15 Ciri Unik Dari Tiap Jenis Burung Lovebird: Violet, Biola, Putih, Biru, Lutino, Emas

By |2018-11-08T15:36:43+00:00March 30th, 2017|Uncategorized|

LovebirdSource: wikimedia

Para pembaca yang setia, jumpa lagi dengan saya di artikel dalam kategori baru ini, yakni “Pengetahuan”. Kali ini, kita akan membahas mengenai 15 jenis burung lovebird, yakni burung yang ke mana-mana selalu berdua-duaan seperti pasangan kekasih yang sedang kasmaran. Adapun pembahasan kali ini adalah ciri-ciri unik yang membedakan dari jenis burung lovebird, yakni violet, biola, putih, biru, lutino, dan emas atau yang biasa kita sebut dengan palamas, sebagai berikut:

1. Mirip Dengan Lovebird Berwarna Biru

Violet mask and White violet mask lovebirds

Posted by Edward AH Chong on Thursday, July 30, 2015

Jenis lovebird yang pertama yang akan saya bahas adalah lovebird violet, di mana kalau dilihat sekilas, lovebird satu ini memiliki banyak kesamaan dengan lovebird berwarna biru. Bedanya, warna sayap lovebird hasil kawin campur antara lovebird berwarna biru dengan jenis lovebird dengan warna lain ini adalah semu ungu, dan badannya pun berwarna putih. Sebagai hasil kawin campur yang melibatkan lovebird berwarna biru, mata lovebird jenis violet juga biru, yang terkadang membuatnya susah dibedakan dengan lovebird berwarna biru (terutama yang jantan).

2. Terkenal Dengan Suaranya Yang Nyaring

Salah satu ciri khas yang mencolok dari lovebird berwarna violet adalah suaranya yang nyaring. Hal ini terbukti dari sekian banyak siaran yang melibatkan lovebird violet, yakni kesukaan lovebird tipe primadona ini untuk memperdengarkan suaranya yang indah. Parasnya yang sekilas mirip dengan kakatua atau jalak bali membuatnya cocok apabila disandingkan dengan burung kakatua yang suka mengobrol dan melucu dengan manusia-manusia yang lewat di sekitar mereka.

3. Memiliki Sub-Variasi Lain Pastel Violet

Lovebird violet tidak berjalan sendirian tanpa sub-variasinya yang lain. Salah satu sub-variasi yang terkenal dari lovebird violet adalah pastel violet, di mana warna lovebird pastel violet lebih muda dibandingkan dengan lovebird violet pada umumnya. Demikian juga pada bagian rambut kepalanya akan berwarna agak kemerah mudaan, sedangkan lovebird violet biasa akan berwarna putih bercampur hitam pekat di sekitar bagian matanya yang biru. Sebagaimana lovebird violet biasa, lovebird pastel violet juga memiliki iris mata berwarna biru.

4. Paling Banyak Digemari Pecinta Lovebird


Source: DickDaniels

Jenis lovebird biola ini adalah salah satu jenis lovebird yang paling mahal, namun di saat yang sama juga banyak pecinta lovebird yang memburunya. Tidak usah jauh-jauh dengan menjadi kolektor lovebird, orang awam saja dapat dibuat jatuh cinta dengan penampilan lovebird yang namanya mirip dengan salah satu nama instrumen musik ini. Maklum saja, mengingat kombinasi merah-oranye dan semburat hijaunya yang sedemikian menyatu dengan rapi dan harmoni, membuat lovebird biola tampil cantik baik jantan maupun betinanya.

5. Musiknya Adalah Tawanya


Source: Mertie .

Yang paling khas dari lovebird yang menjadi artis naik daun di kalangan para pecinta lovebird ini adalah suara tawanya yang dapat menjadi panjang apabila dirawat dengan baik. Maka, salah besar bagi mereka yang mengatakan kalau nama biola pada lovebird berbulu dan berpenampilan indah ini hanya sekedar hiasan untuk penglaris saja, karena toh mereka juga dapat menghasilkan musik berupa tawa ngakak mereka yang sangat enak dan indah untuk didengar.

