30 Words of Wisdom About Life Can Motivate Yourself

By |2018-11-28T16:55:05+07:00November 22nd, 2018|Inspiration, Knowledge|Comments Off on 30 Words of Wisdom About Life Can Motivate Yourself
Source: Loggawigler

Kehidupan adalah hal yang harus dijalani oleh setiap orang, namun terkadang kita sebagai manusia sering mengalami masalah dan merasa terpuruk. Saat diterpa masalah, sebagian besar dari kita hanya akan menyesali nasib dan memerlukan motivasi untuk kembali berjuang dalam kehidupan. Memang kata-kata motivasi berikut hanya  sebatas perkataan tapi jika diresapi maknanya, kata-kata tersebut sanggup membangun jiwa yang tak lagi bersemangat.

1. Jim Rohn- Tidak Dengan Dirimu

“Biarkan orang lain memiliki kehidupan yang sempit, tapi tidak denganmu. Biarkan orang lain berdebat tentang sesuatu yang kecil, tapi tidak denganmu. Biarkan yang lain menangisi luka yang kecil, tapi tidak dirimu. Biarkan orang lain meletakkan masa depan mereka pada orang lain, tapi tidak dengan dirimu”. – Jim Rohn

Banyak orang yang merasa kehidupannya sangat sempit dan mengeluh untuk segala sesuatu. Meskipun demikian, sifat yang mudah mengeluh dan menyerah tersebut sebaiknya jangan ditiru terutama jika kita berhenti meraih masa depan kita dan hanya membiarkannya ditanggung oleh orang lain.

2. Johann Wolfgang van Goeth – Percaya Diri

Source: Neupaddy

“Percaya dirimu sendiri terlebih dahulu baru kau akan tahu bagaimana caranya untuk hidup” – Johann Wolfgang van Goethe

Rasa percaya diri adalah sesuatu yang penting untuk dimiliki seseorang. Tanpa rasa percaya diri, kita tentunya tidak bisa melakukan berbagai hal seperti bersosialisasi, berbicara, bekerja dan melakukan hal-hal lainnya dalam hidup.

Loading...

3. Christopher Columbus – Keberanian

“Kamu tidak akan pernah bisa menyebrangi lautan jika tidak memiliki keberanian untuk melepaskan pandangan dari pantainya” – Christopher Columbus

Maksud dari kata-kata bijak diatas adalah seseorang tidak dapat meraih sesuatu jika ia tidak mau keluar dari zona nyamannya atau tidak berani mengambil resiko. Sebagaimana laut yang memiliki ombak, untuk menjalani hidup tentunya kita harus berani menerima resiko dan berusaha berjuang meninggalkan sisi nyaman seperti halnya saat memandang sebuah pantai yang tenang.

 4. Hellen Keller – Pintu Kebahagian

“Ketika sebuah pintu kebahagian tertutup, pintu kebahagian lainnya terbuka, tapi karena kita terlalu lama melihat pintu yang tertutup sehingga tidak menyadari bahwa pintu lainnya telah terbuka”. – Helen Keller

Kata-kata motivasi ini mungkin sudah sering kita dengar dan memiliki makna bahwa kita tidak boleh hanya terpaku pada kesedihan atau duka yang kita alami karena kebahagiaan selalu ada jika kita mau menatapnya kembali dan meninggalkan duka yang ada dimasa lalu.

5. JK Rowling – Pilihan

“Adalah pilihan kita untuk menunjukkan siapa diri kita sebenarnya, jauh dari kemampuan yang kita miliki” –JK Rowling

Banyak sekali orang yang emnunjukkan kemampuan dan keahliannya saat ini tapi jarang sekali orang yang bisa menunjukkan siapa diri kita sebenarnya diatas karakter yang kita miliki. Menunjukkan karakter dan sifat kita pada orang lain tentunya adalah sebuah pilihan dan terserah pada diri kita apakah kita hanya akan memendamnya atau menunjukkannya pada orang lain.

