6 Tips Mempersiapkan Interview Pekerjaan Supaya Berjalan Lancar dan Tanpa Kendala

By |2019-05-29T12:41:52+00:00January 29th, 2019|Lifestyle|

 

Sumber : styles66

Loading...

Setelah melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau di suatu tempat, kamu tentu harus menjalani proses interview atau wawancara dengan pegawai atau atasan di perusahaan tersebut. Dari wawancara tersebut, mereka akan menilai banyak hal darimu dan kalau kamu ingin mendapatkan pekerjaan tersebut tentu kamu harus mempersiapkan proses interview dengan baik. Kalau bingung harus mempersiapkan apa sebelum waktu interview tiba, kamu bisa simak tips berikut ini!

1. Kumpulkan Informasi dan Lakukan Riset

Sumber : Pexels

Sebelum melakukan interview dan bekerja di suatu perusahaan, kamu tentu harus tahu banyak tentang tempat atau perusahaan tersebut. Pelajari jenis pekerjaan yang kamu inginkan dan kriteria apa yang membuatmu layak untuk pekerjaan tersebut. Intinya, kamu harus kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang tempat kerjamu tersebut dan detail lainnya supaya kamu tidak gugup ketika ditanya.

2. Ketahui dan Bandingkan Skill yang Kamu Miliki

Sumber : Free-Photos

Kalau kamu ingin berhasil dalam suatu interview, kamu tentu harus memastikan apakah skill atau keahlian yang kamu miliki sudah sesuai dengan tuntutan pada pekerjaan tersebut. Kenali latar belakangmu dengan baik dan persiapkan diri sebaik mungkin. Kamu mungkin perlu memberikan penjelasan tentang keahlian yang kamu miliki, pengalaman kerja sebelumnya, serta motivasi apa yang kamu miliki untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

3. Latih dan Simulasikan Interview

Sumber : rawpixel

Setelah mengetahui keahlian dan mempersiapkan beberapa jawaban yang mungkin akan ditanyakan, kamu bisa melatih dirimu sendiri agar lebih lancar saat wawancara. Kamu bisa berlatih interview dengan teman atau jika tidak kamu bisa berlatih di depan cermin. Pastikan kamu memperkenalkan diri dengan baik di awal interview dan jelaskan latar belakang serta motivasimu mendapatkan pekerjaan tersebut dengan baik. Semakin sering kamu berlatih tentunya kamu akan lebih merasa percaya diri dan mampu mempersiapkan apa yang akan kamu utarakan saat proses interview nanti.

4. Rencanakan Apa yang Akan Kamu Kenakan

Sumber : PublicCo

Mengenakan pakaian yang tepat juga penting saat proses interview. Kamu tidak boleh sembarangan memilih pakaian karena mereka bisa menilai profesionalitasmu juga dari pakaian. Kenakan pakaian yang rapi dengan tema formal atau semi formal jika perusahaan yang kamu tuju adalah sebuah perusahaan kreatif. Pastikan kamu menyetrika pakaian terlebih dahulu dan sebaiknya gunakan warna-warna pakaian yang netral.

5. Bawa Beberapa Hal Penting

Sumber : FirmBee

Tidak hanya membawa diri, saat interview kamu juga mesti membawa beberapa benda yang nanti mungkin akan dibutuhkan saat interview. Beberapa hal tersebut diantaranya salinan dokumen data pribadimu, daftar referensi, daftar pertanyaan, buku catatan dan alat tulis. Bila perlu, kamu juga bisa membawa sampel portofolio dari contoh pekerjaan yang pernah kamu lakukan sebelumnya atau yang kamu buat khusus untuk kesempatan interview tersebut. Portofolio yang menarik tentu akan menjadi nilai tambah untukmu dalam mendapatkan pekerjaan tersebut.

6. Siapkan Juga Beberapa Pertanyaan

Sumber : geralt

Setelah proses interview selesai biasanya pihak pewawancara akan mempersilahkan kamu menanyakan hal yang tidak kamu mengerti atau hal-hal yang mungkin ingin kamu tanyakan mengenai pekerjaan tersebut. Kamu juga bisa menanyakan bagaimana organisasi dalam perusahaan tersebut berjalan, mengapa perusahaan tersebut bisa sangat sukses, atau proses apa yang harus kamu lakukan setelah proses interview selesai. Intinya, tanyakan sesuatu yang tak kamu temukan jawabannya di internet. Menanyakan sesuatu tentu lebih baik daripada nantinya kamu tidak mengerti apa yang harus kamu lakukan, bukan?

Itulah beberapa tips mempersiapkan interview pekerjaan yang mesti kamu lakukan. Persiapkan sebaik mungkin jika kamu benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut dan ingin meninggalkan kesan yang positif pada pihak yang mewawancaraimu. Semoga berhasil!

Loading...