15 Keutamaan Doa Menghilangkan Rasa Takut dan Cemas

By |2018-12-12T12:52:46+00:00December 12th, 2018|Lifestyle|


Source: Unsplash

Tak ada yang bisa meremehkan doa. Doa, dalam agama apapun memiliki keunggulan besar dalam setiap masing-masing aspek kehidupan setiap hari. Salah satu keutamaan dari doa, yang masih belum diketahui atau bahkan seringkali diabaikan, yakni doa menghilangkan rasa takut.

Sering tidak merasa cemas, gelisah, dan takut karena banyak sekali alasan. Entah itu karena pekerjaan, kehidupan sosial, keluarga, hingga percintaan dan keuangan. Rasa takut tersebut, rupanya bisa dihilangkan dengan doa. Ya, secara realitistis, doa memang tak akan segera menyelesaikan masalah yang terjadi. Namun menghilangkan rasa takut dan cemas, bisa membuat Anda menciptakan keputusan yang lebih tepat, dan lebih tenang.

Loading...

Jadi, apa saja keutamaan doa menghilangkan rasa takut ini?

1. Kekuatan Dari Rasa Percaya


Source: terimakasih0

Berdoa, memberi sebuah tanda paling jelas bahwa Anda, dan kita percaya pada sebuah kekuatan besar yang ada di atas kita. Kekuatan besar ini lah yang nantinya akan melindungi kita semua. Percaya, bukan bila Tuhan, apapun nama dan bentuknya menciptakan kita tak untuk menyia-nyiakan dan membiarkan kita menderita di dunia? Dan dengan berdoa, kita menunjukan rasa percaya pada kekuatan besar yang dimiliki oleh Tuhan atas seluruh hidup kita.

Dengan adanya kekuatan rasa percaya yang datang dari berdoa inilah, akhirnya kita tak akan lagi merasa takut. Karena pada akhirnya, kekuatan maha besar dan agung dari Tuhan ini lah yang akan melindungi dan menjaga kita. Bukan begitu?

2. Menenangkan Hati


Source: pexels

Melafalkan doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing tak hanya untuk meminta atau untuk memberikan pujian pada sang pemilik kehidupan. Doa, sekaligus berperan untuk menenangkan diri dan hati. Ini karena ketika kita berdoa, kita mendekatkan diri pada Tuhan sang pemilik kehidupan, yang pada akhirnya membuat kita tahu bahwa dengan mendekatkan diri pada Tuhan, semua akan baik-baik saja pada akhirnya.

Inilah mengapa, berdoa bsia menenangkan hati.

3. Menghadirkan Rasa Damai


Source: Suc

Nyaris sama dengan ketika hati kita menjadi lebih tenang dengan berdoa, berdoa pun bisa menghadirkan rasa damai dengan rasa dekat pada sang pemilik kehidupan ini. Perasaan damai ini bisa menghilangkan rasa cemas, rasa takut, hingga rasa gelisah yang kerap kali datang seiring dengan stress.

Mencari kedamaian dengan berdoa ini lah yang saat ini tengah banyak dilakukan oleh penganut berbagai agama di dunia.

4. Menyerahkan Diri Pada Sang Pemilik Semesta


Source: jdcovell

Berdoa membuat kita merasa dekat, merasa percaya sepenuhnya pada sang pemilik semesta. Dan ketika ini, ini merasakan bahwa rasa takut kita tak akan ada gunanya. Karena pada akhirnya, Tuhan sang pemilik kehidupan yang sudah akan mengatur semuanya. Karena itu, salah satu manfaat dari berdoa menghilankan rasa takut ini adalah untuk menyerahkan diri pada sang pemilik semesta alam.

5. Menghindarkan Diri Dari Dosa


Source: MichaelGaida

Rasa takut di sisi lain memiliki kelebihan sendiri, yakni menghindarkan diri dari dosa. Namun untuk mendapatkan tingkatan rasa takut ini, kita lebih dulu harus memastikan untuk terus dan terus berdoa. Dengan memiliki rasa takut pada Tuhan ketika melakukan larangannya, kita akan semakin mendekatkan diri kepada-Nya sekaligus pula akan berusaha mengikuti salah satu perintahnya, yakni berdoa.

6. Memohon Ampunan


Source: stempow

Doa menghilangkan rasa takut lain, bisa bermanfaat untuk memohon ampunan. Ketika rasa takut menyelimuti kita, mau tak mau kita akan kehilangan segala kesombongan yang sebelumnya ada pada diri manusia. Dan dari sini sudah bisa dibayangkan betapa kecil dan lemahnya kita sebagai manusia. Berbekal perasaan inilah, kita akhirnya menundukan diri dan berdoa sekaligus memohon ampunan.

Biasanya rasa takut ini pun terjadi karena mengingat dosa dan kesalahan yang sudah dilakukan sebelumnya sepanjang hidup. Saat yang tepat untuk berdoa ketika merasa takut, bukan?

7. Mendekatkan Diri Pada Tuhan


Source: Sasint

Keutamaan doa menghilangkan rasa takut yang berikutnya, mendekatkan diri pada Tuhan. Ketika kita bersujud dan berdoa, memohon padanya untuk menghilangkan masalah, atau bahkan meminta bantuan untuk memberikan ketenangan hati, tanda sadar kita sudah berkomunikasi dengan Tuhan. Yang mana, ini menjadi cara paling tepat dan paling benar untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Dengan mendekatkan diri ini, tak heran bila banyak orang yang mulai menanamkan rasa takut dan gelisah, terutama yang berkaitan dengan ibadah dan kebaikan demi membuat mereka lebih dekat lagi dengan Tuhan.