6. Stedman Graham- Korban Kehidupan

Source: Anemone123

“Orang yang selalu menganggap dirinya sebagai korban dari kehidupan akan tetap menjadi korban keculai mereka membangun pandangan yang lebih baik tentang kehidupan”. ­- Stedman Graham

Dalam kehidupan kadang kala kita mengalami ujian seperti perlakuan yang tidak adil dari orang lain atau mengalami sesuatu hal yang menyedihkan seperti kehilangan orang yang dicintai. Namun, meskipun demikian jika seseorang mampu melihat lebih baik masa depannya ia tidak akan lagi menganggap dirinya hanya mengikuti takdir yang selalu buruk baginya melainkan berusaha untuk mengubah takdirnya itu.

7. Les Brown – Mimpi Dan Ketakutan

“Sebagian besar dari kita tidak hidup dalam impian melainkan hidup dalam ketakutan”– Les Brown

Impian adalah sesuatu yang indah yang harus dimiliki oleh seseorang. Impian tentang kehidupan masa depan yang lebih baik, pekerjaan yang lebih mapan, atau cinta yang tulus akan menjadi motivasi seseorang dalam hidup namun sebagian besar dari kita hanya hidup dalam ketakutan dan rasa cemas sehingga tak mampu menggapai mimpi yang dimiliki.

8. Rumi – Burung Bernyanyi

 “Aku ingin bernyanyi seperti burung dan tak mencemaskan apa yang orang lain dengar dan pikirkan” – Rumi

Bernyanyi seperti burung bisa diartikan sebagai melakukan apa yang kita inginkan dan yakini selama hal tersebut tidak menyakiti dan merugikan orang lain maupun diri sendiri. Untuk menjalani apa yang kita yakini dan inginkan kita tak perlu memperdulikan apa yang orang lain dengar atau yang mereka pikirkan tentang diri kita.

9. Stedman Graham – Pandangan Hidup

“Memiliki pandangan dalam hidup akan membuatmu dapat hidup dalam sebuah harapan dan bukannya keluar dari rasa takutmu”. –Stedman Graham

Sebuah pandangan atau impian tentang pandangan masa depan memang akan memberikan harapan kepada seseorang tapi bukan berarti rasa takut atau cemas yang ia miliki akan sirna. Rasa takut tetap penting agar seseorang bisa mengendalikan dirinya dan tidak melakukan sesuatu diluar batasannya.

10. Kahlil Gibran – Inspirasi

Source: Unsplash

“Untuk memahami hati dan pikiran seseorang, janganlah melihat pada penghargaan yang ia terima tapi pada apa yang ia inspirasikan”  –Kahlil Gibran

Kualitas seseorang memang bisa dilihat dari prestasi yang ia dapatkan saat menjalani kehidupan tapi kualitas seseorang yang lebih utama adalah apa yang telah ia lakukan untuk orang lain dan dari inspirasi yang ditimbulkannya pada orang lain. Jadi jangan hanya memandang seseorang karena penghargaannya tapi setidaknya penghargaan dan dirinya tersebut bisa memotivasi dan menginspirasi diri agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

11. Catherine Puisifier – Tantangan

“Ujian yang sesungguhnya dalam hidup tidak terjadi saat semuanya baik-baik saja melainkan saat kita menghadapi tantangan dalam kehidupan”. –Catherine Puisifier

Tidak ada orang yang tidak menghadapi ujian dalam hidup dan ujian yang sesungguhnya ada pada tantangan dan persoalan hidup yang harus kita selesaikan. Dengan menghadapi dan menyelesaikan tantangan dalam hidup, kita bisa hidup lebih baik dan lebih sukses pada akhirnya.