6. Menjadi Fitur Dalam Salah Satu Situs Kepribadian


Source: Michael Dorausch

Situs kepribadian yang saya maksudkan adalah situs kepribadian yang engine-nya dibuat oleh Dr. Phil, salah satu tokoh psikologi terkenal di Amerika Serikat. Dengan teorinya yang mutakhir, situs kepribadian ini dapat melihat pada pasangan seseorang yang ideal sesuai dengan karakter hewan mereka, di mana kecocokan antar hewan pasangan dilambangkan oleh lovebird jenis biola. Kalau kecocokannya tinggi, maka lovebird-nya akan terpajang indah, sebaliknya kalau sangat-sangat tidak cocok, bersiaplah melihat bangkainya yang sangat mengerikan.

7. Sekilas Seperti Burung Merpati

Ukuran lovebird putih yang kurang lebih sama dengan burung merpati didukung dengan warna bulunya yang seluruhnya atau hampir seluruhnya berwarna putih membuat kita yang tidak seberapa mengetahuinya salah mengira sebagai burung merpati. Namun, tetap saja lovebird maupun burung merpati dapat dibedakan, caranya adalah melihat apakah mereka dapat hidup sendirian atau berpasangan. Merpati tidak akan ada masalah dengan ataupun tanpa pasangannya, sementara lovebird akan selalu membutuhkan kehadiran pasangannya, meskipun itu adalah lovebird putih.

8. Cocok Dengan Hampir Semua Jenis Lovebird

Hampir semua di antara kita tahu kalau putih adalah warna dasar di mana hampir semua warna dapat bercampur dengan indah dengan warna putih. Hal tersebut tidak hanya berlaku untuk kanvas saja, namun juga berlaku untuk lovebird berwarna putih. Dengan memiliki dominan warna dasar, lovebird ini cocok berpasangan dengan hampir semua jenis atau warna lovebird yang ada, kecuali hitam. Menurut pikiran dan bayangan saya, perkawinan lovebird putih dengan hitam akan menghasilkan lovebird belang yang mungkin tidak kompetitif dalam lomba lovebird.

9. Alternatif Pengganti Lovebird Biola

Lovebird biola sudah habis diburu oleh pecinta lovebird lainnya? Jangan khawatir, karena sebenarnya jenis lovebird yang indah tidak hanya lovebird biola saja. Setelah saya mencari-cari ke berbagai tempat, saya menemukan kalau lovebird berwarna biru tidak kalah cantiknya dengan lovebird biola yang mungkin telah menjadi mainstream. Tersedia dalam berbagai macam gradasi warna biru, lovebird biru jantan maupun betina akan selalu siap dalam menceriakan hari-hari Anda para pecinta lovebird.

10. Warna Paruhnya Dapat Berubah


Source: Sooooophiesticated

Kecantikan lovebird biru tidak hanya terletak pada warnanya yang indah dan tidak biasa, namun juga pada warna paruhnya yang dapat berubah sesuai dengan bertambahnya usia. Sebagaimana berbagai sumber tentang lovebird mengatakan, paruh lovebird yang masih belia akan berwarna oranye. Dengan kata lain, semakin muda usia lovebird tersebut, semakin terang warna oranye pada paruhnya yang rata-rata berukuran kecil. Sebaliknya, semakin tua, warna oranyenya akan semakin memudar dan perlahan berubah warna menjadi putih.

