6 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis Restoran

By |2019-05-03T12:36:16+00:00May 2nd, 2019|Knowledge|0 Comments

Source: pixabay

Bisnis restoran kini semakin populer di berbagai kalangan. Bahkan para artis pun turut membuka bisnis kulinernya masing-masing. Ada berbagai alasan mengapa orang memilih restoran sebagai ide bisnisnya. Pertama, karena makanan adalah kebutuhan pokok sehingga peluang berhasil akan lebih besar. Kedua, sebagian besar orang kini tidak lagi menganggap kuliner hanya sebatas pemenuhan kebutuhan dasar, tetapi juga sebagai tempat berkumpul dan refreshing bersama orang terdekat.

Semakin banyak orang membuka bisnis restoran, tentu persaingan akan semakin kompetitif. Hal ini akan membuat bisnis Anda tenggelam apabila tidak pandai-pandai melihat peluang dan tidak mau berkembang. Nah, tentu Anda setuju bahwa salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan bisnis restoran adalah strategi pemasaran. Apabila melihat fenomena akhir-akhir ini, metode pemasaran yang paling efektif  adalah digital marketing. Mengapa? Simak uraian selengkapnya mengenai pentingnya digital marketing untuk bisnis restoran Anda.

1. Memudahkan Mencari Calon Konsumen

Source: pngtree

Kini, lebih dari setengah penduduk Indonesia telah memiliki sosial media. Fakta ini merupakan peluang bagi pengusaha bisnis untuk memperoleh pasar yang luas. Buatlah akun sosial media khusus untuk mempromosikan restoran Anda. Dalam hal ini, Anda perlu aktif dalam membuat konten sehingga orang-orang tertarik untuk mengunjungi restoran Anda.

Loading...

Di akun ini, Anda dapat memposting foto makanan, view restoran, fasilitas, ketentuan reservasi, tata cara order online, dan lain sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk membuat profil lengkap restoran, seperti alamat dan nomor kontak yang dapat dihubungi.

 

2. Meningkatkan Popularitas Restoran

Source: pixabay

Semakin mudahnya akses informasi melalui internet membuat banyak orang menjadi semakin ketergantungan. Bahkan, tidak jarang pula orang yang mengandalkan internet untuk mencari kuliner-kuliner terfavorit. Nah, semakin banyak Anda mempromosikan bisnis restoran Anda, maka semakin banyak pula orang yang mengenal restoran tersebut, sehingga popularitas restoran akan semakin meningkat.

 

Digital marketing tidak terbatas melalui sosial media saja, Anda dapat memanfaatkan media lain yang berpotensial, misalnya melalui website restoran, Google Maps, media online, atau bahkan mengundang tokoh-tokoh populer untuk mereview restoran Anda.

Apabila Anda ingin sukses dalam digital marketing, Nest Media Digital dapat Anda pilih sebagai rekomendasi mitra bisnis yang unggul dan terpecaya. Nest Media Digital melayani kebutuhan pemasaran yang meliputi pembuatan Company Profile & Web Design, Event & Retail Promotion, SEO Strategies, Content Marketing, Social Media Marketing, hingga Email Marketing.

Informasi lengkap mengenai layanan digital marketing yang disediakan, dapat langsung Anda akses di kontak berikut ini:

Nomor telephone/WhatsApp : 62 812 8777 1212 / 021 2960 7201

Email                                          : info@nestmediadigital.com

Instagram                                 : https://www.instagram.com/nestmediadigital/

 

3. Memudahkan Melihat Feedback Konsumen

Source: pixabay

Untuk dapat terus berkembang, tentu Anda membutuhkan masukkan dari pelanggan-pelanggan restoran. Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memantau situs review restoran Anda. Apabila lokasi restoran telah tergabung di Google Maps, biasanya terdapat forum review yang dapat Anda cek.

 

4. Menguatkan Branding

Source: pixabay

Apabila popularitas terus meningkat dengan adanya feedback positif, maka restoran Anda pasti akan segera mendapatkan nama di masyarakat. Untuk bisa mendapatkan branding ini, Anda harus mampu memberikan citra yang baik.

Hal ini tidak bisa didapat hanya dengan menggenjot promosi saja, tetapi perlu diimbangi dengan pelayanan yang diberikan, sehingga pelanggan percaya pada kualitas restoran dan tidak segan-segan kembali mengunjungi atau bahkan mempromosikan kepada relasinya. Untuk sampai ke tahap ini memang tidak mudah, membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.

 

5. Memudahkan Komunikasi Dengan Konsumen

Source: pixabay

Dengan pemasaran digital marketing, komunikasi antara calon pelanggan dan pihak restoran akan lebih mudah. Adanya akun sosial media restoran memudahkan calon pelanggan untuk menanyakan detail restoran, misalnya tentang harga, reservasi, fasilitas, dan lainnya. Apabila detail lengkap tentang restoran ditampilkan dengan jelas, maka pelanggan akan semakin yakin untuk mengunjungi restoran Anda.

Selain itu, Anda juga bisa secara khusus bertanya kepada pelanggan review mengenai restoran Anda, misalnya kualitas menu, masukan menu baru, pelayanan, dan sebagainya. Masukan-masukan ini dapat menjadi bahan analisa Anda untuk menciptakan inovasi baru ke depannya.

 

6. Membagikan Promo atau Diskon

Source: pixabay

Supaya orang semakin tertarik untuk mengunjungi restoran, Anda perlu memberikan gebrakan-gebrakan baru, misalnya saja bagi-bagi promo atau diskon di momen-momen tertentu. Di sini Anda dapat memasukkan sedikit trik, misalnya diskon hanya berlaku apabila pelanggan telah men-follow akun dan membagikan informasi diskon ke teman-teman lainnya. Dengan strategi semacam ini, restoran Anda akan semakin cepat dikenal.

Nah, mungkin sekian dulu artikel mengenai pentingnya digital marketing untuk bisnis restoran. Tidak hanya restoran, bahkan kini digital marketing telah diterapkan untuk berbagai macam bisnis. Hanya saja, bagaimana promosi bisa menarik pelanggan adalah kunci penting dari keberhasilan pemasaran ini.

Loading...

Leave A Comment