15 Tempat Tersembunyi yang Menarik Untuk Dikunjungi di Makassar

By |2018-11-08T19:53:53+09:00April 21st, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Tempat Tersembunyi yang Menarik Untuk Dikunjungi di Makassar


Source : tpsdave

Anda pasti sudah tahu betul kalau Makassar adalah destinasi liburan yang cocok untuk menyegarkan pikiran dari kepenatan kegiatan sehari-hari. Namun tahukah Anda, jika di Makassar dan sekitarnya masih banyak tempat tersembunyi namun sangat menarik untuk dikunjungi? Jika Anda ingin mencari destinasi wisata baru yang menarik, eksotis, dan tentunya menantang; Anda berada di tempat yang tepat. Yuk langsung saja kita intip tempat-tempat tersembunyi yang wajib dikunjungi di Makassar dan sekitarnya!

1. Rammang-Rammang

Tak jauh dari pusat kota Makassar, sekitar 1,5 jam perjalanan, terdapat pegunungan batu kapur yang bernama Rammang-Rammang. Pegunungan batu kapur terbesar kedua setelah yang ada di Cina ini tepatnya terletak di Kabupaten Maros, Makassar. Disini, Anda dapat menaiki perahu untuk menyaksikan keindahan pegunungan batu kapur, terowongan alami, dan panorama Maros yang eksotis dan cantik. Anda juga bisa berkunjung ke Goa Kingkong, yang memiliki batu-batu kapur dengan bentuk menyerupai kingkong.

2. Pulau Kodingareng Keke

Pulau tak berpenghuni merupakan tempat tersembunyi yang sempurna untuk dijadikan destinasi wisata Anda, salah satunya Pulau Kodingareng Keke. Pulau ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 14 kilometer dari Pantai Losari di Makassar. Pemandangan alam yang cantik dan eksotis di Pulau Kodingareng Keke ini akan membuat Anda melupakan kepenatan dan menenangkan pikiran. Terlebih lagi, pulau ini terus dibenahi pengelolaannya oleh Dinas Pariwisata Makassar sehingga akan menjadi lebih nyaman lagi.

3. Pulau Tinabo

Pulau yang terletak di Kepulauan Selayar ini merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Taka Bonorate. Di pulau ini, Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putih yang cantik dan air lautnya yang jernih. Anda juga dapat melakukan kegiatan dalam air seperti diving dan snorkeling, bahkan Anda dapat menyelam bersama baby shark, lho! Untuk melakukan kegiatan air tersebut, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp 70.000.

4. Pulau Samalona

Wisata yang satu ini cukup mudah dijangkau dari Makassar, yaitu hanya dengan menggunakan perahu motor sekitar 30 menit. Yang wajib untuk dilihat ketika berkunjung ke Pulau Samalona adalah pemandangan bawah lautnya yang eksotis dan cantik. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut tersebut dengan melakukan kegiatan diving atau snorkeling, tentunya perlu didampingi guide jika belum terlalu mahir, ya. Anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang banyak tersebar di pesisir pantai, seperti ikan, kepiting bakar, dan lain sebagainya.

5. Pulau Lanjukang

Jika Anda berminat mengunjungi pulau cantik yang bernama lain Lanyukang atau Laccukang ini, Anda perlu menyewa perahu kepada masyarakat setempat dari Pelabuhan Paotere karena belum ada transportasi reguler ke pulau tersebut. Pulau ini hanya dihuni oleh sekitar 15 kepala keluarga yang mana sangat ramah dan baik kepada pengunjung yang bertandang. Anda dapat menikmati keindahan pulau yang masih sangat asri dan alami tersebut, terutama terumbu karangnya yang cantik.

6. Pantai Appalarang

https://twitter.com/semarkbelukar/status/801027857006948352

Destinasi menarik dan wajib dikunjungi selanjutnya adalah Pantai Appalarang yang berlokasi di Bulukumba, dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 4,5 jam dari pusat kota Makassar. Disini Anda dapat menikmati keindahan pantai yang berbalut deretan tebing di sepanjang tepian dengan air yang sangat jernih dan berwarna biru. Selain itu, terdapat juga sebuah anjungan kayu yang dapat menjadi tempat Anda duduk santai menikmati panorama alam sekitar ditemani semilir air pantai yang menyejukkan.

7. Celebes Canyon

Jika Anda menyukai tempat-tempat yang eksotis dan unik, Celebes Canyon adalah tempat yang wajib dikunjungi. Tempat yang terbilang belum lama dibuka ini berlokasi di kabupaten Barru dan dinamakan Celebes Canyon karena dianggap mirip dengan Grand Canyon. Disini Anda dapat menikmati pemandangan eksotis bebatuan besar yang mengalir di sela-selanya air jernih dari sungai Ule. Sebelum mencapai Celebes Canyon, mata Anda akan terlebih dahulu dimanjakan dengan hamparan sawah yang indah, lho.

