15 Hewan Berkaki Dua Untuk Anda Ketahui: Berupa Burung-Burung!

By |2018-11-08T16:32:29+07:00March 27th, 2017|Knowledge, Lifestyle|Comments Off on 15 Hewan Berkaki Dua Untuk Anda Ketahui: Berupa Burung-Burung!


Source: norbibuvar

Mari sejenak me-refresh ingatan masa kecil kita yang penuh dengan kebahagiaan. Saat kita duduk di bangku SD, mungkin beberapa di antara kita telah banyak ditanyai guru mengenai jumlah kaki setiap hewan yang ada di bumi. Kita pun tidak dapat menghitung jumlah kaki hewan tersebut hingga mungkin sekarang pun kita lupa, berapa banyak kaki hewan yang ada di bumi. Asal tahu saja, hewan berkaki dua hanya terdiri dari burung-burung saja, di mana 15 jenis burung sekaligus yang merupakan hewan berkaki dua di antaranya akan saya bahas dalam artikel ini:

1. Ayam


Source: 21150

Ya, Anda tidak salah baca. Selain merupakan hewan berkaki dua, ayam juga tergolong sebagai jenis burung. Diakui atau tidak, ayam memang jagonya dalam mengelabui orang mengenai jumlah kaki mereka yang sebenarnya. Saya ingat benar kesalahan yang saya (dan mungkin teman-teman lain) buat saat masih duduk di bangku SD, yakni mengatakan bahwa kaki ayam ada empat. Ternyata tidak, justru setelah dilihat lebih dekat, ayam memiliki kaki dua, karenanya saya masukkan dalam salah satu dari 15 hewan berkaki dua.

2. Bebek


Source: papaya45

Loading...

Hewan berkaki dua lain yang tidak kalah pentingnya adalah bebek. Kaki bebek yang berjumlah dua berguna untuk menunjang hewan ternak satu ini dalam kegiatan sehari-harinya, khususnya kegiatan apapun yang melibatkan berenang. Maklum saja, karena hewan yang telurnya dibilang orang paling enak ini adalah salah satu yang jago berenang. Bahkan, Charles Swindoll, penulis buku motivasi psikologi terkenal, juga mengakui keahlian bebek dalam hal berenang, dan ini terlihat dalam salah satu penggalan kisah dalam buku yang ditulisnya.

3. Angsa


Source: 36Janusz

Saya bedakan bebek dengan angsa, bukan hanya karena cerita yang membandingkan antara keduanya, namun juga natur bebek dan angsa yang berbeda. Dari jenis kakinya saja, kita dapat melihat kalau kakinya bebek lebih mudah terlihat, bahkan saat menjejak permukaan air, dibandingkan dengan kaki angsa yang cenderung tidak terlihat (karena mungkin lebih kurus dan telapaknya juga lebih kurus). Apapun itu, baik angsa maupun bebek sama-sama memiliki kaki dua, karenanya termasuk dalam 15 hewan berkaki dua untuk Anda ketahui dalam artikel ini.

4. Penguin


Source: derdento

Meskipun dapat melakukan sliding dengan baik seolah-olah ia adalah hewan berkaki empat, nyatanya penguin justru merupakan hewan berkaki dua. Identik dengan kepribadian ganda, tampilan penguin sangat menarik dengan kombinasi warna hitam dan putihnya yang menarik mata. Selain itu, hewan berkaki dua yang terbiasa hidup di wilayah super-dingin ini juga terbiasa berkelompok ke manapun mereka pergi. Kalau sudah melihat kelompok penguin, siap-siap saja merinding karena memang mereka sangat menakutkan, lho!

5. Merak


Source: tpsdave

Hewan yang identik dengan keeksotisan Indonesia ini juga merupakan hewan berkaki dua yang perlu Anda ketahui. Seringkali, perhatian orang lebih tertuju pada bulunya yang mekar indah bersamaan dengan matanya yang seductive. Namun, merak juga merupakan hewan daratan, di mana hewan atau burung merak ini juga memiliki kaki untuk berdiri dan bersandar. Adapun jumlah kaki merak adalah (tentu saja) dua.

6. Cendrawasih

Karena keindahan bulunya, orang-orang sering salah persepsi mengenai merak dan cendrawasih. Burung langka yang berasal dari Papua ini seringkali dianggap sebagai jenis burung yang sama dengan merak. Padahal, burung atau hewan berkaki dua satu ini memiliki beberapa perbedaan dengan merak, di mana merak cenderung memiliki tubuh yang ramping dan berwarna lebih mencolok, sementara cendrawasih lebih cenderung memiliki tubuh yang padat dan bulunya pun jatuh diagonal ke bawah.

7. Kakatua


Source: PublicDomainPictures

Burung cerewet satu ini juga merupakan salah satu dari 15 hewan berkaki dua untuk Anda ketahui, di mana kerap kali, orang-orang cenderung lebih memperhatikan suaranya yang khas memanggil-manggil orang yang lewat. Beberapa orang juga lebih sering untuk mengingat kecerdasan hewan berkaki dua satu ini, karena burung kakatua yang mudah diajari dan cepat menangkap kosakata baru. Padahal sebagai burung yang memerlukan tempat bertengger, kakatua juga memiliki jumlah kaki dua, apapun jenis dan sub-jenisnya.

