Bagi Yang Ingin Sehat, Tengoklah 10 Cara Untuk Tetap Sehat Dan Terhindar Dari Rasa Sakit Ini!

By |2018-11-08T05:21:01+00:00March 16th, 2017|Health|


Source: luxstorm

Tubuh yang sehat merupakan idaman setiap orang. Dengan memiliki tubuh yang sehat, kita tidak hanya memperoleh keuntungan berupa penampilan fisik yang makin menunjang diri, namun juga kesehatan yang makin prima terlepas dari pertambahan umur kita. Di saat yang sama, tubuh yang sehat dan bebas dari rasa sakit merupakan hal yang perlu kita usahakan semaksimal mungkin. Berikut ini adalah 10 cara untuk tetap sehat dan terhindar dari rasa sakit:

1. Kenali Diri Kita Sendiri


Source: PublicDomainPictures

Loading...

Tips yang pertama ini dapat dikatakan tips yang paling penting untuk terhindar dari rasa sakit. Sedihnya, tidak banyak yang mendalami diri mereka sendiri, sehingga mereka menjadi orang yang mudah termakan arus tren yang tidak sehat untuk badan mereka. Padahal, dengan mengenali diri sendiri, kita akan semakin tahu kebutuhan mendasar kita untuk tetap sehat dan terhindar dari rasa sakit. Ingat, masing-masing kita memiliki derajat dan ragam kebutuhan hidup yang berbeda satu dengan yang lain.

2. Jadilah Pribadi Yang Percaya Diri


Source: PublicDomainPictures

Menurut pengalaman saya, seseorang dapat dikatakan percaya diri kalau ia nyaman dengan dirinya sendiri. Meskipun kenyamanan dengan jati diri hadir dalam berbagai macam bentuk, orang lain dapat melihat dari bahasa tubuh seseorang kalau orang tersebut nyaman dengan dirinya sendiri atau sebaliknya. Orang yang tidak nyaman atau percaya diri akan terlihat seperti orang yang sakit sekalipun dirinya sehat, maka, jadilah pribadi yang percaya diri dan nyaman dengan diri sendiri supaya tetap sehat dan terhindar dari rasa sakit.

3. Milikilah Pikiran Yang Bersih


Source: AdinaVoicu

Ketika saya berbicara mengenai pikiran yang bersih, saya tidak hanya akan membahas mengenai pikiran yang terbebas dari segala kekotoran dan kejahatan dunia meskipun itu termasuk salah satu bagiannya. Pikiran yang bersih juga mencakup pikiran yang “tidak macam-macam”, yakni tidak mudah memusingkan pendapat atau pemikiran orang lain. Ingat, mereka yang sakit-sakitan umumnya memiliki pikiran yang ruwet dan terlalu sibuk menganalisa hal-hal yang tidak perlu.

4. Keseimbangan Adalah Kunci Dari Hidup Sehat


Source: Wokandapix

Siapapun tahu kalau apapun yang berlebihan atau berat sebelah pasti tidak baik. Karenanya, manusia butuh keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan mereka untuk hidup sehat dan terhindar dari sakit penyakit. Keseimbangan bukan hanya mencakup segi kognitif (pikiran) dan afektif (perasaan) seseorang secara pribadi, namun juga dapat dicapai dari pengaturan waktu yang tepat dalam hal bekerja dan beristirahat, di mana pembagian keduanya harus merata.

5. Membaca Berbagai Macam Buku


Source: Gellinger

Peribahasa lama yang mengatakan, “Buku adalah jendela dunia,” banyak benarnya dalam hal mencapai kondisi tubuh yang prima dan bebas dari rasa sakit. Bukan hanya sekedar menambah wawasan, saya sendiri juga telah melihat kalau orang-orang yang membaca buku akan memperoleh pengetahuan yang dapat diterapkan untuk menjadi lebih sehat dalam berbagai macam hal. Saya sendiri menyarankan buku ber-genre pengembangan diri dan psikologi, mengingat dua genre buku inilah yang paling dekat dengan upaya manusia menghindari rasa sakit.

