Ayo Kenali Vertigo! Simak 10 Penyebab dan Tanda Khasnya

By |2018-11-07T13:50:38+00:00March 3rd, 2017|Health|


Source:Amy

Vertigo sering disalahartikan sebagai nyeri kepala oleh sebagian masyarakat. Padahal keduanya memiliki tempat kelainan yang berbeda. Vertigo adalah pusing berputar yang dirasakan oleh seseorang, baik serasa  orang itu sendiri yang berputar atau lingkungannya yang terasa berputar. Hal ini sangat berbeda dengan nyeri kepala , di mana nyeri kepala tidak ada sensasi berputar. Berikut ini adalah 10 poin mengenai penyebab dan tanda dari vertigo agar anda mengenal lebih mendalam.

1.Gangguan pada telinga


Source:naika lieva

Loading...

Di dalam telinga manusia, terletak reseptor yang membawa stimulus keseimbangan manusia. Orang dengan gangguan telinga dapat terjadi gangguan keseimbangan sehingga akan merasa pusing berputar. Begitu juga dengan orang yang menderita pusing, ada yang disertai dengan penurunan pendengaran dan telinga berdenging. Jika anda mengalami pusing berputar dengan sejumlah keluhan di telinga. Mungkin penyebab pusing itu berkaitan dengan gangguan pada organ pendengaran anda.

2. Gangguan pada otak


Source:abbamouse

Di dalam otak manusia terdapat pusat yang mengatur keseimbangan tubuh. Pusat keseimbangan terdapat pada otak kecil manusia yang disebut cerebellum. Bila terjadi gangguan pada otak kecil maka dapat terjadi gejala gangguan keseimbangan. Gangguan di otak kecil dapat berupa perdarahan, trauma, tumor, infeksi. Gangguan pada cerebellum biasanya bersamaan dengan gejala yang lain seperti gangguan koordinasi gerakan sehingga anda akan diminta untuk melakukan beberapa tes menggerakan kaki dan tangan untuk mengetahui kelainan di otak kecil sebelah kiri atau kanan atau kedua-duanya.

3.Pusing pada mabuk perjalanan


Source:Pexels

Pusing pada vertigo hampir sama dengan pusing pada mabuk perjalanan. Namun pusing ini adalah dua hal yang berbeda. Organ tubuh yang mengirimkan persepsi keseimbangan tubuh adalah mata, reseptor proprioseptif di kulit dan telinga. Jika salah satu dari organ ini mengirimkan pesan yang tidak sama ke otak dapat menyebabkan gejala pusing berputar. Pada mabuk perjalanan, terjadi gangguan pada mata saat sedang melakukan perjalanan.

4.Dipengaruhi posisi kepala


Source: D coetzee

Penyakit vertigo ada bermacam- macam, salah satu tipe vertigo memiliki gejala yang dipengaruhi oleh posisi kepala. Orang yang menderita vertigo tipe ini akan mengalami pusing berputar yang lebih hebat ketika menolehkan kepala ke kanan atau ke kiri. Hal ini bisa terjadi karena terdapat kelainan pada pusat keseimbangan di telinga. Letak kelainannya terdapat pada saluran semisirkuler pada telinga bagian dalam. Saluran tersebut berbentuk setengah lingkaran dengan menghadap 3 posisi yang berbeda, yaitu posisi depan, belakang dan samping. Dalam saluran tersebut terdapat cairan dimana gerakan cairan ini akan memberikan stimulasi pada reseptor keseimbangan yang ada di telinga dalam.

5.Gejala psikologis penyebab vertigo


Source:BetheICT

Pada beberapa orang yang menderita kelainan psikologis tertentu dapat mengalami vertigo atau pusing tiba-tiba. Hal ini diketahui setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan tidak ditemukan ada kelainan pada tubuh yang dapat menyebabkan pusing atau vertigo. Kelainan psikologi yang dapat menyebabkan pusing adalah phobia keramaian atau agorafobia. Serangan panik juga bisa menyebabkan pusing dan biasanya juga bersamaan dengan sesak dan perasaan seperti tercekik.

6.Autoimun sebagai penyebab vertigo


Source:Ed Uthmann

Autoimun adalah penyakit yang terjadi karena sel imun menyerang tubuhnya sendiri, salah satunya adalah telinga. Telah diuraikan sebelumnya bahwa telinga adalah organ pengatur keseimbangan. Penyakit yang menyebabkan vertigo dan diakibatkan sel imun tubuh dinamakan meniere’s syndrome. Pada meniere’s syndrome terdapat gejala telinga terasa penuh, berdenging, serta tuli sementara. Penyakit ini dapat kambuh dan sembuh namun perjalanan penyakitnya akan semakin parah.

7.Mual dan muntah


Source: Sarah

Mual dan muntah adalah reaksi tubuh terhadap rasa berputar yang dirasakan oleh penderita vertigo. Mual dan muntah yang diderita pasien vertigo dirasakan berbeda setiap orang, bergantung dengan letak kelainan dari penyebab vertigo. Biasanya mual dan muntah yang hebat terjadi bila penyebab gangguan vertigo terjadi di perifer seperti ditelinga. Sedangkan gejala vertigo yang terjadi di pusat saraf atau otak gejala mual munth tidak sehebat jika letak kelainan di telinga.

8.Penglihatan tiba-tiba menjadi gelap


Source:flachovatereza

Pernahkah anda merasa pusing dan seketika itu juga merasa pandangan anda gelap saat anda baru saja bangun tidur? Jika anda pernah mengalami hal yang seperti ini berarti anda mengalami hipotensi ortostatik bukan pusing karena vertigo. Hipotensi ortostatik adalah sebuah gejala turunnya tekanan darah karena perubahan posisi tubuh secara mendadak dari posisi berbaring menjadi tegak berdiri. Turunnya tekanan darah akan menyebabkan aliran darah ke otak juga menurun sehingga penglihatan anda akan menjadi gelap seketika.

9.Merasa tidak seimbang


Source:karen warfel

Apakah anda pernah merasakan kepala anda pusing dan seperti melayang? Jika anda pernah mengalami gejala seperti ini, hal ini bukan vertigo. Karena vertigo adalah rasa pusing berputar dimana anda akan merasakan diri anda yang berputar atau lingkungan anda yang berputar. Gejala mersa tidak seimbang terjadi pada orang yang sedang terkena infeksi influenza. Infeksi ini memiliki gejala awal atau prodromal dimana badan menjadi lemas dan terasa seperti melayang.

10.Pening


Source:PublicDomainPictures

Pening bukan merupakan vertigo. Pening adalah salah satu gejala sakit kepala yang sering disalahartikan sebagai pusing vertigo. Pening dapat disebabkan karena infeksi virus seperti influenza, tekanan darah tinggi atau kadar kolesterol yang tinggi. Karena itu jika anda merasakan gejala pening yang tidak kunjung sembuh segera periksakan diri anda ke dokter sehingga dapat segera ditangani. Pening akan membaik jika anda bawa istirahat jangan meminum obat sembarangan karena mungkin akan memperparah keadaan anda.

Itulah tadi sepuluh info mengenenai penyebab dan tanda khas vertigo. Segeralah mencari pertolongan ketika anda mengalami vertigo. Semoga info ini berguna!

Loading...