15 Tempat Liburan Keluarga di Jawa Barat Ini Cocok Untuk Kamu dan Rombonganmu

By |2018-11-08T22:11:10+00:00April 24th, 2017|Trip and Travel|


Source: tpsdave

Jawa Barat, meski tidak sepopuler Bali dan Yogyakarta, adalah salah satu destinasi wisata keluarga yang cukup populer di Indonesia. Liburan panjang akan segera tiba, saatnya kamu dan keluarga merencanakan liburan bersama yang berkesan dan menyegarkan pikiran dari padatnya aktivitas sehari-hari. Masih bingung hendak merencakan liburan ke mana? 15 objek wisata keluarga di Jawa Barat ini mungkin bisa jadi alternatif pilihanmu. Penasaran? Yuk disimak penjelasannya berikut ini.

1. Museum Geologi

Loading...

Mulailah destinasi liburan bersama keluarga dari ibukota Jawa Barat yaitu Bandung. Kota yang dijuluki Paris van Java ini memang layak menjadi tujuan pertama dengan beberapa objek wisata yang bersifat edukasi, salah satunya adalah Museum Geologi. Museum ini wajib dikunjungi karena menawarkan wisata edukasi sekaligus hiburan bagi para pengunjungnya. Museum ini didirikan pada tahun 1928 dan menyajikan aneka koleksi benda-benda tata surya, fosil hewan purba, diorama Bumi, relief dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa belajar tentang beraneka ragam makhluk hidup dan sejarah tambang emas terbesar yang ada di Indonesia.

2. Trans Studio Bandung

Wahana wisata yang satu ini termasuk yang wajib dikunjungi di Bandung. Trans Studio menawarkan hiburan dan kesenangan dengan berbagai wahana permainan yang futuristic dan memacu adrenaline. Trans Studio cocok bagi semua usia karena wahana permainannya didesain dengan khusus dan aman bagi semua pengunjung. Selain itu, pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner khas yang juga dijual di tempat ini.

3. Kawah Putih

A post shared by Blesco Bandung (@blescobandung) on

Menyambangi Jawa Barat tak akan lengkap bila belum berkunjung ke Kawah Putih. Objek wisata alam yang satu ini memang sudah sangat terkenal seantero Indonesia berkat suasana sejuk khas dataran tinggi dan pemandangan kawah dengan air yang warnanya berubah-ubah sesuai suhu. Hawa di Kawah Putih bisa mencapai 8 derajat celcius dengan hamparan pasir putih di sepanjang tepi kawah yang berkilau seperti salju. Kawah Putih cocok dinikmati bersama keluarga untuk merasakan sejuknya hawa pegunungan dan berfoto bersama dengan latar pemandangan indah dan asap belerang tipis yang menambah keeksotisannya.

4. Green Canyon

Kamu pasti mengernyitkan dahi saat mendengar kata Green Canyon ini. Ya, ini sungguhan Green Canyon seperti yang ada di Australia, bedanya adalah Green Canyon ini terletak di Jawa Barat dan menyajikan pemadangan berupa pepohonan rindang yang hijau, sungai jernih berwarna hijau dengan tebing-tebing berlumut yang juga berwarna hijau, dan stalaktit stalakmit goa yang sangat indah disana sini. Wisata yang ditawarkan adalah menyusuri keindahan Green Canyon sambil menaiki rakit atau perahu dan bisa juga dengan pelampung sambil berenang karena airnya sangat jernih dan bersih.

5. Museum Konferensi Asia Afrika (KAA)

Destinasi selanjutnya adalah tempat wisata edukasi yang akan menambah pengetahuan sejarahmu. Mana lagi kalau bukan Museum KAA di Bandung. Museum ini menyimpan semua hal tentang kegiatan Konferensi Asia Afrika (KAA) yang pertama kali diadakan di Indonesia, tepatnya di kota Bandung. Konferensi ini diikuti oleh banyak negara-negara di dunia dan Bandung adalah tuan rumah kehormatan. Uniknya, gedung museum ini dibuat dari kayu cikenhout yang merupakan kayu langka dengan struktur amat kuat.

