15 Manfaat dan Efek Samping Teh Es Yang Wajib Dipahami

By |2018-11-08T23:26:21+00:00May 3rd, 2017|Food|


Pexels

Siapa yang tak kenal dengan si dingin menyegarkan yang kerap disebut es teh ini. Memang, di beberapa daerah minuman yang sangat menyegarkan ini disebut dengan teh es, namun siapa peduli apa namanya? Yang penting, minuman ini selalu jadi pendamping pas bagi hampir seluruh masakan khas Indonesia. Apalagi bila Anda menyantap makanan bercitarasa pedas.

1. Menyegarkan Dahaga


jill111

Loading...

Di saat cuaca tengah terik dan kering, siapa yang bisa menolak keberadaan segelas teh es? Segelas teh es bisa membuat suasana yang menjenuhkan menjadi segar kembali dan mengembalikan mood yang suntuk menjadi fresh. Selain itu es teh juga cenderung gampang untuk dibuat sendiri di rumah. Bahkan Anda bisa menemukan es teh dalam kemasan di berbagai tempat dengna berbagai jenis dan merek. Minuman menyegarkan ini pun nyaris ada di semua restoran dan kedai makanan.

2. Mengobati Rasa Pedas


Nurudin Jauhari

Sebenarnya, teh es tidak terlalu efektif untuk menghilangkan rasa pedas. Malah konon minuman dingin membuat rasa pedas di lidah makin menjadi-jadi. Akan tetapi tetap saja teh es selalu jadi penamping yang paling tepat untuk menemani semangkuk bakso atau nasi goreng pedas. Karena itu minuman murah meriah ini kerap menjadi pilihan utama untuk mendampingi makanan-makanan pedas dan gurih. Terutama rasa manisnya yang bisa sedikit menyeimbangkan pedas dan panasnya kuah bakso.

3. Sebagai Pengganti Minuman Bersoda


Unsplash

Ketimbang mengkonsumsi minuman bersoda, tentu meminum teh es bisa dikatakan pilihan yang jauh lebih sehat. Kedua minuman ini sama- sama menyegerkan dan adalah pendamping pas untuk hampir semua makanan. Namun bila disarankan untuk memilih, teh es akan jadi pilihan lebih baik bagi Anda. Bila es teh disarankan karena memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, minuman bersoda justru cenderung dilarang oleh para praktisi kesehatan. Tingginya kandungan gula di dalam minuman bersoda bisa membahayakan tubuh dan bahkan bisa menjadi penyebab obesitas.

4. Kandungan Antioksidan Teh Baik Bagi Tubuh


annca

Teh baik dingin atau hangat, mengandung antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan ini bisa membantu mengurangi resiko peradangan bahkan mencegah stroke serta serangan jantung. Namun, perlu Anda ketahui, es teh yang tidak manis jauh lebih sehat ketimbang es teh manis. Walau tubuh kita membutuhkan gula sebagai sumber energi, terlalu banyak asupan gula justru akan membahayakan tubuh dan bisa menjadi awal mula penyakit.

5. Beberapa Jenis Teh Membantu Turunkan Berat Badan


PublicDomainPictures

Tentu Anda tahu, ada berbagai macam jenis teh yang beredar di pasaran. Di antaranya ada yang memiliki manfaat lebih baik bagi tubuh ketimbang jenis lainnya. Teh hijau atau teh oolong terbukti bisa efektif untuk membantu program diet selain kemampuannya untuk mencegah gigi berlubang. Akan tetapi perlu digarisbawahi bahwa es teh manis bisa memberikan efek sebaliknya. Gula berlebihan tentu adalah pantangan utama bila Anda tengah berusaha mendapatkan berat badan ideal.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Tina Franklin

Teh diketahui memiliki kandungan zat yg bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang sangat aktif pada teh bisa membantu tubuh dalam meningkatkan imunitas Anda. Namun tentu, teh saja tidak akan cukup untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat. Olahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan bernutrisi tentu saja juga jadi syarat lainnya  untuk mendapatkan tubuh sehat dan tidak gampang terkena penyakit.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol


Phalinn Ooi

Penelitian yang dilakukan di beberapa negara membuktikan bahwa  teh sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Karena itu tak ada salahnya mengkonsumsi teh dalam porsi tertentu untuk membantu mengendalikan kadar kolesterol yang bisa menjadi cikal bakal banyak penyakit tersebut. Karena itu, mengkonsumsi teh dengan porsi yang tepat bisa jadi salah satu solusi untuk menghindari tingginya kolesterol dalam darah selain menjaga pola makan tetap sehat.

8. Tambahkan Lemon dan Madu Untuk Manfaat Ganda


fernandovillalobos

Es Teh dengan tambahan sedikit perasan lemon dan madu dipercaya memiliki berbagai khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan konon kombinasi tiga jenis makanan ini bisa jadi solusi yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu kombinasi tiga jenis minuman ini juga dipercaya bisa meningkatkan stamina serta kekebalan tubuh lebih efektif ketimbang hanya mengkonsumsi teh saja.

