15 Manfaat Buah Merah Papua untuk Kesehatan serta Manfaat Lainnya

By |2018-11-08T15:55:40+00:00March 29th, 2017|Health, Knowledge|


Source: Tatters

Buah merah Papua, Pandanus Conoideus, adalah sejenis buah-buahan tradisional asal Papua yang berasal dari keluarga tanaman pandan-pandanan, yang mana masyarakat asli di situ menyebutnya dengan nama kuansu. Buah merah dipercaya dapat mencegah bahkan menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit tersebut:

1. Tekanan Darah Tinggi


Source: Stevepb

Loading...

Bagi anda yang memiliki masalah pada tekanan darah, konsumsi buah merah dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Betakaroten yang terkandung di dalam buah merah dapat membantu memperlambat penumpukan flek pada arteri sehingga peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Dengan begitu, pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung dan ke otak tidak akan mengalami penyumbatan.

2. Kanker


Source: Unsplash

Kanker identik dengan sebuah penyakit mengenaskan yang sangat sulit disembuhkan, tetapi tidak berarti kanker tidak dapat disembuhkan. Kandungan betakaroten dan tokoferol yang cukup tinggi adalah alasan buah merah sangat direkomendasikan untuk penderita kanker. Kedua antioksidan ini, dapat membantu pembentukan sel-sel alami yang dapat menekan pembentukan sel kanker dengan cara menetralisir karsinogen penyebab kanker.

3. Asam Urat


Source: Cnick

Seperti cara kerja buah merah untuk memperlambat penumpukan lemak pada pembuluh darah, buah merah juga dapat berfungsi sebagai pengobatan untuk penyakit asam urat. Gout atau asam urat adalah penyakit menyerang persendian yang menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Biasanya dibandingkan dengan wanita, pria di atas umur 30 tahun akan lebih rawan terkena penyakit asam urat. Dengan mengkonsumsi buah merah, dipercaya asam urat dapat disembuhkan.

4. Kolesterol


Source: Agasmazota

Selain pantangan makan makanan berlemak, daging- merah, jeroan, dan alkohol, penderita kolesterol juga dapat menambahkan konsumsi buah merah dalam diet mereka. Buah merah dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) serta meningkatkan kolesterol baik (High Density Lipoprotein). Buah merah juga dapat mengurangi risiko yang terjadi akibat kolesterol seperti penyumbatan pembuluh darah.

5. Penyakit Mata


Source: Bessi

Bagi anda yang memiliki permasalahan dengan penglihatan seperti rabun atau mata yang cepat lelah, cobalah mengkonsumsi buah merah. Kandungan antioksidan di dalam buah merah yaitu beta karoten, dapat membantu anda tercegah dari masalah mata. Kandungan beta karoten tersebut, selain pada buah merah, juga dapat anda temukan pada buah-buahan lain yang memiliki warna domain merah kejinggaan seperti di wortel atau ubi.

6. Diabetes Melitus


Source: Stevepb

Tanda terjadinya diabetes mellitus adalah ketika kadar gula darah anda di bawah normal, indikasi ini dapat terjadi karena pelemahan kerja pankreas sehingga tidak dapat memproduksi cukup insulin yang digunakan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Penyakit ini lumayan berbahaya, dan salah satu pencegahan dan penyembuhannya adalah dengan buah merah karena di dalam buah tersebut terkandung antioksidan tokoferol yang membantu meningkatkan kerja pankreas.

7. Penyakit Tulang


Source: Klaus Hausmann

Penelitian membuktikan bahwa di dalam 100 gram buah merah akan terkandung sebanyak 55.000 mg kalsium, dan kandungan ini tergolong sangat banyak. Buah merah yang kaya akan kalsium tersebut dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh regenerasi sel di dalam tulang. Selain itu, buah merah juga dapat membantu mengurangi kemungkinan osteoporosis atau penyakit tulang lainnya.

8. Lupus


Source: Stevepb

Lupus adalah sebuah penyakit kronis yang disebabkan oleh kekeliruan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penyakit ini walaupun tidak menular tetapi ada yang sampai mengancam jiwa dan mempunyai potensi mematikan. Konsumsi buah merah dipercaya dapat mengatasi permasalahan ini karena di dalam buah merah terkandung antioksidan yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel pembunuh alami.

