15 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan

By |2018-11-08T20:44:21+07:00April 17th, 2017|Health|Comments Off on 15 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Source: Frank Fox

Buah Rambutan adalah salah satu buah yang populer di Indonesia. buah rambutan memiliki ciri unik yang membedakanya dengan buah lainya. buah rambutan yang memiliki nama ilmiah Nephelium Lappaceum ini juga termasuk suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. buah rambutan bisa kita jumpai pada musim tertentu, atau orang biasa menyebutnya musim rambutan. buah rambutan ini memang terlihat seperti memiliki rambut pada bagian kulit buahnya dan inilah yang membuatnya lebih unik. rambutan juga meemiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.

berikut ini telah dirangkum 15 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan :

1. Membantu Program Diet


Source: PublicDomainPictures

Program Diet biasanya harus dibarengi dengan kegiatan olahraga agar diet yang dijalankan bisa maksimal. mengkonsumsi buah juga salah satu cara menjalani diet yang alami.  jenis buah yang unik karena memiliki kulit seperti rambut ini dapat membantu program diet kamu secara alami. Buah rambutan mengandung kalori yang rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalankan diet. Kamu yang suka makan rambutan tidak usah khawatir akan mengalami penggemukan, karena buah ini memang terbukti kalorinya rendah dibandingkan buah lainya rasanya yang manis juga cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Loading...

2. Mencegah Kanker


Source: Shella Sund

Kanker merupakan penyakit dalam tubuh manusia yang cukup berbahaya yang harus dicegah sejak dini. Kanker yang dibiarkan akan membahayakan tubuh bahkan hingga menyebabkan kematian. Lakukan pencegahan sedini mungkin, salah satunya dengan mengkonsumsi buah rambutan. Buah ini ternyata bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker agar tidak terus menyerang tubuh. Buah rambutan memang mengandung manfaat anti kanker. Cobalah untuk mengkonsumsi buah rambutan sesuai kebutuhan. Jika memang sedang mengalami sakit, cobalah untuk mengkonsumsinya cukup sering.

3. Kesehatan Ginjal


Source: Hey Paul Studios

Ginjal merupakan organ manusia yang tentunya memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Kesehatan ginjal harus kita jaga, karena Ginjal berperan sebagai filter dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Gangguan ginjal yang biasanya terjadi dan dialami manusia adalah penyakit seperti batu ginjal. Untuk menghindari penyakit seperti itu, kamu bisa memanfaatkan buah rambutan yang ternyata mengandung mineral fosfor yang berfungsi untuk mentralkan toksin atau menyempurnakan pekerjaan ginjal. Seperti kita tahu, ginjal memang berfungsi sebagai filter racun-racun dalam tubuh.

4. Menyembuhkan Diare


Source: janeb13

Kalau kamu sedang menderita sakit Diare tertentu, maka itu berarti ada masalah dengan pencernaan kamu. Pencernaan yang tidak sehat akan membuat kamu terjangkit penyakit yang satu ini. saat diare, kondisi lambung kita mengalami gangguan karena adanya bakteri yang masuk melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi buah rambutan, pencernaan kamu akan lebih lancar. Proses pencernaan sejak dari lambung menuju usus besar akan bekerja dengan baik, dan organ-organ ini akan terlindung dari bakteri.

5. Menyembuhkan Hipertensi


Source: Myriams-Fotos

Siapa bilang Hipertensi bukan penyakit yang berbahaya? Jika dibiarkan, penyakit Hipertensi juga bisa menimbulkan penyakit lainya (komplikasi). Penyakit ini sebaiknya tidak diderita karena akan langsung berhubungan dengan Jantung manusia. Cobalah untuk mengkonsumsi rambutan bagi kamu yang mungkin memiliki riwayat penyakit Hipertensi. Buah rambutan bisa menjadi obat alami untuk penderita Hipertensi, dibandingkan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia berbahaya untuk tubuh kita.

