2NE1, Biarpun Sudah Pergi Tetap Menjadi Girlband Yang Dikangeni

By |2018-11-08T19:57:55+00:00April 21st, 2017|Entertainment|


Source: Republic of Korea

Kalau melihat dari tampilannya saja, kita langsung tahu kalau girlband 2NE1 asal Korea Selatan ini memiliki tampilan yang seram. Sudah begitu, baik wajah maupun ukuran tubuh masing-masing anggotanya sama semua. Namun, apakah itu dapat menghalangi kita untuk mempelajari fakta-fakta mengenai mereka? Tidak juga! Lagipula, hanya 15 fakta saja untuk mempelajari mereka, kok! Simak saja ulasannya pada artikel berikut ini:

1. Profil Dasar


Source: KIYOUNG KIM

Loading...

Girlband Korea Selatan 2NE1 didirikan oleh YG Entertainment. Karena perusahaan pendirinya sama dengan perusahaan yang menaungi boyband Big Bang (yang saya bahas pada artikel yang mula-mula), maka wajar saja kalau dandanan tiap anggotanya mirip-mirip dengan fashion dari Big Bang yang cenderung “garang” dan berwarna-warni. Girlband 2NE1 didirikan pada tahun 2009, dan beberapa tahun belakangan ini mengalami kolaps sejak pergantian jumlah anggota.

2. Awalnya 4 Personel, Lalu 3, Dan Sekarang Bubar


Source: the.angrycamel

Nah, inilah berita duka yang pertama-tama akan saya ungkapkan. Awalnya, girlband 2NE1 ini terkenal memiliki 4 personel aktif, yang akan saya jelaskan pada beberapa poin sebelumnya dan juga secara spesifik pada artikel-artikel berikutnya. Keempat personel itu adalah Minzy, Dara, CL, dan Bom. Untuk Minzy, maknae dari grup, ia keluar pada 2016 silam, menjadikan anggota 2NE1 tinggal 3 orang. Saat artikel ini ditulis, 2NE1 sudah tercatat bubar. Tapi, jangan menyerah, mari kita lanjut pada poin pembahasan berikutnya!

3. Sejarah Debut Pertama Kali


Source: 월아조운

Sebelum masa tenarnya, 2NE1 tidak langsung muncul ke berbagai media. Awal-awal masa kemunculannya, 2NE1 muncul bersama dengan “saudara”-nya sesama bentukan YG Entertainment, Big Bang, dalam iklan LG Electronics. Grup girlband 2NE1 ini juga merilis lagu pertamanya yang berjudul “Fire” pada 6 Mei 2009. Mulai saat itu, mereka terus meluncurkan album berturut-turut dengan nama mereka sendiri (2NE1) pada 2009 dan 2011 serta 2 album studio pada 2010 dan 2014.

4. Minzy

Sebuah kiriman dibagikan oleh MINZY (@_minzy_mz) pada

Minzy memiliki tempat yang spesial di sini. Dikarenakan ia sudah bersama-sama dengan 2NE1 dari awal masa pembentukan hingga akhir-akhir setelah hendak bubar serta telah merilis beberapa diskografi dan tampil di beberapa acara, Minzy memiliki pembahasan tersendiri, tidak seperti mantan-mantan anggota boyband atau girlband lainnya. Secara garis besar, Minzy yang memiliki nama asli Gong Minji ini lahir di Seoul pada 18 Januari 1994. Fakta-fakta terkait Minzy akan lebih jelas dipaparkan pada artikel berikutnya, so, stay tuned!

Profil

  • Nama Lengkap: Gong Minji
  • Nama Panggung: Minzy
  • Tempat, Tanggal Lahir: Seoul, 18 Januari 1994
  • Twitter: @mingkki21
  • Instagram: @_minzy_mz
  • Nama Fanbase: Minjas (saat masih menjadi 2NE1), POS (saat sudah tidak di 2NE1)

5. Dara

Inilah dia member 2NE1 yang paling fenomenal. Seharusnya, Dara, atau yang bernama asli Sandara Park, adalah member 2NE1 selain CL yang beruntung karena kontrak mereka akan diperpanjang oleh YG Entertainment. Namun, semua itu tidak jadi, karena ternyata, Bom, teman sesama 2NE1 mereka, keluar mengikuti jejak Minzy. Dara yang lahir di Busan pada 12  November 1984 ini kemudian dikabarkan berduka karena 2NE1 bubar dan ia tampil di TV mengenai hal ini.

