15 Cara Menghilangkan Keriput pada Wajah

By |2018-11-07T23:49:13+00:00April 7th, 2017|Beauty|

Source: viganhajdari

Usia memang tidak bisa berbohong. Ketika memasuki usia 30 tahun, biasanya tanda tanda penuaan akan mulai terlihat. Keriput pada wajah adalah salah satu tanda penuaan yang tidak bisa dihindari. Biasanya keriput muncul didaerah sekitar mata, dahi dan mulut. Meskipun merupakan hal pasti, namun keriput bisa dicegah agar tidak terlalu terlihat. Berikut kami sajikan 15 cara menghilangkan keriput pada wajah.

1. Gunakan Sunscreen

Source: MonikaP

Sinar UV dari matahari adalah musuh utama kulit kita. Bukan hanya menghitamkan, ternyata sinar matahari juga salah satu penyebab utama timbulnya tanda tanda penuaan pada kulit. Sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. Efeknya lebih besar pada orang berkulit putih, namun bukan berarti orang yang memiliki kulit coklat atau gelap tidak beresiko juga. Oleh karena itu sering gunakan sunscreen untuk menjaga kesehatan kulit dari sengatan sinar matahari.

2. Rutin Membersihkan Wajah

Source: RyanMcGuire

Selain menghindari sinar matahari, cara menghilangkan keriput yang lain adalah membersihkan wajah. Pembersihan wajah menggunakan pembersih atau facial foam dapat menghilangkan kotoran dan minyak, secara tidak langsung mencegah timbulnya keriput. Namun perlu diingat, gunakan pembersih yang ringan dan cukup dibersihan 2x sehari. Penggunaan berlebihan justru akan membuat kulit iritasi.

3. Gunakan Toner dan Pelembab

Source: stevepb

Cara menghilangkan keriput selanjutnya adalah dengan menggunakan toner setelah membersihan wajah. Toner berguna untuk merapatkan kembali pori pori kulit yang terbuka saat wajah dibersihkan. Setelah menggunakan toner, ratakan pelembab keseluruh wajah. Ini dapat membantu mengembalikan kelembaban kulit yang hilang saat pembersihan wajah.

4. Hindari Rokok

Source: Geralt

Rokok memiliki efek yang buruk bagi kulit. Senyawa yang dikandung rokok banyak mengandung racun yang dapat merusak sel kulit. Penelitian juga menunjukkan bahwa asap rokok dapat menguraikan senyawa yang menjaga elastisitas kulit. Pemaparan rokok terus menerus dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya dan lebih mudah berkeriput. Oleh karena itu sebaiknya hindari kesempatan menjadi perokok aktif maupun pasif.

5. Perbaiki Jadwal Tidur

Source: dagon_

Benarkah kurang tidur dapat menyebabkan wajah berkeriput? ternyata hal itu memang benar. Pada saat kita tidur, tubuh mengeluarkan hormon pertumbuhan yang penting untuk membantu perbaikan sel yang rusak. Sebaliknya jika tubuh kekurangan waktu tidur, kortisol akan dilepaskan. Kortisol dapat merusak sel sel kulit. Posisi tidur juga mempengaruhi. Posisi tidur sebaiknya dengan telentang. Tidur menyamping dan tengkurap dapat menyebabkan keriput pada salah satu sisi wajah dan dahi.

6. Perbanyak Konsumsi Buah

Source: deluxtrade

Buah buahan khususnya yang berwarna merah seperti beri, buah naga dan tomat kaya akan vitamin C dan antioksidan. Senyawa antioksidan dapat membantu tubuh memperbaiki diri dan mencegah timbulnya tanda tanda penuaan dini. Selain itu antioksidan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh. Kamu juga bisa membuat infused water yang memiliki manfaat serupa dengan mengonsumsi buah secara langsung.

7. Kurangi Kebiasaan Mengerutkan Dahi

Source: PublicDomainPictures

Disadari atau tidak kebiasaan kita saat mengerutkan dahi dapat memicu timbulnya keriput. Kerutan kulit saat mengerutkan dahi, lama kelamaan akan menjadi garis permanen dan membentuk keriput. Jika kalian sering melakukan ini, hentikan sekarang. Sebenarnya bukan hanya saat mengerutkan dahi saja, saat kita cemberut dan tersenyum kulit wajah mulai membentuk garis halus yang nantinya menjadi keriput.

