10 Tips Untuk Meredakan dan Mencegah Payudara Bengkak

By |2018-11-07T18:54:23+00:00January 23rd, 2017|Beauty, Health, Lifestyle|

Source : Pexels

Salah satu teman cintaihidup mengeluhkan kondisi payudaranya yang membengkak dan terasa nyeri tepat sekitar 10 hari sebelum masa menstruasinya datang. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada masa-masa sebelum siklus menstruasi datang, fluktuasi dari hormon estrogen dan progesterone menjadi penyebab berbagai rasa tidak nyaman di tubuh kita. Termasuk untuk permasalahan payudara yang bengkak, kita juga dapat ‘mengkambinghitamkan’ kedua hormon ini sebagai penyebab utamanya.

Namun, jangan khawatir, berikut kami berikan tips untuk mengatasi bengkak dan rasa nyeri pada payudara anda :

1.Cobalah Evening Primrose Oil.

Source : Stevepb

Yang membuat semua orang menyukai minyak evening primrose adalah karena minyak ini kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat mengurangi ketegangan pada otot dan juga memperbaiki mood. Rekomendasi yang baik untuk mengkonsumsinya adalah sekitar 2 ribu hingga 3 ribu miligram per hari selama diperlukan, dan ini akan meredakan bengkak serta nyeri yang anda rasakan pada payudara anda.

2.Menghentikan Konsumsi Kafein

Source : Undulatus

Meskipun peranan kafein terhadap nyeri pada payudara belum terbukti secara ilmiah, namun banyaknya wanita yang merasakan dan berpendapat bahwa ketika mereka menghentikan konsumsi kafein sama sekali, maka payudara mereka terasa lebih baik, begnkak serta nyeri yang mereka rasakanpun berangsur berkurang. Jadi say goodbye dulu untuk kopi ya, readers.

3.Mengurangi Konsumsi Garam Berlebih

Source : julenka

Tahukah anda bahwa penyebab payudara bengkak salah satunya adalah konsumsi garam yang berlebihan? Cobalah  untuk mengurangi konsumsi garam di dalam makanan yang anda makan terutama dalam tujuh hingga sepuluh hari sebelum siklus menstruasi datang. Hal ini dapat mengurangi bengkak dan rasa nyeri yang anda rasakan pada payudara anda.

4.Minum Vitamin

Source : RitaE

Pastikan anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin c, calcium, magnesium, vitamin E dan vitamin B ya, readers. Berbagai macam vitamin dan mineral ini dapat membantu merangsang produktivitas prostaglandin E yang kemudian dapat menghasilkan prolactin, hormon yang dapat mengaktifkan jaringan pada payudara sehingga dapat mengurangi bengkak dan nyeri pada payudara anda.

5.Makan Makanan yang Sehat

Source : Wow_Pho

Atur diet anda sehingga anda hanya mengkonsumsi makanan yang sehat. Misalnya makanan yang terdiri dari gandum, sayuran dan kacang-kacangan. Studi dari Tufts University School of Medicine di Boston menunjukkan bahwa wanita yang melakukan diet semacam ini menghasilkan hormon estrogen dengan cara berbeda sehingga pengaruh hormonal pada payudara tidak begitu signifikan. Karenanya, payudara anda tidak lagi bengkak dan rasanyeripun menghilang.

6.Gunakan Bra yang Mendukung Kegiatan Anda

Source : Hans

Gunakan bra yang dapat mendukung kegiatan anda dengan baik. Karenanya, anda perlu menyesuaikan bra dengan kegiatan yang anda lakukan. Ketika pergi ke pesta dan untuk sehari-hari, anda dapat mengenakan bra dengan kawat atau bra dengan busa. Sedangkan untuk olahraga pakailah bra khusus olahraga sehingga tidak hanya dapat menahan payudara anda, namun juga dapat menyerap keringat dengan baik.

7. Beri Pijatan Payudara Anda.

Source : andreas160578

Pijatan lembut pada payudara anda dapat secara perlahan mengurangi kebengkakan dan juga rasa nyeri pada payudara. Sebaliknya, ia juga akan memberikan rasa tenang dan memperlancar peredaran darah. Berikan gerakan memutar pada payudara anda untuk pijatan yang lebih nyaman, dan perhatikan bagaimana kondisi payudara anda setelahnya.

8.Kompres atau Mandi Dengan Air Hangat

Source : PublicDomainPictures

Beberapa wanita mendapatkan relaksasi dengan cara yang berbeda. salah satunya adalah mandi dengan air hangat, atau berendam dengan air hangat. Lakukan yang mana yang anda suka, karena keduanya dipercaya dapat mengurangi bengkak dan meringankan nyeri pada payudara.

9.Hindari Stress

Source : unsplash

Stress juga dapat memacu hormon berlebih terutama menjelang menstruasi. Jangan memperparah gejala yang sudah ada ya, readers. Jauhkan stress dari tubuh anda. Silahkan pergi nonton ke bioskop, jalan-jalan, makan makanan yang banyak, atau sekedar membaca buku kesukaan anda. Dan semoga hormon berbaik hati untuk tidak membuat bengkak dan tidak membuat nyeri payudara anda.

10.Nikmati Saja

Source : DieterRobbins

Terkadang menjadi wanita tidak selamanya terasa mudah. Nyeri menstruasi, payudara bengkak, hamil dan melahirkan. Terkadang membuat kita harus menguatkan diri dan melakukan banyak cara untuk mengatasinya. Jika semua cara sudah dilakukan dan anda masih merasakan hal-hal yang tidak membuat nyaman, bukankah sekarang waktunya anda mengikhlaskan dan merasa bersyukur? bersyukur akan apapun yang diberikan tuhan dan menikmati menjadi wanita seutuhnya. Nah demikianlah 10 tips untuk meredakan dan mencegah payudara bengkak. Semoga bermanfaat, dan bengkak serta nyeri yang payudara anda rasakan tidak bertahan lama ya, readers.

Semoga anda berbahagia selalu!

Save