15 Hewan Unik Yang Dapat Anda Temui Di Indonesia: Apa Saja, Ya?

By |2018-11-08T16:42:46+00:00March 27th, 2017|Knowledge, Lifestyle|


Source: skeeze

Telah banyak sumber yang setuju kalau Indonesia memiliki beragam elemen budaya yang kaya, termasuk daftar hewan-hewan unik yang ada di dalamnya. Saya pun setelah melihat berbagai macam hewan di negeri saya hanya dapat merasa terkagum dan terheran-heran, karena hewan-hewan unik nan eksotis ini seringkali hanya dimiliki oleh Indonesia. Di antara sekian banyak hewan unik di Indonesia, saya akan memaparkan 15 saja pada artikel ini. Hitung-hitung juga mengingat masa kecil yang indah, ‘kan?

1. Cendrawasih

Loading...

Kalau ada yang mengatakan kalau burung yang masuk kategori Paradiseae ini adalah milik luar negeri, mereka salah besar. Justru, burung eksotis satu ini berasal dari Papua, bagian timur dari Indonesia. Terlebih lagi, hanya kebun binatang di Indonesia yang memiliki koleksi cendrawasih dari berbagai macam jenis, sub-jenis, maupun warna yang dijamin tidak akan ditemukan di negara manapun. Tidak heran, burung yang identik dengan nama Inggrisnya “Bird of Paradise” ini sering menjadi salah satu hewan unik pertama yang ingin dilihat para wisatawan.

2. Burung Kasuari


Source: lailajuliana

Belahan Indonesia bagian Timur memang identik dengan koleksi hewan jenis aves-nya yang banyak nan indah. Tidak hanya cendrawasih atau “burung surga” (“Bird of Paradise“, red.) saja yang menjadi primadona bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, namun juga ada burung kasuari yang tidak kalah menariknya. Badan burung yang cantik serta unik dari Indonesia Timur ini hampir mirip dengan burung unta, hanya saja warnanya hitam. Selain itu, leher biru yang indah juga merupakan bagian yang tidak terlupakan dari hewan unik satu ini yang perlu Anda ketahui.

3. Burung Jalak Bali


Source: Tim Strater

Burung jalak jenis satu ini sudah hampir punah, kendati demikian, eksistensinya sebagai hewan unik yang dapat Anda temui di Indonesia merupakan salah satu yang patut diperhitungkan. Memiliki bulu putih dan rambut kuning yang berbeda dengan jenis burung jalak pada umumnya, burung jalak Bali juga merupakan hewan yang berbeda daripada burung-burung yang lain. Karena itu, burung jalak Bali saya masukkan dalam salah satu dari 15 hewan unik yang dapat Anda temui di Indonesia.

4. Harimau Sumatera


Source: russellstreet

Hewan unik berikutnya yang dapat Anda temui di Indonesia adalah Harimau Sumatera. Sejatinya, di Indonesia telah banyak variasi harimau, ada harimau Bali, ada harimau Jawa, dan lain-lain. Namun, beberapa harimau telah punah, dan beberapa lagi tidak terlalu menonjol dibandingkan dengan harimau Sumatera. Kendati populasinya sudah mulai terancam, harimau Sumatera dalam beberapa tahun ini menjadi primadona karena kampanye yang dilakukan oleh banyak aktivis sosial dan artis-artis lokal Indonesia yang bekerjasama dengan World Wildlife Fund (WWF) untuk melindungi harimau Sumatera dari kepunahan.

5. Macan Tutul


Source: 27707

Biodiversitas di Indonesia memang sudah tidak diragukan lagi, bahkan untuk hewan-hewan yang mirip saja, perbedaannya bisa jadi signifikan. Termasuk di antaranya adalah harimau dengan macan, di mana kedua hewan unik ini seringkali tertukar, padahal sebenarnya beda. Macan tutul memiliki pola kulit yang berbeda apabila dibandingkan dengan harimau, di mana harimau memiliki pola kulit yang berlurik-lurik, sementara macan tutul, seperti namanya memiliki pola kulit tutul atau polkadot. Selain itu, telinga macan tutul lebih terlihat dibandingkan dengan harimau. Namun, apapun perbedaannya, kita dapat melihat cukup banyak macan tutul di Indonesia.

6. Badak


Source: Kdsphotos

Selama ini, kita juga cenderung memiliki bias pikiran kalau badak itu asalnya dari Afrika. Kenyataannya, hewan unik satu ini berasal dari Indonesia, dan di Indonesia ada banyak kebun binatang yang memiliki koleksi badak dari berbagai pulau yang berbeda di Indonesia. Yang paling umum di antaranya adalah badak Jawa, di mana badak ini sekilas mirip dengan Stegosaurus, karena kulitnya yang seolah terbuat dari baja. Badak lain yang terkenal dan dapat Anda temui di Indonesia tentu saja badak bercula satu dari Ujung Kulon, Banten… Baru tahu, ‘kan, kalau Ujung Kulon itu letaknya di Banten?

7. Anoa


Source: Chris K

Hewan unik yang dapat Anda temui di Indonesia ini seringkali disejajarkan dengan badak. Saya sendiri saat masih duduk di bangku sekolah kerap kali salah membedakan antara badak dengan anoa karena naturnya yang mirip-mirip. Nyatanya, hewan unik asal Sulawesi ini memiliki badan yang lebih ramping dibandingkan badak dengan tanduk yang lebih panjang pula. Lari-larinya, anoa ini mirip dengan kambing Aries yang berwarna hitam.

