5 Bunga Favorit Saat Imlek dan Makna Indah Dibaliknya

By |2019-01-19T17:49:20+00:00January 18th, 2019|Lifestyle|

Sumber: chen-gh

Tahun baru china atau Imlek akan segera tiba dan kita akan segera masuk ke tahun Babi. Saat tahun baru imlek tiba, masyarakat Tionghoa akan menghias rumahnya dengan berbagai pernak-pernik termasuk dengan menggunakan bunga-bunga yang cantik. selain sebagai dekorasi, bunga-bunga tersebut punya makna tersendiri dan dianggap membawa keberuntungan lho! Mau tahu bunga apa saja yang menjadi favorit dan banyak dipilih sebagai hiasan rumah saat Imlek? Cek ulasannya berikut ini!

Loading...

1. Anggrek

Sumber : Capri23auto

Bunga pertama yang biasa dijadikan dekorasi saat Imlek adalah bunga anggrek yang melambangkan kesuburan, kemewahan, kecantikan, kekayaan dan keberuntungan. Bunga elegan ini dipercaya sebagai pembawa kesuburan pada masyarakat Tionghoa yang cenderung memiliki banyak anak karena kepercayaan banyak anak banyak rezeki yang masih melekat. Berbagai jenis dan anggrek juga biasa digunakan sebagai hadiah saat imlek dan bisa ditemukan dengan mudah karena jumlahnya yang melimpah saat imlek.

2. Bunga Peach

Sumber : Chesna

Bunga peach atau Peach Blossom yang mirip dengan bunga sakura mungkin menjadi bunga yang paling banyak ditemui dan digunakan sebagai dekorasi saat imlek. Bunga cantik berwarna pink dianggap sakral oleh masyarakat Tionghoa dan biasanya diletakkan dalam vas khusus. Bunga  ini melambangkan panjang umur, kesuburan dan romantisme terutama bagi mereka yang masih single. Oleh sebab itu, bunga ini biasanya juga digunakan oleh mereka yang belum mendapat jodoh saat perayaan imlek tiba.

3. Peoni

Sumber : PublicDomainPictures

Peoni, bunga cantik satu ini juga punya peran dan makna saat perayaan imlek. Bunga yang punya berbagai pilihan warna ini melambangkan kewanitaan, atau feminism, kedamaian dan kharisma. Biasanya bunga peoni berwarna merah lebih banyak diminati oleh mereka yang merayakan Imlek karena dipercaya dapat membawa keberuntungan dalam hidup. Jadi, kamu tahu kan kenapa bunga ini juga banyak diincar menjelang perayaan imlek?

4. Narcissus

Sumber: Nile

Bisa dibilang Narcissus atau bunga daffodil juga merupakan salah satu bunga yang paling diincar saat perayaan tahun baru imlek. Tak heran karena bunga yang cantik dan unik yang berwarna putih dan kuning ini melambangakan kekayaan serta keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa.

Dengan warna yang cantik, aroma yang harum dan kelopak yang lembut, bunga narcissus juga sering disebut sebagai bunga peri air. Saat membeli biasanya bunga masih berwujud kuncup dan kalau kamu ingin bunganya mekar, pastikan kamu meletakkannya di ruangan yang sedikit hangat seperti dekat dapur atau jendela.

5. Azalea

Sumber : _Alicja_

Satu lagi bunga yang jadi favorit saat tahun baru imlek tiba dan banyak digunakan sebagai dekorasi ruangan. Azalea, bunga cantik dengan beragam warna ini melambangkan kebahagiaan, harmoni dan keseimbangan. Karena punya arti yang dapat mengundang kebahagiaan, biasanya bunga Azalea juga banyak dijadikan hadiah atau buah tangan bagi tamu yang datang ke rumah setiap perayaan imlek.

Meski punya banyak pilihan warna, biasanya bunga Azalea merah paling banyak diminati karena sesuai dengan warna atau tema imlek yang tentu sudah lekat dengan warna merah yang dianggap membawa keberuntungan.

Itulah lima bunga favorit saat perayaan imlek. Kamu bisa mendekorasi rumahmu dengan kelima atau salah satu bunga tersebut mulai dari sekarang dan membuat rumahmu tampak lebih indah serta semarak demi menyambut imlek. Kamu juga bisa mengirimkan buket bunga berisi bunga-bunga tersebut kepada orang tersayang seperti keluarga atau teman disertai dengan ucapan harapan yang baik di tahun baru. So, have a fabulous year ahead!

Loading...