15 Kuliner Khas Makassar yang Harus Kamu Icipi!

By |2019-08-26T20:39:22+00:00August 26th, 2019|Food|

@Lofor

Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Angin Mamiri ini ternyata menyimpan segudang wisata kuliner yang tersohor di seluruh penjuru Indonesia. Meski kamu sudah sering menyantap makanan-makanan ini di kota asalmu, kamu wajib mencicipinya langsung di tanah Makassar kalau kamu berkunjung ke kota ini. Yuk, kita simak daftarnya berikut ini:

1. Sop Konro

@Veriyanta Kusuma

Loading...

Sop yang berkuah coklat kehitaman ini adalah yang paling terkenal dan khas dari Makassar. Biasa diisi dengan daging sapi atau iga sapi, lengkap dengan tulang iganya. Kuah sopnya kaya akan rempah dan nikmat disantap dengan buras sebagai pengganti nasi. Buras ini adalah semacam ketupat yang terbuat dari beras dan santan, sehingga rasanya gurih.

2. Pallubasa

@SYAWALH

Sepintas memang pallubasa mirip dengan coto, namun yang membuatnya berbeda adalah adanya santan yang kental dan kelapa parut yang telah disangrai dalam makanan ini. Pallubasa berisi daging sapi, jeroan, dan telur setengah matang. Bila disantap saat kuah masih hangat, wah.. nikmat sekali rasanya. Bila coto lebih sedap dimakan dengan ketupat/buras, pallubasa lebih cocok bila dinikmati bersama dengan nasi putih.

3. Ulu Juku

@warung_tanase

Ulu juku merupakan olahan kepala ikan yang disajikan dengan kuah rempah khas Makassar. Kamu juga bisa menambahkan jeruk dan tomat agar rasanya bertambah segar. Daging ikan yang lembut dan bumbu-bumbu yang meresap ke dalam daging karena ikan karena telah dimasak lama sedap sekali bila dikonsumsi bersama nasi putih hangat. Gabungan rasa pedas, gurih, asam, dan manis memberikan sensasi tersendiri di lidah.

4. Songkolo

@imeldakozaly

Apakah songkolo? Kuliner satu ini terbuat dari beras ketan hitam, kelapa, ikan teri, dan disajikan dengan sambal khas Makassar yang pedas. Dia biasa pula disebut songkolo bagadang karena tergolong makanan ringan yang kerap dikonsumsi pada malam hari alias untuk teman bagadang. Rasanya gurih, apalagi bila disantap bersama dengan ikan asin, telur asin, atau serundeng.

5. Barongko


@tiamutia_

Barongko merupakan salah satu camilan dan pencuci mulut khas Bugis, Makassar. Dia merupakan kue pisang yang bahan bakunya, yaitu pisang, diolah dengan cara dihaluskan dengan santan, telur, garam, gula, dan susu bubuk, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Setelahnya kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es karena barongko memang lebih nikmat bila disantap saat dingin.

6. Sop Sodara

@armitahaap

Kalau kamu pergi ke rumah makan Makassar, kamu mungkin merasa sedikit barbarian saat menikmati sop konro maupun konro bakar yang dihidangkan langsung dengan tulang iganya. Belum lagi kalau kamu kebetulan apes dan mendapatkan konro yang kebanyakan tulang dan minim daging. Nah, dengan sop sodara ini, kamu bisa makan dengan lebih rapi dan tenang karena isinya adalah daging sapi, jeroan, paru goreng, perkedel, dan laksa.

7. Coto Makassar


@neng_biker

Yang satu ini pasti sudah mainstream sekali dan tidak perlu jauh-jauh ke Makassar pun kamu bisa menemukannya di restoran khas Makassar di kota tempat tinggalmu berada. Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa hidangan daging dengan kuah berbumbu rempah ini benar-benar nikmat dan menggoda selera. Kamu bisa memakannya dengan nasi maupun buras (semacam ketupat).

8. Konro Bakar


@pasarame_id

Iga sapi yang aslinya disantap berkuah (sop konro) ini memiliki variasi kering, yaitu dengan cara dibakar. Dan varian ini sungguh tidak kalah sedapnya. Iga sapi dibakar sambil diolesi oleh bumbu kacang yang lantas meresap ke dalam daging. Biasanya disajikan saat masih menempel pada tulang iga dan disiram dengan bumbu kacang tadi. Apalagi bila ditambah dengan kuah sop konro yang segar dan nasi hangat. Wah, membayangkannya saja sudah membuat liur menetes, nih.

9. Jalangkote

@theodora.cindy

Bentuknya mirip dengan pastel, namun kulitnya lebih tebal dan isinya terdiri dari wortel, kentang, telur, kecambah, dan daun bawang membuatnya sedikit berbeda dari pastel biasa dan inilah yang kekhasan “pastel Makassar”. Cara memakannya pun dengan dicocol pada sambal yang merupakan campuran cabe dan cuka. Dijamin sensasinya berbeda dari memakan kue pastel yang sudah familier di lidah kamu.

