15 Cabang Olahraga Ini Paling Populer di Indonesia

By |2018-11-08T02:38:55+00:00April 1st, 2017|Lifestyle|


Source: Jarmoluk

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara dengan banyak sekali jenis cabang olah raga. Tak hanya satu atau dua, masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat pencinta dan penggiat olah raga sejak era tahun 60-an dulu. Saking tingginya minat masyarakat, baik itu untuk menonton atau melakukan kegiatan olah raga, di setiap daerah di Indonesia pasti setidaknya memiliki gelanggang olah raga yang aktif digunakan, lengkap dengan tim regional dari kota dan daerah masing-masing.

Nah dari sekian banyak cabang olahraga di Indonesia ini, ada beberapa yang benar-benar memiliki popularias tinggi. Popularitas sebuah cabang olah raga ditentukan oleh banyak hal. Dalam daftar yang kami miliki dibawah ini, popularitas sebuah cabang olahraga dinilai dari tingginya minat masyarakat serta banyaknya yang memainkan olahraga tersebut. Tak perlu berlama-lama lagi, simak 15 jenis permainannya dibawah ini.

Loading...

1. Golf


Source: Angelica_online

Golf merupakan salah satu jenis olahraga, yang meskipun di beberapa kalangan di Indonesia belum dikenal namun memiliki peminat yang cukup banyak. Salah satu bukti popularitas dari permainan olahraga ini, semakin banyaknya dibangun arena bermain golf di berbagai daerah di tanah air. Belum lagi, kompetisi pertandingan golf yang sudah mulai sering digelar di Indonesia. Tak itu saja, beberapa nama pemain golf profesional dari Indonesia pun sempat masuk ke kelas kompetisi Internasional. Meskipun belum mampu membawa penghargaan bergengsi mengharumkan nama bangsa.

Jenis olah raga yang dikenal “mahal” ini, seru untuk ditonton. Meskipun untuk bermain golf memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Mengingat harga peralatan dan harga sewa lapangan golf yang terbilang mahal.

2. Berkuda


Source: cedroc

Olahraga berkuda mulai kembali menarik perhatian setelah beberapa nama rider berkuda yang masuk ke kompetisi internasional. Selain itu, jenis olahraga yang dipercaya mampu menurunkan berat badan dan membentuk bangun tubuh menjadi lebih tegap dan ramping ini pun mulai kembali meraih popularitas setelah beberapa nama selebritis, hingga publik figur dan politikus mengaku menggemari jenis olahraga ekstrim satu ini.

Arena pacuan kuda pun sudah banyak tersebar di Indonesia. Untungnya lagi bagi para penggemar olah raga berkuda, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jenis kuda pacuan terbaik di dunia, setelah Australia loh. Jadi, sudah mulai kepincut untuk bermain olahraga berkuda?

3. Lari


Source: RyanMcGuire

Olahraga lari mulai mencapai puncaknya dalam lima tahun terakhir. Di sederet kota besar Indonesia pun mulai disediakan arena untuk para penggemar lari atau pun jogging ini. Olah raga lari sendiri, digemari tak melulu untuk berkompetisi. Namun lebih pada alasan kesehatan. Termasuk dalam jenis olahraga kardio, lari dipercaya mampu membantu proses metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh. Selain juga, lari mampu membentuk tubuh menjadi ramping, olahraga ini pun sangat baik untuk kesehatan tulang dan jantung.

Kompetisi lari kelas nasional pun sudah mulai banyak digelar dalam beberapa tahun terakhir. Termasuk juga event hingga kegiatan maraton tahunan yang diikuti oleh para penggemar lari dari seluruh Indonesia.

4. Sepeda


Source: skeeze

Bersepeda memang seakan menjadi satu olahraga yang begitu sederhana. Selain sederhana dan mudah, jenis olahraga ini pun populer di Indonesia yang masih menjadikan sepeda sebagai salah satu mode transportasi. Popularitas olahraga sepeda ini semakin meningkat dari beberapa tahun terakhir. Bermula dari sekitar satu dekade lalu ketika cabang olahraga ini mulai digemari kembali oleh para anak muda dengan hadirnya berbagai jenis sepeda yang lebih modern dan berdisain keren.

Olahraga bersepeda pun semakin berkibar setelah pemerintah di beberapa daerah menggalakkan aksi bike to work, yang bertujuan menjadikan warga kota lebih sehat dengan bersepeda, sekaligus mengurangi kemacetan dan polusi. Win win solution yang cerdas, bukan?

