dan benar.

Berikut ini pemaparan mengenai beberapa resep yang dapat membantu meluruhkan kadar kolesterol yang telah diperoleh dari berbagai sumber:

  1. Alpukat

Loading...

Sumber : Hello Sehat

          Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, dan juga kaya akan serat, serta asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Satu buah alpukat dapat dimakan langsung dan mesti dilakukan setiap hari.

  1. Kubis

Sumber : Merdeka

          Kubis atau yang juga biasa disebut dengan sebutan kol ini mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis juga mengandung berbagai senyawa, diantaranya yakni sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang dapat merangsang pembentukan glutation. Cara pemakaiannya yakni kubis dicuci hingga bersih, lalu bilas dengan air matang, potong-potong seperlunya, kemudian dijadikan jus. Air sari kubis diminum sekaligus dan mesti dilakukan setiap hari.

  1. Belimbing Manis

Sumber : YouTube

          Belimbing manis bisa membantu mengusir kolesterol. Karena, seratnya yang tinggi dapat mencegah penyerapan lemak sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah tekanan darah tinggi. Serat yang tinggi juga dapat memperlancar pencernaan. Sementara, kandungan vitamin C-nya yang tinggi, sangat baik untuk digunakan sebagai antikanker. Belimbing manis ukuran besar dapat dimakan setelah makan pagi dan makan malam, masing-masing satu buah

  1. Daun Kacang Tanah

Sumber : Dasar Pertanian

          Berbahan satu genggam daun kacang tanah. Daun dicuci bersih, lalu diiris hingga tipis. Masukkan irisan daun ke dalam gelas, kemudian diseduh dengan secangkir air panas. Biarkan selama 40 menit, lalu disaring. Jangan lupa minum airnya selagi masih hangat dan tatkala perut kosong.

  1. Tempe

Sumber : Pos Kupang

          Berbahan 100 gram tempe. Kemudian, tempe dipotong-potong sesuai dengan selera, lalu direbus, dikukus, ataupun dibacem. Tempe dapat juga dijadikan lauk dan dimakan bersama nasi

  1. Labu Siam

Sumber : Tribun Batam

          Berbahan satu buah labu siam ukuran sedang. Buah labu dikupas, potong kecil-kecil, dan di jadikan juz atau bisa juga diparut, kemudian peras airnya, dan saring. Kumpulan airnya langsung diminum sekaligus.

  1. Bawang Merah

Sumber : Tribun Jabar

          Bawang merah mengandung senyawa flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan yang dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Berbahan 20 gram bawang merah segar. Bawang merah diiris tipis-tipis, boleh dimakan bersama nasi. Lakukanlah secara rutin 3 kali sehari dengan takaran yang sama.

  1. Bawang Putih

Sumber : Hello Sehat

          Bawang putih mengandung bahan aktif s-allyl cysteine yakni suatu komponen thioallyl yang mempunyai khasiat hipolipidemik dan antitrombotik. Studi di Munich University, Jerman, menemukan fakta bahwa dengan menambahkan bawang putih ke dalam pola diet akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sampai dengan 10 persen dalam masa empat bulan. Mengonsumsi bawang putih segar, sering menjadi suatu masalah bagi kebanyakan orang, dikarenakan rasanya yang tidak enak dan aromanya yang begitu menyengat. Berbahan dua siung bawang putih, kemudian bawang putih diiris tipis-tipis dan dibuat bulatan kecil, lalu ditelan. Lakukan secara rutin setiap 2 kali sehari.

Loading...

Leave A Comment