10 Tips Olahan Dari Sayuran Bayam Sebagai Inspirasi Masakan Sehat

By |2018-11-07T13:40:54+09:00March 4th, 2017|Culinary, Health|Comments Off on 10 Tips Olahan Dari Sayuran Bayam Sebagai Inspirasi Masakan Sehat

SpinachSource: kkolosov

Apa yang anda dengar saat pertama kali mendengar kata bayam? ya pasti anda akan teringat popeye. Tokoh kartun yang selalu makan sayuran bayam untuk meningkatkan kekuatannya. Sayuran bayam mempunyai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya adalah zat besi yang sangat tinggi. Zat besi berfungsi dalam metabolisme tubuh. Selain itu sayuran bayam juga mengandung kalori yang cukup rendah yaitu 27 kalori. Ini bisa sangat baik untuk asupan anda terutama yang sedang menjalankan diet.

1. Sayur Bayam Bening

https://www.instagram.com/p/BRHY4rJhuMz/

Olahan sup memang bisa dikreasikan dengan berbagai macam sayuran. Salah satunya Sup sayuran bayam bening. sup ini sangat diminati karena segar untuk dikonsumsi. Membuatnya pun cukup mudah. Siapkan panci yang sudah diberi air. Lalu masak hingga mendidih. Setelah itu masukan irisan bawang merah, bawang putih dan temu kunci hingga harum. Setelah harum barulah masukan wortel dan jagung. Masaklah hingga empuk. Masukan bumbu seperti garam dan gula pasir serta tomat. Terakhir masukan bayam kedalam panci hingga matang. Ingat ya sayur bening bayam tidak boleh terlalu sering dipanaskan berkali-kali.

2. Nugget Bayam

https://www.instagram.com/p/BP6JTWdhZEX/

Nugget biasa dipasangkan dengan ayam. Sekarang ini banyak yang mengombinasikan nugget ayam dengan sayuran. Bertujuan agar lebih sehat. Buat sendiri dirumah akan lebih menyehatkan. Caranya Siapkan wadah sebagai tempat adonan. Pertama potonglah wortel, bayam dan daun bawang kecil-kecil. Lalu campur olahan pertama dengan daging ayam yang telah dihaluskan dan satu telur ayam ke dalam wadah adonan. Tambahkan bumbu halus yaitu bawang putih, bawang merah, bawang bombay, merica bubuk, garam dan gula (secukupnya). Beri air secukupnya dan aduk hingga merata. Setelah adonan sudah siap, masukkan adonan dalam Loyang dan kukus sekitar 30 menit hingga matang. Diamkan Loyang hingga dingin. Sesudahnya potong-potong sesuai selera. Potongan tersebut lalu dicelupkan di kocokan telur, gulingkan dengan tepung terigu, celupkan lagi di kocokan telur lalu yang terakhir ke tepung panir. Lakukan hal serupa untuk potongan-potongan nugget bayam. Goreng hingga keemasan

3. Burger Bayam

Source: Amy Stephenson

Resep yang satu ini bisa dijadikan inspirasi bagi orangtua agar anaknya menyukai sayuran bayam. Caranya siapkan roti burger. Lalu buat adonan bayam sebagai isian burger. Masukan bayam, garam, merica bubuk, kecap ikan, putih telur dan gula pasir secukupnya. Lalu masukkan tepung sagu dalam adonan tersebut dan aduk hingga rata. Setelah adonan jadi buatlah seperti bentuk daging burger dan kemudian celupkan isian ke dalam tepung panir, lalu celupkan pada putih telur dan celup kembali ke tepung panir. Goreng semua isian tersebut dan masukkan sebagai pengganti daging burger. Tambahkan mayonnaise dan saus. Burger bayam siap disajikan.

4. Keripik Bayam

https://www.instagram.com/p/BNj5aEcj538/

Keripik olahan dari sayur bayam. Rasanya renyah, gurih dan bikin ketagihan. Coba yuk intip cara bikinnya. Siapkan bayam-bayam yang telah dicuci bersih. Siapkan wadah, masukan tepung terigu serbaguna campur dengan air dingin dan beri satu sendok tepung maizena yg telah dicairkan. Setelah itu masukan satu persatu daun bayam ke dalam wadah adonan, guling-gulingkan sampai adonan menempel dan lalu goreng hingga kecoklatan.