6. Menyembuhkan Penyakit Radang


Source: Elviz Batiz

Penyakit radang atau Inflamasi biasanya terjadi dalam tubuh dan bisa menyerang bagian mana saja pada tubuh kita. penyakit radang yang diderita manusia biasanya  seperti radang sendi, radang otot, radang tenggorokan, radang paru-paru dan lainya. Jika radang ini tidak segera diobati, maka akan berbahaya untuk kesehatan kita. dengan mencoba mengkonsumsi buah rambutan, sebagai buah yang antiinflamasi juga, buah rambutan dapat membantu menyembuhkan radang tersebut pada tubuh kita. rajinlah mengkonsumsi buah rambutan yang manis dan juga berair agar tetap enak untuk dikonsumsi harian.

 7. Menyembuhkan Penyakit Kekurangan Vit A


Source: Unsplash

Tubuh kita memerlukan banyak asupan nutrisi, seperti beberapa jenis vitamin yang dikenal dapat menyehatkan badan juga. Saat ada salah satu vitamin yang memang kita belum maksimalkan dalam tubuh kita, maka kita akan menolak untuk diberikan vitamin, apalagi terbentur dengan masalah keuangan. salah satu penyakit kekurangn vitamin ini adalah kekurangan Vitamin A yang dapat memberikan efek buruk kepada kita seperti memiliki penyakit Anemia. selain itu, kekurangan vitamin A juga biasanya menganggu organ mata dan penglihatan kita.

8. Menyembuhkan Penyakit Kekurangan Vit C


Source: whitesession

Kamu mungkin pernah mengalami penyakit sariawan atau bibir pecah-pecah dan sakit tenggorokan. Dengan mengkonsumsi buah rambutan kamu bisa sembuh dari penyakit karena kekurangan vitamin C seperti diatas. Seperti kita ketahui bahwa buah rambutan memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan dapat memulihkan daya tahan tubuh yang melemah dan menyebabkan penyakit kekurangan vit C tersebut. mungkin buah –buahan lainya yang mengandung vitamin C cukup mahal harganya, namun buah rambutan cukup terjangkau. dengan mengkonsumsi buah rambutan dapat menuntaskan masalah kekurangan vitamin C.

9. Penambah Energi Tubuh


Source: Unsplash

Mungin kamu sering merasa lelah dan lesu setelah beraktifitas? Kamu bisa menghilangkan keluhan tersebut jika rajin mengkonsumsi buah rambutan. Buah rambutan ternyata dapat membantu meningkatkan energy dengan cepat, karena buah rambutan mengandung sejumlah karbohidrat dan juga protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. sebaiknya, kamu awali hari dengan melakukan sarapan pagi yang sehat, sebagai makanan penutup, sajikan potongan buah rambutan segar agar kamu bisa langsung mengkonsumsinya. tubuh kita sangat membutuhkan energi yang tinggi agar selalu siap menghadapi hari.

10. Penangkal Anemia


Source: Phillip Jefrey

Anemia adalah gejala kekurangan darah merah yang ditandai dengan keadaan tubuh yang sering lemas, lesu dan kurang bergairah. Saat kamu membuka kelopak mata bagian bawah, kamu juga akan melihat bahwa warnanya tampak pucat. Untuk menghindari hal seperti ini, kamu bisa mengambil manfaat dari buah rambutan. Rambutan adalah sumber Zat besi yang dapat menghindarkan kita dari rasa pusing, dan membuat orang tidak mudah mengalami kelelahan karena aktifitas kerja yang begitu padat. coba untuk mengkonsumsi buah rambutan setelah makan, agar produksi sel darah merah lebih maksimal.

