15 Jenis Masakan Jawa yang Harus Kamu Coba

By |2018-11-08T05:20:59+09:00April 7th, 2017|Culinary|Comments Off on 15 Jenis Masakan Jawa yang Harus Kamu Coba


Source: Christian Razukas

Mayoritas penduduk di Indonesia adalah suku Jawa sehingga tidak heran jika makanan Jawa cukup akrab dengan lidah orang Indonesia. Masakan Jawa memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan masakan lainnya. Bagi kamu yang berasal dari suku Jawa pasti sudah tak asing lagi dengan makanan Jawa. Bagi kamu yang belum tahu, berikut 15 jenis masakan Jawa yang nikmat untuk kamu coba:

1. Rawon

https://www.instagram.com/p/BSfzgZqhIOc/

Masakan Jawa pertama yang wajib untuk dicoba adalah Rawon. Masakan ini mempunyai ciri khas dari kuahnya yang berwarna hitam, warna tersebut berasal dari bumbu yang bernama kluwek. Rawon secara umum terdiri dari nasi, potongan daging sapi, tauge, bawang goreng, kerupuk udang dan sambal. Salah satu daerah pembuat rawon yang terkenal adalah Pasuruan.

2. Soto


Source: Sakura Midori

Masakan Jawa berikutnya adalah Soto, dengan ciri khas kuah yang berwarna kekuningan. Masakan khas Jawa ini memiliki versi yang berbeda-beda, tergantung daerah pembuatnya. Beberapa contoh daerah yang terkenal akan masakan ini adalah Lamongan, Madura, Kediri, Kudus, dan Jepara. Perbedaan dari soto yang dihasilkan biasanya terletak pada kuah dan isinya. Ada yang menggunakan potongan daging ayam, ada juga yang menggunakan daging sapi.

3. Bakso


Source: Mee Bakso

Sama halnya dengan soto, Bakso juga banyak dibuat oleh beberapa daerah di Jawa, yang paling terkenal adalah Bakso Malang dan Bakso Solo. Bakso adalah bola daging yang biasanya dibuat dari daging sapi, disajikan dengan kuah dan beberapa makanan tambahan lainnya seperti mi, tahu, goreng, dan lain sebagainya. Saat ini banyak kreasi bakso yang memberikan variasi dalam isian baksonya, seperti bakso isi keju atau bakso isi udang.

4. Sate


Source: GamerChef

Satu lagi masakan yang memiliki daerah pembuat yang beragam adalah Sate. Inti dari sate adalah daging yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan lidi atau sejenisnya, dibakar atau dipanggang, kemudian ditambahkan bumbunya. Varian yang ada pada sate adalah dari daging yang digunakan dan bumbu yang dibuat. Daging yang digunakan biasanya adalah ayam, kambing atau sapi. Beberapa daerah pembuat sate adalah Madura, Ponorogo, dan Kebumen.

5. Opor Ayam

https://www.instagram.com/p/BMqv1RUgfzC/

Opor Ayam adalah makanan yang biasa ditemui saat perayaan Lebaran, dihidangkan dengan ketupat atau lontong. Masakan yang berasal dari Jawa ini memiliki kuah yang terbuat dari santan dan ditambahkan bumbu tradisional seperti serai, kencur, dan lain sebagainya. Kuah yang dihasilkan berwarna khas dan terlihat cukup kental. Masakan ini biasanya menggunakan potongan daging ayam, meskipun ada juga yang menggunakan daging lainnya atau bahkan menambahkan dengan telur.

6. Pecel Lele

https://www.instagram.com/p/BSdd9F9hmH1/

Ada yang menyebutnya lalapan lele atau pecak lele. Inti dari masakan ini adalah ikan lele yang digoreng kering, sambal dan lalapan. Sambal yang digunakan bermacam-macam, bisa sambal tomat, sambal terasi, atau sambal lainnya. Untuk lalapan umumnya terdiri dari mentimun, kubis, kacang panjang dan kemangi. Masakan yang tergolong murah ini merupakan salah satu pilihan favorit sebagai pengganti lauk ayam goreng.

7. Urap – urap


Source: Gunawan Kartapranata

Urap-urap adalah masakan yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang telah dimasak dan dicampur dengan parutan kelapa. Parutan kelapa tersebut biasanya diberi tambahan bumbu yang khas dan bisa juga ditambahkan sambal. Sayuran yang biasanya digunakan adalah kangkung, tauge, kubis dan kacang panjang. Bisa juga ditambahkan sayuran lain sesuai selera masing-masing. Masakan ini sangat cocok untuk para vegetarian karena isinya hanya sayuran saja.

