15 Fakta Tentang Bulan Oktober Yang Mungkin Tidak Kamu Ketahui

By |2018-11-05T19:36:22+00:00April 4th, 2017|Lifestyle|

Source: Antranias

Kita semua tentu tahu bahwa bulan oktober adalah bulan kesepuluh dalam sistem kalender yang kita anut saat ini. Bulan oktober adalah bulan yang datang setelah September dan sebelum November dan memiliki 31 hari. Selain kedua fakta tersebut, apakah kamu tahu fakta lainnya tentang bulan ini? Jika tidak, simak fakta-fakta tentang bulan oktober yang dirangkum cintaihidup.com berikut ini!

1. Asal Nama Oktober

Source: PeteLinforth

Apakah kamu tahu darimana asal nama bulan yang satu ini? Bulan oktober berasal dari kata okta yang artinya delapan. Kenapa delapan? Karena sebelum kalender Gregoria atau kalender bangsa Romawi disempurnakan, mereka hanya memiliki sepuluh bulan dan bulan oktober adalah bulan kedelapan dalam satu tahun. Bulan januari dan februari saat itu tidak dimasukkan dalam kalender karena kedua bulan tersebut hanya musim dingin yang tak berarti bagi bangsa Romawi saat itu.

2. Bulan Kedua Musim Gugur Dan Musim Semi

Source: Huskyherz

Di negara empat musim terjadi pergantian musim setiap tiga bulan sekali dan baik dibagian bumi utara maupun selatan, musim yang dilalui berbeda. di belahan bumi bagian utara bulan oktober adalah bulan kedua musim gugur dimana dibulan ini dedaunan mulai berubah warna. Sementara dibelahan bumi bagian selatan masyarakatnya sedang berada dibulan kedua musim semi ketika bunga mulai tumbuh dan bermekaran.

3. Balapan Bebek Karet

Source: Couleur

Bulan oktober juga memiliki beberapa event unik yang diselenggarakan diberbagai negara msisalnya saja event atau festival yang diselenggarakan di kota Tubingen, Jerman yang satu ini. Dibulan oktober warga Jerman mengadakan balapan bebek karet yang biasa ditemukan di kamar mandi, dan sekitar 7000 bebek karet berwarna-warni akan memenuhi sungai Neckar. Festival ini sukses menyedot perhatian banyak wisatawan dan tentunya festival yang satu ini menjadi salah satu event yang ditunggu dibulan oktober.

4. Bulan Perpustakaan Sekolah Internasional

Source: Pexels

Bulan oktober diperingati sebagai bulan perpustakaan sekolah internasional dan dibulan ini hampir semua perpustakaan sekolah melakukan kampanye untuk menggiatkan kegiatan membaca.  Dibulan ini semua perpustakaan didunia bisa memilih hari mana saja untuk memperingati pentingnya keberadaan perpustakaan di sekolah. Peringatan dan kampanye ini dicanangkan oleh organisasi perpustakaan sekolah internasional atau International School Library Month.

5. The Hunt of Red October

Source: bykst

Mungkin ada banyak film Hollywood atau film diseluruh dunia yang memiliki judul dengan kata oktober. Meskipun demikian hanya film The Hunt of Red October yang disutradarai oleh John Mc Timann dan rilis ditahun 1990 ini adalah satu-satunya film dengan kata oktober yang berhasil meraih piala Oscar ditahun 1991. Film bergenre thriller drama ini diangkat dari novel Tom Clancy ini dan dibintangi oleh Sean Connery.

6. Perdana Menteri Inggris

Source: ErikaWittlieb

Perdana menteri adalah pejabat penting di Inggris dan mereka adalah kepala pemerintahan secara resmi di negara tersebut. Sudah ada banyak perdana menteri Inggris yang menjabat selama ini dan lima perdana menteri Inggris berulang tahun dibulan ini. Jumlah perdana menteri Inggris yang berulangtahun dibulan ini sama jumlahnya dengan  banyaknya perdana menteri Inggris yang berulangtahun di bulan Januari, Maret, Juli dan November.

7. Hujan Di London

Source: Foundry

Negara Inggris adalah salah satu negara yang memiliki empat musim karena berada dibelahan bumi bagian utara. Meskipun sedang mengalami musim gugur dibulan oktober, ternyata hujan selalu turun diminggu terakhir bulan ini dan hujan bisa diturun di hari apa saja diminggu tersebut. Hujan memang jarang turun di Eropa dan kesempatan turun hujan di London pada akhir bulan oktober cukup besar. Kalau di Indonesia hujan bisa turun kapan saja ya!

