15 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan dan Kecantikan

By |2019-09-18T08:38:16+00:00September 18th, 2019|Beauty, Health|

Source : Couleur

Minyak zaitun adalah hasil minyak ekstrak dari tumbuhan Olea europea yang banyak tumbuh di daerah Mediterania. Minyak zaitun mengandung sangat kaya asam lemak tak jenuh (monounsaturated fatty acid/MUFAs). Minyak zaitun sudah sangat tersohor akan manfaatnya bagi kesehatan maupun kecantikan, mengingat minyak zaitun memiliki kandungan yang dapat memerangi lemak trans dan lemak jenuh penyebab kolesterol yang tentunya berbahaya bagi tubuh. Lebih lengkap mengenai manfaat minyak zaitun akan dijabarkan sebagai berikut.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mulailah menggoreng makanan dengan menggunakan minyak zaitun, karena hal ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Di negara-negara Mediterania, masyarakatnya memang lebih banyak menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan. Berdasarkan penelitian, memang risiko terkena penyakit jantung lebih rendah dikarenakan minyak zaitun terbentuk dari asam lemak tak jenuh yang lebih sehat untuk tubuh.

Loading...

2. Menyehatkan Sistem Kardiovaskular

View this post on Instagram

#olivefruit

A post shared by Xabier Querejeta (@xabiquerejeta) on

Studi yang dipublikasikan dalam Pharmacological Research membuktikan bahwa orang-orang yang mengonsumsi minyak zaitun secara rutin lebih rendah risikonya terkena penyakit yang menyerang sistem kardiovaskular, termasuk hipertensi (tekanan darah tinggi), stroke, serta kolesterol tinggi. Maria-Isabel Covas, sang peneliti hal tersebut menyebutkan minyak zaitun dapat mengurangi peradangan, trombosis , disfungsi bagian dalam pembuluh darah, dan metabolisme karbohidrat. Efek anti-aterogenik pada minyak zaitun juga dapat mencegah pengerasan pembuluh darah arteri serta menurunkan risiko penyakit aterosklerosis.

3. Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Terdapat sebuah kelompok peneliti ilmuwan di Spanyol yang berhasil menemukan sebuah mekanisme minyak zaitun dalam menjaga tubuh dari terbentuknya sel-sel kanker payudara. Minyak zaitun yang diteliti peneliti tersebut ternyata mampu sel-sel tumor mematikan serta mencegah kerusakan DNA. Kelompok peneliti tersebut juga membuktikan bahwa sebaliknya minyak jagung yang kaya akan asam lemak tak jenuh dapat memiliki efek yang berlawanan dibandingkan dengan minyak zaitun yang memang kaya akan asam lemak tak jenuh.

4. Mencegah Depresi

Siapapun tak akan menyangka bahwa sesungguhnya deperesi sangat berhubungan erat dengan kadar lemak trans di dalam tubuh. Semakin besar kadar lemak trans dalam tubuh, semakin tinggi risiko seseorang merasa depresi. Sebuah penelitian yang dilaksanakan di University of Las Palmas de Gran Canaria di Spanyol membuktikan bahwa partisipan yang mengonsumsi lemak trans (bukan minyak zaitun) lebih banyak memiliki kecenderungan hingga 48% menderita depresi.

5. Menjaga Kadar Koloesterol Tetap Rendah

View this post on Instagram

Arbequina power: Small but great!

A post shared by hola@oleura.es (@oleura) on

Kadar kolesterol adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan. Semakin meningkatnya kadar kolesterol,akan lebih tinggi pula risiko seseorang akan penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung dan tekanan darah tinggi. Terdapat dua jenis kolesterol yang ada dalam tubuh manusia, yaitu kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL), dan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) Minyak zaitun sangat menguntungkan tubuh karena asam lemak tak jenuh yang dikandungnya jika masuk ke dalam tubuh menghasilkan kolesterol HDL, sehingga menjaga agar tidak terlalu banyak kolesterol LDL yang terbentuk.

6. Membantu Menghilangkan Batu Ginjal

Sorce : stevepb

Manfaat lainnya dari minyak zaitun adalah ia sangat baik untuk kesehatan ginjal, karena dapat membantu melarutkan batu ginjal sehingga para penderita batu ginjal tidak perlu lagi melakukan operasi. Untuk mendapatkan manfaat ini, panaskan 2 gelas air dengan api sedang hingga mendidih. Matikan api dan tambahan perasan satu buah lemon dan satu sendok teh minyak zaitun extra virgin. Diamkan sejenak hingga mencapai suhu ruang dan minum secara rutin setiap hari.

7. Menyembuhkan Konstipasi

Source : jill111

Di dalam sistem pencernaan, minyak zaitun sangat baik untuk membersihkan saluran pencernaan hingga kolon. Dengan teksturnya yang konsisten, minyak zaitun mampu menstimulasi sistem pencernaan untuk membuat makanan dicerna dengan lambat namun lancar hingga mencapai tempat pembuangan. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh di dalamnya juga mampu meningkatkan mobilitas makanan sehingga konstipasi dapat terhindari.