8. Konsumsi Coklat

Source: Jill111

Penelitian membuktikan bahwa coklat mengandung 2 senyawa aktif yaitu epikatkin dan katekin. Dua senyawa ini berperan untu melindungi kulit dari kerusakan. Senyawa tersebut juga meningkatkan sirkulasi darah, menjaga kelembaban dan membuat kulit terlihat lebih halus. Jadi jika kamu penggemar kopi atau teh, sebaiknya ganti minuman itu dengan coklat hangat. Keuntungan lainnya, coklat juga dapat membuat mood lebih baik.

9. Perbanyak Konsumsi Makanan Sumber Protein

Source: meditations

Cara menghilangkan keriput lainnya adalah memperbanyak konsumsi makanan sumber protein seperti daging dan kacang keledai. Protein adalah bahan utama pembangun sel. Sehingga, konsumsi banyak makanan kaya protein menjadi syarat penting untuk menghilangkan keriput dikulit wajah. Selain itu daging ikan juga banyak mengandung omega-3, salah satu asam lemak yang memiliki fungsi menjaga kelembaban dan kehalusan kulit.

10. Perbanyak Konsumsi Sayuran

Source: jill111

Vitamin K dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Banyak penelitian menunjukkan vitamin K dapat meningkatkan elastisitas kulit, khususnya bagi wanita diatas usia 30 tahun. Vitamin K dapat ditemukan diberbagai sayuran yang ada dirumahmu. Carilah sayuran dengan warna hijau seperti brokoli, bayam atau kubis hijau. Ini juga cara menghilangkan keriput yang cocok bagi para vegan dan vegetarian.

11. Perbanyak Air Putih

Source: priyanka98742

Bukan rahasia lagi bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Jika tubuh kekurangan air, maka sel sel tubuh akan mulai mengalami dehidrasi. Jika kondisi ini terus menerus terjadi, maka yang paling terlihat adalah sel kulit. Sel kulit akan terlihat kusam, kering dan mudah mengelupas. Keriput juga akan muncul lebih jelas karena kondisi ini. Sebaiknya konsumsi 8 gelas air putih sehari untuk menjaga kulitmu tetap terhidrasi.

12. Hindari Minuman Beralkohol

Source: Concord90

Mengonsumsi alkohol adalah salah satu kebiasaan jelek yang harus dihindari. Sama halnya dengan merokok, senyawa dalam alkohol juga dapat merusak sel sel dalam tubuh. Konsumsi secara berlebihan juga dapat membahayakan ginjal. Banyak terjadi kasus pecahnya pembuluh darah pada tubuh pemabuk. Ini dapat menggambarkan sebagian kecil efek yang terjadi dalam tubuh.

13. Kurangi Stres

Source: StartupStocPhotos

Dengan banyaknya tuntutan dan tekanan kerja, stres tentu tidak bisa dihindari. Padahal stres merupakan awal masalah pada tubuh. Stres dapat menyebabkan insomnia bahkan hipertensi. Selain itu, ternyata stres juga memicu munculnya keriput pada wajah. Ini wajar karena saat stres atau berpikir keras, orang sering mengerutkan dahi atau menopang dagu. Kedua kebiasaan inilah yang membuat keriput muncul lebih cepat.

14. Gunakan Perawatan yang Tepat

Source: chezbeate

Perawatan kulit yang sedang kamu pakai juga mempengaruhi muncul tidaknya keriput pada wajah. Pada setiap tahapan usia, kebutuhan kulit juga berbeda beda. Oleh karena itu sebaiknya kamu melihat lagi komposisi krim yang sedang dipakai. Bahan yang biasanya digunakan untuk menghilangkan keriput antara lain retinoid, idebenone atau AHA. Kamu juga bisa memilih krim perawatan yang mengandung vitamin khususnya vitamin A dan E.

15. Konsultasian Spesialis Kulit

Source: valelopardo

Jika kamu akan memasuki usia 40 tahun, perawatan biasa tidak akan dapat menghilangkan keriput secara instan. Namun dengan makin berkembangnya teknnologi kesehatan, kini kamu dapat memilih berbagai perawatan yang dapat menghilangkan keriput secara cepat. Ada banyak perawatan yang bisa dipilih seperti botox, wrinkle filler, atau laser. Sebelum memilih perawatan yang tepat, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter spesialis kamu.

Demikian 15 cara menghilangkan keriput di wajah. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pertimbangkan. Mulai dari mengubah gaya hidup, cara perawatan pribadi hingga penanganan dokter spesialis. Langkah yang teraman adalah dengan mulai mengubah gaya hidup. Namun jika ingin melakukan proses yang cepat, sebaiknya konsultasian dengan dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.