15 Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan dan Kecantikanmu

By |2018-11-08T05:22:48+00:00April 7th, 2017|Beauty, Health|


Source: Stevepb

Buah persik (peach) adalah salah satu buah yang amat menyehatkan. Buah sitrus ini memiliki banyak nutrisi yang mungkin tidak kamu ketahui. Lepas dari vitamin C, buah persik mengandung vitamin A dan banyak zat besi. Itulah mengapa buah persik dapat menyehatkan tubuhmu. Berikut kami berikan 15 manfaat buah persik bagi kesehatan dan kecantikanmu:

1. Meningkatkan pencernaan


Source: Adamlot

Loading...

Mengonsumsi buah persik dapat membantu membersihkan racun-racun di usus, ginjal, perut, dan hati karena tingginya serat dan potasium dalam buah ini. Serat tersebut dapat mendorong zat pembuangan yang beracun dari ususmu, tingginya potasium dapat mengurangi gangguan-gangguan yang berhubungan dengan ginjal dan mengurangi risiko terkena usus buntu. Buah persik ini “ramah” terhadap sistem pencernaan dan tidak akan membuat perutmu bermasalah.

2. Menjaga penglihatan


Source: MabelAmber

Betakaroten bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan buah persik mengandung jenis antioksidan satu ini. Mengonsumsi buah persik secara reguler dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dengan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuhmu. Betakaroten ini juga dapat menutrisi dan melindungi retina matamu dari bahaya radikal bebas, sekaligus mencegah penyakit katarak dan penyakit mata degeneratif akibat usia.

3. Menyehatkan kulit


Source: Skeeze

Buah persik adalah sumber vitamin A dan C, dan kedua vitamin ini sangatlah baik bagi kesehatan kulit. Vitamin A memberikan kelembapan pada kulit, sehingga meningkatkan tekstur kulit dengan membuatnya lembut dan kenyal. Vitamin C-nya juga merupakan antioksidan yang baik untuk melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Cukup konsumsi satu buah persik besar per hari dan kamu akan mendapatkan kulit yang cerah. Kamu juga bisa mengaplikasikan buah persik langsung ke kulitmu untuk membantu menyingkirkan lingkaran gelap dan keriput.

4. Menjaga berat badan


Source: Mojzagrebinfo

Buah persik ini bebas lemak dan memiliki kalori rendah, yaitu hanya sekitar 68 kalori. Tingginya kadar gula alami yang dalam buah tidak akan berpengaruh buruk pada kesehatanmu. Kalau kamu sedang mengemban misi untuk menguruskan tubuh, atau menjaga berat badanmu pada angka tertentu, mengonsumsi buah persik dapat menghindarkanmu dari kudapan yang diproses oleh bahan kimia dan berlemak.

5. Mencegah kanker


Source: PDPics

Buah persik kaya akan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Buah ini dikenal karena secara efektif dapat melindungi tubuh dari kanker paru, usus, dan mulut. Kandungan asam fenolik yang terdapat dalam buah persik, yang juga dikenal sebagai asam klorogenik dan nonklorogenik, dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara tanpa merusak sel-sel normal lainnya.

6. Mengontrol kolesterol yang tinggi


Source: StockSnap

Memakan buah persik secara teratur dapat membantu mengontrol kolesterol yang tinggi dan masalah-masalah yang dapat ditimbulkan oleh kolesterol tinggi, misalnya diabetes atau penyakit jantung. Hal ini karena buah persik mengandung komponen fenolik yang mencegah oksidasi lipoprotein yang rendah, atau LDL (kolesterol jahat). Makanan yang kaya betakaroten ini baik untuk merendahkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Meningkatkan kesehatan jantung


Source: George Hodan

Antioksidan yang ada dalam buah persik dapat memberi manfaat bagi jantunmu dengan menghancurkan radikal bebas. Radikal bebas ini dapat memulai reaksi berantai di tubuhmu dan dapat merusak atau membunuh sel-sel baik. Buah ini juga memiliki komponen bioaktif yang membantu melawan sindrom metabolisme, faktor risiko kombinasi yang dapat menyebabkan peradangan, obesitas, dan masalah jantung.

8. Menjaga tekanan darah


Source: Xamumu

Sebuah persik berukuran besar mengandung potasium yang tinggi dan sodium yang sangat rendah, sehingga dapat membantu kamu menjaga tekanan darah. Potasium bekerja dengan sodium untuk mengatur keseimbangan kadar air di tubuhmu yang dapat membantumu menjaga tekanan darah dalam batas normal. Buah ini juga mengandung magnesium, fosfor, zinc, tembaga, mangan, zat besi, dan kalsium. Kesemua nutrisi ini menjaga sel darah merah. Kalau kamu memiliki tekanan darah yang tinggi, memakan buah persik satu biji per harinya dapat membantumu mengatasi masalah tersebut.

