10 Tips Untuk Menciptakan Keadaan Suami Istri Bahagia

By |2018-11-08T03:50:43+00:00March 2nd, 2017|Family|


Source: Dalibor Tomic

Ketika menapaki kehidupan rumah tangga sebenarnya, kita membutuhkan lebih dari sekedar keindahan dan kemeriahan pesta seperti saat pertama menjadi mempelai. Hal yang kita butuhkan tersebut adalah kebahagiaan antar suami-istri. Maka, inilah 10 tips untuk menciptakan keadaan suami istri bahagia:

1. Rasa Cinta Selalu Membara


Source: geralt

Loading...

Tanpa ada rasa cinta, hubungan suami-istri tidak mungkin berjalan dengan bahagia. Oleh karena itu, nyalakan senantiasa rasa cinta seperti baru pertama kali jatuh cinta. Apapun kelebihan maupun kekurangan pasangan Anda, terimalah dengan lapang dada, sebab ia sudah menjadi bagian dari Anda.

2. Menjaga Komitmen


Source: NeelKaal Photography

Selain cinta, komitmen merupakan hal yang penting dalam menciptakan keadaan suami istri bahagia. Tetapkan komitmen saat awal menjalin hubungan dan buat semacam pengingat supaya komitmen tersebut terus terpatri dalam pikiran dan hati Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih dapat menjaga dan memotivasi diri sendiri maupun pasangan untuk “tetap pada jalur semula”.

3. Saling Memberikan Dukungan


Source: HoaTiet

Hubungan suami-istri tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila salah satu pihak tidak mau memberi dukungan atas kegiatan yang ingin dilakukan. Tanpa adanya dukungan, jangankan semangat untuk membangun hubungan suami istri bahagia, menyambung hidup saja kadang susah. Karena itu, dukungan harus terus menerus diberikan kedua belah pihak demi menciptakan dan mempertahankan keadaan suami istri yang bahagia.

4. Kenali Bahasa Cinta Pasangan


Source: photosteve101

Tiap manusia dilahirkan dengan ciri khasnya masing-masing, termasuk bahasa yang mereka anggap sebagai bahasa cinta. Mungkin seseorang menganggap apabila pasangannya meluangkan waktu bersama-sama dengannya, itu adalah bahasa cinta. Mungkin yang lain lagi cukup dihujani berbagai macam hadiah handmade. Karena itu, supaya keadaan suami istri tetap bahagia, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu “membaca” bahasa cinta pasangan Anda.

5. Komunikasi Intens


Source: OpenClipart-Vectors

Suami atau istri adalah orang yang setiap hari kita temui. Oleh sebab itu, kita juga perlu menganggap kehadirannya dengan berkomunikasi sebaik mungkin dengan mereka. Khususnya apabila ada keputusan penting terkait kehidupan rumah tangga (seperti membayar cicilan atau renovasi rumah), sebaiknya dibicarakan secara bersama-sama sehingga tidak ada konflik karena kesalahpahaman.

6. Terus Berintrospeksi Diri


Source: cuncon

Dengan berintrospeksi diri, kita akan mendapat gambaran yang lebih luas mengenai diri kita masing-masing: Kelebihan, kekurangan, dan bagaimana cara membuat diri kita makin maju hari ke hari. Cobalah meluangkan waktu beberapa menit atau jam setiap harinya untuk berintrospeksi mengenai apa saja yang perlu ditingkatkan dan dibenahi dalam hubungan suami istri. Hal ini akan membuat hubungan suami istri senantiasa bahagia.

7. Jangan Lupakan Anggota Keluarga Lain


Source: White77

Saat masih berpacaran atau bertunangan, kita sering bertemu dengan orang tua pasangan kita. Acap kali, pengalaman saya mengatakan bahwa orang tua pasangan ini telah menganggap kita seperti anak mereka sebelum kita menikah dengan pasangan kita. Selain itu, orang tua kita sendiri juga telah banyak berjasa menyelamatkan hidup kita sejak kita masih dalam kandungan. Karena itu, supaya suami istri bahagia, jangan melupakan anggota keluarga kita yang lain.

8. Manjakan Panca Indera Pasangan


Source: rhythmuswege

Manusia normal memiliki panca indera yang lengkap, karenanya seluruh indera ini harus diaktualisasikan potensinya sedemikian rupa. Memanjakan panca indera tidak harus dengan berpenampilan atau mengenakan pakaian tertentu, dapat juga melakukannya lewat hal lain. Misalnya, memasakkan masakan yang enak dan sesuai dengan lidah pasangan atau memijatnya dengan lembut. Panca indera senang, keadaan suami istri pun makin bahagia!

9. Budayakan “Saling Mengejar”


Source: Takmeomeo

Salah satu pelajaran berharga dalam menciptakan keadaan suami istri bahagia saya dapatkan dari seorang artis Indonesia yang membudayakan “saling mengejar”. Saya tidak bisa tidak setuju, karena hubungan suami istri pasti akan kering kalau salah satu pihak dibiarkan menunggu pihak lain tanpa kepastian yang jelas. Karenanya, demi suami istri bahagia, suami istri perlu menjadi proaktif dan saling peduli (“saling mengejar”) satu dengan yang lain.

10. Rajin Beribadah


Source: reenablack

Tidak ada hal yang lebih romantis selain daripada menjalankan ibadah berdua. Apapun kepercayaan Anda, adalah penting untuk memuaskan dahaga dan lapar spiritual di samping juga menciptakan keadaan bahagia secara fisik dan emosional. Kudapan seksi memuaskan fisik, membaca buku memuaskan intelektual, saling pengertian dan mendukung memuaskan batin (emosional), sementara ibadah dan doa memuaskan spiritual. Keadaan suami istri pasti bahagia kalau menjalaninya.

Jika mulai hari ini Anda mengingat kesepuluh tips di atas, saya yakin, kehidupan suami istri bahagia bukanlah sesuatu yang sukar untuk dicapai. Sekedar informasi, saya mengumpulkannya dari hasil pengalaman pergaulan saya dengan orang-orang yang sudah menikah dan pemahaman akan sistem kepercayaan saya, sehingga Anda dapat menjadikan artikel saya ini sebagai referensi Anda.

Selamat menuju altar kebahagiaan bagi Anda dan pasangan Anda!

Loading...