6 Cara Mudah Melawan Virus Corona (Covid-19), Nomor 5&6 Sangat Mudah & Ampuh

By |2020-03-26T13:38:09+00:00March 26th, 2020|Health, Knowledge|

Diawal tahun 2020 ini Dunia dihebohkan dengan adanya Virus Corona  atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit karena infeksi Virus ini disebut dengan Covid-19. Virus ini menyerang sistem pernapasan dan dapat menyebabkan gangguan seperti pneumonia berat sampai kematian.

Dilansir AFP, Rabu (25/3/2020), sebanyak 20.334 orang di seluruh dunia meninggal akibat Corona. Sebanyak 13.581 di antaranya berasal dari Eropa. Di Indonesia sendiri, saat ini (25/03/2020) sudah tercatat ada sebanyak 790 orang yang positif terkena Corona, yang mana ada 31 orang yang sembuh dan 58 orang yang meninggal Dunia. Untuk menghindari bahaya dari Virus ini, yuk kita simak 6 cara mudah melawan Virus Corona agar jumlah korban dari Virus ini tidak bertambah lagi.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Source : Lisa Pinehill

Loading...

Hal paling dasar yang harus dilakukan agar tubuh tidak terkena Virus adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat tentunya kita tidak hanya mencegah Virus Corona melainkan mencegah penyakit lain yang berbahaya. Hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mendandung vitamin B6, C dan E seperti Alpukat, Jeruk, Mangga, Almond, Bayam dan tentunya rajin berolahraga.

  1. Mencuci Tangan dengan Benar


Mencuci tangan dengan benar adalah salah satu cara yang paling sederhana namun efektif karena dapat mencegah penularan Virus Corona. Cucilah tangan dengan sabun setidaknya selama 15 – 20 detik dengan membersihkan punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan. Anda juga bisa membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar efektif membunuh kuman.

  1. Hindari Kontak dengan Hewan yang Berpotensi Menularkan Virus


(Sumber : Pexels)

Virus Corona diduga berasal dari kelelawar dan disebarkan oleh beberapa hewan mamalia dan reptil. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari kontak dengan hewan-hewan tersebut dan selalu perhatikan daging yang Anda konsumsi. Pastikan daging tersebut sudah bersih dan dimasak sampai matang, jangan mengkonsumsi daging yang sudah busuk.

  1. Menggunakan Masker dan Sarung Tangan Karet

(Sumber: Kompas.com)

Penggunaan masker & sarung tangan mungkin tidak sepenuhnya efektif dalam mencegah paparan kuman / virus, akan tetapi hal ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran virus terutama jika ada aktivitas yang mengharuskan anda harus ke tempat umum / keramaian, namun penggunaan masker sendiri lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penularan kuman / virus kepada mereka yang sehat.

  1. TETAPLAH DIRUMAH



Sejak beberapa waktu lalu, Pemerintah telah memberikan himbauan kepada masyarakat agar melakukan aktivitas, seperti belajar, bekerja, dan beribadah di rumah agar memutus penyebaran Virus Corona. Maka dari itu, jika memang tidak ada kepentingan yang mengharuskan Anda untuk keluar rumah, melakukan swakarantina adalah pilihan yang bijak karena dapat memutus penyebaran virus dan ikut berkontribusi dalam membantu pemerintah  & tenaga medis untuk melawan Virus Corona.

  1. Berserah Diri dan Berdoa Kepada Tuhan


(Sumber : Redaksiindonesia.com

Jika seluruh tips & cara diatas sudah kalian lakukan, kini biarkan Tuhan yang selanjut-nya menentukan, karena segala usaha harus disetai doa. Dengan ini kita berharap agar Virus Corona dapat segera berakhir, mari kita panjatkan doa untuk Dunia yang sedang sakit ini, Kami juga berharap semoga pembaca dapat diberikan kesehatan dan terhindar dari Virus Corona, Aamiin

 

Loading...