15 Alasan Pulau Pahawang di Lampung adalah Tujuan Wisata Pantai Paling Oke

By |2018-11-08T23:24:15+09:00May 3rd, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Alasan Pulau Pahawang di Lampung adalah Tujuan Wisata Pantai Paling Oke

@Jenny

Lampung tidak hanya terkenal sebagai Kota Gajah dengan Safari Way Kambas-nya. Ada juga wisata lain berupa Teluk Kiluan, Menara Siger, Pulau Kubur, dan yang akan kami bahas saat ini adalah Pulau Pahawang yang memiliki keindahan tersembunyi bawah laut. Lokasinya di Pundung Padada, Kabupaten Lampung Selatan. Yuk, kita simak 15 alasan mengapa Pulau Pahawang ini patut untuk kamu kunjungi.

1. Lokasi

@ayuagustina2701

Buat kamu yang tinggal di ibukota alias Jakarta, menuju Lampung bukanlah hal yang sulit. Pulau Pahawang dapat menjadi destinasi wisata favorit karena untuk mencapainya kamu hanya tinggal menyeberang ke pulau sebelah. Setelah sampai di Dermaga Ketapang, kamu harus mencapai pulau ini dengan melakukan perjalanan sekitar 1,5 jam dari Bandar Lampung. Tidak terlalu jauh bila dibandingkan dengan pergi ke Maldives. Ya, kan? šŸ˜›

2. Tidak Padat Penduduk

@apriagmersam

Meski Pulau Pahawang adalah pulau yang berpenghuni (ada beberapa dusun yang didiami oleh sekitar seribu orang), namun kondisinya tidak padat. Saat sampai di Pulau Pahawang Besar, misalnya, kamu akan disambut rumah-rumah penduduk yang juga dijadikan homestay untuk para pengunjung Pulau Pahawang. Kamu bisa sekaligus membaur dengan penduduk setempat dan berinteraksi serta merasakan budaya lokal dengan berada di sini.

3. Kuliner


@yantiliaw

Kamu bisa memesan makanan dari para penduduk di sini, selain lebih hemat, kamu juga sekaligus membantu perekonomian mereka. Lebih mantap lagi karena mereka akan menyajikan olahan seafood yang dimasak sesuai dengan khas Lampung. Berbagai macam ikan bakar dan sambal dabu-dabu bisa kamu nikmati sambil duduk di depan rumah mereka, menjalin keakraban, dan menikmati santapan yang dilengkapi dengan semilir angin pantai dan pemandangan laut yang terhampar di depan mata. Wah, kurang apa lagi coba?

4. Penangkaran Ikan Kerapu

@lampung.trip

Di sini ada budidaya ikan kerapu, lho! Tapi budidayanya tidak dilakukan di kolam, melainkan langsung di air laut. Ada jaring yang digunakan untuk membatasi lokasinya yang berada di Bagan apung. Ribuan ikan ini dibudidayakan untuk memanfaatkannya sebagai salah satu sumber penghasilan penduduk setempat. Nah, dengan begini kan wisata airnya tidak hanya dapat dinikmati sebagai bentuk pemandangan saja, tapi juga bisa membuat populasi ikan bertambah dan (lambat laun) mengenyangkan perut pengunjung juga. Hehehe.

5. Perpustakaan

@simon_dito

Di sini ada perpustakaan umum lho, tidak besar sih. Hanya di rumah warga setempat dan untuk memfasilitasi anak-anak yang merupakan penduduk di sana dan masih berusia sekolah. Kamu bisa mampir ke sini sambil membawa buku-buku yang masih layak untuk disumbangkan. Jadi kegiatan jalan-jalan tidak hanya untuk bersenang-senang, tapi sekaligus membantu adik-adik kita di sana untuk mendapatkan lebih banyak informasi melalui buku.

6. Snorkeling

@sonny.wicaksono

Kegiatan yang satu ini wajib dilakukan! Buat apa jauh-jauh pergi ke pulau terpencil untuk menikmati keindahannya kalau tidak menyempatkan diri untuk snorkeling? Menuju Pulau Pahawang dengan kapal, kamu pasti akan ditunjukkan spot snorkeling yang menarik oleh pemandu kapal yang sudah pasti mengenal daerah tersebut dengan baik. Di antara mereka juga menyediakan fasilitas penyewaan alat snorkeling, jadi buat kamu yang tidak memilikinya, jangan khawatir. Pasti ada saja yang menawarkannya untukmu.

7. Pasir Putih

@hidayatullahmuchlis

Hamparan pasir putih di Pulau Pahawang ini menyatu dengan biru/hijaunya air laut. Sungguh mengundang hasrat untuk bersantai dan berjemur di bawah sinar matahari. Berjalan-jalan di sepanjang garis pantainya pun tidak masalah. Jangan lupa ya untuk mengoleskan sunblock, ini adalah senjata wajub bagi kamu yang sedang berlibur ke pantai, sehingga jangan sampai terlupakan agar liburanmu tetap nyaman.