8. Babirusa


Source: Schristia

Hewan unik lain yang tidak kalah menariknya adalah hewan hasil kawin silang. Sebenarnya, di Indonesia populasi hewan “murni”, yakni hewan yang dihasilkan dari perkawinan hewan yang sama kategori hewannya, masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan hewan kawin silang. Karena itu, hewan hasil kawin silang memiliki keunikan tersendiri yang dijamin akan melekat dalam pikiran dan hati para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Salah satunya adalah babirusa, di mana sesuai namanya, hewan unik asal Sulawesi ini merupakan perkawinan silang antara hewan babi dengan rusa.

9. Komodo


Source: tpsdave

Saya selalu terkesan kalau mengingat ataupun melihat-lihat gambar hewan unik yang sudah go international ini. Tidak hanya Ragnarok Online dengan Pulau Komodo-nya yang berhasil membawa komodo kepada ingatan para wisatawan Indonesia maupun mancanegara, namun juga viralnya foto hewan unik Indonesia Timur yang juga berasal dari Pulau Komodo ini yang menarik lebih banyak orang yang ingin melihat langsung hewan komodo. Di Indonesia, Anda dapat melihat berbagai macam jenis komodo dan berfoto bersama mereka. Asyik, ‘kan?

10. Kucing Kalimantan

Kucing satu ini memang unik dan berbeda dibandingkan jenis kucing lainnya. Kalau biasanya kita tahu kucing sebagai hewan kecil yang imut dan menggemaskan, kucing Kalimantan sekilas mirip dengan macan. Dengan kulitnya yang berwarna oranye kemerahan, sorot matanya yang tajam, dan badannya yang tinggi besar, kita yang tidak mengetahuinya akan susah membedakan dengan macan, sampai kita melihat pada tangan dan kakinya yang berbeda dengan macan.

11. Orangutan


Source: James_Jester

Sesuai dengan namanya yang tidak bisa di-Inggriskan, orangutan merupakan salah satu hewan unik, kalau bukan merupakan hewan yang wajib Anda lihat, saat Anda mengunjungi daerah manapun di Indonesia. Dengan fisiknya yang mirip dengan manusia, orangutan seringkali disalahmengerti sebagai keturunan manusia dan sebaliknya, padahal bukan ini kasusnya. Di Indonesia, orang biasanya memberi makan pisang pada orangutan untuk meredakan amarahnya.

12. Kijang


Source: smarko

Tahukah Anda, ternyata tidak perlu jauh-jauh ke Eropa atau Amerika untuk melihat hewan unik yang memiliki kulit indah satu ini? Sebab, kini kita dapat melihat kijang dan kehidupan keluarga mereka di banyak kebun binatang di Indonesia. Tidak kalah menariknya dibandingkan kijang di luar negeri, kijang di Indonesia memiliki berbagai macam warna dan ukuran serta kekuatan dan kecepatan lari yang sangat kompetitif. Bahkan sedemikian menariknya hewan unik satu ini, hingga salah satu brand motor memakainya sebagai nama mobil. Hebat!

13. Ular Hitam


Source: Josch13

Ular hitam ini sekilas memang terlihat biasa-biasa saja, namun ada alasan mengapa ia termasuk salah satu dari 15 hewan unik yang saya nominasikan dalam artikel ini. Ketika Anda berkunjung ke tempat ibadah (pura) di Bali, Anda akan menemukan cerita-cerita mengenai ular hitam penunggu tempat ibadah. Kenyataannya, ular hitam itu sungguh-sungguh ada, dan orang pura percaya siapapun yang menyentuh ular itu akan dikaruniai keberuntungan dan umur panjang. Di sinilah keunikan ular hitam sebagai hewan unik yang dapat Anda temui di Indonesia.

14. Gajah


Source: kolibri5

Sejatinya, kalau kita lihat dari penampilan gajah, tidak ada yang istimewa di dalamnya. Namun, kulit dan cara hidupnya yang tidak biasa membuat gajah menjadi salah satu hewan unik yang pernah ada di bumi. Beberapa tahun belakangan ini, telah ada banyak gajah yang dapat kita lihat-lihat di berbagai kebun binatang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sekedar referensi, memang gajah terlihat sabar, namun siapa sangka, kalau gajah marah dapat menjadi mengerikan? Karena itulah, pawang gajah amat dibutuhkan.

15. Monyet


Source: SaWi

Ini juga merupakan salah satu hewan unik yang dapat kita temui di Indonesia. Indonesia memiliki berbagai macam monyet dengan berbagai variasi, warna, dan jenisnya yang berbeda-beda, sehingga saya pun memasukkan serta merangkumnya dalam satu poin hewan unik yang dapat Anda temui di Indonesia. Kuta, Bali, memiliki tempat semacam “kandang monyet” yang menurut saya perlu untuk Anda semua para wisatawan kunjungi, terutama monyet putihnya yang sangat eksotis dan dijamin tidak dapat ditemukan di negara lain.

Itulah 15 hewan unik yang saya pikir dapat Anda temui di Indonesia. Dari sini, kita belajar untuk tidak hanya mengingat masa kecil yang penuh keceriaan dalam menghafal satwa-satwa di Indonesia, namun kita pun juga dapat menghargai kehidupan yang ada di negara kita, Indonesia. Kita pun belajar untuk lebih mencintai Indonesia dengan melihat dan merasakan keragamannya yang begitu kaya, caranya yakni melalui membaca dan membagikan artikel ini kepada siapapun yang kita ketahui dan di manapun kita berada.

Loading...