5. Selancar


Source: pexels

Selancar, alias surfing menjadi satu lagi olahraga yang mulai populer di Indonesia. Sebagai negara yang memiliki banyak sekali pantai, Indonesia terkenal sebagai salah satu lokasi surfing atau selancar terbaik di dunia. Tak heran bila olahraga ini pun meraih popularitas yang tinggi. Popularitas cabang olahraga ini juga berkat adanya beberapa kompetisi kelas dunia yang digelar secara tahunan di Indonesia. Terutama di daerah selatan pulau Jawa dan di pulau Bali.

Tapi memang seru bukan, menghabiskan waktu di pantai sembari berolah raga selancar?

6. Renang


Source: Tpfdeve

Olahraga renang pun memiliki jumlah penggemar yang tak sedikit di tanah air. Saking populernya, jenis olah raga satu ini bahkan juga diajarkan secara khusus sebagai tambahan kegiatan ektrakulikuler di berbagai tingkatan pendidikan.

Popularitas olah raga renang ini untungnya diimbangi dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapat. Termasuk dalam jenis olahraga kardio, renang dipercaya mampu menurunkan berat badan, menyehatkan jantung dan sistem pernafasan, serta memperbaiki postur tulang yang buruk. Sayangnya dari keuntungan tersebut, renang juga memiliki efek yang cukup membahayakan pada kulit. Karena itu, jangan lupa mengenakan sunscreen ketika tengah berenang ya.

7. Voli


Soure: keithjj

Jenis olahraga satu ini memberikan banyak sekali kebanggaan pada Indonesia. Sederet penghargaan dibawa pulang oleh para atlit dari cabang olah raga satu ini. Populernya voli memang seiring dengan banyaknya penghargaan yang diraih untuk cabang olah raga tersebut. Selain itu, voli juga memiliki banyak penggemar yang secara rutin memainkan cabang olah raga satu ini.

Bermain olah raga voli cukup mudah. Ada dua jenis permaiann olahraga voli yang bisa dilakukan, yang pertama voli pantai dengan hanya 2 orang pemain pada masing-masing tim dan permainan voli dengan 6 orang di masing-masing timnya. Namun peraturan untuk kedua jenis permainan voli ini bisa dibilang sama saja.

8. Tenis


Source: djimenezhdez

Ada dua jenis permainan tenis, yang mana keduanya mendapatkan popularitas yang nyaris sama. Yang pertama ada cabang olahraga tenis, dan yang berikutnya terdapat cabang olahraga tenis meja. Pembahasannya dibawah ini.

Tenis

Cabang olah raga satu ini sudah mulai dikenal sejak tahun 70-an. Yang mana saat ini, Indonesia berada di puncak untuk beberapa cabang olahraga. Olahraga tenis kerap kali disamakan dengan bulutangkis, karena keduanya sama-sama menggunakan lapangan yang dibagi menjadi dua tim berbeda, dan juga menggunakan jaring untuk memisahkan tim yang satu dengan yang lain.

Yang membedakan dari dua jenis olahraga padahal adalah bola dan kuk yang digunakan. Tenis menggunakan bola sebagai alat bermain, sedangkan bulu tangkis menggunakan kuk. Selain juga tinggi jaring dan besarnya lapangan untuk kedua cabang olahraga tersebut berbeda.

Tenis Meja

Tenis meja sama sekali berbeda dengan jenis cabang olahraga tenis biasa. Jenis olahraga ini menggunakan meja, dan bukannya lapangan. Selain itu, raket yang digunakan juga jenisnya berbeda.

9. Tinju


Source: skeeze

Tinju! Tinju membawa nama Indonesia sangat harum di dunia internasional berkat sederet penghargaan yang diraih oleh para atlet tinju dari tanah air. Saking populernya olahraga satu ini, saluran televisi Indonesia biasanya menyiarkan secara langsung bila ada beberapa pertandingan tinju populer. Penggemar olahraga ini yang sangat banyak juga menjadikan sanggat berlatih tinju tumbuh subur di tanah air.

Meski populer, olahraga tinju di tanah air masih dikenal sebagai olahraga ekstrim yang hanya menjadi dunia laki-laki. Meskipun sudah ada beberapa nama petinju wanita yang sudah meraih banyak prestasi nasional dan internasional pula.

10. Silat

Olahraga asli dari Indonesia ini mendapatkan banyak sekali peminat. Terlebih dalam beberapa tahun terakhir ketika dunia hiburan Indonesia mulai memasukan elemen dari olahraga silat. Misalnya saja pada film The Raid, yang menunjukan olahraga silat sebagai salah satu daya tarik utamanya. Masih mengenai olahraga silat, olahraga yang termasuk dalam cabang bela diri ini banyak dilatih pada anak-anak dari usia 10 tahun. Di usia tersebut dipercayai, anak akan lebih mudah meresap dan memperlajari gerakan silat yang sarat akan tenaga.