8. Bulan Pizza Di Amerika

Source: Hans

Siapa yang tak suka pizza? Ternyata di negara Amerika bulan oktober diperingati sebagai bulan pizza. Seperti yang kita ketahui masyarakat Amerika adalah penggemar pizza dan bulan pizza sudah dicanangkan sejak tahun 1984 oleh Gerry Durnell yang merupakan pendiri Pizza Today magazine. For your information, ada sekitar 63.000 gerai pizza yang merayakan bulan pizza di Amerika dan 350 slices pizza habis dikonsumsi setiap detiknya di Amerika. Wah, banyak juga ya!

9. Bunga Calendula

Source: Jastra

Bunga kelahiran atau birth flower dikenal sebagai lambang dari setiap bulan kelahiran. Bunga yang menjadi lambang bulan kelahiran memiliki makna tertentu dan dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi orang yang lahir dibulan tersebut. Bulan oktober memiliki bunga calendula atau yang juga dikneal sebagai bunga marigold. Bunga ini melambangkan perlindungan, kemurnian jiwa, dan keabadian.

10. Batu Opal Dan Tourmalin

Source: Sarakgraves

Selain birth flower, setiap bulan yang ada dalam satu tahun memiliki batu kelahirannya masing-masing. Bulan oktober diwakili oleh dua batu mulia sekaligus yaitu batu opal dan tourmalin. Batu opal adalah batuan silica berwarna putih atau tak berwarna yang melambangkan harapan, kepolosan dan kemurnian. Sementara batuan tourmalin adalah batu permata berwarna gelap yang melambangkan energi dan stamina.

11. Bulan Ternak

Source: Bhakti2

Jika orang Anglo Saxon atau warga Jerman yang menetap di Inggris menyebut bulan ini dengan sebutan wintirfylith atau yang berarti kesempurnaan musim dingin maka orang Welsh menyebut bulan ini dengan nama hydref. Kata hydref sendiri berarti bunyi hewan ternak yang mereka pelihara. Entah kenapa bulan ini disebut dengan nama demikian, mungkin karena dibulan oktober ternak yang mereka pelihara sedang beranak pinak ya!

12. Bayi Laki-laki

Source: Public Domain Pictures

Menurut sebuah survey dan penelitian yang dilakukan di negara Italia, bulan oktober adalah bulan yang paling tepat untuk melahirkan anak laki-laki. Belum ada penjelasan pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi tapi jika kamu adalah seorang ibu yang sedang hamil atau orangtua yang sedang memannti kelahiran anaknya, hari apa saja bisa jadi hari yang baik untuk melahirkan ya! Persiapkan saja segalanya dengan baik.

13. Hanya 21 Hari

Source: ElliotFreeman

Jika bulan September di Inggris pernah hanya memiliki 19 hari ditahun 1752, demikian halnya dengan bulan oktober. Jika saat ini bulan oktober memiliki 31 hari, ditahun 1582 bulan Oktober hanya memiliki 21 hari di benua Eropa. Hal ini adalah sesuai kesepakatan para dewan katolik yang merupakan agama yang paling banyak dianut saat itu di Eropa. Mereka tidak menggunakan tanggal 5 hingga 14 dan karena banyak yang protes saat itu akhirnya mereka juga menggunakan kalender masehi seperti sekarang.

14. Perayaan Halloween

Source: Publicdomainpictures

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah perayaan yang satu ini. Ya, Halloween adalah salah satu perayaan dan festival yang mungkin ditunggu-tunggu terutama di negara Amerika. Meskipun awalnya festival ini diperingati oleh bangsa Celtic kuno, saat ini festival yang dikenal dengan festival hantu ini dirayakan diberbagai negara di dunia pada tepatnya pada tanggal 31 oktober. Di hari Halloween kamu tentunya akan menemukan banyak orang yang berdandan ala hantu dan menyebutkan kata “trick or treats”

15. Libra Dan Scorpio

Source: Kaz

Mereka yang lahir dibulan oktober dinanungi oleh dua rasi bintang yang bintang libra dan scorpio. Bintang atau zodiak libra yang dilambangkan dengan timbangan menaungi mereka yang lahir pada tanggal 23 september hingga 23 oktober sementara bintang scorpio yang dilambangkan dengan hewan kalajengking menaungi mereka yang lahir dibulan oktober tepatnya dari tanggal 23 oktober hingga tanggal 21 november. Apakah kamu salah satu dari pemilik zodiak tersebut? Itulah beberapa fakta tentang bulan oktober yang bisa kamu ketahui. “Have a blessed October ahead”