8. Air Terjun Lengang

Destinasi tersembunyi dan menarik selanjutnya adalah air terjun Lengang yang berlokasi di desa Laiya, kecamatan Cendrana, Maros. Anda dapat mencapai air terjun yang memiliki dua tingkatan ini dengan menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari pusat kota Makassar. Untuk sampai ke lokasi air terjun, Anda perlu menempuh perjalanan yang memiliki medan yang cukup sulit dan terjal. Namun semua itu akan terbayar dengan keindahan air terjun alami yang memiliki aliran air jernih ke kolam dibawahnya.

9. Air Terjun Batulappa

A post shared by Nathalia R.P (@nathalya1712_) on

Masih seputar wisata air terjun, satu lagi tempat yang wajib Anda datangi adalah air terjun Batulappa yang berlokasi di desa Tompo, kecamatan Barru. Dari pusat kota Makassar, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 3 jam untuk sampai di tempat ini. Air terjun ini sangat unik dan eksotis dengan undakan 7 tingkat yang dimilikinya. Anda bisa bermain air di sekitar air terjun ini, namun ingat untuk selalu berhati-hati ya karena banyak bebatuan licin yang ditumbuhi lumut.

10. Gunung Bawakaraeng

Bagi Anda yang suka perjalanan menantang dan menyenangkan seperti mendaki gunung, Anda perlu mengunjungi puncak Gunung Bawakaraeng yang berlokasi di dusun Lengkese, desa Manimbahoi, kecamatan Parigi, Gowa. Bawakaraeng dalam bahasa Indonesia berarti “mulut Tuhan”, karena dipercaya gunung ini adalah tempat pertemuan para wali. Pemandangan alam yang sangat indah dan cantik di gunung ini akan memanjakan mata Anda serta menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

11. Danau Tanralili

A post shared by Nurevhy (@evhyaf) on

Di bawah kaki gunung Bawakaraeng, terdapat danau yang sangat indah bernama danau Tanralili. Tanralili dalam bahasa Indonesia berarti “tidak dapat ditundukan”, kemungkinan mengacu pada lokasi danau sulit dijangkau dan perlu perjuangan keras melewati lembah Loe. Namun tidak berarti danau ini tidak dapat dicapai, karena sudah banyak orang yang berhasil mengunjungi danau yang cantik dan tidak akan membuat Anda menyesal sudah datang ini.

12. Pulau Kapoposang

https://twitter.com/indtravel_FR/status/814410661744824320

Pulau cantik yang berada di jajaran kepulauan Spermonde ini merupakan tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berlibur ke Makassar. Di pulau ini, Anda dapat melakukan kegiatan seperti diving atau snorkeling untuk dapat menikmati keindahan biota bawah lautnya yang sangat cantik dan eksotis. Namun ingat selalu untuk menjaga baik-baik kelestarian alam ya, dengan tidak menginjak terumbu karang serta berhati-hati saat melakukan kegiatan menyelam di alam bawah laut.

13. Pulau Bulupoloe

Pulau Bulupoloe adalah pulau kecil tak berpenghuni yang sangat sayang untuk dilewatkan karena keindahan alam dan kecantikan pantainya. Bagi Anda yang mencari tempat wisata tenang tanpa banyak wisatawan lain, pulau ini adalah destinasi yang sangat tepat. Pulau Bulupoloe memiliki hamparan tepi pantai sekitar 50 meter dengan pasir halus dan air laut yang sangat jernih. Dan jangan sampai dilewatkan, kegiatan diving untuk menikmati keindahan bawah laut dari Pulau Bulupoloe.

14. Pulau Dutungan

Pulau Dutungan yang berjarak sekitar 130 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 5 jam dari pusat kota Makassar ini terletak di kabupaten Barru. Karena keindahan panorama alamnya, pulau Dutungan dijuluki sebagai pulau impian. Tentunya di pulau ini Anda dapat menikmati keindahan biota laut yang sangat eksotis dan pemandangan pantai yang tak kalah indahnya, serta Anda juga dapat memancing ikan di sekitar dermaga untuk menyalurkan hobi dan mengisi waktu.

15. Pulau Gusung

Pulau Gusung yang dijuluki sebagai Pulau Lae-Lae Caddi ini hanya berjarak sekitar 1,6 kilometer dari pelabuhan Makassar. Berbeda dengan pulau-pulau sebelumnya yang memiliki keindahan biota laut, pulau Gusung merupakan tempat yang cocok untuk berenang dan bermain air laut. Tentunya di pulau ini Anda juga bisa melakukan kegiatan bawah air seperti diving dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut yang memukau.

Itulah 15 tempat tersembunyi yang sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan di Makassar. Makassar memang memiliki keindahan alam dan wisata yang seolah tak ada habisnya, serta memiliki pesona yang akan membuat perjalanan Anda tak akan terlupakan. Jangan lupa untuk mempersiapkan baik-baik akomodasi dan perbekalan Anda ya, tereutama jika Anda berkunjung ke pulau tak berpenghuni. Selamat berwisata dan meng-explore Makassar!

Loading...