6. Taman Kampus ITB

Bandung memiliki sebuah universitas yang kesohor dengan kualitasnya, bahkan termasuk salah satu universitas unggulan di Asia Tenggara. Institut Teknik Bandung (ITB) sebagai kampus bersejarah dan dikenal mencetak banyak tokoh-tokoh genius di negeri ini cocok juga disambangi kala kamu datang bersama keluarga ke Bandung sekedar untuk berwisata edukasi dan menikmati hijaunya taman-taman kampusnya. Ada juga Kantin Salman yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa karena menyajikan menu masakan khas Sunda yang murah meriah dan lezat.

7. Mall Paris van Java

A post shared by @drzqq on

Siapapun sudah tahu, Bandung memang terkenal dengan sebutan Paris van Java karena keelokan kotanya yang bersih, rapi, cantik dan sangat fashionable seperti kota Paris di Prancis. Bandung memang memiliki banyak industry fashion yang ditandai dengan bertaburnya distro dan factory outlet yang diburu berbagai kalangan. Sekarang, ada Mall Paris van Java yang merupakan pusat perbelanjaan terlengkap dan wisata hiburan bagi keluarga yang sangat nyaman. Kamu bisa berbelanja sambil berkeliling menikmati sajian kuliner yang disajikan mall ini.

8. Kebun Raya Bogor


Source: sendywulandh

Bogor, sebagai kota hujan yang sangat populer berkat kuliner jalanannya yang menggiurkan juga punya daya tarik lain yaitu Kebun Raya Bogor. Objek wisata ini adalah ikon kota Bogor karena merupakan tempat konservasi ribuan tumbuhan dan beberapa jenis satwa yang terpelihara apik. Nuansanya sangat hijau dan rimbun dengan pepohonan yang meneduhkan. Kebun Raya Bogor adalah pusat penelitian bagi para ilmuwan tentang berbagi jenis tumbuhan yang dikonservasikan. Tak kurang dari 15 ribu tanaman dari seluruh Indonesia dan dunia ada di kebun raya ini. Disini kamu bisa menyaksikan rusa-rusa cantik yang berkeliaran merumput serta tanaman Bunga Bangkai atau Raflessia Arnoldi yang sangat langka dan satu-satunya di Indonesia.

9. Gunung Tangkuban Perahu

A post shared by hearttight (@hearttight) on

Tempat wisata keluarga selanjutnya di Jawa Barat adalah objek wisata alam yang sudah mahsyur dikenal masyaraat Indonesia karena legenda Sangkuriang nya. Ya, apalagi kalau bukan gunung Tangkuban Perahu. Gunung yang masih berstatus aktif ini berbentuk unik seperti perahu yang terbalik. Konon, asal muasal gunung ini adalah karena seorang pemuda bernama Sangkuriang yang jatuh cinta kepada Dayang Sumbi, ibu kandungnya sendiri yang terpisah sejak kecil. Karena gagal memenuhi permintaan Dayang Sumbi untuk membuatkan perahu dan telaga dalam satu malam, Sangkuriang kesal dan menendang perahu yang sedang dibuatnya hingga terlempar jauh dan jadilah gunung Tangkuban Perahu. Gunung ini cocok untuk kegiatan hiking dan pendakian bersama keluarga. Seru!

10. Pemandian Air Panas Ciwalini

A post shared by Melky Mei Luansyah (@melkyml33) on

Karena lanskap kotanya yang berada di dataran tinggi, Jawa Barat punya banyak tempat rekreasi pemandian air panas yang wajib kamu sambangi bersama keluarga. Berwisata ke berbagai tempat tentu melelahkan dan membuat tubuhmu pegal, maka berendam air panas di Ciwalni ini akan sangat menyenangkan karena membuat tubuhmu rileks dan menghilangkan rasa capek, gatal-gatal dan gangguan kulit lain. Sumber mata air panas disini berasal dari Gunung Patuha yang aroma belerangnya sama sekali tidak menyengat sehingga aman dan nyaman untuk berendam.