11. Menguatkan Sistem Imun


Source: carlmaxwelllewin

Selain manfaat diatas, buah rambutan masih memiliki manfaat lain yang tidak kalah pentingnya untuk tubuh kita. buah rambutan juga memiliki kandungan tembaga di dalam buahnya yang bermanfaat untuk proses pembuatan sel darah putih.  Jika sel darah putih dalam tubuh seseorang normal dan banyak, maka sel darah putih tersebut akan mampu melawan berbagai jenis virus, kuman serta bakteri yang mengancam kesehatan tubuh kita. sebaliknya, jika sel darah putih berkurang, maka akan timbul gejala lainya, seperti lemah lesu bahkan hingga penyakit kanker. dengan mengkonsumsi buah rambutan, sistem imun tubuh kita akan lebih maksimal.

12. Menjaga Kesehatan dan Kelembaban Kulit


Source: Silviarita

Buah rambutan yang rasanya manis dan berbentuk unik ini, terbukti mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga, jika kamu rajin mengkonsumsi buah rambutan, maka kamu sudah bisa maksimal dalam menjaga kecantikan dan kesehatan tubuhmu. Vitamin C juga mampu mengurangi garis halus dan keriput pada wajah. Wajah akan lebih lembab dan lebih elastic. Dibandingkan menggunakan perawatan dokter yang banyak mengandung bahan kimia, yang jelas bisa membahayakan kesehatan kulit kita. sebaiknya kamu rawat kulit cantikmu dengan rajin mengkonsumsi buah rambutan.

13. Meredakan Demam


Source: Myriams-Fotos

Demam biasanya kita alami saat terjadi perubahan cuaca yang ekstrim, atau memang kita sedang terkena flu di saat kondisi tubuh kita sedang kurang fit. Saat demam, badan kita secara tiba-tiba akan menggigil kedinginan. Jika demam sudah melanda sebaiknya jangan dulu menyerah ya, karena demam memang harus diatasi dengan cara merawat diri dengan makan tepat waktu dan minum obat demam tepat pada waktunya. disamping itu,  Coba untuk merebus buah rambutan, bersama 3 gelas air hingga mendidih, lalu saring dan tiriskan. minum rebusan tersebut untuk menurunkan demam.

14. Perawatan Rambut


Source: burnnet

Perawatan rambut menjadi hal yang sangat wajib bagi para wanita. Rambut adalah mahkota wanita yang memang harus selalu tampil indah dan berkilau, terlebih jika digunakan untuk tampil dalam acara resmi seperti red carpet. para selebritis sepertinya selalu memperhatikan detail perawatan rambut mereka agar tampil dengan tidak mengecewakan. merawat rambut juga bisa dengan masker buah rambutan.  Untuk menyiapkan masker buah rambutan buatan sendiri, siapkan buah kiwi yang sudah dihaluskan, setelah itu tambahkan sedikit air hingga terjadi perubahan agak kental. Kemudian maskerkan pada rambut, tunggu hingga 20 menit, lalu bilas dengan air.

15. Menyembuhkan Kencing Manis


Source: langll

Kita sudah tahu bahwa buah rambutan memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit ginjal, berkaitan dengan hal ini buah rambutan juga sekaligus dapat mencegah dan mengobati penyakit kencing manis. Awal dari gejala kencing manis ini juga karena adanya gangguan di dalam kandung kemih dalam menyaring darah yang dipadati zat gula. Buah rambutan dapat membersihkan cairan limbah dari campuran darah dan Gula tersebut, sebelum dikumpulkan di kandung kemih. Gunakan bagian biji buah rambutan yang ditumbuk halus, lalu diseduh seperti meminum Teh. jika ingin lebih aman, mintalah saran dokter agar mendapat kesembuhan yang lebih cepat.

buah rambutan yang biasa kita jumpai di sekitar pasar atau di pinggi jalan ini, ternyata buka hanya untuk dikonsumsi saat musim rambutan tiba. buahnya dan juga Bijinya memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan manusia. terbukti beberapa penyakit seperti kencing manis, demam dan kekurangan darah (Anemia) juga dapat pulih dengan rajin mengkonsumsi rambutan. 15 Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan dan Kecantikan ini semoga dapat memberi pengetahuan baru untuk kamu yang ingin menjalani hidup dengan lebih sehat. Keep Healthy!

Loading...