15 Destinasi Wisata di Pulau Ubin yang Menanti untuk Dikunjungi

By |2018-11-08T22:58:56+00:00April 29th, 2017|Trip and Travel|

@jeffreytumlos

Pulau Ubin adalah pulau kecil yang terletak di sebelah timur laut Singapura dan di sebelah barat Pulau Tekong. Pulau kecil ini menjadi rumah bagi beragam jenis flora dan fauna, bahkan yang langka sekalipun. Pulau Ubin juga salah satu destinasi berkemah yang populer. Ada apa saja sih di Pulau Ubin? Yuk lihat 15 destinasi wisata di Pulau Ubin berikut ini:

1. Chek Jawa


@zackpaterson

Loading...

Chek Jawa merupakan nama dari area lahan basah seluas 100 hektar yang berada di sebelah tenggara Pulau Ubin. Chek Jawa merupakan ekosistem terkaya di Singapura dan merupakan rumah bagi berbagai macam hewan dan tumbuhan. Tadinya akan Chek Jawa akan direklamasi, namun pada tahun 2000, Chek Jawa malah ramai didatangi wisatawan lokal Singapura, sehingga pemerintah SIngapura meninjau ulang rencana reklamasinya. Pada tahun 2001 diumumkan kalau rencana reklamasi tidak akan dilakukan selama tidak dibutuhkan.

Information

  • Name: Chek Jawa
  • Address: Chek Jawa Trail, Pulau Ubin, Singapura
  • Opening hour: 08.30 – 18.00

2. Seagrass Lagoon


@fumiakira

Berada di daerah Chek Jawa, Seagrass Lagoon merupakan laguna dangkal yang dipenuhi dengan tumbuhan rumput laut. Padang rumput laut ini juga menjadi rumah hewan-hewan laut saat air sedang surut. Di laguna ini juga terdapat carpet annemone berukuran lumayan besar dengan warna-warna yang cantik. Pada saat-saat tertentu, di Segrass Lagoon juga bisa ditemukan teripang warna-warni. Jika beruntung, kamu bisa melihat penampakan kepiting, siput, udang mantis, dan cumi-cumi di laguna ini.

Information

  • Name: Seagrass Lagoon
  • Address: Chek Jawa, Pulau Ubin, Singapura

3. Coral Rubble Area


@fumiakira

Coral Rubble Area bisa dibilang area yang paling “kaya” di Chek Jawa sekaligusyang paling rentan. Coral Rubble Area menjadi rumah bagi berbagai macam hewan laut yang lebih suka berada di bawah air. Di Coral Rubble Area, terdapat bintang laut Knobbly, spons laut dalam berbagai bentuk dan warna yang cantik dan terumbu karang hidup. Kudalaut, gurita, siput tak bercangkang, dan cacing laut juga tinggal di area spesial Chek Jawa ini.

Information

  • Name: Coral Rubble Area
  • Address: Chek Jawa, Pulau Ubin, Singapura

4. Mangrove


@thilobalest

Hutan bakau atau mangrove di Chek Jawa punya ragam flora dan fauna yang menarik. Pohon mangrove sendiri pun bentuknya sudah unik karena proses adaptasinya untuk tumbuh di lahan lumpur dan terendam air laut. Dengan dibukanya jalan baru menuju hutan mangrove, pengunjung bisa melihat hutan ini dari dekat. Kamu juga bisa melihat pohon nipah yang juga tumbuh di daerah hutan bakau. Yang menarik kamu juga bisa melihat kepiting uca yang lucu.

Information

  • Name: Mangrove Forest
  • Address: Chek Jawa, Pulau Ubin, Singapura

5. Coastal Hill Forest


@lukasz10

Bukit yang berada di area Chek Jawa ini dipenuhi dengan beragam hewan dan tumbuhan yang sudah jarang ditemui di Singapura. Di bukit ini juga sering terlihat penampakan burung langka, salah satunya adalah Red junglefowl. Di bukit ini juga terdapat tumbuhan langka loh, namanya pohon delek air, pohon ini meliki bunga berwarna biru, pohon ini juga dijuliki Nipis Kulit yang berarti kulit yang tipis karena rantingnya yang juga tipis.

Information

  • Name: Coastal Hill Forest
  • Address: Chek Jawa, Pulau Ubin, Singapura

6. Jejawi Tower


@qimz_z

Jejawi Tower masih berada di area Chek Jawa. Dari atas tower setinggi 20 meter ini, kamu bisa menikmati pemandangan hutan dan laut di sekitarnya. Dari tower ini juga kamu bisa melihat penampakan Johor, Pulau Tekong dan kota Singapura dari kejauhan. Dari sini kamu juga bisa melihat aktivitas burung dan kalau beruntung, bisa melihat monyet.

Information

  • Name: Jejawi Tower
  • Address: Chek Jawa, Pulau Ubin, Singapura
  • Opening hour: 08.30 – 18.00

7. Pekan Quarry


@jeffreytumlos

Pekan quarry dulunya adalah tambang granit yang berada di sebelah selatan Pulau Ubin, lokasinya tidak jauh dari Jelutong Campsite. Tambang yang sudah lama ditinggalkan ini sekarang menjadi salah satu spot foto paling hits di Pulau Ubin, hampir semua pengunjung menyempatkan mampir ke sini untuk sekadar berfoto dilatar belakangi pemandangan perbukitan dan danau.

