10 Tips Memutihkan Gigi Kuning dengan Cepat

By |2018-11-08T17:03:24+00:00March 25th, 2017|Health|

Source: Gromovataya

Apakah teman-teman jadi tidak percaya diri karena gigi yang kuning? Gigi kuning memang mengganggu penampilan, sehingga kita terkadang malu untuk sekedar tersenyum atau tertawa. Perlu diketahui, gigi kita secara alami akan menguning seiring pertambahan usia. Tetapi ada zat-zat dan makanan tertentu yang juga membuat gigi kita jadi kuning, misalnya kopi, teh, rokok, dan beberapa obat-obatan. Tapi jangan khawatir, karena di sekitar kita terdapat bahan-bahan yang dapat memutihkan gigi secara alami. Teman-teman dapat menyimak tips-tips yang akan saya berikan untuk memutihkan gigi kuning.

1. Sering Menyikat Gigi


Sumber: Gloria

Cara yang paling baik dan paling gampang dilakukan adalah sikat gigi setelah makan untuk membersihkan sisa-sisa makanan/minuman yang dapat membuat gigi kuning. gunakan pasta gigi yang mengandung whitening untuk efek maksimal.

2. Gunakan Baking Soda dan Hidrogen Peroksida


Sumber: Mark Finch

Hidrogen peroksida banyak digunakan oleh dokter gigi untuk memutihkan gigi. Kita juga bisa menggunakannya di rumah. Caranya: Sikat gigi seperti biasa. Kemudian campurkan 1 sendok teh baking soda dengan hidrogen peroksida sedikit demi sedikit sampai terbentuk pasta yang agak cair. Oleskan pasta tersebut secara merata ke permukaan gigi, diamkan selama 30 detik. Kemudian kumur-kumur sampai bersih.

3. Minyak Kelapa


Sumber: Bruce Matsunaga

Tidak banyak yang tahu kalau minyak kelapa bisa memutihkan gigi. Ada beberapa cara menggunakannya. Pertama, berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa selama 5 menit, kemudian sikat gigi seperti biasa. Kedua, tambahkan beberapa tetes minyak kelapa di pasta gigi dan sikat gigi seperti biasa. Yang ketiga, teteskan minyak kelapa di kapas atau kain yang bersih dan gosokkan ke permukaan gigi. Minyak kelapa juga memiliki khasiat antimokroba, sehingga bisa menyehatkan gusi.

4. Strawberry


Sumber: Mark Bonica

Beberapa model dunia menggunakan strawberry untuk memutihkan gigi. Caranya: hancurkan 4-5 buah strawberry, kemudian oleskan secara merata ke permukaan gigi dan diamkan selama 1 menit. Setelah itu kumur-kumur sampai bersih.

5. Makan Apel dan Permen Karet

Chewing Gum

Beberapa makanan seperti apel, pir dan wortel menambah produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut. Mengunyah permen karet bebas gula juga menambah produksi air liur. Air liur juga menetralkan produksi asam yang menyebabkan karies gigi.

6. Kurangi Makanan / Minuman Manis dan Asam


Sumber: Toshihiro Oimatsu

Gula dalam makanan dan minuman manis seperti soft drink, permen, coklat dan kue-kue akan diubah menjadi asam oleh bakteri di dalam mulut. Asam ini akan menimbulkan plak gigi, menyebabkan warna gigi menjadi kuning.

7. Minum Air Putih Setelah Makan

drinking-waterSource: priyanka98742

Walaupun termasuk makanan sehat, blueberry, blackberry, cranberry, bit, kunyit dan sayuran hijau meninggalkan warnanya di permukaan gigi, lama kelamaan menyebabkan gigi kuning. Karena itu, disarankan untuk minum banyak air putih setelah makan untuk membantu menghilangkan warna makanan tersebut. Lebih bagus lagi kalau kita menyikat gigi setelah makan. Semakin cepat dihilangkan, maka warna dari makanan tidak akan menempel di permukaan gigi.

8. Mengurangi Minum Kopi/Teh

CoffeeSource: Unsplash

Kopi dan teh telah lama diketahui sebagai salah satu zat yang bisa membuat gigi kuning. Kurangi konsumsi kopi atau teh maksimal 3 gelas per hari, dan minum air putih setelah minum kopi / teh agar warna kopi / teh tidak sempat menempel di permukaan gigi.

9. Jangan Merokok

no-smokingSouce: Clker-Free-Vector-Images

Merokok bukan hanya tidak baik untuk kesehatan, tapi juga paling sering menyebabkan gigi kuning. Tar yang terkandung dalam tembakau menyebabkan noda kecoklatan yang meresap ke dalam enamel gigi. Noda yang disebabkan oleh tembakau sulit untuk dihilangkan hanya dengan menyikat gigi. Semakin lama kita merokok, noda tersebut semakin terserap. Merokok juga menyebabkan bau nafas tak sedap dan gingivitis (radang gusi), dan meningkatnya resiko kanker.

10. Ke Dokter Gigi 3 Bulan Sekali


Sumber: US Army Africa

Sebaiknya kita mengunjungi dokter gigi secara teratur. Dokter gigi akan memeriksa apakah ada karies gigi yang terbentuk, dan membersihkan plak gigi. Selain itu, kita juga bisa minta pertologan dokter gigi untuk memutihkan gigi secara lebih efektif.

Tips-tips diatas tidaklah sulit untuk dilakukan. Yang paling penting dalam memutihkan gigi kuning adalah menjaga kebersihan rongga mulut, agar bakteri tidak sempat berkembang dan menimbulkan noda di gigi. Marilah kita mulai untuk menerapkan tips-tips tersebut, agar kita memiliki senyum yang indah.