12. Anonim – Penyesalan

“Hidup terlalu singkat hanya untuk bangun dipagi hari dengan rasa penyesalan. Bangunlah dan cintai mereka yang berbuat baik padamu dan lupakan mereka yang tidak berlaku baik. Percayalah bahwa segalanya terjadi untuk sebuah alasan”. –Anonim

Kehidupan dimulai saat pagi tiba dimana seseorang bersiap untuk menjalani hari. Tentunya kita tidak ingin kan memulail pagi yang cerah dengan rasa penyelasan dan perasaan yang tidak menentu tentang apa yang orang lain lakukan kepada kita. Ingatlah bahwa hidup selalu berjalan dan apa yang terjadi senantiasa memiliki hikmahnya.

13. V Noot – Menyerah

“Banyak orang hidup dalam kesulitan. Mereka menyerah terlalu mudah dan berhenti membayangkan apa yang akan mereka lakukan untuk memperbaiki hidup”. –V, Noot

Kita memang menyadari bahwa kehidupan yang dijalani sangatlah keras dan untuk sebagian orang yang tidak beruntung, mereka hidup dalam kekurangan dan kesulitan yang memaksa mereka menyerah pada kehidupan dan berhenti mengejar mimpi. Meskipun demikian, mereka yang hebat dan kuat tentunya tidak mau menyerah pada keadaan dan berusaha untuk berjuang dalam hidup.

14. Rohen Phoenix – Sisi Positif

Source: Lightstargod

“Hidup akan terasa menyenangkan jika kamu melihatnya dari sisi yang positif”. – Rohen Phoenix

Tidak semua orang memiliki kehidupan yang nyaman dan menyenangkan, tapi meskipun demikian jika menghadapi kesulitan dalam hidup bukan berarti kita tidak bisa merasa senang. Untuk dapat merasa bahagia kamu harus bisa memandang kehidupan dari sisi yang positif dan berusaha mengesampingkan sisi negatif yang tampak.

15. Elbert Hubbard- Jangan Terlalu Serius

“Jangan terlalu serius memandang hidup. Kamu tidak akan lolos hidup-hidup pada akhirnya”. –Elbert Hubbard

Terlalu serius dalam menanggapi masalah pekerjaan, hubungan asmara, keluarga dan lainnya memang tidaklah baik dan bisa membuat seseorang menderita stress. Oleh sebab itu jangan terlalu membuat dirimu tertekan dan cobalah untuk menikmati hidup karena hidup tidak akan berlangsung selamanya.

16. Ernest Hemingway – Mendengar

“Aku suka mendengar dan belajar dari apa yang kudengar. Tapi sebagian besar orang tak pernah suka mendengarkan”. –Ernest Hemingway

Kadang kala memang kita tidak perlu mendengar apa yang orang lain bicarakan dan pikirkan tentang diri kita. Namun mendengar apa yang terjadi disekeliling kita akan membuat kita belajar agar jangan sampai melakukan sesuatu yang salah dan tetap melakukan sesuatu yang benar. Meski banyak orang yang kini tidak peduli pada orang lain dan tak mau mendengar.

17. Diana Rose Morcilla – Film

“Hidupmu seperti sebuah film dimana kamu adalah tokoh utamanya. Perkataanmu adalah scenario dan apa yang kamu lakukan hanyalah sebuah acting. Meski begitu kamu tetap punya seorang sutradara yang akan membantu dan menjawab kapan saja jika kamu ingin bertanya”. –Diana Rose Morcilla

Memang benar adanya bahwa dunia ini memang mirip sebuah film atau panggung sandiwara dimana kita berperan sebagai tokoh utamanya. Karena hidup seperti sebuah film maka jadilah tokoh seperti yang kau inginkan dan mintalah bantuan pada sang sutradara atau Tuhan yang mengendalikan hidup jika kamu membutuhkan sesuatu.