8. Sensory Trail


@jdavidty

Ubin Sensory Trail merupakan sebuah trek datar sepanjang 1.5 km yang dilengkapi dengan pagar penuntun dan juga petunjuk dalam huruf braille. Ubin sensory trail mulai dibangun dari tahun 1995 untuk memberikan kesempatan bagi para tuna netra untuk menikmati Pulau Ubin melalui indra peraba dan indra penciuman. Di trek ini juga terdapat taman kecil yang dipenuhi dengan pohon buah, dan tanaman obat, di taman ini pengunjung bisa mencoba berbagai macam buah juga. Dulunya trek ini hanya untuk penyandang tuna netra saja, tapi sekarang, trek ini dibuka untuk umum setiap hari Sabtu ketiga setiap bulannya pada jam 09.30. Jangan sampai terlewat ya!

Information

  • Name: Ubin Sensory Trail
  • Address: Pulau Ubin, Singapura
  • Opening hour: Hari Sabtu ketiga tiap bulan, pukul 09.30

9. Mamam Beach


@daddyofdano

Sepanjang pinggir pantai Mamam dikelilingi oleh seawall dan pagar kayu karena dulu, pada tahun 1999, pantai ini pernah terancam longsor yang cukup parah. Dari Mamam Beach, akan terlihat pemandangan indah Johor Bahru. Pantai ini juga dilengkapi dengan kursi dan meja yang bisa digunakan untuk piknik bersama teman atau keluarga sambil menikmati pemandangan. Pantai Mamam juga dilengkapi fasilitas toilet. Pantai Mama juga merupakan salah satu tempat berkemah yang cukup terkenal.

10. German Girl Shrine


@Mothership.sg

Menurut cerita penduduk lokal Pulau Ubin, German Girl Shrine ini dibangun untuk mengenang seorang gadis keturunan Jerman yang merupakan anak dari pemilik kebun kopi di sebelah timur laut Singapura. Gadis ini meninggal dengan tragis saat melarikan diri ke hutan dari pasukan Inggris yang datang untuk merebut kebun kopi milik ayahnya pada tahun 1914, sementara ayahnya dan keluarganya dikirim ke Singapura. Beberapa hari kemudian, jasad gadis ini ditemukan oleh salah satu pekerja perkebunan, dan diperkirakan meninggal karena jatuh dari tebing.

11. Lotus Pond Temple


@tayaco4

The Lotus Pond Temple atau yang dikenal juga dengan nama Wei Tua Fa Gong awalnya dibuat sebagai memoriam untuk mengenang penduduk-penduduk Pulau Ubin sebelumnya yang kini sudah meninggal. Namun karena tempat ini ternyata diminati, maka kemudian diubah menjadi kuil buddha yang kini sudah berusia 80 tahun.  Pemandangan kolam teratai yang berada di tengah-tengah padang bunga yang bermekaran memang jadi daya tarik tersendirj bagi para wisatawan yang mengunjungi Pulau Ubin.

12. House no. 1


@kelvinsliquer

House no 1 merupakan bangunan unik dengan gaya Tudor yang dibangun pada tahun 1930 oleh Langdon Williams, kepala surveyor waktu itu sebagai tempat berlibur. Pada tahun 2003, House No 1 mendapatkan status konservasinya dan pada tahun 2006, house no 1 selesai direstorasi. Sejak tahun 2007, house no 1 menjadi pusat pengunjung Chek Jawa. Rumah yang unik ini juga punya perapian loh, sayangnya perapian ini tidak bisa digunakan lagi karena cerobongnya dihuni sekelompok kelelawar langka.

13. Jelutong Campsite


@myjollyshandy

Lokasi perkemahan Jelutong Campsite berada tidak jauh dari Dermaga Pulau Ubin, hanya diperlukan berjalan kaki selama 10 menit dari untuk mencapai Jelutong Campsite. Lokasi perkemahan ini cukup populer dan lumayan ramai, tapi garis pantainya juga panjang jadi bisa memuat cukup banyak tenda. Saat membangun tenda, pastikan tendamu berada cukup jauh dari bibir pantai, karena pada malam hari, air pasangnya cukup tinggi. Tidak mau kan tendamu basah karena terkena ombak?

Information

  • Name: Jelutong Campsite
  • Address: Pulau Ubin, Singapura
  • Access: 10 menit jalan kaki dari dergama Pulau Ubin

14. Ketam Mountain Bike Park


@weeejay

Jika kamu suka bersepeda, maka Ketam Mountain Bike Park jadi lokasi yang wajib dikunjungi. Ketam Mountain Bike Park merupakan trek bersepeda pertama di Singapura yang memenuhi standar untuk kompetisi sepeda gunung. Taman ini berada di tanah seluas 45 hektar, dengan trek sepeda gunung sejauh 10 km yang bisa mengakomodasi aktivitas pengunjungnya, baik untuk bersepeda santai ataupun untuk kompetisi internasional. Trek ini dibangun berdasarkan standar dari International Mountain Bicyling Association (IMBA).

15. Bukit Puaka


@ho_steven

Bukit Puaka merupakan titik tertinggi di Pulau Ubin dengan ketinggian 74 meter. Dari puncaknya, akan terlihat pemandangan tambang granit dan juga pemandangan Singapura dan Malaysia dari kejauhan. Jika hari cerah, maka kamu bisa melihat Changi dan bahkan gedung-gedung tinggi di distrik bisnis Singapura. Jalan menuju puncak Bukit Puaka tidak ditandai karena sebenarnya tidak dianjurkan untuk mendaki bukit ini. Trek menuju puncak pun sempit dan agak curam.

Beragam sekali kan isi dari pulau kecil ini, mulai dari hewan dan tumbuhan langka sampai kuil untuk mengenang seorang gadis Jerman. Kalau berkunjung ke Singapura, sempatkan juga mampir ke Pulau Ubin ya! Have a good trip and travel!

Loading...