10 Tips Menghilangkan Lemak di Perut

By |2018-11-07T19:33:46+00:00February 9th, 2017|Health|

Slim legSource: stevepb

Lemak yang menumpuk di lingkaran perut memang sangat mengganggu, baik dari segi kesehatan maupun estetika. Jika lingkar pinggang Anda di atas 88 cm (untuk wanita) atau di atas 102 cm (untuk pria), maka Anda sudah dikategorikan memiliki lemak berlebih di area perut. Simak 10 tips berikut untuk menyingkirkan lemak dari perut.

1. Hindari makanan manis


Source: Unsplash

Loading...

Untuk menghilangkan lemak di perut, langkah pertama adalah perhatikan pola diet Anda. Hindari memakan makanan yang mengandung banyak gula. Berbagai studi menunjukkan bahwa gula dapat merusak kesehatan metabolism tubuh. Gula mengandung fruktosa, yang jika kadarnya terlalu banyak dalam tubuh akan berubah menjadi lemak. Terlalu banyak mengkonsumsi fruktosa akan menyebabkan penumpukan lemak di perut.

2. Kurangi minuman dengan pemanis gula

Source: PIVISO

Perhatikan label dari minuman yang Anda beli, dan hindari minuman yang mengandung pemanis gula. Minuman dengan pemanis gula seperti minuman bersoda mengandung kalori yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan obesitas. Jika Anda sedang melakukan diet untuk menghilangkan lemak di perut, sebaiknya hilangkan minuman berpemanis gula dari daftar menu Anda.

3. Perbanyak konsumsi protein


Source: Einladung_zum_Essen

Protein adalah nutrisi yang paling penting saat Anda sedang mencoba menghilangkan lemak dan menurunkan berat badan. Mengkonsumsi protein dapat meningkatkan metabolisme 80 hingga 100 kalori setiap harinya. Memperbanyak konsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti daging merah tanpa lemak, telur dan ikan akan membantu Anda menghilangkan lemak di perut dan mempertahankan berat badan ideal.

4. Diet rendah karbohidrat


Source: RitaE

Diet rendah karbohidrat adalah salah satu cara efektif untuk menghilangkan lemak di tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa membatasi konsumsi karbohidrat akan menyebabkan nafsu makan berkurang dan berat badan menurun. Untuk melakukan diet karbohidrat, Anda cukup mengurangi sekitar 50 gram konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, roti putih, atau pasta setiap harinya.

5. Perbanyak konsumsi serat makanan


Source: LustrousTaiwan

Memperbanyak konsumsi serat makanan dapat membantu menghilangkan lemak di perut. Mengkonsumsi serat akan memperlambat penyerapan lemak dari makanan, dan membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Pilihlah serat alami dari sayur dan buah-buahan. Kandungan serat dalam sereal dan oat meal juga baik untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut.

6. Gunakan minyak zaitun pada makanan


Source: congerdesign

Menghindari konsumsi lemak dan minyak memang penting untuk mendapatkan perut yang langsing. Namun, ternyata minyak zaitun memiliki kandungan zat yang akan memicu rasa kenyang pada otak, sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Gunakan minyak zaitun pada makanan Anda, tambahkan 1 sendok makan minyak zaitun pada roti atau salad, dan biarkan selama 15 menit sebelum Anda makan.

7. Makan tiap 3 jam dalam porsi kecil


Source: Pexels

Anda mungkin berpikir bahwa melewatkan sarapan atau makan siang dapat menghilangkan lemak di perut. Namun, perut yang kosong dalam waktu lama akan membuat Anda makan dengan porsi lebih banyak saat waktunya makan, sehingga perut pun semakin membuncit. Hindari memakan makanan dalam porsi besar sekaligus, makanlah makanan dalam porsi kecil setiap 3 jam sekali.

8. Pilih dark chocolate untuk cemilan


Source: AlexanderStein

Bagi Anda yang menyukai cokelat tetapi ingin tetap langsing, pilihlah dark chocolate untuk cemilan Anda, hindari memilih milk chocolate. Dark chocolate banyak mengandung zinc yang dapat membantu mengatur metabolisme lemak dan mengurangi nafsu makan. Namun, hindari memakan cokelat terlalu banyak dan hindari cokelat yang terlalu manis. Pilihlah cokelat dengan kadar gula yang rendah.

9. Olahraga aerobik

Aerobic

Berolahraga secara teratur sangat efektif untuk menghilangkan lemak di perut. Beberapa studi menunjukkan bahwa olahraga aerobik seperti jogging, lari, atau berenang sangat efektif untuk mengurangi lemak. Lakukan olahraga aerobik secara teratur setidaknya 3 kali dalam seminggu. Olahraga secara teratur juga dapat mencegah lemak di perut kembali lagi.

10. Mencatat makanan yang dikonsumsi


Source: webvilla

Mulailah mencatat makanan apapun yang Anda makan. Dengan melihat tabel kalori makanan, hitunglah jumlah kalori dari daftar makanan tersebut. Untuk menghilangkan lemak di perut, cukup diperlukan 1500 kalori untuk wanita dan 2000 kalori untuk pria setiap harinya. Dengan mencatat semua makanan yang Anda makan, Anda tentu dapat mengetahui apakah Anda telah mengkonsumsi cukup kalori ataukah berlebih. Ingat, kelebihan kalori dalam tubuh akan berubah menjadi lemak.

Pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur tentunya menjadi kunci untuk menghilangkan lemak di perut. Tetaplah menjaga gaya hidup sehat setelah Anda mencapai lingkar pinggang yang Anda inginkan, untuk menjaga agar lemak tidak kembali menumpuk di perut. Selamat mencoba!

Loading...