6. Hadiri Berbagai Macam Kursus


Source: geralt

Kursus bukan hanya berguna untuk pengembangan diri, namun juga dapat meningkatkan kedisiplinan yang akan berujung pada tubuh, jiwa, dan raga yang bebas dari sakit penyakit. Tidak harus kursus yang langsung berhubungan dengan olahraga (seperti mendapatkan lisensi pelatih senam atau kursus kebugaran di pusat kebugaran setempat), namun Anda juga dapat menghadiri berbagai macam kursus bahasa dan kebudayaan yang dapat melatih jasmani Anda seperti kursus public speaking.

7. Milikilah Manajemen Konflik Yang Baik


Source: tacofleur

Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa konflik adalah awal timbulnya kreativitas dan ide-ide baru, ada juga yang berpendapat kalau konflik itu destruktif. Namun, apapun konflik yang kita alami, kalau konflik itu telah mencapai derajat yang tidak sehat, maka konflik juga berpotensi merusak hubungan dengan orang-orang terdekat kita. Manajemen konflik yang baik akan menghindarkan kita dari kesemuanya itu. Selain itu, dengan memiliki kemampuan manajemen konflik yang baik, kita akan terhindar dari berbagai macam sakit penyakit yang ditimbulkan oleh adanya konflik.

8. Berolahraga Sesuai Dengan Kebutuhan


Source: tacofleur

Ada yang mengatakan kalau ingin menjadi sehat dan terhindar dari rasa sakit, kita harus berolahraga sekeras-kerasnya. Mungkin orang-orang ini berpikir dengan berolahraga sekeras-kerasnya, keringat yang keluar juga akan sederas-derasnya dan rasa kesal yang memuncak juga dapat tersalurkan dengan sekencang-kencangnya. Jangan turuti mereka, sebab bisa jadi mereka melakukannya hanya untuk melariskan barang atau jasa kebutuhan olahraga yang mereka pasarkan. Mau olahraga ringan ataupun berat, berolahragalah sesuai kebutuhan tubuh Anda.

9. Milikilah Pola Makan Dan Minum Yang Sehat


Source: Pexels

Sebagai elemen kebutuhan pokok manusia, pola makan dan minum tidak dapat dilepaskan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Pengaturan pola makan dan minum sangat krusial demi menghindari rasa sakit di masa yang akan datang, karena permulaan hidup sehat adalah memiliki pola makan dan minum yang sehat. Tidak harus setiap hari mengikuti diet ketat semacam harus makan beras merah atau roti gandum 3 bulan berturut-turut kalau tidak ada penyakit berat, bisa juga diselingi dengan makan donat, es krim, cabai merah, kentang goreng, dan lain-lain apabila merasa bosan. Namun ingat, jangan kelebihan!

10. Belajar Mengikuti Gelombang Kehidupan


Source: cocoparisienne

Poin kesepuluh ini mungkin rancu bagi sebagian orang. Kita harus menjadi diri sendiri dan mengenali kebutuhan diri kalau ingin jadi sehat, di saat yang sama, kita juga harus belajar mengikuti gelombang kehidupan. Sekedar mengklarifikasi, yang saya maksudkan dari poin kesepuluh ini adalah belajar menerima saat-saat kelam dalam hidup, bangkit dari kesalahan dan kegagalan masa lalu, lalu mengalami gagal lagi dan tetap tabah, bangkit lagi, dan seterusnya. Itulah gelombang kehidupan yang tiap orang mengalaminya. Lagipula setahu saya, orang yang tidak sakit-sakitan biasanya adalah mereka yang telah belajar mengikuti gelombang kehidupan dan terbiasa olehnya.

Para pembaca yang ingin memiliki tubuh sehat, bagaimana, apa yang ada di pikiran kalian saat membaca kesepuluh cara untuk tetap sehat dan terhindar dari rasa sakit pada artikel ini? Apakah ada cara-cara yang anti-mainstream dan dapat kita terapkan bersama? Mari kita bagikan artikel ini, dan ajak sesama kita untuk bersama-sama hidup bebas sakit penyakit!

Loading...