8. Nasi Pecel

https://www.instagram.com/p/BSferzxF-Wt/

Sama halnya dengan urap-urap, pecel juga terbuat dari berbagai macam sayuran seperti mentimun, tauge, daun singkong dan kacang panjang. Bedanya pecel tidak menggunakan parutan kelapa tetapi memakai bumbu sambal kacang. Pecel juga biasanya dilengkapi dengan lauk seperti tahu, tempe, telur, atau daging ayam. Variasi isi pecel bisa berbeda tergantung daerahnya, salah satu yang terkenal adalah Madiun.

9. Nasi Liwet

https://www.instagram.com/p/BSfrtobhu-A/

Daerah yang terkenal dengan nasi liwetnya adalah Solo. Nasi liwet dihidangkan dengan sayuran dan lauk pauk seperti pada umumnya, tetapi bedanya adalah pada nasi yang dipakai. Nasi liwet dimasak dengan menggunakan santan sehingga menghasilkan nasi yang lebih gurih daripada biasanya. Nasi liwet biasa dijual oleh pedagang keliling yang menggunakan bakul bambu, tetapi banyak juga yang menjualnya di warung lesehan.

10. Nasi Krawu

https://www.instagram.com/p/BSf-d-eAyhE/

Nasi Krawu merupakan masakan khas dari daerah Gresik. Nasi Krawu biasanya disajikan dalam bungkusan daun pisang sehingga memberikan nuansa tradisional pada pembelinya, meskipun sekarang banyak juga yang memakai pembungkus kertas. Nasi krawu terdiri dari nasi yang pulen, potongan daging yang disuwir-suwir, serundeng, dan juga sambal. Sambal yang digunakan biasanya sambal terasi.

11. Gudeg

https://www.instagram.com/p/BSZ26xBFugz/

Tidak lengkap rasanya kalau pergi ke Jogja tanpa menikmati masakan ini. Gudeg memang merupakan masakan khas Jawa khususnya daerah Jawa Tengah. Bahan utamanya adalah nangka muda, dimasak dengan santan dalam waktu yang lama sampai warnanya menjadi kecoklatan. Gudeg dihidangkan dengan nasi, kuah santan, lauk seperti ayam, telur, tahu dan tempe, serta sambal goreng krecek.

12. Rujak Cingur

https://www.instagram.com/p/BScpLFGDQ3U/

Rujak cingur adalah salah satu varian dari masakan Rujak yang merupakan masakan Jawa asli. Yang membedakan dari rujak lainnya tentunya adalah penggunaan cingur, bahasa jawa dari mulut, berasal dari bagian mulut sapi yang dipakai sebagai bahan utamanya. Selain itu ditambahkan sayur-sayuran, lontong, tahu, tempe, dan lain sebagainya. Kemudian dicampur dengan bumbu yang terbuat dari petis udang.

13. Lontong Balap

https://www.instagram.com/p/BSNa_HQAwLh/

Lontong balap adalah masakan lontong yang diberi tambahan campuran kuah tauge, tahu, dan lentho. Tauge atau kecambah menjadi isian paling banyak dalam masakan ini, yang disajikan di atas lontong. Setelah menambahkan kuah secukupnya, diakhiri dengan menaburkan bawang goreng. Untuk penggunaan sambal petis dan kecapnya tergantung selera pembeli. Masakan ini merupakan salah satu masakan khas di daerah Surabaya.

14. Tahu Campur

https://www.instagram.com/p/BSdJh7xg6D0/

Masakan khas Jawa Timur lainnya yang menggunakan bumbu petis adalah Tahu Campur. Masakan yang menyerupai sup daging sapi ini disajikan dengan tahu goreng, perkedel singkong, tauge, selada, mi kuning dan kerupuk udang. Tambahan akhirnya berupa bawang goreng dan sambal. Seperti halnya lontong balap, biasanya penjual tahu campur juga memakai gerobak dorong untuk menjual dagangannya.

15. Gado-gado


Source: Alpha

Gado-gado adalah jenis masakan yang menyerupai salad, sama seperti pecel dan urap-urap. Gado-gado ini juga menggunakan bumbu kacang sebagai campurannya, hampir sama dengan pecel. Bedanya adalah dari sayuran yang digunakan dan isian lainnya. Gado-gado biasanya ditambahkan kentang rebus, irisan telur, emping goreng dan kerupuk udang. Selain itu gado-gado juga lazim dimakan dengan lontong, jika pecel lebih cocok dengan nasi.

15 makanan Jawa di atas bisa kamu temukan dengan mudah di restoran-restoran atau food court, karena masakan Jawa memang terkenal dan banyak dijual. Favorit kamu yang mana, ya?

Loading...