15 Manfaat Olahraga Lari Bagi Kesehatan dan Kecantikan

By |2018-11-08T15:50:53+00:00March 31st, 2017|Beauty, Health|


Source: marco monetti

Olahraga lari adalah salah satu olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan dimanapun dan oleh siapapun. Namun, walaupun olahraga ini dapat dibilang sederhana, berlari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda, lho. Oleh karena itu tidak ada salahnya menyisihkan waktu setiap minggu untuk setidaknya berolahraga lari. Mari kita bahas manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga ini.

1. Stamina


Source: skeeze

Olahraga lari atau jogging bisa membantu meningkatkan stamina tubuh, yang mempunyai banyak dampak baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Georgia pada tahun 2008 menyatakan bahwa orang yang melakukan olahraga jogging secara rutin dapat mengalamin peningkatan stamina hingga 65%. Karena itu, jogging sangat baik bagi kesehatan Anda, apalagi jika Anda termasuk orang yang mudah lesu.

2. Nafsu Makan


Source: skeeze

Tahukah Anda bahwa ketika Anda berolahraga, metabolisme tubuh Anda akan meningkat sehingga nafsu makan Anda akan bertambah? Hal ini disebabkan karena setelah olahraga, biasanya orang akan cenderung merasa lapar. Jika Anda merupakan orang yang sering mendapatkan masalah nafsu makan, maka Anda dapat mencoba untuk jogging secara rutin agar nafsu makan Anda meningkat.

3. Metabolisme Tubuh


Source: RyanMcGuire

Tahukah Anda jika Anda jogging secara rutin, maka metabolisme tubuh Anda akan meningkat, sehingga jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan atau diet, proses diet Anda akan lebih mudah? Selain itu, jogging juga dapat melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh Anda, yang tentunya sangat bagus bagi kesehatan. Wah, banyak sekali ya manfaat dari jogging.

4. Stress


Source: skeeze

Selain dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan stamina, melakukan jogging juga dapat menurunkan rasa stress, lho. Rajin olahraga jogging dapat menjaga mood yang baik. Karema, umumnya rasa bahagia bisa muncul dengan sering melakukan olahraga. Selain itu dapat menghilangkan kepenatan dari sebuah pekerjaan panjang yang membuat jenuh. Ini disebabkan karena jogging dapat memberikan rasa tenang dan nyaman dan di dalam pikiran, yang tentunya menhindarkan Anda dari stress.

5. Kerja Otak


Source: madsmith33

Jika Anda termasuk orang yang sedikit lemot, maka olahraga jogging dapat menjadi sangat bermanfaat bagi Anda. Ini disebabkan karena jogging dapat mempercepat dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga banyak oksigen yang bisa masuk kedalam jaringan tubuh dan otak Anda. Ini akan membantu otak Anda bekerja dengan lebih cepat dan maksimal, serta menyehatkan otak Anda.

6. Percaya Diri


Source: skeeze

Jika Anda sedang berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, maka Anda bisa melakukan olahraga jogging. Jogging dapat membantu Anda mengurangi berat badan dan mendapatkan bentuk badan yang lebih ideal. Hal ini tentunya akan mempengaruhi rasa percaya diri Anda. Ketika Anda nyaman dengan tubuh Anda, maka otomatis rasa percaya diri akan terpancar dan penampilan Anda akan lebih menarik.

7. Penuaan


Source: StockSnap

Seiring bertambahnya umur, tubuh Anda cenderung melemah dan Anda akan menghadapi masalah-masalah yang biasanya timbul karena umur. Selain itu, kepadatan tulang dan otot Anda akan berkurang, lho. Jika Anda rajin jogging, maka Anda dapat menhindari terjadinya proses penuaan yang terlalu cepat. Selain itu, tukang dan otot Anda akan menjadi terlatih dan lebih kuat, sehingga Anda bisa lebih mandiri di umur Anda yang sudah lanjut ini.