9. Menghindarkan diri dari anemia


Source: Dbreen

Bagi kamu yang mengalami kekurangan zat besi atau anemia, para ahli kesehatan menyarankan untuk memasukkan makanan yang kaya akan zat besi ke dalam dietmu, seperti buah persik. Zat besi dapat membantu meningkatkan produksi hemoglobin, sehingga meminimalisir dan mencegah anemia. Vitamin C yang terdapat dalam buah persik juga membantu tubuhmu untuk menyerap zat besi.

10. Mengurangi peradangan


Source: 947051

Buah ini mengandung komponen antiperadangan, antimikroba, dan antioksidan. Ahli gizi merekomendasikan pada para penderita encok atau reumatik untuk memakan buah persik secara teratur. Vitamin A-nya dapat membantu mengobati reumatik. Buah ini juga memiliki efek diuretic atau laksatif ringan yang dapat membantu mengurangi peradangan, yang merupakan salah satu gejala encok dan reumatik.

11. Mengatasi infeksi akibat


Source: 3dman_eu

Mengonsumsi buah ini, misalnya dengan menambahkannya ke dalam teh yang kamu minum, atau sengaja membeli produk teh yang memiliki rasa/aroma/komponen buah persik, dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi infeksi yang berhubungan dengan pilek atau batuk. Terlepas dari rasanya, vitamin C yang terkandung dalam teh buah persik dapat melawan batuk dan pilek yang menyerang sistem pertahanan tubuhmu.

12. Baik untuk kesehatan saraf


Source: Geralt

Sudah kami sebutkan, kan, di atas kalau buah ini mengandung potasium yang tinggi? Potasium ternyata baik untuk menjaga kesehatan saraf, lho. Sebenarnya saraf kita hanya membutuhkan sedikit jumlah potasium untuk berfungsi dengan baik, karena kombinasi potasium dan sodium membantu saraf untuk mengirimkan sinyal elektrik yang dibutuhkan sistem saraf kita agar dapat bekerja. Jadi tidak ada salahnya, kan, mengonsumi buah ini sebagai tambahan nutrisi?

13. Berfungsi sebagai laksatif


Source: Xamumu

Kami sudah sebutkan sekilas tentang efek laksatif buah persik. Hal ini karena buah persik kaya akan serat. Mengonsumsi buah persik secara teratur membantu sistem pencernaanmu berjalan lebih baik karena dapat membuat pergerakan ususmu lebih lancar. Sehingga proses pencernaan dan pembuangan zat sisa-sisa makanan dari tubuhmu juga dapat berjalan lebih baik. Kalau kamu memiliki masalah konstipasi atau sembelit, coba deh konsumsi buah-buahan yang kaya akan serat seperti buah yang satu ini.

14. Menjaga daya tahan tubuh


Source: Piviso

Saat pertahanan tubuhmu tidak dalam kondisi yang baik, kamu akan mudah terserang virus dan mengalami infeksi, seperti batuk dan pilek yang sudah kami sebutkan di atas. Dan saat daya tahan tubuh terserang, tidak ada obat yang dapat mengatasinya selain dengan beristirahat dan mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mengembalikan kemampuan daya tahan tubuh. Buah persik yang kaya akan vitamin C dan kemampuannya untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh dapat kamu konsumsi sebagai alternatif nutrisi agar tetap fit.

15. Mencegah penuaan


Source: Geralt

Buah yang kaya akan vitamin C akan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Dan kita tahu bahwa kolagen dapat memberikan elastisitas pada kulit. Ditambah menggunakan buah persik secara topikal (diaplikasikan langsung pada kulit) dapat membantu mengurangi keriput dan melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari, sehingga akan membuat tekstur kulit meningkat dan mengurangi garis-garis atau kerutan di wajah. Hal ini akan membuatmu nampak lebih muda dan segar.

Nah, meskipun buah persik ini cenderung aman untuk dikonsumsi, kamu tetap harus berhati-hati karena buah ini juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Kalau memang kamu tidak memiliki masalah dengan buah persik dan kamu suka dengan buah tekstur serta rasanya, silahkan tambahkan buah ini dalam daftar dietmu. Keep on living healthy!

Loading...