15 Alasan Mengapa Berwisata ke Pulau Komodo Itu Mengasikan

By |2018-11-08T23:25:30+09:00May 3rd, 2017|Trip and Travel|Comments Off on 15 Alasan Mengapa Berwisata ke Pulau Komodo Itu Mengasikan


Opickamikom

Pulau Komodo termasuk ke dalam wilayah administratif Propinsi Nusa Tenggara Timur atau yang lebih dikenal dengan NTT merupakan sebuah pulau yang menyimpan daya tarik yang luar biasa. Tak hanya dari faunanya yang bahkan dikenal hingga mancanegara yankni komodo, namun ada banyak hal yang menjadikan pulau ini layak jadi tujuan wisata di hari libur maupun wisata edukasi. Apa alasannya, berikut simak selengkapnya.

1. Habitat Asli Hewan Purbakala


DaFranzos

Pulau yang dinamai dengan nama hewan yang hidup didalamnya ini merupakan habitat asli dari kadal raksasa yang menurut berbagai penelitian telah hidup sejak jaman purba. Selain habitat asli, kadal raksasa ini juga hewan endemik dengan kata lain bahwa komodo hanya hidup di wilayah Indonesia yakni tepatnya di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

2. Nikmati Penjelajahan Berawal Dari Loh Liang


@upswept

Loh Liang merupakan akses masuk utama jika ingin menjelajahi pulau Komodo lebih jauh lagi dengan berbagai macam pesona eksotis yang dimilikinya. Tak hanya itu, disini pengunjung bisa mulai berburu komodo untuk diabadikan gambarnya, tentunya harus menjaga keselamatan dengan selalu menjaga batas jarak aman dengan hewan purba ini.

3. Bersnorkeling Di Pink Beach


@wiwinawi

Pink Beach atau nama lain dari Pantai Merah merupakan sebuah pesisir pantai dengan perairan dangkal yang memiliki pesona menarik, slah satunya dengan beraneka ragam terumbu karangnya yang cantik menawan. Bermacam aktivitas bisa dilakukan oleh pengunjung untuk menghabiskan waktu santainya saat berkunjung di Pulau Komodo ini diantaranya snorkeling, diving maupun berjemur dibawah matahari yang hangat.

4. Wisata Edukasi

@ania_olszewska

Selain sebagai tujuan wisata yang meyajikan banyak ragam menarik lainnya, pulau Komodo juga merupakan sebuah destinasi wisata edukasi yang tak hanya dikunjungi waisatawan lokal saja namun bahkan hingga seluruh dunia. Banyak peneliti dari mancanegara yang datang ke pulau Komodo datang untuk meneliti dan mempelajari tentang hewan reptil raksasa ini. Sehingga semakin banyak pengunjung yang akan lebih memahamitentang komodo itu sendiri.

5. Tracking Menantang Ditemani Komodo yang Buas


@tourpulaukomodo

Di pulau Komodo, alasan terbaik untuk berkunjung kesana bukan saja karena hewan reptil raksasanya namun juga ada banyak wisata seru yang bisa dipilih yakni tracking. Jalurnya yang menantang karena juga merupakan jalur komodo sering beraktifitas, karenanya setiap pengunjung yang ingin menjelajahi pulau Komodo akan dipandu oleh seorang ranger atau jagawana seorang penjaga hutan juga pawang komodo. Sehingga saat berpapasan dengan reptil raksasa ini tak perlu lagi merasa tajut dan khawatir.

6. Bawah Lautnya Luar Biasa


@tourpulaukomodo

Tak hanya di Pink Beach saja pengunjung bisa menikmati keindahan bawah laut yang dimiliki pulau Komodo. Toko toko bisa jadi destinasi menyelam terbaik di pulau Komodo, selain karena keindahannya namu juga sebagai habitat asli dari setidaknya 70 spesies biota laut yang luar biasa menakjubkan. Keindahannya bisa ditemui dengan mudah, karena hanya perlu menyelam sedalam 7 meter saja untuk mengeksplorasinya.

7. Nikmati Sunset yang Penuh Magis

@thekomodobible

Banyak pengunjung yang takjub saat berkunjung di pulau Komodo karena suasana terbenamnya matahari begitu luarbiasa dengan warna keemasannya yang magis. Tak cukup disitu saja pemandangan begitu banyak kelelawar yang bangkit dari hutan dan mulai berburu makanan di saat senja mulai tiba. Pemandangan disekkeliling teluk yang berhutan bakau terlihat begitu cantik luar biasa yang pasti tak akan mudah dilipakan.