10. Kapurung

@nanaardiyanti

Ada yang pernah tahu makanan khas Papua bernama papeda? Kapurung sedikit mirip dengannya karena berbahan dasar sagu. Kuliner yang satu ini memang masih cukup asing di telinga kebanyakan orang di luar Makassar, asalnya sendiri dari Tanah Luwu yang merupakan daerah penghasil sagu. Unik pula karena Kapurung memiliki kuah kuning yang encer dan terasa asam.

11. Es Pisang Ijo


@pempek_pisjo_corinna

Hmm.. siapa yang tidak mengenal kuliner satu ini? Tidak perlu jauh-jauh ke Makassar, di kota tempat kamu tinggal pun pasti sudah ada penjual es pisang ijo. Tidak bisa dipungkiri, pisang yang dibungkus dengan adonan tepung beras bercampur pandan dan siraman sirup berwarna merah serta es serut ini amatlah segar bila dinikmati di siang hari yang panas. Vla/kuahnya yang terbuat dari santan dan terigu ini juga menambah kelegitan pisang kepok atau raja tua yang biasa digunakan. Nah, sebentar lagi kan bulan puasa, dan es pisang ijo ini bisa dijadikan salah satu hidangan takjil!

12. Sarabba

@muhj1had

Konon minuman ini tidaklah asli dari Makassar, melainkan dari Arab Saudi. Namun meski begitu sarabba adalah kuliner yang wajib kamu coba saat berada di Makassar. Mendapatkannya tidak terlalu sulit karena di hotel-hotel besar yang ada di sana juga sudah memasukkan minuman tradisional ini ke dalam daftar menu mereka. Sarabba terbuat dari susu, jahe, kayu manis, kuning telur, santan, gula aren, dan merica bubuk. Sarabba cocok sekali dinikmati saat hangat bersama dengan goreng-gorengan sebagai teman kudapan. Minuman ini digemari karena efek jahenya yang menghangatkan tubuh dan susu serta kuning telurnya yang dapat meningkatkan stamina. Anggap saja ini STMJ-nya orang Makassar.

13. Pisang Epe

@tahufix

Yang satu ini adalah kudapan dan merupakan makanan tradisional khas Makassar. Bahan dasarnya apa lagi kalau bukan pisang? Gunakan pisang kepok agar lebih sedap. Cara membuatnya adalah dengan merebus lantas membakar pisang sambil dipipihkan/gepeng, lalu siram pisang tersebut dengan saus gula merah atau aren. Camilan satu ini nikmat sekali disantap selagi hangat. Cara membuatnya pun cukup praktis, kan? Kamu bisa bereksperimen dengan menambahkan varian rasa pada sausnya, tapi kalau ingin rasa asli dari tanah Angin Mamiri, sajikan saja apa adanya. Dijamin sudah enak!

14. Palumara

@lelywibowo

Makanan olahan ikan ini bisa dibuat dengan menggunakan ikan bandeng, tongkol, kakap, juga berbagai macam ikan lainnya. Bahkan ada yang membuatnya dengan daging, lho! Tergantung selera dan kreasi kamu. Tapi palumara memang dikenal dikenal dengan sebutan ikan kuah kuning. Dia juga menawarkan rasa pedas lengkap dengan rasa dan aroma rempah yang kuat. Bahan dasarnya pun amat mudah diperoleh, yaitu bawang putih, daun bawang, cabe, asam, daun jeruk, jeruk nipis, dan gula merah.

15. Nasu Palekko

@palekkomakassar

Wah, makanan yang satu ini cocok sekali untuk kamu yang doyan pedas. Resep untuk seekor itik (bisa juga menggunakan bebek atau ayam kampung) yang dimasak menjadi nasu palekko saja bisa melibatkan hingga 30 biji cabe rawit! Haduh, bayangkan seberapa pedasnya. Rasa pedas tersebut bercampur dengan rasa asam dari asam mangga dan bila dihidangkan dengan nasi hangat, wah sedapnya tidak terkira! Kamu mungkin bisa menghabiskan seekor itik dengan satu rice cooker nasi hangat sendirian dalam sehari.

Bagaimana? Sudah berapa kali kamu menelan air ludah membayangkan sedapnya rasa kelima belas kuliner khas Makassar yang kami tuliskan di atas? Semoga artikel ini memberi sedikit informasi tambahan ya, bahwa Makassar tidak melulu soal coto dan sop konro. Kamu bisa menyempatkan diri untuk mencari makanan yang belum pernah kamu santap saat kebetulan berada di Makassar atau kamu bisa mencoba mencari resepnya dan mencobanya sendiri di rumah. Ayo, makan enak!

Loading...