15 Bahan Alami Penghilang Jerawat ini Mampu Bekerja Ekstra Cepat

By |2018-11-07T23:44:52+00:00April 7th, 2017|Beauty|


Source: Kjerstin Michaela

Sebal rasanya kalau jerawat tiba-tiba datang di saat yang tidak tepat. Padahal rencananya malam ini Anda akan jalan dengan gebetan untuk pertama kalinya. Pada saat seperti ini, Anda pasti berharap dapat menemukan obat penghilang jerawat yang dapat bekerja secara cepat. Untungnya, harapan tersebut dapat terkabul kalau Anda menggunakan beberapa bahan rumahan berikut ini.

1. Es Batu


Source: Coffee

Loading...

Banyak yang membuktikan kalau sebongkah es batu sanggup menaklukkan kemarahan jerawat di wajah. Dinginnya es batu tak hanya ampuh menenangkan jerawat, namun juga meningkatkan sirkulasi darah. Kegunaan lain es batu bagi wajah adalah dapat merapatkan pori-pori, membunuh bakteri, mengurangi minyak, serta mengikis kotoran.

Anda tinggal mengambil 1 bongkah es batu yang dibuat dari air mineral, bungkus dengan kain bersih, lalu pijatkan ke wajah dengan gerakan melingkar, khususnya area yang berjerawat. Lakukan berulang kali hingga jerawat menghilang.

2. Madu

 Source: Stevepb

Madu mengandung agen antiradang dan antibiotik sehingga dapat mengatasi radang di kulit. Akan tetapi, bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, ada baiknya mencoba dulu di area kulit tersembunyi untuk melihat apakah bahan ini cocok untuk kulit Anda.

Bila tak ada masalah, maka Anda bisa langsung mengoleskan madu ke wajah, diamkan 30 menit, lalu bilas sampai bersih dengan air hangat. Namun kalau punya bubuk kayu manis di rumah, Anda bisa menambahkannya ke dalam madu sehingga menjadi masker. Bubuhkan adonan di area berjerawat sebelum tidur (alasi bantal Anda biar tak sampai kotor), lalu keesokan harinya bilas sampai bersih.

3. Lemon


Source: Coffee

Selain mampu menghilangkan jerawat ekstra cepat, lemon juga tinggi kandungan vitamin C-nya sehingga dapat mencerahkan kulit secara alami. Namun sama seperti madu, lemon agaknya kurang cocok untuk kulit sensitif.

Untuk menggunakannya, Anda cukup memeras lemon, lalu usapkan pada wajah sebelum tidur, dan bilas keesokan paginya. Cara lain adalah dengan mencampurkan perasan lemon dan bubuk kayu manis (perbandingan sama) sehingga terbentuk pasta. Gunakan pasta tersebut sebagai masker wajah, oleskan sebelum tidur, lalu besok paginya, bilas dengan air hangat.

4. Tomat


Source: Devanath

Sama seperti lemon, tomat juga memuat kandungan vitamin C dan juga A yang tinggi sehingga ampuh menangkis jerawat. Anda bisa menggunakan irisan tipis buah tomat sebagai masker wajah, diamkan 10-15 menit sebelum membersihkannya.

Cara lain adalah dengan mengoleskan jus tomat (tanpa air dan gula) ke wajah, diamkan 30 menit, lalu bilas. Lakukan perawatan ini secara rutin kalau ingin hasilnya maksimal.

5. Jeruk Nipis


Source: Meditations

Kalau tomat atau lemon sedang mahal-mahalnya, maka Anda bisa menggunakan jeruk nipis sebagai alternatifnya. Anda tinggal memeras jeruk nipis sesuai kebutuhan, lalu campurkan itu dalam madu (gunakan perbandingan yang sama). Setelah tercampur rata, bubuhkan itu pada area berjerawat, diamkan 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

6. Lidah Buaya

 Source: Unsplash

Kalau punya lidah buaya di taman belakang rumah, Anda bisa menggunakannya untuk meredakan radang di kulit. Iris tipis-tipis daging lidah buayanya, lalu tempelkan pada wajah. Atau, Anda juga bisa mengoleskan gel lidah buaya, kemudian mendiamkannya selama 30 menit sebelum dibilas.

7. Timun


Source: Stevepb

Selain segar sebagai acar, dinginnya timun dapat menenangkan gangguan kulit yang bergelora sekaligus mengecilkan pori-porinya. Anda dapat mengiris tipis timun lalu menempelkan potongannya langsung di wajah, atau mengoleskan jus timun segar sebagai masker. Diamkan selama 1 jam sebelum membilasnya dengan air hangat.

