15 Jenis Berry dan Manfaatnya Bagi Manusia

By |2018-11-08T22:42:32+00:00April 1st, 2017|Food|


Source: Nachrichten_muc

Salah satu sumber vitamin dan antioksidan yang paling kaya adalah jenis beri-berian. Istilah berry mencangkup pada tanaman yang memiliki buah dengan karakterisitik dihasilkan dari bunga berputik satu yang tidak memiliki biji dan dengan kulit luar yang bisa dimakan. Terdapat banyak sekali jenis beri-berian baik yang dibudidayakan maupun yang tumbuh bebas di alam liar. Sayangnya, tidak semua jenis berry bisa dimakan, beberapa bahkan mengandung racun yang bisa berakibat fatal jika tertelan. Namun, sebagian besar menyimpan manfaat besar bagi kesehatan maupun sebagai bahan pangan. Berikut adalah 15 jenis berry yang aman dikonsumsi beserta manfaatnya bagi manusia.

1. Stroberi – Sumber vitamin C


Source: Couleur

Loading...

Salah satu buah beri-berian yang paling akrab di telinga adalah stroberi. Buah yang sering digunakan sebagai pilihan rasa makanan ini sebenarnya terasa asam dengan sedikit rasa manis. Kandungan vitamin C dari satu cangkir buah straberry bisa memenuhi 149% dari rekomendasi dosis harian. Jenis berry dengan buah tergolong besar ini juga merupakan sumber antioksidan dan anti kangker.

2. Arbai – Melawan penyakit metabolik


Source: DGlodowska

Arbai dikenal juga dengan nama raspberry. Rasanya manis dan sedikit asam, dan biasanya dimanfaatkan sebagai topping yogurt, sereal atau bubur oat. Jenis berry ini lebih banyak mengandung serat dari pada gula dan karbohidrat, karenanya sering disarankan sebagai menu pelengkap saat berdiet. Arbai juga kaya akan berbagai jenis polyphenol, zat yang efektif mengurangi resiko terkena penyakit metabolik, atau penyakit yang menyerang proses pembentukan energi di dalam tubuh.

3. Red Mulberry – Bahan selai dan minuman


Source: kadirkritik

Berry ini juga sangat sering dijumpai di Indonesia dan biasanya pohonnya ditanam di punggir jalan sebagai peneduh. Beberapa daerah menyebut berry ini dengan istilah murbai. Buahnya berwarna merah muda ketika belum matang, tetapi saat matang akan berubah menjadi merah kehitaman. Rasanya sangat manis, sehingga sering dimanfaatkan sebagai sirup atau selai. Raspberry juga mengandung banyak nutrisi baik seperti vitamin C, K, dan zat besi.

4. Blueberry – Baik untuk diabetes dan kolestrol

Source: Jill111

Buah berry lain yang popular di Indonesia adalah blueberry. Semakin banyak ditemukan makanan penutup dan kue-kue dilengkapi dengan selai atau saus blueberry. Memang blueberry termasuk banyak mengandung zat gula dari karbohidrat dibandingkan berry-berry yang lain, tetapi zat anti carcinogenik di dalamnya bisa memperbaiki kesensitivan kelenjar insulin. Buah berry yang kaya akan vitamin K, C dan mangan ini juga baik untuk menjaga kadar kolestrol baik dalam tubuh.

5. Goji berry – Menjaga kesehatan hati


Source: budtobloom

Goji berry merupakan salah satu jenis berry yang sangat kaya nutris dan zat-zat penting yang diperlukan tubuh. Penelitian membuktikan terdapat 18 jenis asam amino, 26 jenis mineral, vitamin B kompleks dan juga beta karoten lebih banyak daripada wortel. Mengkonsumsi goji berry setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan memperkuat daya tahan tubuh dalam memerangi radikal bebas. Selain itu, berry ini juga efektif memperkuat fungsi hati dan menjaganya dari kontaminasi.

6. Acai Berry – Melawan proses penuaan


Source: Wikimedia

Diemukan dari pedalaman Amazon, acai berry adalah buah ajaib yang kaya akan antioksidan dan antosianin. Antioksidan dalam berry ini terbukti efektif melawan proses penuaan dan mempercepat regenerasi sel kulit. Sedangkan antosianin sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga menyetabilkan kadar kolestrol dalam tubuh. Sayangnya masih sangat sulit untuk menemukan tanaman ini sehingga jarang bisa memperoleh berry ini dalam keadaan segar.

7. Elderberry – Mencegah penularan flu


Source: domeckopol

Rasa asli dari elderberry cenderung asam dan sedikit pahit, sehingga produk yang dijual bebas biasanya sudah tercampur dengan pemanis buatan. Walaupun demikian, seperti beri-berian pada umumnya Elderberry juga kaya akan vitamin dan mineral, terutama vitamin C. Uniknya berry ini memiliki kandungan zat anti viral yang lebih tinggi dari pada berry jenis lain sehingga baik untuk mencegah penularan penyakit ringan yang disebabkan oleh virus, seperti flu.