18. Mae West – Hidup Hanya Sekali

Source: Freephotocc

“Kamu hanya hidup sekali, tapi sekali itu cukup jika kamu melakukannya dengan benar”. -Mae West

Hidup hanya sekali, memang benar tapi jika kita melakukan segala sesuatu dengan baik dan menjadi orang baik, kita bisa hidup dengan tenang dan kita tidak perlu meminta kembali untuk hidup dan menyesalinya saat mati nanti.

19. George Bernard Shaw – menciptakan Dirimu Sendiri

“Hidup itu bukan soal menemukan dirimu sendiri melainkan menciptakan pribadimu masing-masing”. -George Bernard Shaw

Selama ini mungkin kita mencari-cari jati diri kita yang sebenarnya namun tanpa kita sadari bahwa jati diri dan karakter yang ada dalam diri kita sendiri adalah hasil dari apa yang kita lakukan dan ciptakan. Dirimu tidak pernah ditemukan tapi diciptakan.

20. Albert Einstein – Keseimbangan

“Hidup seperti mengendarai sepeda. Agar tetap seimbang kau harus terus melaju”. –Albert Einstein

Benar apa yang dikatakan ilmuwan yang satu ini karena hidup harus terus melaju seperti mengendarai sepeda agar tetap seimbang. Menjaga keseimbangan dalam hidup misalnya untuk mencukupi segala kebutuhan yang diperlukan kita harus bekerja dan melangkah, Tanpa melakukan sesuatu, tentunya kita tidak bisa mendapat kehidupan yang layak dan semestinya.

21. Stephen Chbosky- Hidup Tidak Berhenti

“Segalanya berubah, teman datang dan pergi tapi hidup tak pernah berhenti karena seseorang. –Stephen Chbosky”

Jangan merasa terlalu bersedih atau galau karena kehilangan teman, kekasih atau keluarga karena saat mereka pergi kamu akan bertemu dengan orang lain dan hidup tetap berjalan. Jadi tetaplah semangat untuk menjalani hidup.

22. Isaac Asimov – Kebijaksanaan

Source: Dariuszsanskowsy

“Hal yang paling menyedihkan saat ini adalah ilmu mengumpulkan lebih banyak pengetahuan lebih cepat dari pada manusia yang mengumpulkan kebijaksanaan”. –Isaac Asimov

Zaman memang sudah berubah dan saat ini teknologi memang berkembang dengan pesat. Meski demikian perkembangan teknologi yang ada tidak dibarengi dengan kebijaksanaan manusia yang berkembang, sebaliknya manusia menjadi lebih egois dan tidak peduli dengan apa yang terjadi disekitarnya serta cenderung memperhatikan hal-hal yang tidak penting.

23. Andre Gide – Jadi Diri Sendiri

“Akan lebih baik jika kita dibenci sebagai diri sendiri daripada dicintai sebagai orang lain yang bukan dirimu”. –Andre Gide

Banyak orang yang berpura-pura menjadi orang lain dan memalsukan identitasnya maupun kehidupannya di sosial media agar dipuji dan dicintai. Meskipun demikian, tidak baik juga menampilkan hal-hal yang bukan milik kita dan diri kita yang sebenarnya karena seburuk apapun diri kita dan meskipun orang tidak menyukainya, kita tetap harus bersyukur dan berusaha untuk menjadi lebih baik.

24. Anonim – Hadiah

“Hari kemarin adalah sejarah, esok adalah misteri dan hari ini adalah hadiah”. -Anonim

Kehidupan selalu berjalan tanpa kita ketahui bagaimana hari esok akan terjadi dan apapun yang terjadi dimasa lalu adalah sejarah yang tidak bisa dirubah. Meskipun demikian, kita tetap harus berterimakasih karena hari ini kita masih diberi anugerah untuk tetap hidup dan menjalani aktifitas.