8. Tidur


Source: kaboompics

Apakah Anda sering mengalami masalah tidur seperti insomnia? Ketika Anda mengalami insomnia, Anda tidak bisa tidur sehingga biasanya Anda akan merasa kurang bertenaga saat sedang beraktivitas. Hasil penelitian menyatakan bahwa orang yang rajin berlari akan lebih mudah tidur, dan kualitas tidur mereka cenderung lebih tinggi yang artinya adalah tidur mereka lebih nyenyak daripada orang yang tidak suka berlari. Bermanfaat sekali ya, olahraga ini.

9. Kulit


Source: JanBaby

Tahukah Anda bahwa jogging juga sangat baik bagi kulit? Faktanya, sudah terbukti bahwa dengan sering olahraga jogging, kulit Anda akan terlihat lebih cerah dan sehat. Ini disebabkan karena jogging dapat membuat peredaran darah lebih lancar, sehingga sangat bermanfaat bagi metabolise dari sel-sel kulit Anda. Oleh karena itu jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih cerah dan sehat, tidak ada salahnya mulai jogging setidaknya seminggu sekali.

10. Sesak Nafas


Source: skeeze

Penyakit pernafasan bukan lagi penyakit yang jarang ditemui dewasa ini. Bagi Anda yang suka mengalami sesak nafas, jogging dapat membantu Anda mengatasi masalah ini. Faktanya, olahraga jogging dapat membantu Anda agar bisa bernafas secara lebih lancar dan lega. Bagi Anda yang menderita penyakit asma, jogging juga sangat bermanfaat karena sudah terbukti bahwa orang yang jogging secara rutin mempunyai frekuensi kambuh yang lebih jarang dibandingkan yang tidak.

11. Gejala Penyakit


Source: Hernan Pinera

Terkadang ketika ada organ tubuh kita yang mengalami gangguan, butuh waktu yang cukup lama sampai kita menyadarinya. Bahkan terkadang, hal itu tidak dapat diketahui jika tidak dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Jogging dapat membantu Anda mengidentifikasi adanya gejala-gejala penyakit, lho. Ini karena gerakan yang Anda lakukan sangat merangsang metabolisme di seluruh bagian tubuh sehingga jika ada kerusakan pada salah satu organ, Anda akan bisa merasakannya dan pergi ke dokter untuk melakukan pengobatan sebelum masalahnya menjadi lebih buruk.

12. Menstruasi


Source: Ernst Moeksis

Apakah siklus menstruasi Anda terkadang kurang lancar? Jika iya, maka Anda dapat mencoba melakukan jogging secara rutin. Faktanya, jogging sangat baik bagi wanita karena dapat memperlancar siklus menstruasi. Oleh karena itu jika Anda sering mengalami masalah-masalah yang terkait dengan menstruasi, mulailai berlari pagi setiap harinya agar siklus menstruasi Anda menjadi lancar dan tidak bermasalah.

13. Penyakit Jantung


Source: d26b73

Tahukah Anda bahwa selain dapat membantu mengatasi masalah menstruasi, olahraga jogging juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung? Faktanya, telah dibuktikan bahwa berlari dapat memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Peredaran darah yang lancar membuat resiko terkena penyakit jantung koroner berkurang. Luar biasa sekali ya? Yuk mulai berlari pagi secara rutin!

14. Diabetes


Source: dimitrisvetsikas1969

Penyakit diabetes bukan merupakan penyakit yang jarang ditemui dewasa ini. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, serta bisa diturunkan. Penyakit ini sangat mengganggu, oleh karena itu tentunya harus dihindari. Berlari, selain sangat baik bagi gaya hidup Anda, bisa mengurangi resiko terkena diabetes, lho. Penelitian sudah membuktikan bahwa dengan berlari, Anda dapat mengurangi resiko terkena penyakit ini sebanyak 50%.

15. Paha


Source: skeeze

Jika Anda ingin mempunyai paha yang lebih berisi, maka jogging lah jawaban Anda. Ketika Anda berlari, bagian tubuh yang paling banyak bergerak adalah bagian kaki. Oleh karena itu, jogging dapat membuat otot-otot yang terletak di paha dan bokong menjadi lebih kuat. Paha Anda juga akan menjadi semakin berisi dan kencang. Hal ini tentunya akan membuat penampilan Anda lebih menarik.

Itulah 15 manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga jogging. Semoga bermanfaat!