15 Tips Mengobati dan Menghilangkan Penyebab Cegukan

By |2018-11-08T20:02:40+09:00April 23rd, 2017|Health|Comments Off on 15 Tips Mengobati dan Menghilangkan Penyebab Cegukan


Source: RyanMcGuire

Cegukan banyak penyebabnya, namun kebanyakan orang tahu jika cegukan disebebkan oleh kurangnya kadar mineral dalam tubuh kita. Cegukan pada orang dewasa biasanya terjadi saat kita makan dengan cepat tapi lupa untuk minum. Cegukan memang sangat mengganggu, karena saat kita cegukan saluran pernafasan agak terhambat dan kadang membuat kita agak sedikit sesak. Penyebab lain lainnya adalah merokok, perubahan temperatur lambung yang tiba-tiba bisa dari minum air dingin, dan juga alkohol juga bisa memicu cegukan. Nah berikutlah 15 tips mengibati dan menghilangkan penyebab cegukan:

1. Menahan Nafas


Source: Pexels

Kamu bisa menahan nafas kamu dan hitung selama 10 hitungan/ tunggu hingga 10 menit. Jika kamu gagal saat menahan nafas selama 10 detik, lakukan lagi dari awal dan mulai behitung hingga 10 lagi. Kamu harus melakukannya berulang ulang hingga cegukan kamu benar-benar hilang dan sudah tidak sesak lagi. Kamu juga harus menghitung berapa banyak kamu berhasil menghitung sampat 10 sambil menahan nafas saat cegukan.

2. Menahan Nafas Dengan Kantung Kertas


Source: Unsplash

Menahan nafas memang dianggap ampuh dalam mengatasi cegukan. Kamu bisa melakukannya dengan cara tutup mulut kamu di dalam kantung kertas, hitunglah hingga 10 hitungan/ 10 detik lalu bernafas lagi seperti biasa. Kamu juga harus melakukannya berulang ulang hingga cegukanmu benar-benar hilang. Jika saat kamu menahan nafas dalam 10 detik gagal karena cegukan, ulang lagi dari awal.

3. Minum Air Putih


Source: Ajale

Karena cegukan dianggap kekurangan kadar mineral dalam tubuh maka dari itu banyak orang tua yang menyarankan anaknya minum air putih yang banyak untuk bisa menghilangkan cegukan. Cegukan juga sangat menggangguk untuk anak-anak karena bisa menyumbat saluran pernafasan mereka hingga mereka merasa sesak nafas. Maka dari itu jika anak cegukan dengan waktu yang lama segera lakukan tindakan pencegahan dengan minum air putih hangat.

4. Dengan Gula Pasir


Source: designfoto

Gula pasir juga dianggap ampuh untuk menghilangkan cegukan yang lama. Kamu tinggal menengadahkan kepala kamu ke belakang tapi jangan berlebihan. Setelah itu masukan satu sendok teh gula pasir ke mulut kamu. Namun, jangan menelannya langsung kamu harus menunggu gulanya terlarut dengan air liur kamu. Setelah merasa gulanya sudah terlarut kamu telan dan segera minum dengan air putih untuk menetralkan rasa manisnya.

5. Memegang Langit-Langit Mulut


Source: Giuliamar

Cara ini juga terbilang ampuh dalam mengatasi cegukan. Caranya juga cukup sederhana, kamu hanya tinggal meletakan satu jari kamu di langit-langit mulut. Setelah itu lakukanlah pijatan- pijatan halus di langit-langit mulut kamu. Jika tidak berhasil juga, kamu bisa mengeluarkan lidah kamu lalu tutup mulut kamu rapat- rapat untuk menghentikan cegukannya. Jika belum juga kamu bisa melakukannya dengan cara yang lain.

6. Menggunakan Jeruk Nipis


Source: Steven Giacomelli

Jeruk nipis memang memiliki beberapa manfaat yang sangat ampuh, jeruk nipis juga bisa menghilangkan cegukan loh. Kamu bisa menghisap sepotong jeruk nipis untuk kamu makan. Rasanya yang asam akan membuat cegukan kamu berhenti, dan bisa bernafas lega lagi. Selain potongan jeruk nipis yang segar kamu juga bisa memakan atau menghisap manisan jeruk nipis agar rasanya tidak terlalu asam, saat dimakan.

7. Dengan Menggosokan Minyak Kayu Putih

Dengan cara menggosokan minyak kaytu putih juga terbilang ampuh dalam mengatasi cegukan. Kamu bisa menggosokan minyak kayu putih di bagian perut atau leher. Wangi minyak kayu putih bisa mengatasi cegukan, aroma terapinya yang akan menenangkan dan membuat nafas kamuĀ  tidak sesak lagi. Jika cara ini belum ampuh juga kamu bisa melakukannya dengan beberpa cara yang lainnya. Cegukan bisa hilang dengan sendirinya kerena bisa dialami oleh siapa saja.

