15 Budaya Jepang Yang Unik dan Menarik

By |2019-11-18T15:20:49+00:00November 18th, 2019|Knowledge|


Source: sasint 

Jepang memang terkenal dengan animenya, banyak orang orang diseluruh dunia bahkan yang mendominasi adalah pria sangat menyukai anime. Bahkan ada yang hingga menikahi anime,tidak hanya anime yang dapat menarik perhatikan orang-orang. Namun, beberapa budaya dan tradisi Jepang yang unik, membuat orang-orang di seluruh dunia tertarik untuk melihat dan mengikuti kebudayaan dan tradisi di jepang. Nah berikut ini adalah 15 budaya Jepang yang unik dan menarik :

1. Ikebana


Source: PAULADINIZ

Loading...

Ikebada juga salah satu budaya Jepang, ikebana adalah kesinian merangkai bunga. Di negara Jepang bunga adalah hal yang istimewa, meraka selalu meletakan bunga yang sudah diangkai di altrar utama. Orang jepang percaya bahwa bunga adalah tempat bersembayam tuhan. Pada awalnya ikebana di rangkai dengan sederhana dan langsung meletakan di altar utama. Namun, dijaman sekarang ini ikebana mulai rumit saat dirangkai, bahkan ada beberapa yang harus dipelajari untuk merangkai bunga.

2. Tako


Source: danoliver2

Tako adalag budaya Jepang yang sangat menarik, dimana para orang orang Jepang berkumpul di suatu lapangan luas dan menerbangkan layang-layang. Desain layang-layang yang yang unik membuat layang-layang dari negara Jepang ini terlihat berbeda dengan layang-layang di seluruh dunia. Biasanya tako ini bisa dijumpai saat ada festival budaya saja, dan pada saat fistival budaya semua orang harus menghadirinya.

3. Geisha


Source: albertobelenguer

Geisha adalah budaya jepang yang merupakan seniman atau untuk hiburan tradisional di jepang. Geisha ini sudah muncul sejak abad 18, namun dijaman sekarang ini geisha ini sudah agak menurun, masih ada sebagian orang jepang yang masih mempertahankan kebudayaan jepang yang satu ini. biasanya budaya tradisional jepang ini sudah dilatih sejak kecil, dan biasanya juga rumah geisha membawa anak gadis dari keluarga miskin untuk tinggal dan berlatih.

4. Matsuri


Source: nguyentuanhung

Mastsuri adalah sebuah festival budaya Jepang yang diselenggarakan pada musim panas. Matsuri ini berkaitan dengan festival dari kuil, kuil Shinto dan kuil Buddha. Matsuri ini sebenarnya acara untuk bersembayang dan berdoa. Namun, itu tidak terlalu menekankan pada para pengunjung yang datang, karena banyak juga pengunjung yang datang hanya sekedar melihat festival budaya Jepang ini.

5. Kabuki


Source: bodiantal

Kabuki adalah budaya Jepang yang berupa seni teater yang memadukan tari dan juga musik. Dengan cerita yang dipadukan denga seni tari dan juga music membuat para pengunjung yang melihatnya tertarik. Belum lagi make up  yang digunakannya selalu terlihat dramatis untuk menonjolkan karakter pemain tersebut, baju baju yang digunakan juga terbilang sangat mewah agar para menonton bisa terfokus saat melihatnya.

6. Origami


Source: stux

Origami juga termasuk budaya Jepang yang sangat terkenal keseluruh dunia. Origami senang dipelajari oleh anak anak agar membantu daya berpikirnya. Origami juga sangat menarik karena kita bisa membuat segala bentuk dengan selembar kertas. Budaya jepang memang sangat terkenal ke seluruh manca negara, maka dari itu banyak turis yang tertarik pergi ke jepang untuk belajar mendalami kebudayaan jepan itu.

7. Sumo


Source: Senlay

Banyak orang orang dari negara lain tertarik akan pertunjukan budaya Jepang yang satu ini. sumo adalah gulat ala jepang, biasanya para pagulat sumo akan saling dorong agar lawannya bisa keluar dari cinci yang sudah diatur. Para pe-sumo biasaya juga akan kalah jika ia keluar dari cincin yang sudah ditentukan. Biasanya pertandingan sumo ini berlangsung beberapa detik, namun ada yang hingga hitungan menit.

8. Upacara Minum Teh


Source: jill111

Budaya Jepang yang satu ini sangatlah unik, banyak para turis yang tertarik untuk mengukuti upacara minum teh. Upacara minum the adalah sebuah cara menjamu pada tamu. Biasaya upacara minum teh ini mencerminkan kepribadian dari sanga penyaji teh. Kita bisa melihat cara berpikirnya dan juga bagaimana tujuan hidup dari sang penyaji. Kita juga bisa melihat seberapa kuat kebudayaan yang dia pegang.

9. Membawa Hadiah Saat Bertamu


Source: blickpixel

Membawa hadiah saat bertamu termasuk budaya Jepang yang unik. Biasanya saat orang yang bertamu ke rumah teman ataupun saudaranya mereka akan membungkuskan kado untuk tuan rumahnya. Tidak harus memberi hadiah yang mahal dan bagus, namun kamu harus usahakan untuk mendekorasi bungkusan kadonya agar terlihat menarik. Para tuan rumah sangat terhormat menerima hadian yang di bungkus unik dengan pita.

10. Menyeruput Mie


Source: takedahrs

Biasanya di Indonesia menyeruput mie adalah hal yang aneh, karena saat menyeruput mie akan mengeluarkan suara dan itu akan mengganggu orang di sekitar kita. Namun, di Jepang menyeruput mie adalah budaya Jepang yang unik. Saat kamu menyeruput mie itu memberi tanda bahwa mie yang sedang kamu makan itu sangat enak. Maka dari itu menyeruput mie adalah hal yang biasa di negara Jepang, bahkan itu menjadi cirri khas yang unik bagi negara itu.

11. Jangan Menuangkan Teh di Gelasmu Sendiri


Source: Pexels

Saat kamu berkunjung ke Jepang dan mengunjungi rumah temanmu, dan kamu disuguhi jamuan minum teh. Maka kamu tidak boleh menuangkan teh ke gelasmu sendiri, biarkan sangat tuan rumahlah yang menuangkannya. Biasanya jika teh di gelasmu sudah habis tuan rumah akan menuangkannya kembali. Jika kamu menuangkan sendiri itu dianggap perlakuan tidak sopan. Nah ini juga termasuk budaya Jepang yang menarik.

12. Memberi Bahu Pada Orang Lain disebelahmu Saat Tertidur


Source: PublicDomainPictures

Biasanya kita selalu merasa risih saat ada orang yang tiba tiba bersandar di bahu kamu, kamu akan langsung menghindar. Nah di Jepang memberi bahu kepada penumpang disebelahmu yang tidur adalah hal yang harus kamu lakukan, ini juga termasuk budaya Jepang yang menarik. Mereka saling berbaik hati untuk memberi bahu kepada menumpang yang tertidur, maka dari itu saat kamu berkunjung ke Jepang dan menaiki kendaraan umun jangan ragu untuk memberi bahu karena jika tidak kamu akan dipandang tidak sopan oleh pengunjung lain.

13. Perayaan Hanami


Source: drunker

Perayaan hamani ini adalah perayaan yang biasanya digelar saat musim semi, dimana bunga bunga sakura mekar. Perayaan hanami ini adalah perayaan menikmati keindahan bunga, orang orang Jepang biasanya akan melakkan piknik dan menggelar perta makan makan di bawah pohon sakura untuk menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran. Perayaan hanami ini sangat unik, banyak turis yang mengunjungi Jepang saat musim semi untuk menikmati perayaan hanami ini.

14. Kimono


Source: gavilla

Pastinya kalian sudah tau bahwa baju kimono adalah baju tradisional Jepang. Kimono adalah pakaian yang dipakai untuk keseharian pada jaman dulu. Namun, karena kini jaman sudah modern dan banyak baju ala barat yang sudah mendominasi seluruh negara membuat kimono jarang dipakai. Biasanya dijaman sekarang ini kimono digunakan saat terdapat acara khusus. Kimono dapat di pakai oleh wanita dan pria, namun untuk pria desainnya lebih sederhana. nah baju komono ini juga budaya Jepang sejak dulu.

15. Festival Nagoya


Source: y_tanakaO

Festival Nagoya ini di adakan di pertengahan bulan oktober dan digelar selama 2 hari. Festiva Nagoya ini melakukan arakan dengan pakaian jaman dulu tradisional Jepang. Mereka berdandan layaknya para pejuang perang saat itu. festival ini di lakukan untuk menghormati toyotomi hideyoshi, ieyasu, oda nobugana dan tokugawa yang hidup pada abad pertengahan. Festival ini ada saat bulan Oktober, untuk kamu yang ingin melihat berkunjung ke Jepang saat pertengahan oktober.

Nah berikut 15 budaya Jepang yang unik dan juga menaik. Jepang tak hanya terkenal dengan animenya saja, namun budaya Jepang yang unik membuat kita tertarik untuk mengunjungi negeri Sakura itu. orang orang Jepang juga memiliki kebiasaan yang berbeda membuat kita tertarik untuk pergi ke Jepang. Budaya Jepang memang selain memiliki makna tersendiri disana juga terdapat seni yang membuat kita tertarik saat melihatnya.

Loading...