8. Burung Merpati


Source: hansbenn

Hewan berkaki dua ini identik dengan kesucian, kemurnian, dan keabadian cinta. Di satu sisi, burung merpati juga melambangkan komitmen antara kedua belah pihak, sehingga kehadirannya pun cukup sering kita lihat dalam berbagai macam pesta pernikahan. Dalam beberapa kegiatan religius, burung merpati juga diibaratkan sebagai adanya roh yang hadir dalam suatu tempat. Apapun itu, burung merpati tetaplah burung atau hewan berkaki dua yang perlu Anda semua para pembaca ketahui.

9. Burung Gagak


Source: FraukeFeind

Hewan berkaki dua satu ini dapat dikatakan sebagai lawan dari poin hewan berkaki dua sebelumnya, yakni merpati. Kalau merpati seringkali dianggap sebagai hewan pembawa berita baik, burung gagak seringkali dianggap sebagai pembawa berita buruk. Bahkan, lebih dari pada itu, hewan berkaki dua yang berwarna hitam ini kerap kali membawa berita yang sangat tidak menyenangkan, seperti kematian seseorang yang penting bagi kita atau sangat kita kasihi. Suaranya yang memecah gelap malam juga menimbulkan suasana horor tersendiri bagi yang mendengarnya.

10. Burung Hantu


Source: TonW

Berikutnya, burung atau hewan berkaki dua yang perlu Anda ketahui adalah burung yang bernama horor itu sendiri. Apa lagi kalau bukan burung hantu? Namun, sekalipun namanya burung hantu, kenyataannya burung “berkacamata” satu ini masih kalah misterius dibandingkan burung gagak. Dibandingkan burung gagak yang misteriusnya bikin baper siapapun yang mendengarnya, burung hantu lebih memiliki efek magis yang membuka pengetahuan, di mana efek ini susah dijelaskan secara akal sehat.

11. Burung Unta


Source: Jennifer Feuchter

Jangan salah paham dahulu, burung unta berbeda dengan onta yang biasa kita lihat di negara-negara padang pasir seperti di daerah-daerah Timur Tengah. Kenyataannya, hewan berkaki dua yang bernama burung unta satu ini memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan onta padang pasir. Kalau onta padang pasir memiliki punuk yang dapat menjadi sumber air, burung unta memiliki kekuatan pada kecepatan larinya, di mana kekuatan ini seolah-olah menggantikan punuk onta padang pasir. Tingkat survival-nya pun lebih tinggi dibandingkan onta yang hanya dapat hidup di padang pasir.

12. Burung Pelikan


Source: 1155887

Jenis burung satu ini memang unik. Kita dapat melihat dari ukuran paruh hewan berkaki dua satu ini yang sangat besar, bahkan ketika dibandingkan dengan bebek atau angsa (yang juga termasuk kategori burung) sekalipun. Kebiasaan burung pelikan yang paling menonjol adalah makan ikan, dan hal ini juga yang membuat beberapa orang berpikir bahwa inilah asal nama pelikan. Kita dapat menemukan burung yang bernama lain undan ini di daerah yang berair, sama seperti daerahnya bebek ataupun angsa.

13. Lovebirds


Source: Mertie . 

Kalau kalian mengatakan simbol cinta yang berapi-api itu burung merpati, kalian salah besar, karena sesungguhnya ada jenis burung lain yang lebih cocok untuk menggambarkan cinta anak muda yang menggebu-gebu. Apa lagi kalau bukan lovebirds. Jenis burung satu ini merupakan hewan berkaki dua yang kelihatannya seperti berkaki empat, karena ke mana-mana pergi selalu berpasangan antara jantan dan betinanya. Di masa lalu, kita jarang menemukan hewan berkaki dua ini di Indonesia, namun saat ini, saya telah melihat banyak pemasar lovebirds di mal-mal besar di Indonesia.

14. Burung Kolibri


Source: Nicman

Hewan berkaki dua ini jarang ada yang mengetahuinya karena muaranya yang memang jarang terlihat di Indonesia, karena itu saya memasukkannya dalam salah satu dari 15 hewan berkaki dua yang harus Anda ketahui. Burung yang berukuran super kecil (kurang lebih 6 cm) dan berasal dari benua Amerika ini adalah burung yang unik, karena baru dapat terlihat besar dengan kamera yang kualitasnya mantap. Karena keistimewaan burung kolibri itu juga, saya dapat mengatakan hewan berkaki dua ini adalah hewan yang istimewa.

15. Burung Albatross


Source: andrass0

Ini satu lagi spesies hewan berkaki dua yang mungkin sebagian di antara kita belum banyak yang mengetahuinya, maka, saya pun memasukkannya dalam salah satu dari 15 hewan berkaki dua pada artikel ini. Sayang sekali kalau burung berukuran super-besar ini tidak banyak yang tahu, padahal burung satu ini sungguh luar biasa. Saya pernah melihat iklan di Indonesia yang melibatkan burung albatross, di mana cara terbangnya mengagumkan dibandingkan burung-burung lainnya. Selain itu, burung ini juga memiliki bentuk kaki yang unik.

Demikianlah ulasan 15 hewan berkaki dua, yang kesemuanya masuk dalam kategori burung, yang perlu Anda ketahui. Singkat cerita, tidak ada hewan yang tidak masuk kategori aves atau burung yang berkaki dua. Hati-hati juga untuk tidak dapat terkecoh dengan beberapa hewan yang seolah-olah berkaki dua, padahal sebenarnya berkaki empat, atau sebaliknya berkaki empat padahal berkaki dua. Dengan mempelajari jumlah hewan berkaki dua ini, saya harap kita makin dapat menghargai hewan sebagai sesama ciptaan Allah yang berharga di mata-Nya.

Selamat belajar mengenai hewan berkaki dua!

Loading...