11. Memiliki Sub-Variasi Yang Paling Banyak


Source: big-ashb

Jangan disangka lovebird violet sebagai “turunan” dari lovebird biru saja yang memiliki sub-variasi banyak. Di negara Indonesia di mana variasi antar fauna adalah hal yang biasa, lovebird biru juga memiliki banyak sub-variasi, bahkan dari yang saya lihat, lovebird dengan warna unik satu ini sub-variasinya paling banyak kalau dibandingkan dengan jenis warna lovebird lainnya. Begitu banyaknya sehingga sepertinya mustahil bagi kita untuk menghafal satu per satu sub-variasi dari lovebird biru, namun di antara sekian banyak sub-variasi lovebird biru, yang paling laris adalah biru cobalt dan biru dakocan, karena kedua sub-variasi lovebird biru ini memiliki penampilan yang lucu dan menarik.

12. Lovebird Yang Identik Dengan Kelembutan


Source: Brian Taylor

Alasan saya mengatakan lovebird lutino identik dengan kelembutan lebih banyak menekankan pada warna dasar dari lovebird lutino itu sendiri. Lewat berbagai gambar lovebird lutino yang saya lihat, saya mendapati lovebird lutino memiliki warna dasar yang lembut dan kalem, sehingga dapat menenangkan pikiran siapapun yang melihatnya. Warna lembut dari lovebird lutino juga ramah bagi mata orang, sehingga tidak membuat sakit mata siapapun yang melihatnya.

13. Terkenal Dengan Matanya Yang Unik


Source: Alastair Rae

Dari hasil googling, saya dapat melihat banyaknya pembahasan mengenai mata lovebird lutino, yang menandakan lovebird satu ini memiliki keistimewaan di bagian matanya. Ada yang mengatakan mengenai bintik hitam di matanya, ada juga yang mengatakan kalau lovebird bermata merah (bukan karena sakit mata) adalah lovebird yang istimewa. Apapun jenis mata lovebird lutino, lovebird lutino tetaplah salah satu lovebird dengan bulu terindah yang kehadirannya dapat menyaingi lovebird biola.

14. Tidak Sekedar “Emas”


Source: Nha Le Hoan

Lovebird emas atau yang biasa dikenal sebagai lovebird palamas atau kepala emas kenyataannya tidak memiliki warna bulu kepala yang sepenuhnya emas. Justru, salah satu jenis lovebird yang anti-mainstream ini sekilas memiliki banyak kemiripan dengan lovebird biola maupun lutino. Kenyatannya, yang membedakan adalah warna gradasi oranye dan kuning yang melekat di sekujur kepala hingga separuh badannya, serta ukurannya yang lebih kecil dan gemuk dibandingkan lovebird lutino dan biola.

15. Pilihan Ekonomis Bagi Pecinta Lovebird


Source: Thanate Tan

Karena keindahan dan keunikan perawatannya, hampir semua jenis lovebird yang bagus, cantik, dan indah memiliki harga yang selangit, yakni lebih dari 1 juta. Bagaimana untuk para penghobi lovebird yang ingin memiliki lovebird, namun tidak memiliki cukup biaya untuk membelinya? Untungnya, lovebird emas atau palamas ini berada di kisaran harga 400 hingga 500 ribu rupiah untuk lovebird yang masih anakan. Lagipula, lovebird emas anakan lebih lucu dan menggemaskan serta ramah bagi anak-anak.

Kelima belas poin yang saya paparkan terkait jenis-jenis burung lovebird di atas telah mencakup ciri-ciri unik dari setiap jenis-jenis burung lovebird yang paling indah, unik, maupun banyak diburu oleh para pecinta atau penghobi lovebird. Dengan menginformasikan ciri-ciri unik untuk masing-masing jenis burung lovebird yang ada di pasaran, yakni violet, biola, putih, biru, lutino, dan emas, saya harapkan artikel ini dapat menjadi referensi bagi kita semua untuk menentukan jenis lovebird mana yang akan kita beli selanjutnya.

Jangan lupa juga untuk merawat lovebird, karena lovebird memiliki natur yang lembut serta membutuhkan perawatan spesial. Dengan menyayangi lovebird yang Anda miliki, Anda akan belajar untuk menyayangi sesama makhluk hidup yang ada di bumi. Bagaimanapun juga, lovebird tetaplah makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang. Apakah Anda setuju?