8. Menghindarkan Sombong


Source: ebrahim

Rasa sombong bermula dari perasaan bahwa kita memiliki segalanya, bahwa kita lebih hebat dari orang lain. Bahkan rasa sombong juga bisa terjadi karena perasaan tidak butuh pada orang lain. Dengan merasakan takut dan melafal doa menghilangkan rasa takut, kita menyadari bahwa kita tak ada apa-apanya dibandingkan kekuatan Tuhan sang pemilik semesta kehidupan. Kesombongan yang semula dimiliki pun runtuh satu persatu dengan adanya rasa takut dan cemas yang membayangi setiap langkah yang dilakukan.

9. Mencegah Bahaya


Source: Stingey0

Kekuatan doa menghilangkan rasa takut yang berikutnya untuk mencegah bahaya. Ketika sebuah hal membuat kita merasa takut dan kita berdoa sungguh-sungguh untuk menghilangkan rasa takut tersebut, maka Tuhan akan menunjukan kekuatannya menghindarkan dari bahaya. Tak hanya bahaya sebenarnya, karena rasa takut yang datang juga pasti segala macam bentuknya.

Selain itu, dengan berdoa ketika merasa takut, maka kita akan menjadi lebih dekat dengan Tuhan. Yang pastinya menjadikan kita berada di dalam lindungannya.

10. Mengabulkan Doa


Source: Freeimages9

Dalam segala agama, doa dibalas antara dengan dikabulkan atau dengan ditunda. Namun bukan berarti lantas kita juga menunda-nuda doa yang kita kirimkan. Terutama ketika sedang takut, Tuhan akan lebih mendengar doa ketika kita sedang takut. Salah satu alasannya, karena ketika merasa takut, cemas, dan gelisah membuat kita berdoa lebih banyak dan lebih khusyuk lagi. Inilah yang akhirnya membuat doa kita lebih cepat dikabulkan oleh Tuhan.

11. Menjadikan Makin Kuat


Source: Godsgirl_madi

Doa menghilangkan rasa takut membuat kita menjadi lebih dan semakin kuat. Bukan secara fisik ya, namun secara mental. Ketika kita merasa takut dan cemas, kita akan merasa diri kita sebagai orang paling lemah dan tak berdaya di dunia. Dan dengan berdoa, kita akan membuat diri lebih percaya bahwa sebenarnya kita kuat dan mampu menghadapi ketakutan serta melawan rasa cemas dan gelisah yang dirasakan.

Berdoa menghilangkan rasa takut ini pun menjadikan kita melihat diri kita yang berusaha bangkit, dengan pertolongan Tuhan tentu saja. Dan akhirnya menyadari, bahwa sebanrnya kita memiliki kekuatan untuk itu.

12. Membuat Kita Bersyukur


Source: ebrahim

Rasa takut memaksa kita melihat segala sesuatu dari sisi dan sudut pandang lain. Katakan saja, kita takut kehilangan orang yang kita sayang. Maka kita akan mulai bersyukur dan menghargai apa yang diberikan oleh orang tersebut. Dan menyadari bahwa kita memang memerlukan orang tersebut. Begitupun dengan rasa takut akan banyak hal.

Dengan berdoa, doa menghilangkan rasa takut tak hanya membuat kita lebih kuat, lebih percaya pada Tuhan, dan banyak lain. Namun juga membuat kita lebih mampu bersyukur untuk apa yang kita punya dan tidak kita punya.

13. Mengajak Pasrah Pada Tuhan


Source: cocoparisienne

Pada satu titik ketika kita berdoa dengan rasa takut, kita akan menyadari bahwa Tuhan sudah mengatur semua urusan kita selama di dunia. Dan rasa takut untuk hal yang bersifat duniawi sebenarnya tak perlu lagi. Apalagi sampai merasa cemas dan gelisah yang berhubungan dengan harta, atau dengan perkara dunia. Doa menghilangkan rasa takut mengajak kita memasrahkan semua hal yang ditakutkan kepada Tuhan. Membiarkan sang pemilik semesta alam menunjukan kemampuannya dan menghindarkan kita dari ketakutan kita.

14. Memperkuat Iman


Source: rinzin_palmo

Rasa takut, dan doa untuk menghilangkan ketakutan tersebut membuat kita akhirnya benar-benar menyadari betapa besar kekuatan dan kekuasaan Tuhan. Tak hanya pada manusia, namun juga pada seluruh semesta alam. Berdoa untuk menghilangkan rasa takut, cemas dan gelisah ini pun akhirnya menunjukan pada kita rasa keimanan kita sendiri pada Tuhan yang dipercayai. Yang mungkin sebelumnya sering diabaikan atau dianggap remeh saja.

Demi memperkuat iman ini, banyak sekali agama yang menganjurkan umatnya untuk merasa takut. Bukan pada hal-hal yang bersifat duniawi namun pada hal yang lebih hakiki.

15. Memudahkan Mengatasi Rasa Takut


Source: kichipitan7220

Doa menghilangkan rasa takut memang memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan. Namun yang paling utama dari doa ini tentu saja untuk mengatasi rasa takut itu sendiri. Dengan berdoa, kita mengerti bahwa pada akhirnya kita tak sendirian. Bahwa ada sebuah kekuatan besar yang siap membantu dan menolong kita untuk mengatasi dan menjalani rasa takut ini. Dan dengan berdoa pula, kita akan mampu melangkah dan menjalani apa yang semula ditakutkan dengan lebih mudah.

Rasa takut merupakan hal yang wajar dialami dan dirasakan oleh semua manusia. Menariknya, rasa takut ini pun datang dari banyak bentuk. Meski begitu, beberapa jenis ketakutan yang sudah pada tahap “berat” kadang memerlukan bantuan ahli untuk menghilangkannya. Namun juga dengan bantuan doa menghilangkan rasa takut, tentu saja.

Loading...