15 Manfaat Sayuran Hijau yang Wajib Anda Ketahui

By |2019-07-23T17:12:29+00:00April 17th, 2017|Health, Knowledge|


Source: U.S. Department of Agricultures

Masyarakat Indonesia patut berbangga atas kekayaan alamnya, pasalnya Indonesia termasuk salah satu negara dengan biodiversity atau keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Hal ini termasuk dalam kekayaan sumber pangan yang ada di tanah air. Salah satunya adalah sayur-sayuran. Hampir semua jenis sayuran dapat tumbuh subur, mulai dari yang sengaja ditanam sampai yang dibiarkan tumbuh liar di hutan.Lantas apakah manfaat sayuran hijau?
Sayuran merupakan salah satu bahan pokok makanan utama karena kandungan nutrisinya yang baik bagi tubuh. Sejak kecil kita telah diajarkan untuk rajin mengkonsumsi sayuran karena termasuk dalam menu 4 sehat 5 sempurna, namun tidak sedikit yang kurang menyukainya. Hal ini dikarenakan rasanya yang sedikit hambar padahal jika kita dapat mengolahnya dengan baik, sayuran dapat menjadi panganan yang melezatkan. Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang cukup menarik karena terdiri atas banyak warna walaupun banyak didominasi oleh warna hijau. Variasi warna tersebut bukan tanpa arti karena memiliki manfaatnya masing – masing. Lantas apakah manfaat sayuran hijau? Mari simak ulasan mengenai 15 manfaat sayuran hijau bagi tubuh manusia berikut ini:

1. Kaya Akan Antioksidan


Source: Norisah

Loading...

Semakin hijau warna sayuran maka semakin banyak pula antioksidan yang terkandung di dalamnya. Sawi termasuk salah satu jenis sayuran yang kayak akan antioksidan. Sayuran yang biasa dijadikan campuran dalam masakan mie ayam ini mengandung antioksidan jenis glukosinolat yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Klorofil Pencegah Kanker


Source: Ivan

Seperti yang kita ketahui, warna hijau yang ada pada sayuran disebabkan karena adanya zat hijau daun atau yang biasa dikenal dengan klorofil. Selain berfungsi memberi warna hijau pada sayuran, klorofil juga ternyata berperan sebagai pelindung bagi tubuh. Ya, selayaknya prajurit kerajaan, klorofil berguna untuk melindungi sel yang telah lemah dari serangan sel kanker. Selain itu klorofil juga berfungsi sebagai detoksifikasi alami yang dapat menghilangkan racun dalam tubuh.

3. Sumber Zat Besi


Source: infobunny

Zat besi memiliki manfaat dalam pembentukan hemoglobin yang berfugnsi sebagai pembawa oksigen dalam sel darah. Salah satu jenis sayuran yang kayak akan kandungan zat besi adalah selada. Sayuran yang sering dijadikan bahan utama dalam salad ini selain memiliki kandungan zat besi yang tinggi, ternyata juga memiliki kandungan magnesium yang berfungsi memperlancar kinerja saluran urin.

4. Sumber Mineral

Source: Tim Sackton

Sayuran hijau kayak akan mineral yang penting dibutuhkan oleh tubuh seperti seng, kalsium, magnesium, asam folat, kalium, dan fosfor. Salah satu sayuran hijau yang mengandung mineral tinggi adalah bayam. Selain vitamin A dan C, bayam juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena sangat baik bagi pertumbuhan janin dalam kandungan. Sayuran favorit tokoh kartun Popeye ini sangat populer di Indonesia. Dengan harganya yang murah, Anda dapat membuat aneka panganan berbahan utama bayam yang lezat.

5. Sumber Vitamin


Source: whologwhy

Kelengkapan jenis vitamin yang terkandung dalam sayuran hijau tentu sudah tidak diragukan lagi. Brokoli adalah salah satu jenis sayuran hijau yang tinggi akan kandungan vitamin A di dan C di dalamnya. Semua bagian tumbuhan ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, mulai dari bunga hingga pucuknya. Anda dapat memperoleh 21% kebutuhan harian vitamin A untuk tubuh atau sekitar 623 IU dengan mengkonsumsi brokoli sebanyak 100 gram. Selain itu, brokoli juga mengandung pro vitamin seperti alfa karoten dan beta karoten yang baik untuk kesehatan kulit dan mata.

