15 Tips Liburan ke Pulau Tidung agar Perjalananmu jadi Lebih Berkesan

By |2018-11-08T23:11:28+00:00April 29th, 2017|Trip and Travel|


@rmadhany

Pulau Tidung akhir-akhir ini makin ramai dikunjungi wisatawan. Fasilitas untuk wisatawan di pulau yang masih termasuk gugusan Pulau Seribu ini pun makin banyak. Alhasil Pulau Tidung juga jadi semakin nyaman dikunjungi. Untuk kalian yang berniat berlibur ke Pulau Tidung, berikut ini ada 15 tips untuk menikmati Pulau Tidung:

1. Pergi bareng temen atau keluarga


@syahrul.tod

Loading...

Kenapa harus bareng temen atau keluarga? Tentunya supaya lebih seru dan ada teman main di pantai dan mencoba berbagai permainan seru di Pulau Tidung nantinya. Selain itu, pergi bareng-bareng juga bisa menghemat biaya sewa penginapan, dan tentu saja, kamu jadi selalu punya orang yang bisa diminta tolongi untuk mengambil fotomu.

2. Ikut open trip atau menggunakan travel agent


mira amira

Tips ini khusus untuk kamu yang tidak mau ribet. Kamu cukup membayar sejumlah uang, dan perjalananmu ke Pulau Tidung sudah terjamin. Biasanya paket yang ditawarkan adalah wisata dua hari satu malam. Biayanya beragam, mulai dari Rp. 350.000 sampai Rp. 600.000, biaya ini sudah mencakup tiket pulang pergi ke pulau tidung, biaya penginapan, makan, guide, dan biaya snorkeling (perlengkapan dan kapal untuk snorkeling).

3. Membuat Rencana Perjalanan


Cynthia del Río

Kalau kamu tidak ikut open trip atau ikut travel agent, membuat rencana perjalanan tidak boleh dilewatkan. Dengan membuat rencana perjalanan, liburanmu akan lebih teratur, kamu sudah tau tempat apa saja yang mau dikunjungi dan melakukan kegiatan apa saja selama berlibur. Tentunya kamu gak harus terpaku dengan rencana perjalanan ini, hanya sebagai gambaran saja. Seetidaknya nanti di Pulau Tidung, kamu gak perlu kebingungan lagi.

4. Mempersiapkan transportasi dan akomodasi


@jiang_jxj

Untuk menuju ke Pulau Tidung kamu harus menyebrang dengan menggunakan kapal. Ada beberapa pelabuhan yang melayani kapal penyebrangan ke Pulau Tidung, seperti Kali Adem dan Ancol. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan lokasi yang terdekat dengan tempat mu dan juga biayanya. Selain itu menentukan akomodasi juga penting, sebelum berangkat, ada baiknya kamu mencari-cari dulu tempat penginapan di Pulau Tidung dan sekalian memesan, supaya saat sudah sampai nanti tidak perlu sulit mencari lagi.

5. Membawa uang cash


Alexa_Fotos

Nah ini penting! Di Pulau Tidung sendiri sudah ada ATM sebenarnya, tapi baru ada satu. Jaga-jaga kalau mesin ATM rusak atau ada gangguan, lebih baik kamu bawa uang cash yang agak banyak untuk mencukupi kebutuhanmu selama di pulau. Jangan sampai keseruan liburanmu di Pulau Tidung terganggu hanya karena uang di dompet sudah habis.

6. Membawa obat-obatan pribadi


freestocks.org

Tips keempat untuk menikmati pulau tidung adalah membawa obat-obatan pribadi ini juga penting banget! Apalagi kalau kamu memang punya penyakit yang sering kambuh, seperti asma, sakit maag atau alergi. Selalu bawa obat-obatan pribadimu, jaga-jaga kalau tiba-tiba kambuh saat di Pulau Tidung. Dan kamu yang mudah mabuk laut, jangan lupa bawa obat juga karena perjalanan sampai Pulau Tidung menghabiskan waktu sampai dua jam. Gak mau kan liburanmu terganggung karena kamu mendadak sakit dan lupa bawa obat?

7. Bawa kamera


Char Beck

Untuk kamu yang hobi foto-foto, baik foto pemandangan ataupun selfie, kamera jadi hal penting yang harus kamu bawa ke Pulau Tidung. Pulau Tidung punya pantai yang cantik, pasirnya putih dan airnya jernih, bagus banget kalau di foto. Selain itu, kamera juga tentunya dipakai untuk mengabadikan momen seru-seruanmu bareng temen-temen atau keluarga.