8. Memakan selai kacang


Source: deborahmiller

Selain gula, kamu juga bisa menyembukan cegukan dengan memakan selai kacang. Para orang tua biasanya memberikan sesendok selai kacang untuk anaknya yang sedang cegukan. Selai kacang memiliki tekstur yang lengket da juga agak manis. Nah itulah yang bisa membuah kamu bernafas lebih releks dan menghilangkan cegukan kamu. Karena memang cegukan memang membuat sesak sehingga kita mulai panic saat cegukan dengan waktu yang lama

9. Menahan Air Putih di Mulut


Source: PublicDomainPictures

Cara ini juga terbilang ampuh untuk menghilangkan cegukan kamu. Caranya juga cukup sederhana dan gampang. Kamu hanya tinggal mengambil segelas air dan meminumnnya, namun kamu jangan menelannya tapi kamu harus tahan air tersebut di mulut kamu hingga mulut kamu mengembung. Kamu juga harus melakukannya sambil berdiri tegap. Cara iniĀ  sebenarnya memantu kamu agar bisa bernafas lebih tenang.

10. Dengan Cuka


Source: Anelka

Selain bisa dengan jeruk nipis yang bersifat asam, kamu juga bisa mencobanya dengan cuka. Sifat asam pada cuka akan membuat cegukan kamu hilang seketika. Rasa asam memiliki sifat untuk men-stimulasi pernafasan kamu. Dengan memakan ataupun meminum yang memiliki sifat asam, itu akan membuat kamu sembuh dari cegukan dan menghilangkan rasa sesak saat dalam keadaan cegukan.

11. Mengalihkan Perhatian Otak


Source: 1899441

Saat kita merasa sakit sebenarnya kita bisa menghilangkannya dengan mengelabui otak, caranya kamu bisa mencubit lengan kamu hingga terasa sangat sakit dan akhirnya otak akan terfokus pada bagian kulit yang kamu cubit tersebut. Dalam hal cegukan juga kamu bisa melakukannya, kamu bisa mencubit kulit kamu agar kamu bisa mengelabui otak agar tidak cegukan lagi.

12. Dikagetkan


Source: Pexels

Pastinya kamu tak Ā asing lagi dengan cara ini. tentunya sejak kecil jika kamu cegukan akan meminta teman kamu untuk mengagetkan kamu. Namun rasa kaget bisanya sulit dirasakan jika itu disengaja, tapi cara ini banyak di gunakan oleh anak-anak untuk menghilangkan cegukannya. Cobalah untuk melakukan hal ini saat kamu cegukan, jika kamu benar-benar kaget dengan teman kamu itu, maka cegukan itu akan hilang dengan sendirinya.

13. Membalikan Posisi Tubuh


Source: corawen

Membalikan posisi tubuh ini memang jarang diketahui banyak orang, orang akan melakukan hal hal yang lain dan terbilang sederhana. Namun, tahukah kamu jika membalikan posisi tubuh akan menghilangkan cegukan kamu. Kamu hanya tinggal membalikkan posisi kepala dan kaki, menyimpan kepala kamu lebih rendah dari keberadaan kamu. Itu akan membuat cegukan kamu hilang walau memang agak pusing melakukannya.

14. Dengan Es Batu

Source: AdinaVoicu

Memang cara menghilangkan cegukan dengan es batu ini memang agak berbahaya. Karena jika kamu menelan es batu saat cegukan akan membuat es batu itu masuk pada jalur pernafasan yang akan menghambat bernafasan kamu nantinya. Namun, cara yang benar adalah dengan mengusap es batu di dagu dan minum tetesan airnya. Cara ini mungkin terbilang ampuh namun jika kamu ragu untuk melakukannya karena tidak ingin beresiko lebih baik kamu lakukan dengan cara yang lainnya saja.

15. Minum Dengan Sedotan dan Tutup Telinga

Source: Pexels

Cara ini memang terdengar asing, namun cara ini sangat ampuh dalam mengatasi cegukan. Kamu hanya tinggal mengambil segelas air dengan sedotan, dan minum dengan sedotannya, saat kamu akan menelan air kamu tutup telinga kamu. Cara ini memang terbilang aneh dan menimbulkan beberapa tanda tanya. Namun, cara ini sanat ampuh dalam menghilangkan cegukan kepada anak-anak dan remaja.

Itulah 15 cara mengatasi cegukan, cegukan memeng hal biasa terjadi saat tubuh kita kekurangan kadar mineral yang cukup. Saat kamu cegukan biasanya kamu melakukannya dengan hal apa? Banyak orang yang melakukan hal untuk mengatasi cegukannya dengan cara cara yang berbeda. Tapi perlu diingat jika cara tersebut memiliki resiko yang besar lebih kamu mencari cara lain dalam mengatasinya, karena ditakutkan jika kondisinya akan lebih memburuk. Lakukanlah dengan cara yang aman saja agar tidak terjadi hal-hal buruk yang akan merugikan kamu.

Loading...