6. Cara Alami Cuci Ginjal


Source: Anatakti

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk sekresi. Jika ginjal Anda bermasalah dan proses penyaringan sekresi tubuh tidak berjalan dengan baik maka diperlukan cuci ginjal yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bila kondisi keuangan Anda tidak mencukupi, jangan khawatir karena daun seledri dapat menjadi solusi alternatif cuci ginjal yang murah dan alami. Air rebusan daun seledri jika dikonsumsi secara rutin dapat mengembalikan fungsi ginjal secara normal karena mengandung kalium dan nutrium yang memiliki fungsi diuretik atau merangsang produksi urin sehingga dapat membersihkan ginjal.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan


Source: Hey Paul Studios

Kandungan sayuran yang akan serat dijamin akan membuat sistem pencernaan Anda lebih lancar. Serat kasar yang terdapat dalam sayuran berfungsi layaknya sebagai karet busa yang membantu gerak peristaltik dan menyerap zat ekskresi dalam usus sehingga membuat aktivitas defekasi Anda lebih mudah dan lancar. Semua jenis sayuran hijau memiliki kandungan serat yang tinggi, salah satunya adalah asparagus. Sayuran yang memiliki nama latin Asparagus officinalis ini dapat Anda konsumsi dengan cara direbus atau dibuat menjadi jus bersama sayuran lainnya sebagai salah satu menu sehat.

8. Mengatasi Kelelahan


Source: Hendrik Dacquin

Anda pernah mengalami kelelahan karena padatnya kesibukan di kantor? Tidak perlu khawatir karena jenis sayuran yang satu ini dapat menjadi solusinya. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kacang panjang. Sayuran kegemaran masyarakat Indonesia yang kerap dijadikan campuran dalam gado – gado dan sayur lodeh ini ternyata memiliki kandungan vitamin B1 (thiamine) dan B2 (riboflavin) yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan syaraf sehingga dapat mengatasi kelelahan.

9. Mengobati Diabetes


Source: Practical Cures

Sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak ke-4 di dunia, Indonesia patut waspada akan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kandungan gula darah dalam tubuh ini. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi buncis. Sayuran hijau yang tumbuh subur di Indonesia ini memiliki kandungan stigmasterol dan B-sitosterol yang berfungsi meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dengan cara merangsang kinerja pankreas.

10. Anti HIV


Source: Kevin Simmons

HIV AIDS merupakan salah satu penyakit mematikan yang belum berhasil ditemukan obatnya. Untuk itu, Anda harus menjaga kesehatan sebaik mungkin, contohnya dengan mengkonsumsi pare secara rutin. Walaupun rasanya pahit, tetapi pare memiliki kandungan protein MAP30 (Momodica Antiviral Protein 30) dan protein momorcharin alfa dan beta yang berfungsi sebagai antivirus HIV.

11. Menjaga Kesehatan Tulang


Source: Fdecomite

Manfaat kalsium bagai kesehatan tulang tentu sudah tidak asing lagi Anda ketahui. Selain menambah massa tulang, kalsium juga dapat membantu pertumbuhan gigi yang sehat dan kuat bagi buah hati Anda. Sawi, brokoli, dan bayam adalah beberapa contoh sayuran hijau yang kaya akan kandungan kalsium.

12. Mempercantik Kulit


Source: Naturalflow

Semua wanita di dunia ini pasti ingin tampil cantik dan menarik. Tak jarang ada yang sampai rela menghabiskan puluhan juta demi melakukan perawatan kecantikan di salon ternama. Anda tidak perlu cemas karena saat ini merawat kecantikan tidak selalu memerlukan biaya yang mahal, cukup dengan rutin mengkonsumsi sayuran. Salah satu sayuran hijau yang diyakini dapat mengoptimalkan kecantikan tubuh adalah kale. Namanya mungkin masih asing terdengar di telinga Anda, namun sayuran yang mirip bentuknya dengan sawi ini belakangan tengah populer di kalangan pecinta sayuran sebagai superfood. Kandungan vitamin C yang tinggi, yaitu sebesar 120 mg dalam 100 g Kale dapat memenuhi kebutuhan harian Anda. Vitamin C dipercaya sebagai nutrisi yang baik bagi kulit dan dapat mencerahkan serta memutihkan kulit Anda.

13. Menurunkan Berat Badan


Source: Stacy Spensley

Bagi para pemilik program diet, sayuran hijau sudah barang tentu ada di dalam menu sehatnya. Tak jarang banyak orang telah berganti gaya hidup menjadi seorang vegetarian demi memiliki berat tubuh ideal dan sehat.

14. Mencegah Katarak

Source: TobiasD

Penyakit katarak yang ditandai dengan adanya selaput putih pada mata dapat Anda cegah sejak dini dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau. Tingginya kandungan antioksidan luthein dan zeaxanthin dalam sayuran hijau dapat melindungi mata dari cahaya ultraviolet.

15. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Source: One 1

Saat ini kuman penyebab penyakit semakin berkembang sehingga diperlukan sistem kekebalan tubuh yang kuat agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Zat saponin yang terkandung dalam pare dan sayuran hijau lainnya terbukti dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh Anda. Demikian 15 manfaat sayuran hijau bagi kesehatan tubuh Anda. Rendahnya tingkat konsumsi sayuran masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di perkotaan perlu ditanggulangi lebih lanjut mengingat pentingnya manfaat sayuran bagi kesehatan tubuh.

Loading...