10 Tips & Trick Atasi Sakit Gigi Saat Hamil

By |2018-11-08T15:57:36+07:00March 28th, 2017|Family|Comments Off on 10 Tips & Trick Atasi Sakit Gigi Saat Hamil


Source: pedroserapio

Sakit gigi tak pernah menjadi menyenangkan. Rasa sakit serta nyeri pada gigi serta gusi ini begitu mengganggu. Dan bahkan di beberapa kasus, sakit gigi bisa merembet pada masalah lain yang lebih serius seperti pusing, vertigo, hingga hilangnya kesadaran ketika terjadi infeksi. Karena itu, sakit gigi saat hamil pun memberikan efek yang lebih bahaya lagi.

Dibawah ini, 10 cara mengatasi sakit gigi saat hamil, yang tentunya tak membahayakan untuk kondisi bayi dan ibu.

1. Konsumsi obat sakit gigi


Source: Val-gb

Ketika tengah hamil dan mengalami sakit gigi, yang pertama harus dilakukan tentu mengonsumsi obat khusus untuk mengatasi sakit gigi. Ada dua jenis obat untuk sakit gigi, yakni untuk meredakan rasa sakit serta untuk mengatasi infeksi, bila memang terjadi infeksi. Sebaiknya ketika hamil memang berhati-hati saat mengonsumsi obat. Karena itu pastikan mencari obat yang bisa dikonsumsi dan aman untuk ibu hamil.

Loading...

2. Atur waktu kunjungan dokter gigi


Source: DarkoStojanovic

Meski nampak sepele, sebenarnya masalah sakit gigi saat hamil pada bisa menjadi masalah yang besar. Karena itu pastikan untuk melakukan pemeriksaan dokter pada waktu yang sudah ditentukan. Sebaiknya pemeriksaan dokter gigi dilakukan pada trisemester kedua atau sebelum kehamilan. Pemeriksaan gigi atau bahkan perawatan gigi di awal dan akhir kehamilan bisa berakibat buruk pada janin.

3. Hindari ronsen gigi

 


Source: peter-facebook

Tindakan pemeriksaan seperti ronsen memberikan efek yang tidak baik untuk ibu hamil dan janin. Karena itu sebaiknya ketika terjadi masalah gigi pada ibu hamil, sebaiknya menghindari melakukan ronsen gigi. Selain tiu bila memang benar-benar diperlukan sebaiknya ibu hamil menggunakan pelindung khusus yang bisa mencegah efek dari cahaya sinar ronsen x-ray.

4. Pencabutan gigi


Source: rgerber

Seringkali sakit gigi saat hamil akhirnya berakhir dengan harus dilakukan pencabutan. Sebenarnya tidak ada masalah bila terjadi pencabutan pada gigi. Namun sekali lagi, pastikan terjadi bukan ketika usia kehamilan masih muda. Sebaliknya lebih baik pencabutan terjadi ketika usia kehamilan empat bulan keatas. Di usia ini, penggunaan obat bius untuk cabut gigi pun tak akan berbahaya untuk ibu hamil.

5. Ramuan tradisional


Source: Gadini

Ada beberapa jenis ramuan dan obat tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi ketika masa kehamilan. Yang paling dikenal tentu dengan menggunakan bahan alami yang bisa menghindarkan dari infeksi. Bahan-bahan seperti bawang putih, daun jambu biji, hingga cengkeh memiliki efek antibiotik yang membunuh kuman penyebab sakit gigi terutama pada masa kehamilan.

6. Berkumur air hangat


Source: nicolaticola

Air hangat mampu meredakan bengkak karena sakit gigi. Berkumur menggunakan air hangat dipercaya bisa membantu meredakan bengkak pada gusi. Seringnya sakit gigi disebabkan karena pembengkakan pada gusi, bila begini maka cara paling pertama untuk meredakan rasa sakitnya dengan berkumur menggunakan air hangat. Berkumur dengan air hangat juga bisa membantu membunuh kuman penyebab sakit gigi.

7. Hindari konsumsi gula


Source: Humusak

Mengonsumsi gula juga bisa menjadi penyebab munculnya sakit gigi. Terutama untuk ibu hamil. Karena itu ketika kehamilan sudah mencapai tingkatan tertentu, sebaiknya menghindari konsumsi gula. Tak hanya demi menjaga kadar gula dalam darah, namun juga untuk menjaga dari terjadinya sakit gigi. Gula juga mampu menumbuhkan plak bakteri pada gigi yang menjadi salah satu penyebab masalah pada gigi.

8. Jaga kebersihan mulut


Source: stevepb

Tak hanya pada masa kehamilan, namun menjaga kebersihan mulut menjadi salah satu cara utama dan cara paling cepat untuk mencegah sakit gigi. Terlebih ketika hamil, dimana hormon pada tubuh meningkat dan melemahkan kerja sistem pertahananan dan imunitas tubuh. Tak hanya menyikat gigi, namun juga memastikan mengguankan obat kumur dengan kandungan anti bakteri, dan juga rutin membersihkan sela-sela gigi.

9. Pola makan


Source: PublicDomainPictures

Pola makan yang sehat juga rupanya menjadi salah satu cara mengatasi sakit gigi. Tips menghindarkan sakit gigi dalam keadaan hamil dengan menghentikan konsumsi beberapa jenis makanan yang merangsang pertumbuhan kuman dan bakteri pada mulut. Yang akhirnya menyebabkan terjadinya sakit gigi. Mengonsumsi vitamin C bisa dipastikan membuat ibu hamil terhindar dari sakit gigi. Selain itu juga konsumsi makanan tinggi kalsium.

10. Berkumur dengan garam


Source: andreas160578

Air garam sudah cukup lama dipercaya mampu mengobati dan menghindarkan dari sakit gigi. Pasalnya garam memiliki kemampuan untuk membunuh kuman pada mulut dan gigi, yang tentunya mencegah terjadinya sakit gigi. Namun tentu saja garam pada ibu hamill juga harus diperhatikan karena bisa meningkatkan tekanan darah. Dan bisa berakibat pada eclampsia.

Penyebab dari sakit gigi saat hamil ada beragam, karena itu sebaiknya benar-benar pastikan sebelum mencari pengobatan.

Loading...