8. Meningkatkan Gairah Bercinta

Source : Ahmed Wassim

Tidak mengherankan dan bukan rahasia umum lagi jika orang Italy dikatakan sebagai orang yang memiliki gairah bercinta tinggi. Bukan kebetulan pula karena minyak zaitun memang berasal dari negeri ini dan Italia adalah salah satu produsen minyak zaitun terbesar dunia. Gunakan minyak zaitun untuk memijat pasangan ketika sedang dalam momen intim, dijamin pasangan akan merasa lebih rileks dan bergairah untuk bercinta.

9. Meredakan Rasa Sakit

Source : jackmac34

Seringkali orang mengalami luka dalam sehingga kulit membiru. Penyembuhan luka dalam ini sebetulnya bisa dilakukan menggunakan minyak zaitun yang mengandung sebuah komponen bernama oleochantal yang berperan sebagai agen anti peradangan.

10. Melembutkan Rambut

Source : congerdesign

Manfaat minyak zaitun juga lebih luas lagi ditrmukan untuk kecantikan, yaitu dapat digunakan untuk merawat rambut agar lebih kuat. Hal ini sudah dilakukan oleh putri-putri Mesir semenjak ribuan tahun lalu yang mengetahui manfaat minyak zaitun. Untuk melakukannya, caranya pun sederhana.  Hangatkan minyak zaitun di microwave atau dengan air hangat. Ratakan di permukaan kepala dan diamkan hingga 10-20 menit. Bersihkan dengan shampoo dan bilas. Lihat hasil rambut yang lebih lembut dan bebas dari kulit kepala kering.

11. Menghapus Makeup Mata

Source : Open Grid Scheduler

Bagi para wanita, seringkali makeup di bagian mata seperti bekas eyeshadow, eyeliner, dan pensil alis sangat sulit dibersihkan dengan pembersih muka biasa. Apalagi jika penyegar tersebut mengandung alkohol atau bahan kimia lain yang dapat membuat mata perih yang tentunya berbahaya. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun yang akan langsung mengikat segala riasan yang dapat ditarik minyak. Bilas setelahnya dengan air hangat dan pencuci wajah yang dapat menyeimbangkan pH kulit.

12. Mengeluarkan Kotoran Telinga

Source : heichozevudu

Apakah Anda sering merasa telinga sedikit terganggu dan gatal-gatal di bagian dalam lubang telinga? Jika iya, telinga perlu segera dibersihkan. Minyak zaitun dapat digunakan pula untuk membersihkan telinga. Caranya mudah saja, teteskan 1-2 tetes minyak zaitun ke kapas cotton bud yang kemudian digunakan untuk mengeluarkan kotoran telinga. Minyak zaitun dapat mencegah iritasi karena gesekan kapas dengan kulit di bagian dalam yang cukup tipis, serta kotoran pun jadi lebih mudah menempel dan dikeluarkan.

13. Melembutkan Kulit

Source : Brett_Hondow

Sophia Loren, seorang aktris cantik dan terkenal berdarah Italia membagikan rahasia kecantikan kulitnya, yaitu menggunakan minyak zaitun saat mandi di bak mandi. Ia menggunakan  5 sendok makan minyak zaitun yang dicampurkan dengan air hangat di bathtub. Jika Anda tidak terbiasa mandi di bathtub, jangan khawatir, karena terdapat alternatif lain yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh bagian kulit  sebelum mandi. Perbedaannya akan sangat terasa setelah Anda selesai mandi, kulit serasa lembut dan halus bagaikan kulit bayi.

14. Menguatkan Kuku

Source : moerschy

Anda wanita dan pernah merasa kesal karena kuku yang panjang dan sudah dihias dengan cantik tiba-tiba patah karena memang kurang kuat? Jika iya, maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan minyak zaitun hangat untuk menguatkan kuku. Bermodalkan sedikit minyak zaitun yang terlebih dulu dihangatkan hingga suhu ruang, tenggelamkan kuku selama 5-10 menit ke minyak zaitun, lakukan 1-2 kali seminggu dan kuku Anda pun bebas dari patah setelah dirias.

15. Masker Wajah

Source : Jing

Mengingat manfaatnya yang sangat kaya bagi kulit, minyak zaitun juga sangar efektif sebagai masker wajah dengan cara menggabungkannya dengan kuning telur. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon yang kaya antioksidan. Oleskan masker minyak zaitun secara merata pada wajah selama 5-10 menit, kemudian basuh dengan air dingin. Masker ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, karena dapat melembabkannya dan membuat kulit lebih bercahaya.

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan sudah Anda ketahui, kini pilihannya ada di tangan Anda apakah Anda ingin memakai manfaat tersebut atau tidak. Mari hidup lebih sehat dan cantik dengan minyak zaitun!

Loading...