Apa Itu Gigi Bungsu? Inilah 10 Hal tentang Gigi Bungsu yang Anda Harus Ketahui!

By |2018-11-07T13:50:50+00:00March 3rd, 2017|Health|

Source: omar alnahi

Pernahkah Anda merasakan nyeri pada gusi ketika adanya gigi baru yang sedang tumbuh? Gigi baru yang tumbuh ketika Anda tak lagi anak-anak ini disebut dengan gigi bungsu. Tahukah Anda mengapa gigi bungsu sering menimbulkan rasa sakit? Berikut ini adalah 10 hal menarik tentang gigi bungsu yang perlu Anda ketahui!

1. Merupakan gigi graham ketiga

Source: rgerber

Gigi bungsu merupakan gigi molar atau geraham ketiga. Anda akan memiliki empat gigi bungsu yang tumbuh seumur hidup Anda. Keempat gigi bungsu ini tumbuh di keempat pojok gusi Anda, yaitu di pojok bawah kanan, bawah kiri, serta atas kanan dan atas kiri.

2. Tumbuh pada usia remaja hingga dewasa

Surce: Mojpe

Berbeda seperti gigi pada umumnya yang bermula sebagai gigi susu sebelum tanggal dan menjadi gigi tetap, gigi bungsu tumbuh terakhir. Biasanya, gigi bungsu akan mulai tumbuh pada masa remaja akhir hingga menginjak dewasa, antara umur 17 sampai 20 tahun. Inilah sebabnya gigi bungsu sering disebut dengan ‘wisdom teeth’, yang menandakan kedewasaan seseorang.

3. Disebabkan tidak adanya ruang

Source: Yingpis Kalayom

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa gigi bungsu tumbuh paling akhir, yakni di usia dewasa. Hal ini disebabkan karena gigi geraham pertama yang tumbuh di usia 6 tahun dan gigi geraham kedua tumbuh pada usia 12 tahun telah terlebih dahulu mengisi ruang di gusi Anda. Akibatnya, gigi geraham ketiga Anda baru muncul terakhir.

4. Sering menimbulkan impaksi gigi

Source: Peter Kasprzyk 

Impaksi gigi merupakan terjebaknya gigi di dalam gusi karena tidak adanya ruang bagi gigi untuk tumbuh. Gigi yang penuh atau berdesakan ini bisa jadi disebabkan oleh kecilnya rahang. Impaksi gigi bisa terjadi pada gigi manapun, meskipun biasanya muncul pada gigi bungsu. Impaksi pada gigi bungsu dapat menyebabkan rusaknya syaraf gigi, demam, dan bentuk wajah yang tidak simetris akibat kista. Solusi dari impaksi gigi adalah dengan melakukan pencabutan oleh dokter gigi atau dokter spesialis bedah gigi.

5. Gejala tumbuhnya gigi bungsu

Source: PublicDomainPictures

Tumbuhnya gigi bungsu seringkali menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri atau iritasi ketika mengunyah atau membersihkan gigi, infeksi gusi hingga pembusukan gusi. Hal tersebut bisa dikarenakan impaksi, atau sempitnya ruang untuk membersihkan gigi, serta tertimbunnya plak. Selain itu, gigi bungsu yang tumbuh miring juga bisa menyebabkan gejala-gejala di atas.

6. Mengatasi rasa nyeri

Source: Olichel

Untuk mengatasi rasa sakit akibat tumbuhnya gigi geraham ketiga atau gigi bungsu, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Berkumur dengan air hangan yang dicampur air garam merupakan hal yang efektif dan sering dilakukan untuk meredakan rasa sakit. Berkumur dengan obat kumur anti bakteri juga mampu menghilangkan rasa nyeri gusi. Selain itu, Anda dapat mengkompres pipi di area gigi bungsu Anda tumbuh dengan es selama 10 sampai 20 menit dan mengulanginya beberapa kali untuk meredakan pembengkakan.

7. Menyebabkan gangguan alat pengunyah

Source: Schlumpf98

Tumbuhnya gigi bungsu ketika gigi lainnya udah mengisi ruang gusi dapat menyebabkan terganggunya alat pengunyah. Gigi bungsu yang tumbuh seringkali mendorong gigi lain yang berdekatan dan merubah bentuk rahang. Hal ini bisa menyebabkan misalignment of bite yang dapat menyebabkan tertimbunnya plak dan bau mulut serta peradangan.

8. Perlukah gigi bungsu untuk dicabut?

Source: jarmoluk

Apabila gigi molar ketiga Anda tumbuh dengan normal dan sehat, gigi bungsu ini akan menjadi bagian yang berguna dalam proses pengunyahan. Namun, jika gigi bungsu Anda tidak mendapat ruang yang cukup untuk tumbuh dan muncul secara tidak normal (tumbuh dengan posisi miring, tiduran atau hanya setengah), maka perlu dilakukan pengangkatan oleh dokter gigi maupun dokter spesialis bedah gigi. Akan tetapi, jika terjadi pembengkakan, infeksi, serta demam, umumnya operasi pengangkatan gigi bungsu perlu ditunda.

9. Yang terjadi pasca operasi

Source: Kjerstin_Michaela

Setelah operasi pencabutan gigi bungsu, biasanya Anda akan mengalami pendarahan. Sensasi mati rasa pada lidah, gigi, gusi dan bibir juga dapat terjadi pasca operasi. Pembengkakan pada wajah dan pipi juga sering terjadi. Selain itu, pencabutan gigi juga dapat menimbulkan risiko infeksi dan cidera syaraf meskipun hal ini jarang terjadi.

10. Perawatan pasca operasi

Source: stevepb

Letakan kain kasa atau kapas steril di tempat gigi bungsu dicabut, dan gigit untuk menahannya. Anda juga dapat menggunakan kantung teh basah sebagai pilihan untuk menghambat pendarahan. Selain itu, hindarilah minumain panas, berkumur dan menyikat gigi sampai satu hari setelah operasi. Mengkonsumsi ibuprofen juga dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit. Antibiotik juga sering diberikan oleh dokter pasca operasi, dan harus dikonsumsi sampai habis.

Nah, demikian lah 10 hal menarik yang Anda perlu ketahui tentang tumbuhnya gigi bungsu. Membersihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut merupakan hal yang wajib. Apabila timbul rasa nyeri yang berlebihan dan gejala-gejala lainnya, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi.