15 Baju Adat Jawa yang Masih Trend Hingga Sekarang

By |2018-11-08T00:54:00+07:00April 7th, 2017|Fashion|Comments Off on 15 Baju Adat Jawa yang Masih Trend Hingga Sekarang


Source: herman yahaya

Trend fashion bukan hanya membicarakantentang busana futuristik, modern, ataupun busana-busana kekinian lainnya. Namun baju tradisional pun sadar atau tidak sadar ternyata memberi inspirasi terciptanya busana yang bercirikan Indonesia dan masih tetap lestari hingga saat ini. Terlebih di Indonesia, banyak sekali baju tradisonal yang dilestarikan hingga sekarang contohnya seperti baju adat dari berbagai daerah di Jawa diantaranya Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Berikut adalah 15 baju adat Jawa yang masih trend hingga sekarang atau mungkin kamu pernah menggunakannya:

1. Kebaya

Kebaya adalah salah satu baju adat jawa yang masih trend hingga sekarang dan sering menjadi andalan untuk menghadiri acara-acara resmi. Dari zaman dahulu hingga sekarang kebaya memilik ciri khas dan nilai modis tersendiri bagi para pemakainya. Seiring dengan berkembangan zaman pun kebaya makin berinovasi menyesuaikan dengan zaman modern ini. Hal ini yang mendasari kebaya masih trend hingga saat ini dan masih terus dikembangkan. Tidak jarang artis-artis Indonesia pun banyak yang kerap kali terlihat menggunakan baju adat jawa ini jika mereka terlihat tampil di acara telivisi. Sampai Miss Universe pun memakai baju adat jawa yang satu ini yang merupakan kebanggaan budaya Indonesia.

2. Beskap

Apakah kamu sering mendengar nama baju Beskap? Mungkin kamu kerap kali melihat ataupun pernah memakainya namun mungkin kamu merasa asing dengan namanya. Beskap adalah sejenis kemeja pria resmi dalam tradisi Jawa Matraman untuk dikenakan pada acara resmi atau penting. Hingga saat kini banyak sekali penggemar busana adat jawa ini dari dalam negeri maupun luar negeri karena bisa memancarkan kewibawaan pada pemakainya. Salah satu alasannya mungkin kamu yang memakainya akan terlihat bisa seperti terlihat memakai busana ala bangsawan.

3. Surjan

Jika kamu pernah berkunjung ke daerah istimewa Yogyakarta, kamu pasti pernah melihat busana yang sering digunakan oleh penghuni dan pegawai kraton disana. Busana adat jawa ini adalah salah satu busana resmi yang ada di adat jawa yang sering dikenakan pada acara resmi. Busana ini banyak sekali mengandung nilai filosofinya. Seiring Berkembangnya zaman, motif surjan pun kini sudah beraneka ragam bahkan yang lebih modern sekalipun bisa kamu temukan. Inovasi desain pada baju surjan ternyata dapat menarik para penggemar baru busana adat jawa ini. Hingga kini surjan bahkan terkenal di kancah fashion trend luar negeri, contohnya artis korea pun sudah ada yang menggunakan baju adat jawa ini. Wah betapa istimewanya baju adat ini ya!

Loading...

4. Jawi Jangkep

Busana adat jawa lainnya yang masih trend hingga kini adalah busana kejawen atau jawi jangkep. Kamu bisa melihat langsung baju ini dikenakan ketika ada acara resepsi yang menggunakan baju adat jawa. Selain dipercaya bisa menambah kadar kejantan dan kecantinkan seseorang, busana ini juga menjadi daya tarik bagi turis mancanegara yang ingin mengenakan busana adat jawa ini. Dengan tambahan keris bagi laki-laki dan juga konde bagi perempuan, nuansa jawa busana pada busana adat ini akan makin terasa kental mendominasi.

5. Basahan

 

Basahan adalah busana adat jawa bagi wanita jawa yang biasanya digunakan pada saat upacara pernikahan dengan tema adat kreaton. Busana adat jawa ini ternyata masih trend hingga saat ini, buktinya kita masih sering kali melihat busana ini tampil pada acara upacara penikahan adat jawa yang dilakukan oleh beberapa artis Indonesia yang mempunyai turunan jawa. Kita bisa melihat busana ini tampil di acara televisi yang menceritakan legenda tentang kebudayaan jawa. Lihat betapa mengaggumkannya busana adat jawa ini!

6. Kanigaran

Mungkin salah satu dari kamu pernah menggunakan busana adat jawa untuk wanita dan pria yang satu ini? Busana adat jawa ala bangsawan ini disebut dengan busana kanigaran. Kanigaran adalah busana tradisional untuk pengantin wanita dan pria yang sering digunakan di acara pernikahan khususnya di daerah Yogyakarta. Di zaman ini seiring berjalannya trend fashion yang selalu berinovasi, kita bisa melihat busana kanigaran ini dengan motif yang lebih menarik dan ditambah dengan sentuhan modern yang klasik. Dengan motif yang menarik kelestarian busana adat jawa ini masih terjaga hingga kini dan kita juga berkewajiban untuk melestarikannya.

7. Kepangeranan

Selanjutnya adalah pasangan busana adat jawa untuk mendampingi pernikahan pasangan jawa adalah kepangeranan. Kapengeranan adalah busana adat jawa untuk pengantin laki-lakinya. Busana ini kerap kali kita bisa jumpai biasa digunakan oleh para pengantin pria di Yogyakarta, apalagi biasa digunakan dikalangan keluarga kerajaan keraton. Dengan motif khas jawa yang klasik namun terkesan mewah seorang pengantin pria bisa terlihat bersahaja dalam balutan busana ini. Jika kamu memakai busana adat jawa kepangeranan ini kamu akan tampil layaknya seorang pangeran Jawa yang gagah dan berwibawa.

8. Batik

Siapa yang tidak kenal dengan busana batik, tentunya kamu orang Indonesia pasti mengenalnya. Busana adat jawa ini seakan menjadi salah satu ikon khas bagi Indonesia. Dengan motif yang khas buatan tangan dari jawa ini banyak masyarakat luar negeri yang terpesona akan keindahan busana tradisional adat jawa ini. Tidak terkecuali artis-artis luar negeri yang mengerti akan keindahan dan daya tarik dari busana batik khas Indonesia. Tidak heran jika di zaman kini batik masih menjadi trend primadona warga Indonesia untuk digunakan dan juga membantu dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya yang dimiliki Indonesia. Bahkan para desainer Indonesia terus berusaha mengembangkan fashion batik dan mengenalkannya ke seluruh dunia

9. Busana Cak

https://www.instagram.com/p/BGDNvArL4zi/?tagged=cakdanning

Sebelumnya arti kata cak ini sangat familiar bagi orang-orang yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di Surabaya. Cak adalah sapaan hangat untuk memanggil seorang laki-laki atau di jawa biasanya kita mengenal dengan istilah mas. Cara berbusana ala cak atau laki-laki khas dari surabaya ini menggunakan beskap yang ukurannya pas dengan badan sehingga akan membuat pemakainya gagah berani. Adapun pemilihan warnanya adalah warna muda seperti: putih, krem, ataupun putih tulang. Hingga saat ini busana adat ini masih menjadi trend dikalangan remaja Surabaya dan sudah diwajibkan dikenakan oleh para siswa di Surabaya.

10. Busana Ning

Arti kata ning adalah sebaliknya dari kata cak, ning adalah sapaan keakraban untuk memanggil seorang perempuan disana. Cara berbusana ala ning dari Surabaya ini menggunakan kebaya dengan selandang atau kerudung yang diberi renda dan dibordir dengan warna muda. Biasanya busana ini dipadukan dengan hiasan anting-anting panjang. Sama halnya seperti busana cak, hingga saat ini busana ning masih menjadi tren dikalangan remaja Surabaya dan sudah diwajibkan dalam seminggu para remaja perempuan yang bersekolah. Bahkan masih sering diadakan kontes cak dan ning di Surabaya yang sama dengan kontes ‘mojang-jajaka’ di Bandung.