25. Charles R Swindoll – Reaksi

“Hidup adalah 10% tentang apa yang terjadi padamu dan 90%nya adalah bagaimana reaksimu menghadapi kehidupan” –Charles R Swindoll

Banyak orang yang terpaku pada nasib dan kehidupan yang ia jalani. Kadang kita mengeluh tentang sesuatu atau hal buruk yang terjadi pada kita padahal kehidupan sebenarnya ditentukan dari bagaimana cara kita bereaksi terhadap hal yang menimpa kita dan bagaimana cara kita melanjutkan kehidupan. Jadi saat tertimpa masalah baik dirumah, dikantor atau disekolah tetaplah bereaksi positif.

26. Yoko Ono – Senyum

Source: Jill111

“Tersenyumlah pada cermin. Lakukan setiap pagi dan kau akan lihat perubahan yang akan terjadi pada hidupmu”. –Yoko Ono

Merubah hidup memang tidak semudah tersenyum pada cermin dipagi hari akan tetapi senyuman yang kita lakukan dipagi hari akan membuat kita lebih positif, lebih senang dan bersemangat dalam menjalani aktifitas. Rasa senang dan semangat inilah yang akan membawa perubahan bagi dirimu sendiri.

27. Norman Cousins – Kehilangan Terbesar

“Kematian bukanlah kehilangan terbesar dalam hidup. Kehilangan terbesar adalah kehilangan diri kita sendiri saat raga kita masih hidup”. –Norman Cousins

Kita merasa takut pada kematian karena saat kematian menjemput kita akan kehilangan segalanya akan tetapi kematian sebenarnya bukan kehilangan yang terbesar akan tetapi jika kehilangan jati diri kita tatkala masih hidup. Misalnya saja jika seseorang tak lagi bersemangat untuk hidup dan memilih untuk terpuruk setelah apa yang terjadi padanya tanpa mau bangkit lagi.

28. Confusius – Hidup Sederhana

“Hidup itu sederhana, kitalah yang membuatnya rumit” -Confusius

Menjalani hidup tidak sulit kita hanya perlu berusaha melakukan yang terbaik dan menjalani kehidupan dengan positif serta rasa senang. Masalah yang membuat hidup rumit sebenarnya bukan datang dari kehidupan melainkan dari diri kita sendiri. Oleh sebab itu bijaklah dalam menghadapi masalah dan tetaplah positif.

29. Mark Twain – Ketidak pedulian dan Percaya diri

“Yang kamu butuhkan dalam hidup hanyalah tidak peduli dan percaya diri. Setelah itu sukses akan datang.”–Mark Twain

Memang benar apa yang dikatakan Mark Twain karena jika kita ingin meraih kesuksesan kita harus memiliki rasa percaya diri bahwa kita mampu melakukan sebuah tugas atau pekerjaan sekaligus rasa cuek atau tidak peduli akan omongan atau ejekan orang lain. Kamu punya kendali sepenuhnya atas hidupmu dan tahu bagaimana meraih sukses karena hidupmu tidak ditentukan oleh orang lain.

30. Jimmy Dean – Berlayar

Source: Lurens

“Aku tidak dapat mengubah arah mata angin tapi aku bisa menyesuaikan arah layar untuk mencapai tujuanku”. –Jimmy Dean

Mata angin diibaratkan sebagai takdir kehidupan seseorang yang tidak bisa dirubah. Meskipun demikian sebagai manusia kita tidak hanya boleh bertekuk lutut pada takdir tanpa melakukan sesuatu. Ibarat mengembangkan layar, manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan arah mata angin atau takdir yang membawanya dan tetap berjuang meskipun tidak tahu kemana angin akan membawanya. Seperti kamu tentunya yang harus menyesuaikan hidup dengan lingkungan tempat tinggal maupun orang-prang yang ada disekitarmu.

Itulah beberapa kata-kata bijak tentang kehidupan yang bisa jadi inspirasimu dalam menjalani hidup. Tetap semangat dan jalani hidup dengan rasa percaya diri serta keberanian. “Be positive and keep inspire others”

Loading...