15 Informasi Penting untuk Mengunjungi Pantai Tiga Warna, Malang

By |2018-11-08T23:02:18+09:00April 27th, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Informasi Penting untuk Mengunjungi Pantai Tiga Warna, Malang


PublicDomainPictures

Kota Malang di Jawa Timur memiliki banyak sekali tempat wisata mulai dari kebun binatang, museum, taman rekreasi anak-anak, gunung, hingga pantai. Jawa Timur Park adalah salah satu tujuan utama para wisatawan ketika berwisata ke Malang. Namun tahukah anda bahwa di Malang juga terdapat sebuah pantai yang sangat unik yaitu Pantai Tiga Warna? pada artikel kali ini akan Cintai Hidup tuliskan mengenai informasi  ketika mengunjungi Pantai Tiga Warna yang ada di Malang. Yuk kita simak!

1.Kenapa dinamakan Pantai Tiga Warna?

A post shared by fuziawalia (@fuziawalia) on

Pantai Tiga Warna – dinamakan demikian karena sekilas tampak, air lautnya memang terbagi menjadi tiga warna. Pertama, air laut yang menyentuh bibir pantai seolah berwarna hijau toska muda, warna ini bertahan hingga kurang lebih 10 meter menuju ke arah laut. Setelahnya, air laut berwarna toska namun agak pekat terkadang terlihat seperti biru muda, dan setelahnya, warna toska pekat ini langsung disambut oleh warna air laut berwarna biru tua. Sehingga sekilas akan tampak bahwa pantai ini memiliki tiga warna.

2. Lokasi

Pantai Tiga Warna masuk dalam Wisata Area Konservasi Pantai Tiga Warna yang terletak di desa desa tambak rejo, sendang biru Kabupaten Malang Jawa Timur. Jika anda bertolak dari kota Malang, anda membutuhkan waktu perjalanan 2 jam 30 menit dengan jarak tempuh sejauh 73 km. Jadi jika anda menginap di kota Malang, anda bisa memulai perjalanan anda pada pagi hari agar sampai di lokasi Pantai Tiga Warna tepat waktu dan matahari belum terlalu terik.

3.Membawa Kendaraan

A post shared by “Sireng” (@mickeyakazuki) on

Jika anda datang sendiri atau berdua dengan pasangan, membawa kendaraan roda dua sebenarnya lebih menguntungkan karena anda dapat memarkir motor anda tak jau dari lokasi pantai. Sedangkan jika anda membawa kendaraan roda empat, anda diharuskan meamrkir kendaraan di sebuah lokasi yang berjarak 200 m dari lokasi pantai. Selanjutnya, anda menuju Pantai Tiga Warna dengan cara berjalan kaki.

4.Reservasi Dahulu

Pantai Tiga Warna tidak hanya unik karena memiliki tiga warna, namun juga karena anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu untuk main ke pantai ini. Mengapa demikian? ini karena Pantai ini termasuk dalam Wisata Area Konservasi yang memang di lindungi dan dijaga dengan baik, sehingga kunjungan dibatasi hanya 200 orang per harinya dengan reservasi dilakukan tujuh hari sebelum hari H. Untuk reservasi, anda dapat menghubungi alamat dan nomor telefon yang akan anda dapatkan di akhir artikel ini.

5.Rute Menuju – untuk Kendaraan Pribadi

A post shared by MALANG (@exploremalangku) on

Dari Kota Malang anda dapat melalui rute Pantai Goa Cina dengan rute sebagai berikut. Dari Malang anda bergerak ke arah Gadang Turen. Dari Gadang Turen anda akan melalui perjalanan selama dua jam hingga sampai di persimpangan antara Pantai Goa Cina dan Pantai Sendang Biru, anda bisa memilih ke arah Pantai Goa Cina. Dari sini anda bisa lurus hingga menemukan simpang jalan, lalu anda bisa belok kiri. Disini anda akan menemukan perkampungan yang akan menuju ke Clungup Mangrove Conservation. Dari sini, pintu masuk Pantai Tiga Warna seharusnya sudah terlihat oleh anda, selanjutnya anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

6.Rute Menuju – untuk Kendaraan Umum

A post shared by Herlina (@herlina_azzahra) on

Jika kita bertolak dari Kota Malang, yang harus anda lakukan adalah memulai dari Stasiun Kota Baru Malang. Dari sini, anda bisa naik mikrolet atau mobil angkutan umum kecil yang menuju ke Terminal Gadang. Dari Terminal Gadang, anda bisa melanjutkan dengan menggunakan bis menuju ke arah Turen. Dari Turen, anda dapat naik kendaraan umum yang akan membawa anda ke Sendang Biru.

7.Harga Tiket

A post shared by Dimas F.R (@dimas.fajar.r) on

Karena pengunjung ke Pantai Tiga Warna memang dibatasi, maka untuk masuk ke Pantai ini ada biayanya. Jangan khawatir readers, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.5000 rupiah per orang. Namun, pantai ini mensyaratkan anda untuk menggunakan guide dengan biaya Rp.100.000 rupiah per 10 orang. Sehingga, jika anda datang sendiri atau berdua dengan pasangan, anda harus bergabung dengan kelompok pengunjung lainnya hingga jumlahnya cukup 10 orang baru anda bisa menuju ke bibir Pantai Tiga Warna. Kunjungan hanya dibatasi selama dua jam saja per kelompoknya.