8. Daun Pepaya


Source: Nmarmlejo

Daun pepaya memang pahit rasanya, namun daun ini ternyata ampuh membasmi jerawat. Anda tinggal memetik beberapa lembar daun pepaya, cuci sampai bersih, lalu jemur hingga kering. Setelah itu, tumbuk dan berikan sedikit air sehingga tercipta adonan mirip pasta. Oleskan pada area wajah berjerawat, diamkan beberapa menit, lalu bilas. Lakukan treatment ini setiap malam, dan rasakan manfaatnya dalam waktu 7 hari.

9. Pepaya


Source: Varintorn

Selain daunnya, buah pepaya juga bisa merawat jerawat. Anda tinggal melumat buah yang tinggi vitamin A dan C-nya tersebut sehingga menjadi bubur. Gunakan itu sebagai masker, pijat wajah dengan lembut saat mengoleskanya, diamkan hingga kering sebelum membilasnya.

10. Odol/ Pasta Gigi


Source: Photo Mix

Dinginnya pasta gigi, sama seperti es, juga bisa menenangkan kulit yang sedang memerah. Sebelum mengoleskan odol sebagai obat penghilang jerawat, ada baiknya Anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Setelah membubuhkan odol, diamkan semalaman, biarkan odol mengering dan mengempiskan jerawat. Bilas dengan air hangat keesokan harinya.

11. Mandi Uap


Source: Coffee

Uap panas dapat membuka pori-pori wajah sehingga memudahkan kotoran dan sel kulit mati terangkat dari kulit. Kalau Anda tidak punya fasilitas air panas di rumah, maka Anda bisa menguapi wajah menggunakan baskom yang diisi air panas. Letakkan wajah di atas uapnya selama beberapa menit, setelah itu bilas dengan air hangat, lalu air biasa/ dingin agar pori-pori yang terbuka tadi segera menutup dan tidak kemasukan bakteri.

12. Bawang Putih


Source: Boristrost

Bawang putih mungkin menjadi bahan alami terakhir yang Anda pilih. Maklum saja, aroma rempah-rempah satu ini memang menyengat sehingga kurang cocok bila dioleskan pada wajah. Namun di balik bau menyengatnya tersebut, bawang putih mengandung sulfur, antivirus, antijamur, antiradang, antiseptik, serta antioksidan tinggi sehingga manfaatnya bagi wajah tak terbantahkan lagi.

Anda tak perlu langsung menempelkan potongan bawang putih langsung di area berjerawat (kecuali kalau itu benar-benar bandel). Anda bisa menggosokkan potongan bawang putih di wajah dengan gerakan melingkar. Setelah itu, diamkan beberapa menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

Selain dipakai di luar, ada baiknya Anda juga rutin mengonsumsi bawang putih karena bisa membantu meredakan jerawat dari dalam.

13. Baking Soda


Source: Evitaochel

Baking soda memang bahan rumahan yang multifungsi. Selain dapat memutihkan gigi dan membersihkan porselen dengan mudah, baking soda ternyata juga bisa membersihkan kulit dari kotoran dan tumpukan sel kulit mati.

Untuk membuat ramuannya, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air biasa atau perasan lemon, lalu gunakan sebagai masker. Diamkan selama beberapa menit saja. Jangan terlalu lama, agar kulit tidak kering dan iritasi. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

14. Tea Tree Oil


Source: Evitaochel

Tea tree oil memang ampuh atasi jerawat karena mengandung agen antibakteri. Anda tinggal membubuhkan tea tree oil ke wajah, gunakan bantuan cotton bud saat melakukannya, setelah itu diamkan beberapa menit sebelum membilasnya.

Pilihan lain adalah mencampurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam 1 sdm gel lidah buaya, lalu aplikasikan ke wajah. Sama seperti madu dan lemon, tea tree oil mungkin kurang ramah bagi kulit sensitif.

15. Urin


Source: frolicsomepl

Dalam bukunya yang berjudul In Your Own Perfect Medicine, Martha Christy menyebutkan bahwa urin manusia dapat dipakai untuk mengobati jerawat. Jadi. kalau semua cara yang dipaparkan di atas sudah pernah Anda coba dan belum berhasil juga, maka bagaimana kalau Anda mencoba menghilangkan jerawat menggunakan urin.

Aneh memang, namun usut punya usut, terapi air kencing ini cukup populer di beberapa negara seperti Mesir kuno, India, bahkan China. Anda bisa memilih 2 cara, meminumnya, atau mencampurkan air seni tersebut dengan sedikit pelembab. Tak ada salahnya mencoba kan? Siapa tahu bahan penghilang jerawat yang ternyata manjur untuk kulit Anda adalah yang  berasal dari urin sendiri. Selamat mencoba!

Loading...