8. Gusung Pasir

@marissanovita

Buat kamu yang melakukan one-day trip atau menginap di Pulau Pahawang, sempatkanlah untuk mengunjungi Gusung Pasir ini. Bisa kamu capai dengan menggunakan perahu dan tidak memakan waktu lama dari Pulau Pahawang Besar, pusat wisata di sini. Gusung Pasir memliki sebuah jembatan alami yang bernama Tanjung Putus, namun jembatan ini tidak akan nampak saat air laut pasang. Saat air laut surut, Gusung Pasir Tanjung Putus dapat menghubungkan Pulau Tanjung Putus dan Pulau Pahawang Kecil. Psst.. Pulau Pahawang Kecil ini telah dibeli oleh pasangan dari Perancis lho, sehingga kamu tidak bisa sembarangan masuk ke sana dan berfoto-foto. Paling hanya di sekitaran bibir pantai.

9. Sunset

@indrasuswanto50

Aih, pemandangan matahari terbenam dari pulau ini benar-benar cantik. Tidak ada gunung atau apapun di depan mata yang bisa menghalangi kamu untuk menyaksikan salah satu fenomena alam ini. Warna jingga kekuningan matahari yang perlahan turun memberikan efek keemasan di permukaan air laut yang bisa membuat kamu terpaku saat melihatnya. Sungguh sesuatu yang tiada duanya.

10. Island Hopping

@ardikun11

Selain ke Pulau Tanjung Putus dan sekilas ke Pulau Pahawang Kecil tadi, kamu juga bisa menyempatkan diri ke Pulau Pasir Timbul dan Pulau Kelagian Kecil. Di sini memang tidak ada penginapan, tapi kalau kamu benar-benar berjiwa petualang, kamu bisa mendirikan kemah di sini. Snorkeling di sekitar perairan pulau ini pun tidak boleh dilewatkan karena airnya sangat jernih dan berwarna biru. Ada baiknya kamu datang ke mari saat musim kemarau, karena saat musim penghujan, visibility air lautnya akan kurang baik sehingga pemandangan bawah laut tidak akan maksimal.

11. Instagrammable

@marissanovita

Apa lagi sih yang mesti dicari saat kamu sedang berlibur? Tentu saja spot foto yang dapat kamu pamerkan di Instagram atau media sosial lainnya! Foto berlatar gradasi pantai dan air laut di sini saja sudah memukau dan dijamin akan membuat iri dan penasaran teman-temanmu. Kalau kamu sedang menyelam pun kamu bisa mencari plakat “I Love You Pahawang” atau “Pulau Pahawang Wisataku” sebagai kenang-kenangan kamu memang pernah ke sana.

12. Terumbu Karang


@gombalsemampir

Air lautnya yang jernih dan dangkal membuat bisa menikmati keindahan terumbu karang yang ada di perairan pulau ini. Belum banyak pula orang yang mengunjungi daerah ini sehingga keindahan alamnya masih terjaga dan kamu bisa menikmatinya dengan lebih leluasa. Ada pula ikan-ikan kecil yang mirip dengan Nemo yang berenang-renang di antara terumbu karang. Semoga saja dalam beberapa waktu ke depan kelestarian tempat ini masih terjaga dari ulah pengunjung yang jahil, ya.

13. (Masih) Bersih

@yanda_hermawan

Inilah yang merupakan daya tarik Pulau Pahawang yang harus kamu manfaatkan sesegera mungkin. Keindahan alamnya masih terjaga dan tidak ada (atau belum ada?) sampah sedikit pun di pantai dan perairan pulau ini. Sehingga pengunjung bisa nyaman menjelajahi pantai dan berenang-renang. Buat kamu yang berkunjung ke sini, selalu ingat ya agar berhati-hati saat berenang agar tidak merusak terumbu karangnya, juga jangan pernah buang sampah sembarangan.

14. Agak Terisolasi

@hartati_ly

Listrik di pulau ini baru menyala mulai pukul enam sore hingga lima pagi. Jadi kamu yang gemar berkutat denganĀ smartphone untuk mengecek kabar seluruh dunia lewat genggaman tangan harus sedikit mengikhlaskan kegiatan ini. Kecuali kamu membawa powerbank sendiri. Tapi apa esensinya berlibur ke pulau agak terpencil tapi tidak bisa menikmati suasana sekitar? Itulah poinnya liburan, bukan? Untuk lepas sejenak dari kepenatan dunia luar. Karena saat listrik telah menyala pun kamu pasti akan lebih sibuk mengistirahatkan diri setelah seharian bermain-main.

15.Ā Ekonomis

@nomadslifeisfun

Memang tidak ada resort atau cottage mewah di pulau ini, dan inilah yang membuat kamu wajib menumbuhkan jiwa petualang dengan melakukan perjalanan a la backpacker. Kapal yang digunakan untuk menuju pulau ini pun bukan speedboat mewah, tinggal dan membaur dengan penduduk setempat juga, selain hemat, dapat membantu perekonomian warga setempat. Ada baiknya kamu datang ke tempat secara beramai-ramai atau dengan rombongan karena biaya sewa kapal dan homestay pasti akan lebih murah bila ditanggung banyak orang.

Nah, kalau kamu sudah bosan dengan tujuan liburan yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba yang lokasinya agak sedikit antimainstream seperti Pulau Pahawang ini. Lepas dari sini pun kamu bisa mengunjungi tempat-tempat wisata lain di Lampung yang tidak kalah menarik.Ā Selamat bermain-main di pantai!

Loading...