5. Tumis Bayam

https://www.instagram.com/p/BQuLvHuFV5T/

Alternatif cara lain yang bisa anda buat dari olahan sayuran bayam adalah tumis bayam. Sangat mudah untuk di coba dirumah. Caranya adalah siapkan bumbu seperti merica, daung bawang, tauge, kecap, cabai dan bayam. Siapkan wajan, lalu masukan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan tersebut dan tumis hingga layu. Tambahkan garam dan sedikit gula pasir sesuai selera. Lalu aduk hingga rata boleh tambahkan topping lain seperti daging, jamur dan sebagainnya.

6. Smoothie Bayam

Source: Evitaochel

Olahan bayam bisa dijadikan minuman smoothie yang baik akan kesehatan tubuh. Caranya seperti bikin minuman jus. Pertama Cucilah bayam terlebih dahulu. Lalu masukan bayam ke dalam blender. Tambahkan yogurt atau madu (tergantung selera anda). Lalu tuang susu cair secukupnya agar mengental. Jika Blender semua hingga tercampur rata. Jika terlalu kental bisa tambahkan sedikit air. (disesuaikan dengan selera) Smoothie bayam siap disajikan.

7. Bubur Bayam Jagung

https://www.instagram.com/p/BFRQqB4Jmul/

Mau olahan bayam yang praktis? Bubur bayam adalah olahan baik yang harus dicoba. Caranya yaitu masak air, serai dan daun salam dalam panci hingga mendidih. Lalu masukkan beras ke dalam panci tersebut aduk terus sampai kental dan lunak hingga sudah seperti bubur. Tambahkan garam secukupnya. Setelah itu masukkan jagung manis dan wortel sampai matang dan aduk semua kembali. Terakhir masukan bayam lalu aduk kembali hingga rata dan matang. Bubur bayam siap disajikan.

8. Casserole Bayam

BroccoliSource: hindyg

Kita tahu bahwa makanan ini adalah western food dan cukup terkenal karena mudah dibuat. Caranya siapkan wadah tahan panas yg bisa digunakan pada microwave. Rebus macaroni sesuai yang anda inginkan hingga aldente lalu tiriskan. Selanjutnya anda tumis bawang bombay dan seledri hingga kecoklatan, setelah itu masukkan tepung terigu secukupnya aduk hingga rata dan lalu masukkan krim kental sesuai selera anda. Rebus wortel, bayam dan jagung muda. Jika sudah matang angkat dan tiriskan. Masukkan macaroni terlebih dahulu di wadah anti panas tersebut, setelah itu bikin lapisan pertama wortel, bayam dan jagung muda. Lalu masukkan tumisan yang sudah dicampur dan ratakan hingga menutupi permukaan. Tambahkan keju diatasnya sebagai tambahan. Tutup wadah tersebut dengan aluminium foil dan panggang selama satu jam dengan suhu 180 celcius.

9. Omelet Bayam

OmeletSource: pacificbro

Omelet memang digemari oleh setiap orang terutama anak-anak. Selain mudah, omelet juga dapat divariasikan beragam dengan berbagai topping. Masukkan dua atau tiga butir telur ke dlm wadah lalu aduk hingga merata. Rebus wortel dan bayam setengah matang. Setelah itu tambahkan daun seledri, wortel, dan garam secukupnya. Aduk semua bahan tersebut menjadi satu. Panaskan teflon yg sudah diberi minyak (sedikit saja). Kemudian masukan campuran bahan ke dalam teflon dan buatlah menyerupai omelet.

10. Salad Bayam

Source: Paramjeet

Salad bisa jadi alternative makanan anda jika anda seorang vegetarian. Cara membuat salad bayam sangat mudah. Cucilah bayam hingga bersih. Rebus bayam hingga matang. Masukan bayam tersebut kedalam mangkuk. Tambahkan irisan tomat dan timur ke dalam mangkuk. Setelah itu tuanglah salad dressing kesukaan anda. Beri sedikit lada hitam untuk menambahan rasa. Jadilah salad bayam. Mudah bukan?

Sayuran bayam memang bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis makanan dan minuman lain. Ternyata tidak sulit untuk mengkreasikan olahan sayuran bayam sebagai masakan sehat anda. Manfaat yang anda dapatkan dari sayuran bayam bukan hanya untuk meningkatkan stamina tubuh, namun bisa memperbaiki kadar glukosa darah bagi penyakit diabetes, mengurangi risiko kanker, meningkatkan kesehatan tulang dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Yuk mulai konsumsi sayuran bayam mulai dari sekarang !

Loading...