Profil

  • Nama Lengkap: Sandara Park
  • Nama Panggung: Dara
  • Tempat, Tanggal Lahir: Busan, 12 November 1984
  • Twitter: @krungy21
  • Instagram: @daraxxi
  • Nama Fanbase: Darlings

6. CL

Member yang nama panggungnya mudah diingat (karena hanya terdiri atas 2 huruf saja) ini adalah member kedua setelah Dara yang populer bersama dengan 2NE1. Menyusul frekuensi tampil dari CL, sebenarnya YG Entertainment juga bermaksud untuk memperpanjang kontrak perempuan yang bernama asli Lee Chaerin dan lahir di Seoul pada 26 Februari 1991 ini. Namun, lagi-lagi itu semua hanya terjadi dalam mimpi belaka, mengingat sekarang ini 2NE1 sudah bubar.

Profil

  • Nama Lengkap: Lee Chaerin
  • Nama Panggung: CL
  • Tempat, Tanggal Lahir: Seoul, 26 Februari 1991
  • Twitter: @chaelinCL
  • Instagram: @chaelincl
  • Nama Fanbase: Classified’s

7. Bom

Pemilik nama asli Park Bom ini adalah yang kedua hengkang dari 2NE1 menyusul Minzy. Berbeda dengan Minzy yang keluar atas inisiatif sendiri, keluarnya Bom yang lahir di Seoul, 24 Maret 1984 dari 2NE1 ini sarat akan berbagai macam rumor. Mulai dari yang ringan seperti tidak betah hingga pernyataan dari YG Entertainment kalau Bom terlibat masalah perilaku yang membuatnya dipecat dari 2NE1. Yang jelas setelah Bom keluar dari 2NE1, 2NE1 resmi bubar.

Profil

  • Nama Lengkap: Park Bom
  • Nama Panggung: Bom
  • Tempat, Tanggal Lahir: Seoul, 24 Maret 1984
  • Twitter: @haroboomkum
  • Instagram: @newharoobompark
  • Nama Fanbase: Bombom dan Bombshell

8. Aliran Musik 2NE1


Source: KOREA.NET

Pada bagian pengantar dan bagian profil dasar, kita sudah tahu kalau 2NE1 ini identik dengan dandanan gotik nan menyeramkan yang mirip dengan “saudara”-nya, Big Bang. Maka pada bagian ini, saya akan membahas secara khusus tentang aliran musik yang dianutnya, siapa tahu berbeda dengan penampilan mereka, ‘kan? Aliran musik 2NE1 adalah campuran antara K-pop yang klasik, hip hop, R&B, dan dance-pop yang berirama rancak. Menurut situs pemerintah Republik Korea Selatan, aliran musik mereka adalah hip hop.

9. Label Yang Menaungi 2NE1


Source: KIYOUNG KIM

Kendati 2NE1 sudah bubar, 2NE1 tetaplah girlband berpengaruh yang luar biasa. Pengaruh 2NE1 pada hati tiap fans-nya ini sebenarnya dapat dibuktikan oleh berbagai macam hal, namun beberapa yang dapat membuktikan adalah jajaran label yang menaunginya. Tidak hanya YG Entertainment saja, musik mereka juga pernah kerja sama dengan Avex Group, salah satu label musik kuno namun yang legendaris. Selain YG Entertainment dan Avex Group, masih ada Warner Music yang mendunia, will.i.am, Capitol, dan School Boy.

10. Puncak Kejayaan 2NE1

Sebagai girlband yang (pernah) berjaya, 2NE1 berkali-kali mengalami puncak kejayaan, yakni saat-saat mereka banyak merilis album dan lagu terkenal serta tampil di berbagai MV dan acara-acara penting. Tahun tersebut adalah tahun 2014, di mana pada tahun ini ada album berbahasa Korea dan Jepang “Crush” yang menduduki peringkat pertama di chart Korea Selatan dan peringkat kedua pada chart Amerika Serikat-seluruh dunia. Lagu “Come Back Home” pada album yang sama juga menduduki peringkat pertama di Korea Selatan dan mencapai angka penjualan 1.294.005 kali di Korea Selatan.