8. Jadi Tujuan Wisata Romantis yang Menarik


@wanaaae

Letaknya yang merupakan kawasan Taman Nasional membuat pulau Komodo bukan merupakan tempat hunian masyarakat, sehingga saat berlibur bersama pasangan akan tampak luar biasa. Karena jauh dari hiruk pikuk keramaian kota dan hanya dikelilingi alam dan laut yang menawan seolah berada di sebuah pulau privat yang hening dan dama.

9. Dermaga Loh Liang


@pesonakomodo.trip

Dermaga ini merupakan salah satu pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo, meski masih minim namun pemandangan yang terlihat sejauh mata memandang sangat memukau luar biasa. Dan dermaga ini masih bisa dipergunakan dengan layak terutma untuk menyebrang ke pulau Banta di seberang lautan. Dari sini pengunjung bisa menkmati indahnya warna jingga di ufuk barat saat matahari menjelang terbenam ke peraduannya.

10. Cuaca dan Iklimnya Berbeda


@travastaid

Tak seperti kebanyakan wilayah di Indonesia, pulau Komodo memiliki cuaca dan iklim yang lebih kering sehingga banyak tempatnya yang terlihat gundul dan cenderung gersang. Namun meskipun begitu pegunungannya menyimpan banyak flora dan fauna yang hanya bisa ditemui di Pulau Komodo membuatnya tak pernah sepi pengunjung untuk bereksplorasi.

11. Desa Tradisional di Pulau Mesa


@ame_pandarangga

Pulau Mesa merupakan destinasi yang sempurna bagi para pengunjung yang ingin merasakan pengalaman hidup secara tradisional dan menyatu dengan alam. Desa nelayan ini dihuni oleh suku bajo dan setidaknya memiliki populasi sekitar 1.500 penduduk. Dan di desa ini pengunjung akan disambut dengan ramah oleh warga asli dengan ragam kuliner khas tradisional mereka.

12. Menikmati Snorkeling di Pulau Kanawa


@aditbendoth

Pulau Kanawa merupakan pulau yang berdekatan dengan pulau Komodo yang menyajikan spot yang luar biasa dan cocok untuk bersantai, berenang dan maupun menjelajahi indahnya bawah laut dengan bersnorkeling ria. Airnya yang jernih  bahkan memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan bawah lautnya tanpa harus menyelam. Bersiaplah untuk terpesona oleh banyaknya biota laut tropis yang penuh warna, gugusan karang cantik dan fauna laut yang unik seperti lumba-lumba dan juga kura-kura.

13. Souvenir Khas


@menyapakomodo

Plesiran tanpa membawa buah tangan rasanya seperti ada yang kurang. Dan di pulau Komodo jangan khawatir tak menemukan souvenir cantik untuk bisa dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga dan orang terkasih. Misanya saja sovenir yang berupa patung komodo yang dibuat oleh penduduk asli dengan harga yang disesuaikan dengan tingkat kerumitan dan juga ukurannya.

14. Menjadi Salah Satu dari 7 Keajaiban Dunia


@sebuahtawa

Pulau Komodo masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang telah diakui oleh dunia, dan baru – baru ini di tahun 2012 mendapat predikat sebagai “The New 7 Wonder” dan juga menjadi yang terpopuler bersama beberapa kandidat lainnya seperti Hutan Amazon, Air Terjun Iguazu, Teluk Halong, Pulau Jeju, Table Mountain dan juga Sungai Bawah Tanah Puerto Princessa.

15. Waterhole Di Jalur Tracking Medium


@aboutsound

Ada 3 jalur tracking yang bisa dipilih oleh pengunjung untuk mengeksplorasi keindahan pulau Komodo lebih dekat lagi. Yakni jalur pendek yang bisa ditempuh selama 30 menit dengan jarak tempuh sekitar 1 km, jalur medium  dengan waktu tempuh sekitar kurang lebih 1,5 jam jauh sekitar 3km serta jalur panjang yang memakan waktu tempuh selama 2.5 jam dengan jarak sekitar 3,5 km. Dan di Jalur medium pengunjung bisa melihat “waterhole” yang memungkinkan bagi pengunjung untuk mengamati hewan liar lainnya selain komodo, seperti rusa timor yang liar maupun babi hutan yang sedang bebas berkeliaran.

Ada begitu banyak sisi menakjubkan pulau Komodo yang perlu dijelajahi untuk mendapatkan pengalaman luar biasa bertualang dialam liar bersama binatang purba raksasa. Demikian beberapa alasan mengapa pulau Komodo layak jadi salah satu tujuan wisata. Meski demikian tetap patuhi segala peraturan yang dibuat oleh penjaga, karena komodo hewan yang buas tentu tak bisa sembarangan berperilaku agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Mari menjelajahi Pulau Komodo sekarang juga, Ladies!

Loading...