Beberapa Bisnis Kecil-Kecilan Ini Bisa Kamu Coba Sambil Kuliah!

By |2019-05-29T12:41:50+00:00May 3rd, 2019|Knowledge|

Photo by rawpixel

Bagi kamu yang masih duduk di bangku kuliah dan butuh tambahan uang jajan jangan khawatir! Ada banyak sekali peluang bisnis yang dapat kamu coba sebagai mahasiswa, baik bisnis yang membutuhkan modal besar maupun yang tidak memerlukan modal sama sekali. Bisnis yang dapat kamu coba bisa berupa bisnis online maupun bisnis yang dijalankan secara nyata. Kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan yang bisa menjadi sumber penghasilanmu. Berikut beberapa contoh bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu coba sembari kuliah.

 

Loading...

1. Menjual barang pre-loved

Photo by @belart84

Kamu punya barang bekas yang tidak dipakai dan masih bagus? Coba untuk menjualnya. Bisnis jualan barang bekas atau bahasa kerennya pre-loved ini merupakan bisnis yang tidak perlu memerlukan modal banyak.

Kamu bisa menjual barang-barang branded asli yang kamu punya dan sudah bosan digunakan untuk kamu jual. Saat ini sudah banyak platform yang menjual barang barang bekas sehingga memudahkan kamu untuk menjual barang bekas yang layak pakai. Selain pakaian, kamu juga bisa menjual buku-buku kamu yang sudah tidak terpakai, barang antik limited edition dan masih banyak lagi.

Tak hanya barang yang kamu miliki, kamu juga bisa membeli barang bekas dan menjualnya kembali. Misal kamu membeli kipas angin atau lemari di pasar barang bekas, kemudian kamu jual kembali kepada teman yang membutuhkan.

2. Bisnis Dropship

Photo by Brooke Lark

Bisnis yang satu ini bisa kamu coba! Namun perlu diperhatikan, untuk memulai bisnis ini kamu harus mencari supplier yang terpercaya. Kamu bisa menemukan supplier terpercaya di sejumlah marketplace. Ada banyak sekali penjual-penjual terpercaya yang bisa kamu ajak kerja sama. Dropship sendiri merupakan bisnis jual beli online yang tidak mengharuskan penjual menyimpan stok barang. Cara kerjanya bisa dibilang cukup mudah dan tidak memerlukan modal besar. Kamu hanya mempromosikan barang melalui website atau media sosial yang kamu punya. Kamu bisa pertimbangkan untuk fokus memilih supplier apa, entah itu produk kecantikan, jam tangan, produk kesehatan, pakaian atau gadget.

 

3. Menjadi Guru Les Private

Photo by Sasin Tipchai

Menjadi guru les kursus private tidak memerlukan modal loh!. Namun bisnis ini menuntut mahasiswa mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Misalnya kamu memiliki keahlian di bidang matematika, kamu bisa menjadi guru les matematika untuk anak-anak sekolah dasar, menengah hingga atas. Kalau kamu pandai dalam bermusik, kamu juga bisa mengajarkan pelajaran dasar dari musik. Bisnis kecil ini bisa kamu jadikan ladang emas yang patut kamu coba.

 

4. Bisnis Buket Snack

Photo by caldora

Bisnis yang satu ini lagi happening banget di kalangan anak-anak mahasiswa. Kalau wisuda biasanya memberikan buket bunga, kali ini kamu bisa memberikan hadiah yang unik yaitu buket snack.

Ide ini bisa kamu jadikan bisnis loh! Bisnis yang satu ini memang membutuhkan modal. Namun, ide bisnis ini bisa menjadi peluang untuk kamu memulai bisnis dan mencari uang jajan tambahan. Dimulai dari hal yang kecil yaitu kamu membuatnya sendiri. Kamu bisa membeli berbagai macam snack dan perlengkapan lainnya di pasar tradisional dengan harga yang cukup murah, dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Selanjutnya kamu bisa mempromosikan bisnis kecilmu ini mulai dari lingkungan pertemananmu. Beritahu orang-orang terdekatmu kalau kamu menerima pesanan buket snack untuk berbagai acara.

 

5. Menjual Foto di Internet

Bisnis yang satu ini berhubungan dengan hobi. Buat kamu penyuka atau pecinta fotografi dan suka mengambil foto, ide bisnis menjual foto di internet ini bisa dijadikan ladang penghasilan kamu. Modal yang kamu butuhkan hanya kamera digital atau bisa juga menggunakan kamera handphone. Namun pastikan foto atau gambar yang kamu ambil memiliki kualitas, karakter dan menjelaskan cerita tertentu. Cara menjual hasil foto atau gambar yang sudah kamu ambil yaitu kamu bisa mendaftarkan diri ke website penjualan foto seperti shutterstock, istockphoto, dan lain sebagainya. Setelah mendaftar kemudian upload foto kamu ke dalam website tersebut. Jika ada pengunjung yang ingin membeli gambar kamu maka komisi akan masuk ke dompetmu.

Itulah 5 bisnis kecil-kecilan yang bisa kamu coba sebagai mahasiwa. Tidak ada salahnya mencoba memulai bisnis selagi masih muda. Selamat mencoba!

Loading...