11. Busana Menak

Busana adat jawa lainnya kali ini datang dari Jawa Barat atau sering dikenal dengan tanah sunda. Busana menak ataupun busana bangsawan hingga saat ini masih menjadi trend bahkan sering digunakan oleh para pejabat di Indonesia. Cara berbusana menak ini adalah dengan menggunakan baju bedahan putih, kain kebat batik, alas kaki sendal tarumpah, sabuk, ikat kepala dan juga dilengkapi arloji emas. Nilai elegan dari busana adat satu ini banyak disukai oleh para turis luar negeri yang senang sekali dengan budaya Indonesia.

12. Pangsi

Busana adat jawa satu ini datang kembali dari daerah Jawa Barat. Busana untuk kaum laki-laki ini memang khas sekali dengan budaya suku sunda. Dalam sejarahnya, konon busana pangsi ini mengandung banyak makna dan mempunyai pesan tersendiri yang diwariskan secara turun-temurun dari suku sunda zaman dulu. Hingga kini, para remaja di Jawa Barat khususnya di Bandung masih banyak yang memakainya untuk melestarikan budaya sunda. Bahkan sampai ada artis korea pun terlihat menggunakan baju pangsi ini karena segi keindahan dan juga keunikan busana ini.

13. Busana Khas Madura

https://twitter.com/arinadina/status/414365947185885184

 

Busana yang satu ini berasal dari daerah Jawa Timur, Madura, pasti kamu sering melihatnya, kan? Untuk busana laki-lakinya ini memakai jas tutup poplos yang dilengkapi daleman perpaduan warna merah dan putih yang bemakna sebagai karakter khas orang madura yang gagah berani, tidak pernah ragu-ragu, dan tegas. Sedangkan perempuannya biasanya memakai kebaya dengan warna merah cerah. Dahulu hingga sekarang busana ini masih menjadi trend bahkan sering digunakan oleh para artis Indonesia. Baju dengan corak garis ini bahkan menjadi ikon daerah Madura yang terkenal dengan kegagahannya. Namun perbedaanya jika dahulu busana ini dipakai untuk pakaian sehari-hari, kini busana ini digunakan untuk acara pernikahan atau acara resmi di Madura.

14. Busana Mojang

Busana Mojang adalah salah satu baju adat Jawa bagi kaum perempuan yang berasal dari Jawa Barat. Keindahan dan keluwesan dari busana ini menjadikannya busana adat jawa ini mampu memancarkan kecantikan perempuan sunda yang terkana lugu dan baik hati. Tidak jarang jika ada ajang kontes kecantikan apabila orang tesebut berasal dari Jawa Barat biasanya ia akan memakai busana mojang yang sudah diberi bumbu fashion masa kini yang lebih modern. Tidak heran jika busana ini masih menjadi trend bagi mojang atau perempuan khususnya di daerah Jawa Barat.

15. Busana Jajaka

Busana Jajaka adalah busana sebagai pendamping yang dikenakan oleh pria bersama dengan busana mojang. Busana adat Jawa yang berasal dari Jawa Barat ini digunakan bagi kaum laki-laki yang bisa memancarkan kewibawaan dan juga kesahajaan. Sama halnya dengan busana mojang busana ini juga banyak memberikan inspirasi pada perkembangan busana resmi masa kini. Dengan menggunakan jas yang sudah bermotif masa kini, busana adat dari Indonesia ini mampu menjadi trend yang perlu dilestarikan oleh para penerus bangsa ini.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki nilai kebudayaan yang masih tetap terjaga hingga kini. Tidak heran jika kamu bisa melihat banyak sekali busana adat atau tradisional Indonesia yang masih menjadi trend hingga kini dan inspirasi perkembangan fashion masa kini. Contohnya adalah beberapa baju adat jawa di atas. Demikian 15 busana adat jawa yang masih tren hingga saat ini yang bisa menjadi referensi kamu saat berbusana. Semoga artikel ini bisa bermaanfaat dan bisa memberikan inspirasi untukmu.

Loading...