9. Es Teh Manis Bisa Menyebabkan Diabetes


Soorelis

Es Teh memang lebih baik dikonsumsi tanpa gula atau disajikan dengan tawar. Namun sayangnya banyak yang tidak menggemari teh tawar baik dingin atau pun hangat. Padahal mengkonsumsi terlalu banyak teh manis, tak hanya akan membuat manfaat kandungan teh menjadi hilang, namun juga bisa berbahaya bagi tubuh. Terlalu banyak mengkonsumsi gula adalah salah satu penyebab datangnya diabetes. Karena itu hindari teh yang terlalu manis. Bahkan bila bisa, sebaiknya konsumsi es teh tawar saja.

10. Kandungan Nutrisi Es Teh Sulit Diserap Tubuh


Pexels

Teh bisa dikategorikan sebagai salah satu minuman yang sehat dengan banyak nutrisi yg sangat bermanfaat bagi kesehatan. Akan tetapi konon kandungan nutrisi yg terdapat di dalam teh dingin tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sebuah institusi menyebutkan bahwa tubuh akan lebih mudah menyerap nutrisi teh yang diseduh hangat ketimbang es teh. Karena itu bila Anda berharap mendapatkan nutrisi maksimal dari teh, sebaiknya minumlah teh Anda selagi hangat.

11. Terlalu Banyak Teh Bisa Membahayakan Ginjal


jarmoluk

Segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik bagi tubuh. Begitu juga halnya dengan es teh. Mengkonsumsi es teh terlalu sering bisa menyebabkan pennyakit ginjal. Teh mengandung konsentrasi oxelate yang cukup tinggi yang  bisa meningkatkan resiko batu ginjal saat terjadi penumpukan di dalam tubuh. Bila tubuh tak sanggup memecah oksalat yg menumpuk tersebut, maka Anda bisa terkena batu ginjal. Sebagai informasi, oxalate adalah konsentrasi yg dapat ditemukan di dalam batu ginjal. Para penderita penyakit ginjal harus menghindari jenis makanan yang mengandung konsentrasi tersebut.

12. Waspadai Es Teh Tidak Higienis


Pen Waggener

Berhati-hati memilih makanan yang kita konsumsi adalah suatu keharusan. Tentu saja es teh termasuk di dalamnya. Belakangan ada banyak produsen yang menyediakan es teh dari sumber air tidak bersih bahkan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Dalam beberapa tahun terakhir, produksi es di Tanah Air cukup menjadi sorotan lantaran dalam beberapa kesempatan didapati dibuat dari sumber tidak higienis dan bahkan dicampur bahan-bahan berbahaya. Karena itu, sebaiknya jangan sembarangan membeli es teh. Bisa-bisa es teh bisa membuat anda terkena diare.

13.  Es Teh Kemasan Mengandung Nutrisi Lebih Sedikit


Ben Aston

Es teh dalam kemasan tentu bisa jadi solusi yang sangat praktis bagi Anda saat ingin melepas dahaga. Bahkan sebenarnya minuman yang sudah dikemas dan melewati berbagai macam uji coba dari lembaga terkait akan jauh lebih aman ketimbang membari sembarang es teh dipinggir jalan yang belum tentu higenis dan berpotensi mengandung bakteri. Namun faktanya, minuman kemasan mengandung lebih banyak pemanis buatan yang membuat resiko diabetes menjadi lebih tinggi.

14. Es Teh Bisa Menyebabkan Dehidrasi


ColiN00B

Teh adalah salah satu minuman yang mengandung kafein. Kandungan kafeinnya pun tidak terlalu tinggi bila dibandingkan dengan kopi atau soda. Kafein pun sebenarnya baik bagi tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah yang pas.

Walau es teh bisa jadi solusi untuk melepas dahaga, mengkonsumsinya terlalu banyak justru akan menimbulkan efek sebaliknya. Terlalu banyak kafein justru akan membuat Anda merasa lebih sering haus.

15. Es Teh Bisa Menyebabkan Anemia


Vladimir Pustovit

Teh diketahui bisa menghambat penyerapan zat besi oleh tubuh. Karena itu mengkonsumsi es teh tepat setelah makan adalah tindakan yang tidak terlalu disarankan. Kurangnya asupan zat besi akan memicu terjadinya anemia. Walau kondisi ini tidak selalu terjadi, namun es teh tentu harus sangat diwaspadai oleh para ibu hamil lantaran anemia akan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Namun bukan berarti es teh berbahaya dikonsumsi. Karena itu sebaiknya beri sedikit jeda setelah makan.

Berdasarkan 15 poin informasi di atas, kita bisa memahami bahwa es teh bisa bermanfaat bagi tubuh, namun di sisi lain, mengkonsumsi teh secara berlebihan atau dengan takaran tidak tepat justru bisa memberikan efek sebaliknya. Walau es teh adalah minuman yang sangat menyegarkan, kita tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Stay Healthy!

Loading...