8. Peralatan charger


byrev

Sepaket dengan tips bawa kamera nih. Membawa kabel charger juga penting banget. Gak mau kan baterai kamera atau handphone malah habis saat sedang asik foto-foto? Maka dari itu, jangan lupa juga membawa kabel charger untuk mengisi baterai kamera, handphone, atau peralatan elektronik lainnya yang kamu bawa saat liburan ke Pulau Tidung.

9. Case anti air


@shastihera

Benda ini juga penting banget kalau kamu berniat foto-foto di sekitar pantai atau saat sedang bermain air, atau kalau kamu berniat mengambil foto di bawah laut. Jangan lupa untuk membawa case anti air untuk ponsel atau kameramu. Jangan sampai ponsel atau kamera yang kamu bawa rusak karena terkena air dan malah merusak liburanmu.

10. Sunblock


kaboompics

Main di pantai, snorkeling, dan jalan-jalan atau bersepeda keliling Pulau Tidung memang seru banget. Tapi saat melakukan hal-hal tersebut kamu juga terpapar sinar matahari terik. Selalu pakai sunblock sebelum kamu mulai beraktivitas di luar ruangan agar kulit tidak terbakar. Tidak nyaman kan kalau harus liburan dengan kulit yang memerah dan terasa perih?

11. Bawa baju secukupnya


unsplash

Jangan sampai salah kostum saat kamu berkunjung ke Pulau Tidung! Cuaca di Pulau Tidung cenderung cerah dan tentu saja panas, maka dari itu gunakan pakaian dengan bahan yang nyaman, tipis, dan menyerap keringat supaya kamu tidak kegerahan. Jangan lupa bawa baju renang. Dan untuk jaga-jaga bawa satu jaket karena udara malam di Pulau Tidung kadang agak dingin. Bawa secukupnya saja agar bawaanmu tidak banyak.

12. Berkunjung di bulan April – Oktober


@hendraaku

Waktu terbaik berlibur ke Pulau Tidung adalah sekitar bulan April sampai Oktober, karena cuacanya cenderung cerah. Selain bulan-bulan ini, cuaca cenderung buruk, sering hujan dan banyak angin besar yang membuatmu tidak bisa menikmati Pulau Tidung. Walaupun cuaca sekarang kurang menentu, tetap lebih baik berkunjung ke Pulau Tidung saat sudah memasuki musim panas.

13. Sewa Sepeda


mira amira

Jika kamu ingin mengeskplor Pulau Tidung, sarana transportasi yang paling mudah adalah sepeda. Kamu bisa saja berkeliling pulau dengan berjalan kaki, tapi naik sepeda tentunya lebih cepat dan tidak terlalu melelahkan dibanding jalan kaki mengingat ukuran Pulau Tidung yang cukup luas. Harga sewa sepeda di Pulau Tidung juga tiak terlalu mahal, sekitar Rp. 15.000/jam.

14. Camping


@lusianur

Menginap di Pulau Tidung tidak harus dilakukan di guesthouse. Kamu bisa menikmati Pulau Tidung dengan cara yang berbeda, yaitu dengan camping di Pulau Tidung Kecil.  Lokasi berkemah di Pulau Tidung Kecil ini termasuk dalam wilayah konservasi laut, untuk masuk kamu harus lapor terlebih dulu, menyerahkan KTP, dan membayar Rp. 15.000.  Dengan biaya segitu, kamu bebas menggunakan kamar mandi umum, listrik, dan mushola.

15. Snorkeling


@travellatours

Ini salah satu kegiatan wajib untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Tidung. Waktu terbaik untuk snorkeling yaitu saat siang hari sekitar pukul satu sampai pukul tiga, karena visibilitas lebih tinggi pada jam-jam tersebut. Kalau ingin snorkeling di sekitar Jembatan Cinta, maka waktu yang tepat adalah pagi hari karena pada pagi hari hampir tidak ada ombak, jadi aman banget bahkan buat yang tidak bisa berenang.

Kalau kamu punya alat snorkeling, boleh sekalian dibawa loh. Lumayan menghemat biaya sewa peralatan snorkeling.

Itu dia tips-tips yang bisa kamu terapkan kalau ingin berkunjung ke Pulau Tidung, semuanya gampang banget dilakukan kok. Have a good trip and travel!

Loading...