8. Blackcurrant – Mempercepat regenerasi sel


Source: PublicDomainImages

Banyak kandungan akan vitamin dan mineral membuat blackcurrant sangat baik bagi tubuh dan mempercepat pembetukan sel. Selain itu, berry ini juga merupakan bahan populer untuk isi pie, kue tar, sorbet, es krim dan makanan penutup lainnya. Jus blackcurrant mengandung banyak vitamin C sehingga baik diminum saat tubuh banyak terekspos oleh pergantian cuaca dan jadwal yang padat. Blackcurrant juga mengandung antosianin, antioxidan yang bisa membantu tubuh memerangi radikal bebas

9. Cranberry – Mengobati infeksi saluran air seni


Source: Larissa-K

Buah berry jenis ini biasanya digunakan sebagai bahan utama saus pelengkap masakan kalkun pada hari raya Thanksgiving. Cranberry memiliki rasa yang sedikit asam, sehingga kebanyakan produk olahanya mengandung banyak gula tambahan atau minyak sayuran. Tetapi sebenarnya sari buah cranberry kaya akan vitamin C dan merupakan pengobatan yang disarankan untuk penyakit infeksi saluran air seni.

10. Blackberry – Memperlancar peredaran darah


Source: Pixel2013

Buah berry berwarna hitam yang hampir serupa dengan arbai ini mengandung banyak vitamin C dan vitamin K. Selain itu, zat polyphenols di dalamnya sangat efektif dalam memperlancar peredaran darah, meningkatkan kinerja jantung serta mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh. Survei membuktikan bahwa blackberry liar mengandung polyphenols 3-5 kali lebih banyak daripada tanaman hasil budidaya, jadi sebaiknya konsumsilah jika menemukannya di alam bebas.

11. Gooseberry – Mengurangi ketombe dan rambut rontok


Source: GLady

Buah goosberry merupakan bahan alami yang bagus untuk kesehatan kulit kepala. Penggunaan masker dari bubuk goosberry maupun buah segarnya dipercaya bagus untuk memperkuat akar rambut dan menghilangkan ketombe beserta rasa gatal di kepala. Rambut jadi terlihat sehat berkilau dan ternutris dari akar hingga ujungnya. Apabila dikonsumsi, goosberry rasanya sangat asam, hampir mirip dengan anggur muda. Oleh karena itu, apabila digunakan sebagai pengobatan biasanya berry ini di ekstrak terlebih dahulu.

12. Bilbery – Meningkatkan fungsi mata


Source: Wikimedia

Jenis berry ini sangat mirip dengan blueberry, namun berukuran lebih kecil. Zat aktif di dalamnya sangat baik untuk kesehatan mata. Konsumsi bilbery secara teratur dapat meningkatkan daya pandang di malam hari, melindungi mata, mencegah timbulnya katarak dan degenerasi otot mata. Kandungan antosianin dari bilberry juga terbukti bagus untuk memperkuat dinding pembuluh darah serta mencegah diabetes.

13. Boysenberry – Menurunkan tekanan darah


Source: Steward_Mac

Boysenberry merupakan jenis berry budidaya yang masih belum banyak dikenal. Bentuknya mirip dengan arbai dan akan berwarna merah gelap kehitaman saat matang. Berry ini banyak di kembangbiakkan di California dan Oregon. Jenis berry yang kaya akan mineral ini dikenal baik untuk penderita penyakit darah tinggi, karena efektif untuk menurunkan tekanan darah. Disamping itu, berry ini juga cocok diolah menjadi makanan penutup seperti selai, sorbet, sirup dan isi pie.

14. Huckleberry – Memperkuat kinerja jantung


Source: Skeeze

Dengan bentuk dan rasa yang hampir menyerupai blueberry, banyak orang tidak dapat membedakan kedua jenis berry ini. Dalam hal rasa, huckleberry juga sangat mirip dengan blueberry, hanya saja masih ada rasa asam yang samar pada berry yang berwarna biru kehitaman setelah matang ini. Berry ini juga kaya akan antioksident dan mineral yang penting untuk pembentukan pembuluh darah yang bisa memperkuat kinerja jantung. Selain itu zat aktifnya dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung lain seperti jantung koroner dan penyempitan pembuluh darah.

15. Cloudberry – Agen detoksifikasi


Source: IK3

Jenis berry yang berwarna kuning oranye saat matang ini memiliki kandungan vitamin C yang lebih baik dari beberapa jenis berry lain. Hal ini dikarenakan cloudberry memiliki kandungan fruktosa yang lebih sedikit namu cukup banyak vitamin dan mineral. Clouberry merupakan agen detoksifikasi yang baik karena zat aktifnya dapat menetralkan racun dalam tubuh dan membuangnya bersama air seni, juga menghilangkan sisa kelebihan air, garam dan lemak. Mengkonsumsinya secara rutin akan sangat bermanfaat karena memberi kesempatan tubuh mendapatkan pembersihan dari dalam.

Masih banyak lagi jenis beri-berian yang belum disebutkan namun sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayangnya di Indonesia, jenis berry ini belum banyak yang dibudayakan, walau ada juga yang tumbuh liar di hutan atau padang. Walau demikian, sebisa mungkin konsumsilah satu jenis berry dalam seminggu agar hidup tetap sehat dan jauh dari penyakit. Selamat berburu kebaikan berry di sekitarmu!

Loading...