15 Manfaat Ikan Salmon untuk Kecantikan dan Kesehatan

By |2018-11-05T22:00:49+07:00May 28th, 2018|Beauty, Health|Comments Off on 15 Manfaat Ikan Salmon untuk Kecantikan dan Kesehatan


Source: Gezstenyes

Salmon adalah jenis ikan yang lahir di air tawar, lalu bermigrasi ke lautan dan kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Penelitian mengungkapkan jika ikan salmon dapat kembali persis di tempat ia dilahirkan. Sebagai bahan makanan, salmon bergizi tinggi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Di Indonesia, makanan ini diperoleh dengan cara diimpor dari luar. Hal ini yang menyebabkan harganya cukup mahal, namun manfaatnya sepadan. Apa saja manfaat ikan salmon bagi kesehatan dan kecantikan, simak 15 manfaat ikan salmon berikut:

1. Menjaga kesehatan mata


Source: Bergadder

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan asam amino yang berguna untuk mata. Ikan salmon mampu meningkatkan daya pandang mata seseorang, juga mampu mengatasi kekeringan pada mata (kronis) dan keletihan mata. Jika kita mengkonsumsi ikan salmon dua kali dalam seminggu, maka kita mampu menurunkan resiko degenerasi makula yaitu penyakit mata kronis yang dapat menyebabkan kebutaan.

2. Menjaga kesehatan jantung


Source: Poky

Loading...

Dengan adanya kandungan omega-3 pada ikan salmon, maka ikan salmon ini diklaim dapat menjaga kesehatan jantung. Bahkan orang yang memiliki penyakit jantung pun dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon sebagai peningkatan kinerja jantung dalam tubuh manusia pada peredaran darah. Oleh karena itu, ikan salmon ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para orang tua yang mulai rentan dengan jantungnya.

3. Meningkatkan kecerdasan otak


Source: 95C

Ikan salmon juga mampu membantu meningkatkan kecerdasan otak, khususnya otak pada anak-anak. Hal ini disebabkan karena ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 EFA yang berguna untuk perkembangan otak anak-anak. Selain itu, omega-3 EFA juga mampu membantu para pengidap gangguan pemusatan perhatian (ADHD). Dengan mengkonsumsi ikan salmon, maka gangguan penyakit tersebut dapat diminimalisir oleh kandungan di dalam ikan salmon.

4. Melindungi kulit


Source: lannyboy89

Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon selain berguna untuk mata, jantung, dan otak, asam lemak omega-3 juga berguna untuk kulit yang melindungi dari sinar ulta violet langsung dari matahari. Sehingga membuat kulit menjadi lebih lembab dan tidak cepat kering karena sinar matahari. Hal ini menjadikan ikan salmon mampu mengatasi atau mencegah penyakit kanker kulit atau penyakit lainnya yang menyerang kulit.

5. Mencegah penyakit stroke


Source: klimkin

Asam omega-3 dalam ikan salmon pun juga mampu mencegah terjadinya penyakit stroke pada manusia. Karena asam omega-3 ini mampu meningkatkan kinerja otak atau bahkan membantu kinerja pemusatan dalam otak, sehingga otak dapat bekerja optimal dan normal tanpa hambatan karena adanya gangguan dalam otak. Sehingga, ikan salmon ini berguna juga untuk para pengidap stroke.

6. Meredakan depresi


Source: geralt

Dengan adanya asam omega-3 yang mampu meusatkan kinerja otak, maka ikan salmon pun juga mampu membantu seseorang menjadi tenang ketika mengalami trauma atau depresi. Hal ini dapat dibuktikan ketika adanya ibu-ibu yang mengalami depresi pasca kehamilan, ikan salmon sangat cocok baginya sebagai pemusatan kinerja otak agar lebih tenang dan teratur lagi.

7. Merangsang sensorik otak


Source: Bessi

Selain asam omega-3 dapat membantu kecerdasan otak, ikan salmon juga mengandung banyak vitamin A. Kandungan ini membuat ikan salmon dapat meningkatkan kemampuan sensorik pada otak agar bekerja optimal lagi. Penderita penyakit sindrom gangguan otak dianjurkan mengonsumsi ikan salmon. Begitu juga anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan agar kemampuan kognitif dan motoriknya berkembang maksimal.