11. Highland Park Resort

A post shared by Martin Sinaga (@martinsinaga11) on

Ingin merasakan sensasi menginap di tenda ala berkemah bersama keluarga dengan fasilitas hotel bintang 5? Highland Park Resort lah tempatnya. Kawasan ini adalah sebuah resort yang memiliki konsep unik yaitu penginapan berbentuk tenda-tenda yang berjejer dengan fasilitas tenda bak hotel lengkap dengan AC, sofa, tempat tidur nyaman yang besar, toilet dengan shower, dan lantai keramik mewah. Unik sekali bukan? Sudah pasti akan menciptakan pengalaman menginap yang tak terlupakan bersama keluarga tercinta.

12. Pantai Pelabuhan Ratu

A post shared by HILMY DADUNG28 (@dadung28) on

Mari menuju ke wisata alam pantai yang masih berada di seputar Jawa Barat. Kali ini adalah daerah Pelabuhan Ratu yang memiliki banyak objek wisata, salah satunya adalah pantai ini. Letaknya yang berada di pesisir selatan pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak di pantai ini cukup besar dan cocok untuk olahraga selancar. Ada banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini seperti hotel dan penginapan, restoran dengan menu seafood yang segar dan lezat, juga kamu dapat menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari dari bibir pantai.

13. Taman Buah Mekarsari

A post shared by I N G G A R (@inggarnw) on

Taman buah ini lumayan populer karena sering masuk dalam liputan acara wisata di televisi. Terletak di Bogor, taman buah ini sering dijadikan wisata alam yang dekat dan mudah dijangkau bagi warga Jakarta di kala akhir pekan. Disini, kamu bisa menikmati berbagai pohon buah seperti melon, jeruk, apel, timun suri, belimbing dan banyak lagi lainnya. Bahkan, kamu juga bisa memetik buah-buah itu untuk dimakan dan buah tangan dengan biaya tertentu. Ada juga beberapa wahana permainan seperti kereta wisata yang akan mengantarkanmu keliling taman buah dan atraksi orang utan yang lucu dan menggemaskan.

14. Taman Bunga Nusantara

A post shared by Annisa Wulandari ? (@annisasa8) on

Secara administratif, kawasan Taman Bunga Nusantara yang menempati lahan seluas 23 hektare ini masuk ke wilayah Jawa Barat meski letaknya dekar dengan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta. Daya tarik objek wisata ini tentulah pemandangan hijau yang menghampar dengan berbagai macam bunga yang sangat cantik bermekaran. Jika kamu suka fotografi, tempat ini pasti akan membuatmu berdecak kagum dan tak puas-puasnya mengambil foto. Ada juga wahan lain seperti teater mini, taman labirin, air mancur musical yang mengeluarkan music, taman mawar, danau angsa dan karpet bunga.

15. Pantai Pangandaran

Terkenal dengan alamnya yang berdekatan dengan lautan, Pangandaran yang berada di sebelah tenggara Jawa Barat ini memiliki potensi wisata bahari yang sangat kesohor dengan pantainya yang cantik. Hamparan pasir putih nan lembut ditingkahi bunyi ombak adalah pesona paling kuat bagi pantai yang juga memiliki memiliki pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sangat memukau ini. Disini, kamu juga bisa berbelanja aneka hasil laut segar hasil tangkapan nelayan di tempat pelelangan ikan. Berbagai fasilitas lengkap seperti hotel dan restoran juga ada disini dan siap untuk memanjakan pengunjung yang datang.

15 tempat wisata keluarga di Jawa Barat sudah kamu kantongi. Jadi, kemana kamu dan keluarga akan berlibur di Jawa Barat pada liburan tahun ini?

Loading...