15 Manfaat Daun Ubi Jalar untuk Kecantikan dan Kesehatan

By |2019-09-05T09:42:34+00:00September 4th, 2019|Beauty, Health|


Source: sarangib

Selama ini ubi jalar hanya dikenal bagian umbinya saja untuk dikonsumsi. Ternyata daun ubi jalur justru memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada umbinya. Daun ubi jalar yang dapat dimakan adalah daun yang masih muda. Rasanya tak kalah sedap dari kumis kangkung yang pastinya sudah akrab di lidah Anda. Berikut 15 manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan dan kecantikan yang akan membuat Anda tak ragu untuk mencicipinya.

1. Mengencangkan dan mencerahkan kulit


Source: greyerbaby

Loading...

Daun ubi jalar memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak, bahkan lebih banyak dari ubi jalarnya sendiri. Sementara itu, vitamin C mampu menghasilkan kolagen dalam jumlah besar. Kolagen memproduksi protein yang dapat digunakan untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit. Selain itu dapat dipakai untuk menghilangkan jerawat dan melembabkan kulit wajah. Bahkan terdapat antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas.

2. Merawat kondisi rambut


Source: pezibear

Selain kandungan vitamin C, daun ubi jalar juga memiliki kandungan vitamin B6 yang tepat. Vitamin B6 atau Pyridoxine berfungsi untuk mengatur hormon dalam tubuh. Kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan penurunan estrogen, sehingga menyebabkan para wanita mengalami kerontokan rambut. Bahkan tidak hanya para wanita, kekurangan vitamin B6 juga bisa mengakibatkan kebotakan pada laki-laki dan wanita.

3. Menjaga kesehatan kulit


Source: patrushka

Selain vitamin B6, daun ubi jalar juga mengandung vitamin B2, atau biasa disebut Riboflavin. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, tidak hanya kulit tubuh atau wajah tetapi juga kulit rambut. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan peradangan kulit, munculnya jerawat, rambut berminyak dan berketombe, bibir pecah, dan lain sebagainya. Riboflavin juga membantu untuk melembutkan kulit.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh


Source: evitaochel

Berbagai macam vitamin yang terkandung di dalam daun ubi jalar mempunyai peran dalam meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh pada manusia. Selain itu kandungan zat besinya juga membantu proses produksi sel darah putih yang dapat meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Mencegah datangnya penyakit jauh lebih baik daripada mengobati penyakit.

5. Melancarkan pencernaan


Source: andreas

Daun ubi jalar memiliki kandungan serat dan magnesium yang tinggi sehingga membantu kinerja organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus. Dengan terbantunya organ tersebut maka bisa dipastikan proses penceraan di dalam tubuh akan menjadi lancar sehingga dapat membantu mereka yang sulit untuk buang air besar. Untuk itu biasanya daun ubi jalar direbus dan diminum air rebusannya, atau bahkan dimakan sebagai lalapan.

6. Mencegah anemia


Source: trinhkien

Selain meningkatkan sel darah putih, zat besi dalam daun ubi jalar juga membantu pembentukan sel darah merah. Dengan adanya sel darah merah yang cukup bisa membuat tubuh terhindar dari penyakit anemia. Penyakit ini memang disebabkan oleh rendahnya sel darah merah yang ada di dalam tubuh sehingga membuat tubuh menjadi mudah lelah, malas, pucat dan tidak nafsu makan.

7. Meningkatkan produksi ASI


Source: AdinaVoicu

Tidak banyak yang mengetahui bahwa daun ubi jalar memiliki kandungan zat laktagogum yang dapat membantu meningkatkan dan melancarkan produksi ASI dari para ibu yang sedang menyusui. Namun tentu saja para ibu harus mengkonsumsi daun ubi jalar yang organik sehingga terhindar dari pestisida. Karena apapun yang dimakan oleh ibu menyusui tentu akan masuk juga ke tubuh bayinya.

8. Mengobati bengkak


Source: ashokorg

Beberapa senyawa alami yang ada di dalam daun ubi jalar dipercaya bisa membantu mengobati bagian tubuh yang bengkak atau memar. Caranya adalah dengan menumbuh daun ubi jalar menjadi halus, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang mengalami memar atau bengkak. Gunakan kain penutup agar daun hasil tumbukan tidak jatuh. Bila dilakukan secara rutin maka bengkak akan sembuh.