8. Mencegah diabetes


Source: stevepb

Ikan salmon mengandung asam amino arginin serupa yang ditemui dalam kacang-kacangan. Sebuah studi menyebutkan asam amino arginin dapat menghalangi perkembangan diabetes menjadi tipe 2. Penderita diabetes tipe 2 akan mengembangkan luka gangren yang sulit disembuhkan. Kehidupan pasien bergantung pada suntikan insulin. Bagi kamu yang memiliki riwayat keluarga menderita diabetes, konsumsi ikan salmon dapat menurunkan risiko ini.

9. Mencegah penyakit ginjal


Source: Open Clip Art Vectors

Di dalam ikan salmon juga mengandung adanya magnesium dengan porsentase 8 persen atau rata-rata 29 miligram. Keberadaan magnesium dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker ginjal, bahkan cukup efektif bagi yang penderita kanker ginjal stadium awal. Ikan salmon membantu melawan karsinoma sel ginjal yang dapat menyebabkan kanker ginjal dalam tubuh. Jenis kanker ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

10. Memberikan bentuk tubuh ideal


Source: Public Domain Pictures

Jika seseorang membutuhkan menu makanan untuk program dietnya, sebenarnya ikan salmon sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Karena ikan salmon mengandung lemak yang mampu menimbulkan lambung terisi penuh alias membuat rasa kenyang yang lebih cepat dibandingkan makanan lainnya. Bahkan dengan mengkonsumsi ikan salmon beberapa kali dalam seminggu, mampu menurunkan berat badan hingga 5 pon.

11. Menutrisi janin


Source: dw-lifestylefotografie

Ikan salmon sangat aman dan sangat berguna bagi ibu yang sedang dalam kondisi hamil. Ikan salmon mengandung omega-3, DHA, EPA, protein dan vitamin. Semua nutrisi yang yang diperlukan bagi perkembangan janin yang optimal. Asam lemak omega-3 membantu perkembangan otak janin, sementara DHA berfungsi mengembangkan saraf, indra penglihatan dan dapat mencegah keguguran. EPA adalah senyawa yang diperlukan dalam pembentukan organ jantung dan sel darah merah. Protein dan vitamin membantu menguatkan janin.

12. Baik untuk tulang


Source: taoonex

Seperti ikan lainnya, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan kinerja tulang. Para pengidap osteoporosis dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan salmon sebagai peningkatan kinerja sel-sel dalam tulang agar dapat bekerja secara optimal metabolismenya. Anak dan remaja yang berada dalam masa pertumbuhan dianjurkan mengonsumsi ikan salmon secara rutin. Vitamin D akan memberikan kekuatan pada tulang dan membuat mereka tumbuh maksimal.

13. Membentuk massa otot


Source: Pexels

Ikan salmon kaya akan protein yang berguna dalam pembentukan massa otot. Tidak seperti protein pada daging merah yang sulit dicerna, protein ikan salmon mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Di dalam tubuh, kandungan protein pada ikan salmon ini mampu membakar lemak secara lebih maksimal dan optimal, sehingga mampu membentuk otot-otot pada tubuh. Mereka yang sedang menjalani latihan fisik untuk membentuk tubuhnya wajib memasukkan ikan salmon ke dalam menu mingguannya.

14. Melancarkan peredaran darah


Source: geraldoswald62

Kandungan EPA di dalam ikan salmon yang mengoptimal kinerja jantung, maka ikan salmon pun juga mampu membantu fungsi peredaran darah di dalam tubuh. Peredaran darah mengangkut zat-zat makanan dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Peredaran darah yang lancar adalah salah satu kunci dari hidup sehat. Protein dan lemak baik dalam ikan salmon tidak membahayakan jantung sebagaimana daging merah.

15. Meningkatkan metabolisme tubuh


Source: Pexels

Di dalam ikan salmon ini mengandung banyak nutrisi yang sangat penting. Sehingga dapat dikatakan bahwa ikan salmon ini mampu meningkatkan kinerja metabolism dalam tubuh yang bertugas sebagai pencegah penyakit atau pengoptimalan kekebalan dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan salmon ini, seseorang mampu mencegah datangnya penyakit degeneratif yang kerap mengancam saat usia semakin menua.

Itulah 15 manfaat ikan salmon yang tentunya akan membuat kamu semakin berminat mengonsumsi makanan sehat ini. Yang penting diperhatikan, pastikan mengonsumsi ikan salmon yang bebas dari pencemaran. Ikan salmon yang sehat adalah ikan salmon yang ditangkap di laut atau sungai yang bebas dari polusi dan timbal.

Loading...