11. Catur


Source: stevepb

Berbeda dengan jenis olahraga yang lain yang berpusat menggunakan tubuh, maka catur justru bisa dibilang sebagai olahraga otak. Dimainkan oleh dua orang, pada cabang olahraga ini pemain harus berusaha mengatur pergerakan bidak-bidak catur yang ada di papan untuk bisa mengalahkan lawan. Selain itu, pada olah raga ini juga harus dipelajari jalan langkah hingga tipe pergerakan dari masing-masing bidak yang ada.

Catur merupakan olahraga sederhana yang tak memerlukan banyak hal untuk bisa dimainkan. Cukup ada dua orang pemain, dan papan catur. Karena itu tak heran bila jenis permainan ini pun memiliki banyak sekali pemain.

12. Futsal


Source: kai_niteand_day

Berikutnya jenis olahraga yang sudah mulai mendapatkan banyak penggemar. Olahraga futsal kerap kali dianggap sama dengan jenis olahraga sepak bola, padahal faktanya kedua jenis olahraga ini berbeda. Futsal dimainkan di dalam ruangan, tepatnya di lapangan indoor khusus. Yang digunakan pun bukan rumput biasa seperti pada lapangan olahraga. Karena itu sepatu yang digunakan untuk olahraga ini pun berbeda. Selain itu aturan dan jumlah pemain pada olahraga futsal juga berbeda.

Olahraga ini mendapatkan popularitas tinggi bisa dilihat dari banyaknya lapangan futsal yang ada di berbagai kota besar di tanah air. Selain juga terdapat banyaknya kompetisi futsal baik itu segala nasional hingga internasional.

13. Bulutangkis


Source: annca

Olahraga bulutangkis sudah tak diragukan lagi sebagai olahraga paling populer di Indonesia. Tak hanya baru-baru ini, jenis olahraga ini sudah menjadi sangat populer setelah memberikan banyak kebanggaan dan prestasi untuk Indonesia. Tak terhitung lagi berapa banyak emas, perunggu, dan perak yang diraih oleh atlet bulutangkis untuk Indonesia.

Selain itu, olahraga ini juga digemari dan seringkali dimainkan oleh warga Indonesia. Terutama pada sore ini. Kepopuleran jenis olahraga ini dan seringnya dimainkan salah satunya karena mudahnya permainan dan hanya membutuhkan raket serta rekan bermain saja.

14. Basket


Source: taoonex

Basket pun menjadi satu olahraga dengan jumlah penggemar dan pemain yang tak sedikit. Olahraga ini saking terkenalnya banyak sekali digelar kompetisi basket, terutama di kalangan remaja untuk tingakatan sekolah. Tapi tak itu saja, olahraga basket pun sudah banyak dikompetisikan secara nasional maupun internasional. Menariknya, selain kompetisi pemain basket pun berasal dari segala kalangan. Dan popularitas dari permainan ini bisa disaksikan dari banyaknya lapangan atau area bermain basket. Tak hanya dari skala perkotaan, bahkan dari daerah perumahan.

15. Sepak bola


Source: keithjj

Terakhir, sepak bola. Popularitas cabang olahraga ini di Indonesia sudah bukan rahasia lagi pastinya. Sudah banyak sekali penggemar dari permainan satu ini. Kepopuleran sepak bola bisa dilihat dari banyak segi, mulai dari banyaknya fans dari klub sepak bola, baik itu klub internasional, klub dari negara lain, hingga klub sepak bola lokal. Selain itu juga banyaknya jenis pertandingan dan kompetisi sepak bola. Baik dari internasional yang ditayangkan di Indonesia, hingga kompetisi yang dimainkan dan diikuti oleh tim dari negeri ini. Dan pastinya kompetisi nasional yang jumlahnya tak kalah banyak, dari lapisan usia berbeda.

Itu saja? Belum. Olahraga sepakbola pun menjadi salah satu olahraga yang paling banyak dimainkan di Indonesia. Tak heran bila disebut sepakbola bukan sekedar olahraga biasa, sepakbola adalah bagian dari gaya hidup di Indonesia.

15 daftar olahraga populer di Indonesia tersebut tak dihadirkan secara urut. Dan pastinya, kamu mungkin memiliki jenis olahraga favorit tersendiri yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Bukan begitu?

Loading...