8.Do’s and Don’t

Di Pantai Tiga Warna anda dapat melakukan snorkeling menggunakan peralatan yang disewakan. Anda juga diwajibkan menggunakan pelampung agar tetap mengambang dan tidak merusak terumbu karang. Jangan membuang sampah sembarangan. Sebaiknya tidak membawa makanan. Jangan membawa barang-barang yang tidak perlu dibawa karena tas anda akan diperiksa ketika akan mengunjungi daerah pantai.

9.Kegiatan di Pantai Tiga Warna

A post shared by Deny Faizal (@faizaldeny) on

Nah setelah anda tiba di bibir Pantai Tiga Warna, apa yang dapat anda lakukan disana? anda tentu bisa mengambil spot bagus untuk berfoto lalu memajangnya di Instagram. Atau sekedar berjalan di sepanjang pantainya dan merasakan lembutnya butiran pasir putih, laut biru dan awan yang cerah. Jika anda bosan berjalan, anda diperkenankan untuk melihat pemandangan indah bawah laut. Namun perlu diperhatikan bahwa anda diharuskan menggunakan peralatan snorkeling yang dapat disewa sebesar Rp.15.000,- dan menggunakan pelampung agar anda tetap mengambang sehingga tidak merusak terumbu karang di bawahnya.

10.Fasilitas di Pantai

Fasilitas yang terdapat di Pantai ini cukup baik, terlebih jika anda ingin melakukan snorkeling. Anda bisa menyewa baju pelampung sekaligus peralatan snorkeling di pantai ini. Namun karena Pantai Tiga Warna sangat dijaga kebersihannya, anda tidak akan menemukan tempat makan di pinggir pantai. Sehingga jika anda ingin makan, makanlah sebelum atau sesudah mengunjungi pantai ini. Membawa makanan ke pantai ini juga mungkin tidak diperkenankan karena Pantai Tiga Warna sangat ketat akan sampah.

11. Waktu Operasional

A post shared by t r i a (@triaaff) on

Waktu Operasional Pantai Tiga Warna dari pagi hingga sore hari namun perlu diingat bahwa pengunjung dibatasi hanya 200 orang per harinya. Jika ingin membooking tempat anda dapat melakukan booking setiap hari pada pukul 08.00 hingga pukul 16.00. Ingat bahwa anda tidak bisa sendirian. Sedangkan rombongan maksimal dibatasi hingga 10 orang.

12.Tempat Wisata Lainnya di Sekitar Pantai Tiga Warna

A post shared by xsan (@xsanurs) on

Karena terletak di area konservasi mangrove, Pantai Tiga Warna cenderung sangat ketat menerima pengunjung. Namun jangan bersedih hati readers, karena disini juga terdapat 8 pantai lainnya yang dapat anda kunjungi dan tidak seketat pantai Tiga Warna. Pantai-pantai lainnya yaitu Pantai Watu Pecah, Pantai Gatra, Pantai Mini dan Pantai Clungup. Jika anda berniat untuk mengadakan kemah di pinggir pantai, maka anda dapat berkemah di Pantai Gatra dengan biaya penyewaan tenda Rp.25.000/malam

13.Hutan Tembakau

A post shared by Dian Efendy/yoga (@efendydian) on

Ketika anda memarkir kendaraan anda di tempat parkir kendaraan, anda akan melewati hutan bakau yang dapat anda lihat di sepanjang perjalanan anda menuju Pantai Tiga Warna. Yang menarik adalah karena Pantai Tiga Warna merupakan wilayah konservasi, anda dapat menyumbang untuk menanam pohon bakau disana. Sehingga sangat menyenangkan ketika kita bisa melakukan wisata sekaligus menyayangi alam ya, readers.

14. Fasilitas di Sekitar Pantai

A post shared by Prasetyo Yuwono P (@maz_pug) on

Di daerah sekitar pantai terdapat fasilitas-fasilitas bagi pengunjung pantai, seperti waruung-warung seafood dengan menu ikan bakar yang segar. Jadi bagi anda yang kelaparan ketika di pinggir pantai, dapat menikmati makanan di restoran di daerah sekitar pantai. Namun bukan di daerah tepi pantai. Di daerah sekitar pantai juga akan anda temukan masjid dan gereja, dan jika anda ingin menginap tersedia homestay di rumah-rumah penduduk-sementara hotel dan Villa belum tersedia disini.

15.Pengalaman yang Berkesan

A post shared by fikri sikai (@fikri_kananu) on

Mengunjungi Pantai Tiga Warna sangat berkesan, karena selain pemandangannya yang sangat indah, berkunjung ke pantai ini sekaligus mengedukasi pengunjungnya agar tetap menjaga alam dan melestarikan keindahannya. Yang pasti adalah anda harus menjunjung tinggi peraturan yang telah ditetapkan oleh penjaga pantai disana dan jangan seenaknya melanggar peraturan yang ada.

Informasi

Nah itulah ke 15 informasi penting untuk anda yang akan berkunjung ke Pantai Tiga Warna, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda wisatawan yang akan berkunjung ke sana. Selamat menikmati Pantai Tiga Warna ya!

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Loading...