11. Pengalaman Konser Di Berbagai Negara

Sebagai salah satu girlband yang memiliki pengaruh besar, wajar apabila 2NE1 telah memiliki pengalaman konser yang banyak di luar Korea Selatan sebagaimana juga di Korea Selatan, yang merupakan tempat tinggal mereka. Pada tahun 2011, mayoritas konser mereka diadakan di Jepang pada kota-kota seperti Yokohama, Kobe, dan Chiba. Selanjutnya pada 17 dan 24 Agustus 2012, mereka menggelar konser di Amerika Serikat. Tanggal 1 Desember 2012, mereka konser di negara tetangga, mana lagi kalau bukan Singapura. Tidak lupa pada 2014, mereka juga pernah konser di Mata Elang International Stadium di negara kita, Indonesia, tepatnya di kota Jakarta.

12. Sejarah Acara Televisi Yang Dibintangi 2NE1

Girlband 2NE1 memang luar biasa, tidak hanya pandai dalam hal menyanyi dan menari, mereka juga kompak dalam hal membintangi acara televisi. Biasanya untuk urusan filmografi, kita tahu banyak anggota girlband yang memainkannya sendirian. Namun ternyata, girlband 2NE1 sebagai sebuah grup girlband pernah kompak membintangi sejumlah film seperti “Running Man“. Mereka juga pernah tampil dalam acara lomba televisi “America’s Next Top Model CBSTV” pada tahun 2014.

13. Beberapa Tahun Sebelum Tutup


Source: hoang vy

Girlband 2NE1 termasuk salah satu girlband dengan manajemen yang “halus”. Dengan kata lain, ketika anggota-anggota mereka hendak keluar, mereka tidak langsung blak-blakan mengumumkan siapa-siapa saja yang keluar atau akan keluar karena apa, namun lebih memilih menempuh cara “halus” beberapa tahun sebelumnya. Tahun 2015 adalah tahun-tahun di mana girlband ini hiatus atau tutup “sementara”, di mana pada tahun ini, masing-masing anggotanya beraktivitas sendiri-sendiri. Beberapa fans juga merasakan anggota-anggota yang akan hengkang, terutama Minzy sebagai anggota yang keluar pertama.

14. Lagu Perpisahan


Source: KIYOUNG KIM

Berbicara mengenai tahun selanjutnya, yakni 2016 dan 2017, adalah tahun-tahun “menjelang ajal” dari 2NE1. Setelah dikonfirmasi kalau Minzy dan Bom tidak akan memperbaharui kontrak mereka dan CL maupun Dara berkarir masing-masing sebagai penyanyi solo, tentu saja yang terjadi adalah 2NE1 bubar. Namun, bubar pada 2016 itu bukan benar-benar bubar, karena pada 21 Januari 2017, 2NE1 merilis lagu “Goodbye” sebagai salam perpisahan mereka terhadap para Blackjack. Sekedar informasi, lagu ini ditulis oleh CL.

15. Girlband 2NE1 Dengan Para Fans

Meskipun 2NE1 sudah bubar, girlband satu ini adalah istimewa karena merupakan salah satu dari segelintir girlband yang sudah bubar dan tetap disayang oleh fansnya yang bernama Blackjacks. Terbukti banyak Blackjacks membuat karya kreatif dan mengunggah di media sosial serta mengupayakan untuk berkomunikasi dengan para anggotanya meskipun 2NE1 sudah bubar. Selain itu, 2NE1 menduduki peringkat ke-16 girlband yang paling sering di re-blog di tumblr dan mendapat penghargaan atas lebih dari 1 juta pendengar di aplikasi musik Spotify.

Demikianlah fakta-fakta yang dapat saya paparkan mengenai 2NE1, girlband Korea Selatan yang seperti judul pada artikel ini tetap memiliki posisi yang berharga di mata para fans sekalipun sekarang sudah tidak ada. Kita tidak pernah tahu apakah ke depannya 2NE1 ini akan re-unite lagi, namun tenang saja, galau itu akan terobati karena masing-masing anggotanya masih aktif di media sosial dan dapat kita ajak komunikasi. Jadi, say no more to galau karena girlband 2NE1, ya!

Berikutnya, kita akan membahas mengenai anggota-anggota 2NE1 secara spesifik. Penasaran siapa duluan yang dibahas? Makanya, stay tuned yuk, di seri artikel ini!

Loading...