5 Cara Meredakan Stress yang Bisa Kamu Lakukan Saat Penat

By |2019-01-17T13:57:00+07:00January 17th, 2019|Health|0 Comments

Sumber : caio_triana

Stress adalah salah satu hal yang kini banyak dialami masyarakat modern baik dikarenakan beban pekerjaan, keluarga, masalah percintaan dan lainnya. Tak jarang saat stress, seseorang bisa kehilangan semangat hidup dan melampiaskannya dengan cara yang salah. Memang, stress terkadang tak bisa dihindari tapi kalau kamu ingin meredakan stress dan sekedar ingin menenangkan diri, kamu bisa coba beberapa alternative cara meredakan stress yang mungkin afektif berikut ini!

1. Mendengarkan Musik

Sumber : Porquiopas

Loading...

Saat kamu merasa stress sangat mengganggu pikiranmu, kamu bisa coba mendengarkan alunan music yang tenang seperti music klasik atau music dengan suara-suara alam seperti suara ombak di laut, hujan atau suara alam lainnya.perlu kamu ketahui, sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Stamford pada tahun 2006 membuktikan bahwa music dapat merangsang gelombang alpha dalam otak dan membuatnya lebih tenang.

Kamu bisa mendengarkan musik kapan saja selama tidak mengganggu aktivitasmu meskipun sebenarnya kamu bahkan bisa mendengarkan music saat sedang bekerja, berolahraga atau sembari memasak.

2. Bicara pada Sahabat

Sumber : StockSnap

Salah satu hal yang mungkin juga bisa membuatmu lebih merasa tenang dan tidak terlalu memikirkan masalah yang sedang kamu hadapi adalah dengan bicara pada sahabat atau orang terdekat. Setidaknya dengan bicara pada teman, kamu tak merasa sendirian dan tertekan. Temanmu juga mungkin bisa menceritakan cerita lucu yang akan membuatmu tertawa. Intinya, saat sedang stress kamu sebaiknya tak terlalu lama menyendiri, atau jika tidak bisa bertemu kamu bisa berbicara pada sahabat atau teman lewat telepon.

3. Makan Makanan Sehat

Sumber : rawpixel

Saat sedang stress biasanya seseorang akan kehilangan nafsu makan atau justru makan banyak. Tipikal mereka yang makan banyak dan makan apa saja saat sedang stress sebenarnya tidak baik lho! Memang saat sedang stress, kita akan lebih banyak mengkonsumsi makanan tinggi kalori, gula, lemak dan lainnya.

Padahal saat tubuh sedang mengalami stress, kita dianjurkan untuk menghindari makanan kaya gula, dan kalori. Ada baiknya jika makanan tersebut diganti dengan makanan yang lebih sehat dan kaya serat seperti buah dan sayur. Mengkonsumsi makanan kaya omega 3 seperti ikan juga baik dikonsumsi karena dapat mengurangi kadar hormone kortison penyebab stress dalam tubuh.

4. Meditasi dan Yoga

 

Sumber : lograstudio

Beberapa menit meditasi setiap harinya juga dapat membantu mengatasi stress dan kecemasan yang kita alami. Para peneliti menyebutkan bahwa dengan melakukan meditasi dan latihan pernafasan, otak akan lebih sehat dan tidak mudah mengalami stress. Meditasi juga sangat mudah dilakukan, kamu hanya perlu duduk bersila di lantai dan memejamkan mata sekejap. Ambil nafas dan buang nafas secara dalam dan teratur, lakukan dalam sunyi dan coba untuk fokus pada hal-hal positif yang membuat perasaanmu lebih baik. Selain meditasi, kamu juga bisa melakukan olahraga lainnya seperti yoga yang menyehatkan tubuh sekaligus pikiran

5. Berendam Air Hangat

Sumber : ivanovgood

Lelah dan penat bekerja seharian mungkin membuat tubuhmu lelah dan stress. Untuk mengatasinya, kamu bisa juga coba cara yang satu ini. berendam dalam air hangat bisa jadi salah satu hal ampuh yang bisa kamu lakukan dengan mudah. air hangat dapat membuat otot menjadi rileks dan menghilangkan ketegangan pikiran seseorang. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa air hangat atau air panas dapat merangsang aliran darah dan memicu produksi hormon serotonin yang membantu mengatasi stress. Jadi, tak ada salahnya jika kamu melakukan ritual ini setiap hari, kan?

Itulah beberapa cara meredakan stress yang bisa kamu coba. Terkadang tidak bisa dihindari tapi kalau kamu tahu bagaimana cara mengolah dan mengatur stress, kamu tentu tidak akan terpengaruh dan bisa tetap sehat serta ceria setiap hari.

 

Loading...

Leave A Comment