10 Tips Mendidik Anak Dengan Cara Yang Baik

By |2018-11-07T05:13:58+00:00January 19th, 2017|Family|

Source : mistyjohnson

Memiliki anak yang baik, pintar, patuh dan religius, adalah impian setiap orang tua di dunia ini. Namun kita sebagai orang tua harus sadar bahwa setiap anak di dunia ini pasti memiliki kemampuan dan karakter yang berbeda-beda, dan kita sebagai orang tua tidak boleh untuk memaksakan kehendak kita pada mereka. Intinya sebagai orang tua kita hanya bisa berusaha memotivasi dan mengarahkan anak pada kebaikan, dan yang terakhir tentu dengan terus mendoakan mereka agar menjadi anak yang sesuai dengan harapan kita. Mendidik anak memanglah bukan hal yang mudah, tentu kita sebagai orang tua harus memiliki tekat dan keyakinan yang luar biasa untuk mensukseskan anak kita. Walaupun begitu masih banyak sekali orang tua menggunakan cara yang kurang tepat untuk mendidik anak nya, dengan cara kekerasan misalnya. Dan tentu cara tersebut tidak akan membantu orang tua untuk mensukseskan anaknya dan bahkan akan merusak mental anaknya. Jika kita ingin sukses dalam mendidik anak, yuk ikuti 10 tips mendidik anak berikut ini.

1. Ajari Anak Tentang Kemandirian

Source : Hebe

Loading...

Manusia memanglah makhluk sosial, dan begitu juga dengan anak-anak. Namun apa salahnya jika kita mengajarkan anak untuk mandiri, agar tidak bergantung pada orang lain. Kita bisa mengajarkan anak memiliki kemandirian dengan cara yang sederhana seperti misalnya mandi sendiri. Ajarkan pada anak jika dia harus mandi sendiri agar mampu menjaga kebersihan badannya, dan terhindar dari penyakit. Dengan begitu anak akan paham bagaimana cara menjaga dirinya sendiri tanpa harus tergantung pada orang lain.

2. Ajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

Source : aegean

Tanggung jawab adalah hal yang harus kita ajarkan pada anak sejak ia masih kecil, dan hal ini tidak kalah pentingnya dengan mengajarkan kemandirian pada anak. Tanggung jawab wajib kita ajarkan pada anak, agar dia mampu untuk memutuskan sesuatu pada hidupnya di masa depan. Kita bisa mengajarkan ini pada anak dengan cara memelihara hewan misalnya. Ajarkan anak memiliki rasa tanggung jawab pada hewan tersebut, mulai dari memberi makan atau minum. Selain dengan memelihara hewan, kita juga bisa mengajarkan anak rasa tanggung jawab dengan memelihara tumbuhan dan dengan begitu anak akan lebih merasa bertanggung jawab atas tugas yang orang tua berikan padanya.

3. Ajarkan Mereka Cara Bependapat

Source : Jess2284

Pada umumnya seorang anak akan menanyakan sesuatu yang pertama kali ia lihat pada orang tuanya. Dan kita sebagai orang tua wajib untuk merespon apa yang mereka tanyakan, jawablah pertanyaan yang mereka dengan bahasa dan kalimat yang mudah mereka mengerti. Selain itu berbalik tanyalah pada mereka, dengarkan apa jawaban mereka dan apa pendapat mereka. Dengan begitu secara tidak langsung orang tua sudah mengajarkan anak abagaimana cara berpendapat dan mendapatkan pengetahuan dengan cara yang baik dan benar.

4. Ajarkan Anak Memiliki Rasa Sosial

Source : Rafaelmarque

Manusia memang wajib memiliki rasa dan sifat mandiri, tapi bukan berarti manusia akan jauh pada hakikat awalnya yakni terlahir sebagai manusia sosial. Sebagai orang tua kita harus mengajarkan anak rasa sosial, empati ataupun simpati ketika ia berada dalam lingkungan masyarakat. Kita bisa menumbuhkan rasa sosial pada anak dengan cara mengajarkan anak beramal kapada orang yang tidak mampu. Dengan begitu seiring dengan dewasanya anak, maka ia akan terbiasa untuk hidup saling tolong menolong sesama manusia.