9. AIDS


Source: Frolicsomepl

Pengobatan penyakit AIDS dengan buah merah telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan kepada penderita AIDS, Agustina Sawery oleh Drs. I Made Budi M.S. Agustina diberikan sari buah merah selama 3 kali sehari dan perlahan berat badannya meningkat menjadi 46 kg, padahal sebelumnya ia hanya memiliki berat badan 27 kg. Peningkatan antibodi berkat buah merah menekan kerja virus HIV di dalam tubuh sehingga perlahan tubuh Agustina mulai membaik.

10. Tumor


Source: Luvqs

Tumor adalah pertumbuhan abnormal dari sel yang menyusun jaringan tubuh manusia. Tumor sendiri terbagi menjadi dua tipe, tumor jinak yang tidak akan tumbuh kembali dan tumor ganas yang mana dapat menyerang jaringan hingga menyebar ke bagian tubuh lainnya. Dengan kandungan antioksidan di dalam buah merah yang tinggi, sistem kekebalan tubuh orang yang mengkonsumsi buah merah akan meningkat dan membuat sel kanker tersebut lebih mudah ditemukan sehingga pengangkatannya akan lebih cepat.

11. Hepatitis


Source: Frolicsomepl

Hepatitis adalah sebuah penyakit yang menyerang bagian hati (liver) anda yang dikarenakan oleh virus. Hepatitis yang tidak diatasi dapat menyebabkan penyakit kanker hati seperti sirosis. Buah merah mengandung sari yang antivirus dan juga antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan zat di dalam buah merah dapat meningkatkan pertumbuhan regenerasi sel-sel di dalam liver.

Selain mencegah 11 penyakit di atas, ternyata buah merah juga dapat bermanfaat untuk tubuh seperti untuk:

12. Meningkatkan Stamina


Source: Neupaddy

Penelitian yang dilakukan oleh Drs. I Made Budi M.Sc, sebuah dosen dari Universitas Cendrawasih menunjukkan bahwa penduduk Wamena, daerah asal muasal buah merah , memiliki stamina yang kuat. Hal ini diteliti berhubungan dengan konsumsi buah merah yang teratur sehingga kebanyakan pria di Wamena memiliki badan yang sehat, kekar dan bugar.

13. Meningkatkan Antibodi


Source: Military Health

Peningkatan antibodi oleh buah merah dibantu oleh kandungan betakaroten yang berinteraksi dengan protein di dalam buah merah. Studi mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi kandungan betakaroten sebanyak 30-60mg setiap harinya selama 2 bulan, sel pembasmi alami penyakit di dalam tubuh akan meningkat dan serta aktivitas sel T Helpers dan limposit juga akan turut meningkat.

14. Mencerdaskan Otak


Source: Lichdinhtb

Kandungan Omega 3 dan Omega 9 di dalam buah merah dapat membantu meningkatkan kerja otak anda dan meningkatkan kecerdasan. Selain itu, karena konsumsi buah merah dapat melancarkan peredaran darah ke otak, otak anda dapat senantiasa menerima asupan nutrisi dengan baik yang dibawa oleh darah. Oleh karena itu, konsumsi buah merah sangat dianjurkan untuk anak-anak yang sedang masa pertumbuhan.

15. Meningkatkan Fertilitas


Source: Stux

Banyak yang mempercayai bahwa konsumsi buah merah dapat meningkatkan hasrat untuk melakukan hubungan seksual di pria, bahkan khasiatnya dapat terlihat dalam 15 menit atau beberapa jam setelah konsumsi buah merah. Di dalam buah merah juga terkandung vitamin E yang dapat membantu peningkatan produksi sperma sehingga dapat meningkatkan fertilitas dan juga memberikan energi lebih banyak.

Setelah anda mengetahui beragam manfaat dan khasiat buah merah, tentu anda pasti sudah tidak sabar untuk mencobanya, bukan?

Loading...