6 Hal Mudah yang Dapat Kamu Lakukan untuk Menjaga Lingkungan

By |2019-01-29T22:08:23+07:00January 28th, 2019|Lifestyle|0 Comments

Sumber : rawpixel

Menyelamatkan lingkungan menjadi isu yang kini banyak diberitakan dan sepertinya menjadi salah satu hal besar yang mesti dilakukan. Nyatanya, dengan melakukan beberapa hal kecil, kamu bisa membantu menyelamatkan lingkungan dan membuat perubahan besar. Kalau kamu bingung harus melakukan apa untuk membantu melestarikan lingkungan tempat tinggalmu, kamu bisa coba praktekkan enam hal kecil yang dapat kamu lakukan dengan mudah berikut ini!

1. Bawa Botol Minum

Sumber : ClasicallyPrinted

Loading...

Sampah plastik memang jadi masalah besar bagi lingkungan karena jenis sampah ini akan sulit diuraikan oleh organisme di dalam tanah sehingga jumlahnya akan terus bertambah dan tertimbun, mengakibatkan polusi tanah dan berkurangnya kesuburan lahan. Ada hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi produksi sampah plastik seperti dengan cara membawa botol minum sendiri kemanapun kamu pergi. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari untuk membeli minuman kemasan plastik yang tentunya akan baik untuk lingkungan.

  1. Hindari Penggunaan Sedotan dan Sendok Plastik

Sumber : Bridgesward

Selain membawa botol minum sendiri, kamu juga bisa mengurangi penggunaan benda dengan bahan plastik saat makan atau minum di restoran maupun di café. Ada baiknya kamu tidak menggunakan sedotan plastik dan langsung meminum minumanmu dari gelas serta menghindari penggunaan sendok plastik sekali pakai. Tidak hanya itu, jika kamu ingin minum dengan menggunakan sedotan di rumah, kamu bisa membeli sedotan stainless steel yang bisa digunakan berkali-kali.

3. Bawa Tas Belanja Sendiri

Sumber : webandi

Ada banyak cara untuk mengurangi timbunan sampah plastik yang berbahaya bagi lingkungan dan salah satu cara lainnya yang mudah dilakukan adalah dengan membawa sendiri tas belanja saat membeli kebutuhan di toko atau supermarket. Langkah ini juga sudah banyak diadaptasi di pusat-pusat perbelanjaan dan biasanya pihak toko akan menawarkan recycle bag sebagai ganti tas plastik yang biasa digunakan untuk membawa belanjaan. Jadi, supaya lebih hemat dan ramah lingkungan, jangan lupa untuk membawa tas belanja sendiri ya!

4. Gunakan Kendaraan Umum

Sumber : Free-Photos

Tak hanya sampah plastik yang bisa mencemari tanah, penggunaan bahan bakar kendaraan bermotor juga kerap menjadi salah satu penyebab pencemaran yang paling besar. Asap dan emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor dapat menyebabkan terjadinya polusi udara yang berakibat naiknya suhu bumi dan efek rumah kaca. Untuk mengurangi efek tersebut, ada baiknya kini kamu beralih menggunakan kendaraan umum dan tidak membawa kendaraan jika hanya bepergian sendiri. Selain hemat bahan bakar, kamu juga bisa membantu mengurangi polusi udara sekaligus kemacetan terutama jika kamu tinggal di kota besar.

5. Seduh Daun Teh sebagai Ganti Teh Celup

Sumber : Congerdesign

Kamu hobi minum teh? Jika iya, mulai sekarang kamu harus mempertimbangkan lagi jenis teh yang biasa kamu seduh. Untuk membantu menyelamatkan lingkungan, kamu bisa menekan penggunaan kertas sebagai bungkus makana,  karena seperti yang kita ketahui, kertas dibuat dari bubur kayu yang pastinya diambil dari pepohonan yang ditebang. Dengan menyeduh teh yang berbentuk daun, kamu bisa menghemat penggunaan kertas yang notabene menjadi bahan baku kemasan teh celup.

6. Kurangi Frekuensi Penggunaan Air

Sumber : PublicDomainPictures

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menyelamatkan lingkungan tidak berarti kamu harus melakukan hal besar seperti pergi ke kutub utara untuk mengatasi efek rumah kaca atau es yang mencari. Bahkan dengan mengurangi penggunaan air saat mandi atau mengurangi frekuensi mencuci rambut, kamu bisa membantu menghemat air dan menyelamatkan lingkungan. Matikan keran air saat tidak digunakan dan hemat air sebisa mungkin.

Cara diatas bisa kamu lakukan dengan mudah, bukan? So, jangan lupa hal-hal kecil terkadang bisa membuat perubahan besar dan kalau bukan kita yang mulai, siapa lagi?

Loading...

Leave A Comment