5. Ajarkan Perilaku Yang Baik Pada Anak

Source : petras

Orang tua adalah guru bagi anak-anaknya, dan sebagai murid pasti mereka akan meniru kan apa yang gurunya lakukan. Oleh sebab itu sebagai guru yang baik, orang tua juga harus menunjuk kan perilaku yang baik pada anak kita. Ajarkan mereka cara duduk yang baik, cara makan yang baik dan bahkan berperilaku baik pada orang tua dan saudaranya seperti menjaga adik misalnya. Jika kita mengajarkan anak untuk berperilaku yang baik dan sopan, maka besar kemungkinan perilaku tersebut akan terbawa hingga ia dewasa.

6. Ajarkan Anak Bebicara Baik Dan Sopan

Source : Kathleen

Sebagai guru yang selalu mengajarkan cara berperilaku yang baik, kita juga harus mengajarkan anak bagaimana cara berbicara yang baik dan sopan terutama pada orang yang lebih dewasa. Ajarkan anak mengucapkan salam ketika masuk rumah atau bertemu gurunya. Ajarkan anak mengatakan “ permisi “ ketika melewati orang yang lebih tua darinya. Jika orang tua membiasakan hal ini, maka kelak orang tua akan mendapatkan hasil yang begitu luar biasa. Dan hasil tersebut adalah anak yang baik dengan tutur kata yang baik dan sopan juga.

7. Ajarkan Anak Kedisiplinan

Source : Donnie

Waktu adalah hal yang tidak bisa dibeli dan dikembalikan, oleh sebab itu ajarkan lah anak kita untuk bisa menghargainya. Ajarkan kedisiplinan sejak dini, agar kelak ia bisa menjadi manusia yang bisa menghargai waktu. Kita bisa mengajarkan anak kedisiplinan dengan cara membuat jadwal harian, tentukan jam makan, jam tidur dan jam belajar anak. Dan dengan begitu anak akan memiliki rasa disiplin hingga ia dewasa.

8. Ajarkan Anak Menghargai Orang Lain

Source : Praveen

Setiap manusia pasti memiliki rasa ingin dihargai orang lain, begitu juga anak. Ajarkan anak cara menghargai orang lain terutama orang yang lebih dewasa. Karena dengan dia bisa menghargai orang lain, maka kelak ia akan dihargai orang lain juga. Ajarkan anak untuk mengucapkan kata sederhana yaitu “ terima kasih “ jika mereka mendapatkan sesuatu dari orang lain.

9. Ajarkan Anak Mencintai Alam

Source : Afghanistan

Jika kita perhatikan ada banyak sekali kerusakan alam yang selalu muncul setiap harinya. Cara merubah atau memperbaiki alam tersebut hanya dengan menyadarkan manusianya. Sebagai orang tua kita harus sadar jika anak kita adalah generasi penerus yang memiliki kewajiban menjaga alam ini. Ajarkan anak untuk menyayangi alam, kita bisa mengajarkan anak dengan memulai hal kecil. Membuang sampah pada tempatnya atau tidak merusak tumbuhan misalnya, cara ini sangat sederhana namun akan merubah kebiasaan buruk manusia. Dan ketika anak dewasa, maka mereka akan terbiasa menjaga alam semesta.

10. Ajarkan Sifat Lapang Dada Pada Anak

Source : Susieq3c

Semua orang yang ada di dunia ini, pasti pernah merasakan kegagalan atau kemenangan. Dan untuk menerima semua hal tersebut kita harus memiliki rasa lapang dada yang besar. Ajarkan anak bagaimana menerima sebuah kondisi ketika mereka gagal atau menang terhadap sesuatu. Kita dapat mengikutkan anak ke dalam sebuah klub sepak bola misalnya. Di dalam klub tersebut pasti ada sebuah kompetisi, dimana tidak semua anak bisa mendapatkan kemenangan ataupun kegagalan. Jika anak terbiasa dengan kondisi tersebut, maka cara ini akan mempermudah ia ketika menghadapi masa depannya yang penuh dengan hal-hal tidak terduga.

Selamat berjuang untuk mendidik si kecil !

Loading...