 9. Mengobati bisul


Source: Kjerstin Michaela

Daun ubi jalar memang sangat berguna bagi kesehatan kulit. Selain mengobati bengkak, kandungan yang ada di dalamnya bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti bisul. Caranya dengan memanaskan selembar daun ubi jalar sampai layu, kemudian ditempelkan di daerah yang terkena bisul. Atau bisa juga dengan cara yang sama seperti mengobati bengkak, yaitu ditumbuk sampai halus.

10. Mencegah mabuk kendaraan


Source: ptksgc

Bagi para penumpang kendaraan umum yang berdurasi lama, seperti bus atau kereta, mabuk perjalanan merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Selain memakai obat anti mabuk, ternyata ada cara tradisional untuk mengatasinya, yaitu menggunakan daun ubi jalar. Caranya adalah dengan mencuci bersih daun tersebut, kemudian dimakan sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan. Daun ubi jalar akan menetralisir rasa mual yang dapat menyebabkan mabuk atau muntah.

11. Mengobati sakit tenggorokan


Source: Diego Cupolo

Sakit tenggorokan memang sangat menyiksa. Makan dan minum terasa tidak enak jika sedang menderita sakit tenggorokan. Untuk mengatasinya bisa menggunakan daun ubi jalar yang diseduh dengan air panas. Pertama-tama jemurlah daun ubi jalar sampai kering, kemudian ditumbuk sampai halus, setelah itu baru diseduh dengan air panas seperti membuat teh. Diminum selagi panas setiap pagi dan sore hari.

12. Mengobati diabetes


Source: TesaPhotography

Daun ubi jalar ternyata bisa digunakan sebagai obat herbal untuk membantu menyembuhkan sakit diabetes. Karena daun ini bisa membantu mengontrol gula darah yang ada di dalam tubuh. Caranya adalah dengan merebusnya dengan air panas, kemudian meminum air hasil rebusannya. Atau bisa juga memakainya sebagai lalapan. Namun bukan berarti penderita diabetes bisa memakan ini dengan seenaknya, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan.

13. Mengobati radang lambung


Source: Foundry

Selain melancarkan pencernaan, daun ubi jalar juga bisa digunakan untuk mengobati rasa mual dan perih dalam perut yang disebabkan oleh radang lambung. Berbagai macam kandungan dalam daun ubi jalar seperti vitamin C dan vitamin B Kompleks sangat efektif untuk membantu meringankan sakit yang diderita. Bahkan serat yang ada di dalamnya bisa mencegah penimbunan asam sehingga mengurangi kemungkinan radang lambung.

14. Menyehatkan jantung


Source: InspiredImages

Berbagai macam kandungan yang ada di dalam daun ubi jalar mampu menyeimbangkan cairan dan elektrolit yang ada di dalam tubuh. Elektrolit dibutuhkan untuk berbagai fungsi dan kegiatan di dalam tubuh. Agar semua fungsi berjalan normal maka keseimbangan elektrolit harus dijaga, salah satu triknya adalah dengan mengkonsumsi daun ubi jalar ini. Jika semua fungsi berjalan normal maka jantung tidak akan bekerja berlebihan sehingga lebih menyehatkan jantung.

15. Mengobati berbagai penyakit lainnya


Source: Lazare

Selain beberapa yang telah disebutkan, rebusan air daun ubi jalar atau lalapan daun ubi jalar juga bisa membantu mengobati berbagai penyakit lainnya. Misalnya penyakit cacingan, bronchitis, arthritis, mata rabun, dan demam berdarah. Bahkan kandungan betakaroten, antioksidan, antikarsinogen dan vitamin C di dalam daun ubi jalar dipercaya bisa membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit kanker.

Itulah 15 manfaat daun ubi jalar yang bisa rasakan dengan mengolahnya menjadi tumisan dengan kuah kental yang nikmat,  dijadikan sebagai raw food atau salad dengan bumbu dan smoothie segar. Pastikan mengambil bagian daun yang muda dan mencucinya dengan bersih, ya.

Loading...